Kini banyak sekali penawaran untuk apply kartu kredit dengan syarat dan ketentuan yang mudah. Namun ternyata banyak yang apply kartu kredit karena tawaran atau keuntungannya yang menarik tanpa mempedulikan bahaya kartu kredit jika penggunaannya sembarangan. Mari kita simak 23 kesalahan penggunaan kartu kredit yang perlu Anda ketahui sebelum apply kartu kredit.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Kenali Kesalahan Penggunaannya Sebelum Apply Kartu Kredit

Saat pihak bank menawarkan pengajuan kartu kredit, pihak bank tentunya akan memberitahukan keuntungan-keuntungan yang ditawarkan beserta seluruh syarat dan ketentuan pengajuan. Tetapi pernahkan ada pihak bank yang memberitahukan Anda kesalahan-kesalahan yang sebaiknya Anda hindari agar tidak terjebak dalam tumpukan utang kartu kredit? Itulah mengapa Anda perlu mengetahui kesalahan-kesalahan yang dapat Anda hindari sebelum apply kartu kredit.

Jangan Apply Kartu Kredit Sebelum Anda Ketahui 23 Kesalahan Penggunaan Kartu Kredit Ini 02 - Finansialku

[Baca Juga: Yakin Mau Ajukan Kartu Kredit Tambahan? Perhatikan Dulu Hal-hal Berikut Ini]

 

Hanya dengan menghindari kesalahan tersebut barulah Anda dapat merasakan keuntungan penggunaan kartu kredit. Melalui artikel berikut, Finansialku mengajak Anda melihat 23 kesalahan penggunaan kartu kredit yang perlu Anda ketahui sebelum apply kartu kredit.

 

#1 Lupa Bayar

Kesalahan yang paling utama adalah jangan sampai Anda lupa melunasi tagihan kartu kredit Anda. Hal ini bukan hanya mempengaruhi jumlah utang kartu kredit Anda, namun juga mempengaruhi riwayat kredit (credit score) Anda. Secara terperinci, kerugian yang akan muncul akibat kesalahan ini adalah:

  1. Semakin menumpuknya utang kartu kredit
  2. Munculnya biaya tambahan berupa denda atau bunga yang membesar akibat telat bayar
  3. Mempengaruhi riwayat kredit dalam jangka panjang yang akan mempersulit Anda saat membutuhkan kredit di masa depan

 

#2 Melakukan Pembayaran Minimum

Dalam pembayaran kartu kredit, pihak bank umumnya menentukan jumlah pembayaran minimum yang wajib dibayar selambat-lambatnya pada saat jatuh tempo, biasanya senilai 10% dari jumlah total tagihan. Namun banyak pengguna kartu kredit yang tidak mengetahui konsekuensi dari melakukan pembayaran minimum yaitu dikenakannya bunga terhadap sisa tagihan yang belum terbayarkan.

Perlu Anda ketahui juga bahwa biasanya bunga keterlambatan cenderung tinggi sehingga sangat berbahaya bagi keuangan Anda. Hindari kebiasaan bayar minimum sekarang juga untuk mencegah malapetakan keuangan!

Biaya-Biaya Kartu Kredit yang Harus Diketahui Sebelum Anda Melakukan Pengajuan Kartu Kredit Online 01 - Finansialku

[Baca Juga: Infografis: Lakukan dan Jangan Lakukan Penggunaan Kartu Kredit yang Benar]

 

#3 Mengajukan Kartu Kredit di Luar Kemampuan Finansial

Sebelum apply kartu kredit, sebaiknya Anda mengukur terlebih dahulu kemampuan finansial Anda. Jika Anda mengajukan kartu kredit yang kualifikasinya tidak sesuai, besar kemungkinan Anda nantinya hanya akan menumpuk utang. Jika Anda tidak yakin dengan kemampuan finansial Anda, mintalah credit report dari bank untuk melihat standar kemampuan finansial Anda sebelum apply kartu kredit.

 

#4 Tidak Membaca Syarat dan Ketentuannya dengan Teliti

Ketahuilah bahwa apa yang diucapkan oleh pihak bank biasanya hanya sebagian kecil dari seluruh syarat dan ketentuan yang meliputi penggunaan kartu kredit Anda. Saat Anda hendak apply kartu kredit, sangatlah bijaksana bila Anda membaca setiap poin dalam syarat dan ketentuannya. Layaknya sebuah kontrak, seluruh poin tersebut dilindungi oleh hukum sehingga Anda perlu memahaminya sebelum terjerumus lebih dalam lagi.

 

#5 Adanya Biaya Tambahan

Sesungguhnya kesalahan ini sangat bisa dihindari dengan beberapa pencegahan, antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Memilih kartu yang bebas biaya tahunan dan biaya administrasi
  2. Menghindari telat bayar
  3. Memilih kartu yang bebas biaya transaksi luar negeri

Pilihlah kartu yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan awasi penggunaannya sehingga Anda tidak perlu membayar biaya-biaya yang merugikan Anda.

Promo Kartu Kredit yang Harus Diketahui Sebelum Apply Kartu Kredit 02 - Finansialku

[Baca Juga: Biaya-Biaya Kartu Kredit yang Harus Diketahui Sebelum Anda Melakukan Pengajuan Kartu Kredit Online]

 

#6 Meremehkan Persentase Bunga Tahunan

Selain biaya-biaya yang mungkin muncul dalam kartu kredit, Persentase Bunga Tahunan (Annual Percentage Rate atau APR) merupakan salah satu yang biasanya diabaikan pengguna kartu kredit. Persentase bunga tahunan ini merupakan tingkat suku bunga tahunan yang diberlakukan secara legal untuk pinjaman Anda. Ketahui APR yang diberlakukan oleh bank sebelum Anda mengajukan kartu kredit.

 

#7 Kebiasaan Mengambil Cash Advance

Cash advance merupakan besaran dana yang dapat ditarik tunai dari kartu kredit melalui mesin ATM. Hal ini memudahkan pengguna dalam memperoleh dana tunai cepat. Namun disinilah letak masalahnya: cash advance sebenarnya dapat lebih merugikan daripada jenis pinjaman lain dikarenakan adanya biaya tambahan dan suku bunga tinggi yang dikenakan atas pinjaman tersebut.

 

#8 Tidak Bijak dalam Transfer Saldo

Balance transfer merupakan pemindahan saldo tagihan dari satu kartu kredit ke kartu kredit lain. Biasanya transfer saldo ini dilakukan karena nasabah memperoleh tawaran kartu kredit dengan suku bunga yang lebih rendah. Namun penting untuk menghitung kelayakan pemindahan saldo ini dengan saksama karena biasanya pemindahan saldo akan dikenakan biaya tertentu oleh bank lama. Jangan sampai pemindahan saldo Anda malah berujung kerugian.

Selain Syarat Membuat Kartu Kredit, Apa Saja yang Harus Anda Tanyakan Saat Apply Kartu Kredit Online 01 - Finansialku

[Baca Juga: Selain Syarat Membuat Kartu Kredit, Apa Saja yang Harus Anda Tanyakan Saat Apply Kartu Kredit Online?]

 

#9 Maksimasi Credit to Debt Ratio

Credit to debt ratio pada dasarnya adalah rasio perbandingan antara utang kartu kredit dengan jumlah maksimal yang boleh dipinjam. Jika Anda memaksimasi atau bahkan melebihi credit to debt ratio yang telah disepakati, maka pemberi pinjaman akan menganggap Anda kurang bertanggung jawab atas kemampuan pembayaran Anda.

 

#10 Memilih Fitur Kartu yang Tidak Sesuai dengan Kebutuhan

Sebelum apply kartu kredit, penting untuk memilih kartu kredit dengan fitur yang bukan hanya menarik, namun harus sesuai dengan kebutuhan Anda. Mengapa demikian? Hal ini berpengaruh kelak terhadap biaya tambahan yang Anda lakukan. Pengambilan fitur yang tidak tepat hanya akan berakibat kepada keuntungan kartu kredit yang tidak dimanfaatkan dengan maksimal.

 

#11 Pembelian Impulsif karena Reward

Apakah Anda pernah memperoleh bonus atau reward akibat penggunaan kartu kredit Anda? Sebagai contoh Anda memperoleh voucher menginap di hotel luar negeri untuk 2 malam. Memanfaatkan reward ini memang baik, namun sebaiknya Anda lebih bijak untuk menghitung biaya lain yang perlu disiapkan, seperti tiket pesawat, biaya konsumsi, oleh-oleh, dan lainnya. Jangan sampai Anda mengeluarkan biaya yang tak terduga hanya karena reward yang kecil nilainya.

Promo Kartu Kredit yang Harus Diketahui Sebelum Apply Kartu Kredit 01 - Finansialku

[Baca Juga: Promo Kartu Kredit yang Harus Diketahui Sebelum Apply Kartu Kredit]

 

#12 Memanfaatkan Reward dengan Baik

Kesalahan lain dari penggunaan kartu dengan reward tertentu adalah tidak menyadari ketentuan dari reward itu sendiri. Misalkan Anda memperoleh reward berupa voucher namun dengan syarat minimal pembelian atau dengan batasan waktu penggunaan. Terkadang keuntungan itu tidak sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak digunakan dan ujungnya menjadi sia-sia. Sebaiknya Anda mencari kartu kredit dengan keuntungan yang dapat Anda maksimalkan.

 

#13 Membuka Kartu Kredit Tambahan

Kini memiliki kartu kredit tidak semudah membalik telapak tangan. Banyak anak muda yang kesulitan memperoleh kartu kredit karena belum berpenghasilan cukup atau belum cukup usia. Anda sesungguhnya dapat membuka kartu kredit tambahan bagi anak atau orangtua Anda. Namun ketahuilah bahwa seluruh tagihan dan tanggung jawab kartu kredit tambahan akan ditanggung oleh pemilik kartu kredit utama, yakni Anda.

 

#14 Pasrah dengan Suku Bunga

Jika Anda memiliki kartu kredit dengan suku bunga yang tinggi, tidak ada salahnya untuk menegosiasikan suku bunga tersebut dengan pihak bank. Jangan hanya pasrah dengan keadaan dan membayar biaya yang sebenarnya bisa dihemat. Jika bank tidak menyetujui negosiasi ini, mungkin saatnya Anda beralih ke kartu kredit lain.

Horee Bunga Kartu Kredit Turun Menjadi 225 Namun Jangan Lakukan 8 Kesalahan Ini - Finansialku 01

[Baca Juga: Horee.. Bunga Kartu Kredit Turun Menjadi 2,25%, Namun Jangan Lakukan 8 Kesalahan Ini]

 

#15 Menyisakan Tagihan Kartu Kredit

Melunasi tagihan kartu kredit setiap bulan secara penuh memang terlalu ideal bagi sebagian orang. Namun menyisakan tagihan kartu kredit akan mempengaruhi riwayat kredit Anda dan mengakibatkan penambahan utang yang akan Anda tanggung.

 

#16 Memiliki Terlalu Banyak Kartu Kredit

Selain sulitnya mengatur banyak tagihan kartu kredit, penggunaan terlalu banyak kartu akan mempengaruhi riwayat kredit Anda lho. Pemberi pinjaman akan dengan mudah melihat bahwa Anda kesulitan membayar dan akan ragu dalam memberi Anda pinjaman di kemudian hari.

 

#17 Memilih Kartu Kredit Berdasarkan Penawaran Menarik

Dewasa ini banyak supermarket atau retail yang menawarkan kartu kredit dengan fasilitas atau penawaran menarik di awal pengajuan. Sebagai contoh: ajukan kartu kredit A sekarang dan peroleh potongan 10% pada pembelian pertama Anda. Penawaran seperti itu hanyalah mendorong apply kartu kredit impulsive yang akan merugikan Anda karena:

  1. Umumnya bunga yang diberikan lebih besar daripada bunga kartu kredit secara umum
  2. Keuntungan atau penawaran yang diperoleh hanya 1 kali saja atau hanya pada awal pengajuan kartu kredit

 

Bagaimana Jika Tidak Bisa Bayar Penuh Tagihan Kartu Kredit 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Jika Tidak Bisa Bayar Penuh Tagihan Kartu Kredit]

 

#18 Mengandalkan Kartu Kredit dalam Keadaan Darurat

Jangan sekali-kali mengandalkan kredit sebagai solusi keadaan darurat. Memang kartu kredit praktis dan selalu tersedia sehingga cocok untuk digunakan dalam keadaan darurat, dimana dana tunai tidak selalu dibawa kemana saja, namun Anda perlu menyediakan dana darurat yang dapat membayar tagihan kartu kredit tersebut. Penggunaan kartu kredit hanya memudahkan transaksi, bukan untuk membayarkan kebutuhan darurat Anda.

 

#19 Menutup Kartu Kredit Lama

Lagi-lagi salah satu kesalahan umum yang akan mempengaruhi riwayat kredit Anda, yakni menutup kartu kredit yang sudah lama Anda gunakan. Credit score Anda dipengaruhi oleh lamanya riwayat kredit tersebut, sehingga saat Anda menutup sebuah kartu kredit, nilai kredit total yang tersedia otomatis berkurang dan meningkatkan credit utilization ratio meningkat. Oleh karena itu, pertimbangkan matang-matang sebelum Anda memutuskan untuk menutup kartu kredit yang sudah lama Anda gunakan.

 

#20 Membiarkan Kartu Kredit Tidak Aktif

Selain menutup kartu kredit, banyak juga pengguna yang membiarkan beberapa kartu kredit tidak aktif (dormant). Hal ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya, namun jika terlalu banyak kartu kredit yang dibiarkan tidak aktif, lagi-lagi riwayat kredit Anda akan terguncang.

Cara Menutup Kartu Kredit yang Benar, Agar Tidak Ditagih Kembali 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Menutup Kartu Kredit yang Benar, Agar Tidak Ditagih Kembali]

 

#21 Tidak Mengecek Tagihan Kartu Kredit dengan Teliti

Penting untuk selalu melakukan pengecekan secara detil dan teliti pada tagihan bulanan kartu kredit Anda. Karena biasanya Anda tidak menyadari bahwa terdapat biaya yang sebenarnya tidak seharusnya Anda bayar, atau mungkin suku bunga tiba-tiba berubah dan menjadi lebih tinggi. Pengecekan ini hanya membutuhkan sedikit waktu, namun sangat berpengaruh untuk mencegah kerugian bagi Anda.

 

#22 Tidak Menjaga Keamanan Informasi Kartu Kredit

Penipuan kartu kredit dewasa ini semakin gencar terjadi, dan Anda tentunya tidak ingin menjadi salah satu korbannya bukan? Kuncinya mudah saja, jangan biarkan informasi kartu kredit Anda diketahui orang lain. Seluruh informasi termasuk nomor kartu kredit, PIN kartu kredit, dan data pribadi Anda merupakan informasi rahasia yang tidak boleh diketahui siapapun selain Anda.

 

#23 Menggunakan Kartu Kredit Tanpa Mengingat Kemampuan Finansial

Godaan dalam menggunakan kartu kredit memang sangat banyak, contohnya adalah promo potongan harga dan reward yang bisa Anda dapatkan. Tapi ingatkah Anda bahwa kartu kredit hanyalah sebuah produk pinjaman yang harus Anda bayarkan kemudian? Jangan sampai godaan mengalahkan Anda sehingga tumpukan utang bertambah banyak dan menghambat proses menuju kebebasan finansial.

Jangan Gunakan Kartu Kredit, Jika Anda Berada dalam 6 Kondisi Keuangan Ini 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Gunakan Kartu Kredit, Jika Anda Berada dalam 6 Kondisi Keuangan Ini]

 

Nikmati Keuntungannya, Hindari Kesalahannya Sebelum Apply Kartu Kredit

Setelah mengetahui beberapa kesalahan dalam penggunaan kartu kredit, kini Anda dapat apply kartu kredit dengan tenang. Anda akan merasakan manfaat dan keuntungannya tanpa harus menanggung risiko yang sesungguhnya dapat dihindari. Jangan takut mengajukan kartu kredit, Anda hanya perlu mempelajari keuntungan dan kesalahan penggunaannya dengan teliti!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai kesalahan penggunaan kartu kredit lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Rebecca Lake. 18 April 2016. 23 Credit Card Mistakes to Avoid. Creditdonkey.com – https://goo.gl/6CNEuR

 

Sumber Gambar:

  • Stress Using Credit Card – https://goo.gl/9n1jpU
  • Apply Kartu Kredit – https://goo.gl/q9UtnY

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana