Apa saja promo kartu kredit yang harus diketahui sebelum apply kartu kredit? Bagaimana persyaratannya? Kali ini Finansialku akan membahas promo kartu kredit yang harus diketahui sebelum apply kartu kredit.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Promo Kartu Kredit

Pada umumnya, promo kartu kredit dilakukan agar customer atau calon customer lebih tertarik untuk meng-applynya. Ada pula beberapa penyedia layanan kredit yang memberikan promo khusus acara tertentu seperti hari jadi perusahaan, momen tanggal merah dan sebagainya. Promo yang diberikan bisa bermacam-macam. Selain bergantung pada sektor mana sebuah layanan kartu kredit diberikan, promo juga berkaitan dengan jangkauan layanan kredit pada pelanggan.

 

Pentingnya Memanfaatkan Promo Kartu Kredit

Bagi para pelanggan kartu kredit atau yang akan meng-applynya, memanfaatkan promo kartu kredit sangat penting. Selain beberapa potongan harga, Anda juga akan bisa menikmati berbagai hadiah yang variatif mulai cashback sampai liburan atau potongan harga tiket pesawat. Oleh karena itu, semakin jeli seseorang dalam memanfaatkan promo kartu kredit, maka semakin hemat pula biaya-biaya yang harus dikeluarkan.

 

Promo Kartu Kredit yang Harus Diketahui Sebelum Apply Kartu Kredit

Sebelum mengajukan kartu kredit, seseorang harus mengetahui tentang jenis-jenis kartu kredit, layanan kartu kredit, dan berbagai promo kartu kredit. Mengapa demikian? Hal ini sangat berkaitan dengan pengurangan biaya-biaya yang tidak dibutuhkan. Jika sudah cukup dengan dana yang terbatas, Anda bisa mengalokasikan sisa dana untuk keperluan lainnya. Berikut ini adalah macam-macam promo kartu kredit yang harus diketahui.

 

Promo 1: Kartu Kredit Berbunga Rendah

Pada jangka waktu tertentu tiap tahunnya, hampir seluruh penyedia layanan kartu kredit seperti bank memiliki promo bunga rendah bagi pendaftar pertama. Jangan lewatkan kesempatan emas ini. Karena biasanya promo tidak berlangsung lama. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan waktu yang diperlukan untuk memproses pembuatan kartu kredit yang tidak sama setiap providernya. Bisa lama ataupun cepat. Hal ini berkaitan pula dengan pemberkasan dan kelengkapan syaratnya. Karena, biaya tambahan yang bisa ditekan cukup tinggi. Apalagi jika promo tersebut mencantumkan bunga sampai 0%.

Promo Kartu Kredit yang Harus Diketahui Sebelum Apply Kartu Kredit 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kesalahan Terbesar Penggunaan Kartu Kredit bagi Pemula dan Penanganannya]

 

Promo 2: Kartu Kredit untuk Transfer Balance

Dengan promo yang satu ini, Anda akan dapat memindahkan saldo tagihan dari kartu kredit berbunga tinggi ke kartu kredit berbunga rendah. Jika sudah demikian, pasti anggaran yang harus disiapkan juga berkurang drastis. Namun, seperti promo kartu kredit berbunga rendah, promo transfer balance pun tidak berlangsung lama. Oleh karena itu, jika Anda ingin memanfaatkannya, segera lengkapi syarat dan ketentuan yang berlaku. Anda dapat juga membuka website bank tersebut atau menghubungi customer service yang siap membantu menjawab segala pertanyaan seputar promo.

Promo Kartu Kredit yang Harus Diketahui Sebelum Apply Kartu Kredit 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ngelunasin Kartu Kredit atau KPR Dulu?]

 

Promo 3: Kartu Kredit dengan Cashback

Promo yang satu ini cukup menjadi incaran para pelanggan kartu kredit. Pasalnya, reward yang diberikan adalah uang tunai. Biasanya Anda akan mendapatkan cashback berdasarkan jumlah nominal yang dibelanjakan, serta berapa banyak toko yang terkait kerja sama dengan bank yang dilibatkan dalam jual beli. Jika Anda termasuk orang yang suka berbelanja, maka manfaatkan promo yang satu ini menjadi salah satu cara belanja dengan lebih hemat. Meskipun kartu kredit dengan promo ini memiliki tagihan yang lebih tinggi, tetapi cashbacknya juga bisa digunakan untuk keperluan tambahan.

Bagaimana Cara Kerja Kartu Kredit dan Bagaimana Cara Membuat Kartu Kredit 02 - Finansialku

[Baca Juga: Orang Sekarang, Hidup dari Kartu Kredit dan Tagihan Kartu Kredit]

 

Promo 4: Kartu Kredit Dengan Travel Points

Anda termasuk orang yang suka bepergian? Jika ya, maka promo kartu kredit dengan travel points merupakan layanan yang bisa dimanfaatkan secara optimal. Pada umumnya, ada saja hotel dan tempat-tempat wisata yang bekerja sama dengan bank penyedia layanan kredit. Dengan kerja sama tersebut, customer akan diuntungkan karena travel points akan diberikan pada setiap transaksi belanja. Jika poin yang dikumpulkan sudah cukup, maka Anda bisa mendapat voucher menginap atau berwisata ke tempat tertentu. Promo ini biasanya tidak memiliki jangka waktu tertentu, namun potongan atau poinnya bisa berubah-ubah. Pada umumnya promo jenis ini akan bertambah saat musim liburan.

Mahasiswa, Jangan Nekad Mau Mulai Bisnis dengan Kartu Kredit! - Finansialku

[Baca Juga: Kartu Kredit: “U” itu Untung bukan Utang (Infografis)]

 

Promo 5: Kartu Kredit Retail Reward

Dengan kerja sama bank dan perusahaan retail, hadiah yang akan diperoleh para customer adalah barang-barang yang dijual oleh perusahaan tersebut. Promo ini biasanya tidak dikenakan pada jangka waktu tertentu, namun ada beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku. Apabila pelanggan tertib membayar tagihan tiap bulannya, maka promo yang satu ini akan semakin bisa diakses. Selain itu, pembelanjaan di outletoutlet yang bekerja sama dengan bank juga bisa membantu mengumpulkan poin.

Inilah 5 Cara Rahasia Menjaga Keamanan Kartu Kredit Anda 1 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah 5 Cara Rahasia Menjaga Keamanan Kartu Kredit Anda]

 

Sebelum Apply Kartu Kredit, Ketahui Promo Kartu Kredit

Jika Anda adalah seorang yang akan meng-apply kartu kredit sebagai kemudahan dalam berbelanja, Anda perlu memahami promo-promo yang ditawarkan oleh pihak bank. Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dari penggunaan kartu kredit apabila Anda mengetahuinya.

 

Jenis kartu kredit apa yang akan Anda pilih? Mengapa demikian? Jawablah pertanyaan tersebut dengan mengungkapkan pertimbangan Anda serta berdiskusi bersama rekan yang juga akan meng-apply kartu kredit, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • 2 Maret 2016. Tipe-Tipe Kartu Kredit yang Mesti Anda Ketahui. Cermati.com – https://goo.gl/gLMbvd
  • Money Smart. What Features do Credit Cards Have? (Part 1). Moneysmart.sg – https://goo.gl/Cl648B
  • Money Smart. What Features Do Credit Cards Have? (Part 2). Moneysmart.sg – https://goo.gl/WyqO89
  • Money Smart. What Are The Benefits of Using a Credit Card?. Moneysmart.sg – https://goo.gl/OaAPu0

 

Sumber Gambar:

  • Kartu Kredit – https://goo.gl/bpVnY5 dan https://goo.gl/LKuULB
  • Mesin EDM – https://goo.gl/67NIs2

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang