Bagaimana cara menutup kartu kredit dengan benar? Apa trik khusus yang dilakukan agar tidak ada penagihan kembali? Kali ini Finansialku akan membahas cara menutup kartu kredit yang benar, agar tidak ditagih kembali.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Menutup Kartu Kredit

Menutup kartu kredit saat sudah tidak memerlukannya lagi adalah prosedur yang biasa dilakukan beberapa nasabah.

Selain merasa tidak perlu lagi, adakalanya nasabah juga merasa lebih konsumtif karena kurangnya self control saat memegang kartu kredit.

Agar tidak mengalami masalah setelah penutupan kartu kredit, prosedur yang dilakukan harus benar. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencari informasi terlebih dahulu bagaimana cara menutup kartu kredit secara benar.

 

Tujuan Menutup Kartu Kredit

Seseorang yang menutup kartu kredit bisa memiliki beberapa alasan khusus. Biasanya, ada beberapa nasabah yang pada akhirnya memiliki kemandirian finansial untuk memanfaatkan kartu debit dibanding kartu kredit.

Hal ini tentu baik karena berarti nasabah tersebut bisa terbebas dari utang. Namun, yang buruk adalah jika ada yang ingin menutup kartu kredit karena perilaku membeli dengan tidak terkontrol atau telah menjadi korban penipuan.

 

Langkah Menutup Kartu Kredit Yang Benar Agar Tidak Ditagih Kembali

Sebenarnya, cara untuk menutup kartu kredit tidaklah rumit. Anda hanya perlu cermat dan jeli atas segala persyaratannya. Bagaimanapun juga, prosedur setiap bank penerbit kartu kredit berbeda-beda.

Oleh karena itu, ikutilah beberapa cara berikut agar tidak ada tagihan tambahan yang membebani Anda setelah kartu kredit ditutup. Karena, jika Anda sudah menutup kartu kredit lalu ada tagihan tambahan, pasti hal ini akan sangat mengganggu.

 

Langkah 1: Prosedur Harus Diawali Dengan Menuju Bank Penerbit Kartu Kredit

Sebaiknya Anda langsung mendatangi bank penerbit kartu kredit agar mendapatkan kejelasan prosedur yang harus dijalani selanjutnya.

Apa saja dokumen yang perlu disiapkan dan bagaimana alur pendataan agar ke depannya tidak akan ada lagi tagihan yang dialamatkan pada Anda. Jika Anda tidak memiliki waktu pada jam kerja untuk pergi ke bank secara langsung, layanan lewat email dapat dilakukan.

Meskipun customer service bisa membantu, di beberapa kesempatan mereka akan memberikan keterangan yang agak berbelit.

Cara Menutup Kartu Kredit yang Benar, Agar Tidak Ditagih Kembali 02 - Finansialku

 [Baca Juga: Kesalahan Terbesar Penggunaan Kartu Kredit bagi Pemula dan Penanganannya]

 

Langkah 2: Selesaikan Semua Tagihan

Jika alur penutupan kartu kredit sudah dimengerti, maka Anda harus membayar seluruh tagihan dan transaksi dari aktivitas sebelumnya.

Hitung ulang semua pengeluaran yang telah dilakukan namun belum terbayar. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah menutup kartu kredit karena tidak ada lagi tanggungan.

 

Langkah 3: Jangan Lupa Pembayaran Tahunan

Annual fee atau pembayaran yang harus dilakukan setiap tahun bagi setiap pemegang kartu kredit juga harus dilunasi sebelum penutupan dilakukan.

Saat ini, sudah ada beberapa bank penyedia layanan kartu kredit yang membebaskan annual fee dengan syarat dan ketentuan tertentu.

Jika kartu kredit Anda termasuk di dalamnya, maka lakukan beberapa persyaratan tersebut untuk menghemat biaya tambahan tersebut.

Orang Sekarang, Hidup dari Tagihan ke Tagihan Kartu Kredit - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Orang Sekarang, Hidup dari Kartu Kredit dan Tagihan Kartu Kredit]

 

Langkah 4: Berikan Saldo Tambahan Untuk Mengantisipasi Biaya Penutupan

Supaya Anda tidak perlu lagi membayar biaya penutupan, Anda bisa memberikan saldo tambahan pada kartu kredit tersebut. Dengan demikian, proses penutupan kartu kredit bisa lebih hemat.

 

Langkah 5: Manfaatkan Reward Semaksimal Mungkin

Kartu kredit biasanya memiliki program dan fasilitas reward. Manfaatkan semua reward kartu kredit yang Anda miliki untuk fitur-fitur dalam menutup kartu kredit agar tidak ditagih kembali.

Inilah 5 Cara Rahasia Menjaga Keamanan Kartu Kredit Anda 2 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah 5 Cara Rahasia Menjaga Keamanan Kartu Kredit Anda]

 

Langkah 6: Tutup Akses Automatic Payment

Ada beberapa toko, baik online maupun offline yang memiliki fitur pembayaran otomatis yang memudahkan para pelanggan dalam mengakses barang-barangnya dengan potongan langsung pada kartu kredit.

Jika Anda termasuk pengguna kartu kredit yang memakai layanan ini, jangan lupa untuk menutupnya agar tidak muncul masalah di waktu yang akan datang.

Jika toko yang bekerja sama dengan Anda selama ini adalah toko online, cukup membuka fitur tutup layanan.

Namun, bila toko tersebut adalah toko nyata atau offline, Anda dapat mendatanginya secara langsung agar lebih jelas. Saat Anda tidak memiliki banyak waktu, pastikan menghubungi SMS center atau call center. Intinya, jangan sampai melupakan titik penting ini.

Kenali 4 Jenis limit Kredit Sebelum Anda Mengajukannya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kenali 4 Jenis limit Kredit Sebelum Anda Mengajukannya]

 

Langkah 7: Simpan Struk, Nota dan Dokumen Pembayaran Lainnya

Hal terpenting dalam setiap aktivitas transaksi berbayar adalah menyimpan bukti pembayaran. Bukti pembayaran bisa berupa nota, struk, kwitansi dan faktur.

Setiap Anda melakukan aktivitas dengan kartu kredit, pasti penjual yang jujur akan memberikan dokumen resmi tersebut. Saat akan menutup kartu kredit, dokumen tersebut juga sangat membantu.

Pasalnya, akan ada beberapa konfirmasi yang diperlukan. Anda tidak mungkin mengingat nominal pembelanjaan secara detail. Oleh karena itu, struk akan sangat penting.

moms-coba-deh-jurus-meningkatkan-limit-kartu-kredit-1-finansialku

[Baca Juga: Moms, Coba Deh Jurus Meningkatkan Limit Kartu Kredit]

 

Tutup Kartu Kredit melalui Informasi yang Benar

Menutup kartu kredit ternyata tidak serumit yang dibayangkan. Dengan pengetahuan akan informasi yang benar, maka kita dapat melakukan setiap prosedur dengan baik dan cermat.

 

Kapankah Anda akan mulai menjalankan prosedur penutupan kartu kredit tersebut? Bagaimana pengalaman Anda? Mengapa demikian? Jawablah pertanyaan di atas dengan membagi informasi dan saling menjelaskan opini Anda bersama rekan kerja, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 02 September 2015. 5 Cara Menutup Kartu Kredit. Cermati.com – https://goo.gl/hTeRSf
  • Admin. Dilarang Keras Menutup Kartu Kredit Sembarangan, Perhatikan 7 Poin Penting Ini! https://goo.gl/G8FnhV

 

Sumber Gambar:

  • Kartu Kredit – https://goo.gl/pPybcB dan https://goo.gl/WytFbe

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana