Seberapa besar limit kredit untuk KTA, KMG, Kartu Kredit dan KUR? Apakah Anda ingin mengajukan kredit dalam waktu dekat ini? Jika ya simak dulu limit kredit masing-masing pinjaman.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Halomoney Indonesia Logo

 

Kenali 4 Limit Kredit Berikut Ini!

Sebelum mengajukan kredit, sebaiknya Anda kenali syarat dan ketentuannya. Salah satu yang harus Anda ketahui adalah limit kredit. Setiap jenis kredit, KTA (Kredit Tanpa Agunan), KMG (Kredit Multi Guna), Kartu Kredit dan KUR (Kredit Usaha Rakyat) memiliki fungsi dan limit yang berbeda-beda. Hitung kebutuhan kredit Anda dan sesuaikan dengan produk kredit yang tepat.

Kenali 4 Jenis limit Kredit Sebelum Anda Mengajukannya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Bebas dari Utang?]

 

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Seperti yang kita ketahui, kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah salah satu jenis kredit yang tidak perlu menyertakan agunan atau jaminan. KTA termasuk dalam kategori kredit konsumer. Limit KTA berbeda-beda untuk setiap bank, tergantung dengan limit kartu kredit dan/atau slip gaji bulanan. Biasanya bank tidak memberikan limit besar untuk KTA, karena bank berusaha mengurangi risiko. Limit KTA yang diberikan bank biasanya lima kali gaji bulanan. Jadi jika seseorang memiliki gaji Rp 5 juta, maka limit KTA nya adalah Rp 25 juta.

[Baca juga: Biar Ga Nyesel, Kenali Dulu KTA]

 

Kredit Multiguna (KMG)

Jenis kredit yang satu ini adalah kredit yang paling umum dan pastinya dimiliki oleh setiap bank. Kredit multiguna (KMG) adalah kredit yang perlu penyertaan jaminan aset berharga ke bank. Aset tersebut dapat berupa sertifikat tanah, kendaraan, atau rumah untuk mendapatkan pinjaman.

[Baca Juga: Kenali Istilah-Istilah Kredit, Sebelum Mengajukannya]

 

Limit kredit KMG sekitar Rp 2 miliar – Rp 5 miliar dan/atau bergantung penilaian aset yang dijadikan jaminkan. Berbicara mengenai tempo pinjaman, bisa mencapai 1-10 tahun tahun. Tentu saja jika terjadi gagal bayar maka jaminan akan menjadi milik bank atau milik lembaga keuangan yang meminjamkan uang.

 

Kartu Kredit

Kartu kredit (credit card) adalah jenis kredit yang paling populer. Limit yang diberikan bank untuk kartu kredit sekitar tiga kali pendapatan bulanan. Jadi jika seseorang memiliki pendapatan sebesar Rp 5 juta, maka limit kredit yang dapat diberikan sekitar Rp 15 juta.  Kartu kredit adalah jenis kredit dengan tenor yang sangat pendek kurang lebih 30 hari. Kartu kredit ini lebih cocok untuk kebutuhan jangka pendek atau transaksi harian.  

[Baca Juga: Apakah Remaja, Boleh Memegang Kartu Kredit?]

 

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Terakhir adalah kredit usaha rakyat (KUR), kredit yang digagas oleh pemerintah. Kredit jenis KUR ini tidak dimiliki oleh setiap bank. KUR hanya disalurkan oleh bank-bank yang telah bekerjasama dengan pemerintah. Sebelumnya batasan KUR mencapai Rp 500 juta, namun banyak disalahgunakan oleh banyak oknum. Saat ini limit untuk KUR adalah Rp 25 juta. Pengurangan nilai kredit, juga berguna untuk mengurangi risiko gagal bayar.

[Cek Infografis: KUR untuk UKM Online]

 

Saatnya Menghitung Kredit

Setelah Anda mengetahui limit masing-masing kredit saatnya Anda menentukan produk yang tepat. Produk kredit yang tepat dapat memaksimalkan keuntungan Anda.

 

Contoh kredit yang kurang tepat, memanfaatkan KTA untuk memulai bisnis baru, memanfaatkan kartu kredit untuk membeli kendaraan dan lain sebagainya. 

 

Apakah Anda sudah memanfaatkan kredit sesuai dengan limit dan peruntukannya?

 

Sumber Gambar:

  • Credit – http://goo.gl/g2kEPx

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang