Kartu kredit dapat memudahkan transaksi Anda atau bahkan menjadi malapetaka keuangan, tergantung dari bagaimana Anda menggunakannya. Lalu bagaimanakah sebaiknya penggunaan kartu kredit yang baik? Mari kita lihat hal yang boleh dilakukan dan hal yang tidak boleh dilakukan dalam penggunaan kartu kredit yang benar.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Tanggung Jawab yang Besar

Kartu kredit memberikan kemudahan transaksi keuangan Anda, namun di balik semua kemudahan itu, muncul sebuah tanggung jawab besar dalam penggunaannya. Tanggung jawab yang dimaksud adalah dimana kartu kredit Anda dapat mengeluarkan lebih dari kemampuan Anda, Anda bertanggung jawab untuk mengawasi penggunaannya sesuai kemampuan finansial Anda. Finansialku akan menjabarkan beberapa hal yang boleh dilakukan dan hal yang tidak boleh dilakukan penggunaan kartu kredit yang benar.

Infografis Lakukan dan Jangan Lakukan Penggunaan Kartu Kredit yang Benar 02 - Finansialku

[Baca Juga: Waspada! Daftar Modus Penipuan Kartu Kredit yang Harus Anda Ketahui]

 

#1 Lakukan: Buat Anggaran Penggunaan Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit yang berlebihan dapat menghasilkan dampak jangka panjang yang buruk, terutama jika tagihannya tidak segera dilunasi. Anda bisa terlilit bunga kartu kredit yang sangat tinggi. Menggesek kartu kredit secara terus-menerus bisa memberikan efek ‘candu’. Pastikan Anda memiliki anggaran untuk berapa besar biaya yang bisa Anda bayar dengan menggunakan kartu kredit setiap bulannya.

Sebagai pengguna kartu kredit yang bijak, tentunya Anda tidak ingin mengeluarkan lebih dari kemampuan Anda. Awasilah utilisasi kartu kredit Anda untuk menghindari tagihan kartu kredit yang menumpuk. Selain itu, Anda sebaiknya membatasi penggunaan kartu kredit agar tidak melampaui 30% dari limit Anda. Hal ini akan membantu Anda membangun credit score yang baik.

 

#2 Lakukan: Membaca Ketentuan dan Lembar Tagihan dengan Cermat

Jangan remehkan lembaran ketentuan yang diberikan ketika Anda mengambil kartu kredit. Pastikan Anda membaca seluruh ketentuan, terutama mengenai biaya-biaya agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam pembayaran. Selain itu, Anda juga harus membaca dengan seksama lembaran tagihan yang didapatkan setiap bulan. Tidak jarang pengguna kartu kredit menjadi korban penipuan sehingga harus membayar tagihan yang tidak digunakannya.

 

#3 Lakukan: Evaluasi Tagihan Setiap Bulan

Perusahaan kartu kredit terkenal dengan kebiasaan membebankan biaya-biaya tersembunyi kepada konsumennya. Karena itu pastikan Anda selalu membaca aturan-aturan yang diberikan baik di awal maupun setiap ada perubahan baru pada kartu kredit Anda. Dengan begitu Anda bisa selalu mendapatkan penawaran terbaik.

 

#4 Lakukan: Tetap Gunakan Aturan Anggaran 30% Pelunasan Utang

Dalam pengelolaan cashflow yang baik Anda disarankan untuk mengalokasikan dana pelunasan utang maksimal 30%. Pastikan penggunaan kartu kredit serta utang lain yang Anda bayar setiap bulannya tidak lebih dari 30% pendapatan bulanan Anda. Dengan begitu tidak ada tagihan menumpuk yang tidak bisa dibayar.

 

#5 Lakukan: Negosiasi Bunga Kredit

Bunga kredit biasanya sangat tinggi, jika tagihan ditumpuk lama-kelamaan dapat merusak keuangan Anda. Cobalah untuk menegosiasikan bunga kredit Anda, terutama jika bunga kredit yang ditawarkan lebih tinggi daripada kartu kredit yang sebelumnya. Ada peluang bank akan memberikan penawaran yang lebih menarik.

 

#6 Lakukan: Tentukan Periode Pembayaran Sesuai Cashflow Bulanan

Setiap orang bisa mendapatkan periode pembayaran tagihan yang berbeda-beda. Sebaiknya Anda menentukan tanggal pembayaran yang sesuai dengan cashflow bulanan Anda. Dengan begitu, ketika menerima pendapatan Anda bisa langsung menyelesaikan semua tagihan. Sehingga tidak ada tagihan yang menumpuk.

 

#7 Lakukan: Gunakan Kartu Kredit Anda Secara Strategis

Skor kredit yang baik dari penggunaan kartu kredit dapat membuka peluang persetujuan pinjaman yang besar bagi Anda. Gunakan kartu kredit Anda untuk kebutuhan-kebutuhan rutin seperti membayar tagihan listrik, telepon, internet, dan tagihan lain-lain. Dengan begitu, kartu kredit terus digunakan setiap bulan tanpa membuat Anda menjadi boros.

Promo Kartu Kredit yang Harus Diketahui Sebelum Apply Kartu Kredit 02 - Finansialku

[Baca Juga: Promo Kartu Kredit yang Harus Diketahui Sebelum Apply Kartu Kredit]

 

#8 Jangan Lakukan: Jangan Terlambat Membayar Tagihan

Salah satu faktor yang memiliki pengaruh terbesar terhadap skor kredit Anda adalah riwayat pembayaran tagihan. Jika Anda terlambat atau tidak membayar tagihan bulanan maka dampaknya bisa sangat negatif terhadap skor kredit Anda. Pastikan Anda membayar tagihan kartu kredit tepat waktu dan tepat jumlah.

 

#9 Jangan Lakukan: Jangan Menyisakan Tagihan Kartu Kredit

Memang ada pilihan untuk membayar sebagian tagihan kartu kredit setiap bulannya. Hal ini tidak mempengaruhi skor kredit, tetapi akan membuat Anda terlilit bunga kartu kredit yang tinggi. Sebaiknya lunasi tagihan kartu kredit Anda setiap bulan.

 

#10 Jangan Lakukan: Jangan Membayar Minimum

Menyisakan tagihan kartu kredit saja sudah tidak disarankan, apalagi membayar tagihan minimum. Semakin banyak tagihan yang Anda sisakan maka semakin besar pula nominal bunga yang harus Anda bayar di bulan berikutnya. Jangan sampai hal ini merusak cashflow Anda dalam jangka panjang.

 

#11 Jangan Lakukan: Lebihkan Pembayaran Ketika Menutup Kartu Kredit

Jika Anda berniat menutup kartu kredit lama maka Anda harus melunasi seluruh tagihan sebelumnya. Tetapi jangan lupa untuk membayar lebih dari tagihan untuk menutup biaya administrasi. Anda bisa melebihkan sekitar Rp10.000 atau sesuai dengan kebutuhan bank masing-masing.

 

#12 Jangan Lakukan: Jangan Menggunakan Kartu Kredit Lebih dari Kemampuan Membayar

Ini adalah salah satu poin terpenting. Jangan menggunakan kartu kredit lebih dari yang mampu Anda bayarkan. Kartu kredit adalah utang, bukan uang tambahan, jika terus ditumpuk dapat berdampak buruk pada keuangan Anda.

 

#13 Jangan Lakukan: Jangan Menggunakan Kartu Kredit untuk Keperluan Tidak Tetap

Kartu kredit dapat digunakan untuk membeli banyak hal, tetapi sebaiknya tidak digunakan untuk membeli keperluan yang sifatnya tidak tetap. Misalnya untuk membeli barang-barang yang Anda inginkan. Hal ini dikarenakan jumlah barang yang tidak diinginkan biasanya tidak terbatas. Sementara kartu kredit dapat mengakomodasinya di saat itu juga, tetapi Anda belum tentu bisa mengakomodasi pembayaran kartu kreditnya di bulan selanjutnya.

 

#14 Jangan Lakukan: Jangan Memiliki Terlalu Banyak Kartu Kredit

Memiliki terlalu banyak kartu kredit hanya akan membuat Anda terbeban dengan biaya administrasi tahunan. Selain itu, juga dapat membuka peluang Anda membeli barang-barang yang tidak diperlukan hanya karena berbagai penawaran promosi dari berbagai kartu kredit tersebut. Sebaiknya miliki kartu kredit yang menawarkan fasilitas sesuai kebutuhan Anda saja.

Bagaimana Cara Kerja Kartu Kredit serta Apa Untung Ruginya Kartu Kredit 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Kartu Kredit serta Apa Untung Ruginya Kartu Kredit?]

 

Gunakan Kartu Kredit dengan Benar

Kartu kredit dapat bermanfaat dan tidak merugikan jika Anda menggunakannya dengan benar. Namun kartu kredit juga dapat menjadi sumber malapetaka keuangan bila digunakan sembarangan. Nikmatilah manfaat kartu kredit tanpa melupakan beberapa tanggung jawab Anda.

 

Apakah Anda mengetahui dos and don’ts kartu kredit lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Asian People with Credit Card – https://goo.gl/VStAUD

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana