Bunga kartu kredit turun merupakan kabar yang baik bagi Anda pengguna kartu kredit. Namun dengan adanya penurunan bunga jangan sampai Anda melakukan kesalahan dalam penggunaan kartu kredit. Artikel kali ini, akan memberitahukan Anda berapa sih penurunan bunga kartu kredit dan apa saja yang harus dihindari dalam menggunakan kartu kredit. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Horee… Bunga Kartu Kredit Turun Jadi 2,25%

Apakah Anda seorang pengguna kartu kredit, berbahagialah karena Bank Indonesia dalam waktu dekat ini akan menerbitkan ketentuan untuk penurunan batas maksimum suku bunga kartu kredit menjadi 2,25% dari yang berlaku saat ini 2,95% per bulan.

Penurunan ini disampaikan dalam Surat Edaran Bank Indonesia (SEBI) No. 18/33/DKSP perihal perubahan keempat tentang penyelenggaraan kegiatan alat pembayaran menggunakan kartu yang terbit pada 2 Desember tahun lalu.

Horee Bunga Kartu Kredit Turun Menjadi 225 Namun Jangan Lakukan 8 Kesalahan Ini - Finansialku 01

[Baca Juga: Bagaimana Jika Tidak Bisa Bayar Penuh Tagihan Kartu Kredit]

 

Setelah masa transisi perubahan selama 6 bulan, tepat pada hari ini, 1 Juni 2017, batas bunga kartu kredit yang diberikan bank sentral adalah 2,25% per bulan dan 26,95% per tahun. Dikutip dari laman Kumparan, Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) mengatakan, penurunan suku bunga ini menunjukkan pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah mulai membaik.

Aturan Baru Bunga Kartu Kredit

Periode

Maks Bunga Bulanan

Maks Bunga Tahunan

1 Juni 2017

2,25%

26,95%

November 2012- Mei 2017

2,95%

35,40%

 

Bagi nasabah penurunan bunga kartu kredit membuat cicilan lebih ringan, namun berbeda ceritanya bagi bank. Para bankir mulai memikirkan cara untuk menghadapi penurunan pendapatan dari bisnis kartu kredit.

 

 Potret Bisnis Transaksi Kartu Kredit

Keterangan  Apr 2016 Des 2016 Apr 2017 Yoy
Jumlah Kartu Kredit  16,89 juta 17,40 juta 17,66 juta 4,55%
Volume 23,67 juta 28,70 juta 26,70 juta 12,80%
Nominal Rp22,14 triliun Rp26,37 triliun Rp23,41 triliun 5,73%

 

Dikutip dari laman Okezone, Direktur Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran BI, Farida Peranginangi, menurut beliau, dengan bunga kartu kredit yang lebih rendah, justru pengguna kartu kredit dapat meningkatkan transaksinya. Alhasil, potensi menurunnya nilai pendapatan komisi untuk bank dapat terkompensasi dengan meningkatnya volume transaksi dan hal itu juga membantu untuk meningkatkan gerakan transaksi non tunai.

Selain itu, penurunan bunga kartu kredit juga dapat membantu perbankan untuk memperbaiki rasio kredit bermasalah (non performing loan – NPL). Menurut Farida, meningkatnya NPL bisa disebabkan terhambatnya pembayaran tagihan kartu kredit milik nasabah.

Cara Menutup Kartu Kredit yang Benar, Agar Tidak Ditagih Kembali 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Menutup Kartu Kredit yang Benar, Agar Tidak Ditagih Kembali]

 

Direktur Kartu Kredit dan Personal PT Bank Mega Tbk Dodit W Probojakti mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi tentang bunga kartu kredit sejak 1 April 2017 melalui semua chanel seperti website Bank Mega, email blast, pesan singkat, pesan laporan penagihan hingga media sosial. Diharapkan dengan adanya penurunan bunga kartu kredit, akan mendorong konsumen memanfaatkan kartu kredit dalam kebutuhan pendanaan. Bahkan Bank Mega telah memprediksikan, pasca penurunan bunga, nilai transaksi kartu kredit dapat tumbuh 10%-15% di 2017.

 

Bunga kartu kredit memang turun sih, tapi ya jangan dipakai buat utang juga. #KartuKredit via Finansialku Click to Tweet

 

8 Kesalahan dalam Menggunakan Kartu Kredit yang Harusnya Bisa Anda Hindari

Dengan bunga kartu kredit turun, maka akan semakin banyak orang yang menggunakan kartu kredit saat berbelanja, belum lagi dengan tambahan promo dan diskon akan semakin menarik perhatian Anda. Sebagai pengguna kartu kredit diharapkan Anda menjadi seorang pengguna yang bijak karena dengan memakai kartu kredit, Anda sedang berutang dengan pihak bank. Berikut ada 8 kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna kartu kredit dan sebaiknya Anda hindari.

 

#1 Tidak Strategis Dalam Pemakaiannya

Dengan adanya penurunan bunga, sudah dipastikan akan banyak orang dan mungkin termasuk Anda akan menggunakan kartu kredit dengan mudahnya. Kartu kredit dibuat untuk mengantisipasi kriminalitas yang dapat timbul dari pemakaian kartu debit untuk belanja seperti akses langsung ke rekening Anda atau pembelanjaan tanpa adanya pihak penengah.

Waspadai Penipuan Kartu Kredit dan Bagaimana Cara Menghindari Penipuan Kartu Kredit 01 - Finansialku

[Baca Juga: Waspadai Penipuan Kartu Kredit dan Bagaimana Cara Menghindari Penipuan Kartu Kredit?]

 

Namun kesalahan banyak orang dalam menggunakan kartu kredit biasanya, pemilik membelanjakan kartu kredit tanpa memikirkan pengembalian utang kartu kredit tersebut. Tidak bertanggung jawab dengan kartu kredit hanya akan merusak kualitas kredit Anda di mata bank dan Anda akan kesulitan untuk mengajukan kredit lainnya.

Lalu apa yang seharusnya dilakukan? Yang harus Anda lakukan adalah Anda harus memakai kartu kredit dengan strategis. Misalnya, untuk transaksi yang berisiko besar seperti transaksi jual beli secara online atau untuk menghindari masalah keuangan antara penjual dan pembeli. Selain itu, susunlah anggaran Anda sebelum Anda menggunakan kartu kredit. Anda dapat menentukan target maksimal untuk penggunaan kartu kredit Anda. Target ini idealnya 80% dari limit kartu kredit Anda, tentunya target tersebut harus disesuaikan dengan kemampuan finansial masing-masing. Dengan bunga kartu kredit, jangan membuat Anda menjadi seenaknya dalam membelanjakan barang dengan kartu kredit.

 

#2 Telat atau Gagal Melakukan Pembayaran

Kegagalan membayar kartu kredit secara tepat waktu, sama bahayanya dengan kurangnya jumlah pembayaran. Jika Anda gagal membayar tepat waktu, Anda akan diberikan denda penalti yang cukup tinggi. Hal ini hanya akan membuat Anda kesulitan membayar. Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan kartu kredit, pastikan bahwa Anda dapat membayarnya secara tepat waktu. Tandai kalender Anda atau buatlah pengingat 7 hari sebelum tanggal tagihan Anda jatuh tempo.

Jangan Gunakan Kartu Kredit, Jika Anda Berada dalam 6 Kondisi Keuangan Ini 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Gunakan Kartu Kredit, Jika Anda Berada dalam 6 Kondisi Keuangan Ini]

 

#3 Membayar Dengan Jumlah Minimum

Pada saat Anda ingin membayar tagihan kartu kredit, pasti Anda pernah melihat pilihan pembayaran dengan jumlah minimum. Jangan pernah tergiur untuk membayar dengan jumlah tersebut. Alasan pertama adalah hal ini dapat merusak status kredit Anda. Bank akan menilai bahwa keuangan Anda sedang dilanda masalah dan Anda cenderung akan berhenti membayar tagihan.

Kedua, pembayaran minimum diberikan dengan bunga pinjaman atas jumlah yang belum dibayarkan. Bunga pinjaman ini dapat menjadi sangat banyak, terutama jika diakumulasikan, sampai bunga tersebut melebihi jumlah yang belum Anda bayar.

 

#4 Tidak Memeriksa Tagihan Kartu Kredit

Anda harus selalu ingat untuk memeriksa tagihan kartu kredit Anda karena mungkin saja pihak penjual melakukan kesalahan input angka atau pihak bank mengenakan Anda transaksi yang tidak Anda lakukan. Periksalah apakah jumlah tersebut sesuai dengan kwitansi yang Anda simpan, lalu apakah benar Anda melakukan transaksi tersebut.

Kartu Kredit Cara Pemakaian yang Benar vs Cara Pemakaian yang Salah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kartu Kredit: Cara Pemakaian yang Benar vs Cara Pemakaian yang Salah]

 

Dengan selalu memeriksa tagihan, jika pihak bank melakukan kesalahan atas tagihan Anda, maka Anda dapat melaporkannya dengan segera sehingga dapat diproses dengan cepat.

 

#5 Memakai Kartu Kredit Secara Maksimal

Memaksimalkan pemakaian kartu kredit Anda hingga limit dapat merusak kredit Anda, apalagi jika Anda tidak mampu membayarnya kembali. Hal ini juga dapat menghindari kebiasaan berbelanja berlebihan. Idealnya, Anda dapat menggunakan kurang lebih 30% dari limit kartu kredit Anda.

 

#6 Memiliki Terlalu Banyak Kartu Kredit

Kemudahan proses aplikasi kartu kredit membuat orang gemar memiliki lebih dari satu kartu kredit, belum lagi kartu kredit tersebut dapat digunakan pada tempat yang berbeda dengan promo yang berbeda. Fasilitas aplikasi pun biasanya diiming-iming dengan hadiah langsung. Tetapi hal ini hanya akan menggoda Anda untuk menghabiskan lebih banyak uang. Memiliki kartu kredit yang banyak, berarti menambah limit belanja Anda. Belum lagi, jika Anda tidak mampu membayar tagihan dari salah satu kartu kredit, ini hanya akan membuat Anda terjebak utang. Oleh karena itu, maksimal pemilikan kartu kredit adalah 3-5 kartu, memiliki lebih dari 5 sudah tergolong tidak bijak.

9 Hal yang Harus Anda Hindari Jika Memiliki Lebih dari 2 Kartu Kredit 01 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Hal yang Harus Anda Hindari Jika Memiliki Lebih dari 2 Kartu Kredit]

 

#7 Menarik Uang Tunai 

Layaknya sebuah kartu debit, kartu kredit Anda juga dapat digunakan untuk penarikan uang tunai melalui mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Perbedaannya, uang tunai yang Anda tarik menggunakan kartu kredit akan dikenakan bunga sebesar 20% (tergantung dengan kebijakan serta peraturan pihak bank).

Jika Anda tidak ingin membayar bunga pinjaman tersebut, sebaiknya hindari menggunakan kartu kredit untuk menarik uang tunai. Aturlah cara belanja Anda sehingga Anda tidak akan kehabisan uang tunai.

 

#8 Selalu Berpikir tentang Rewards dan Promosi

Sebagai pengguna kartu kredit, tentunya memanfaatkan segala promosi dan tawaran yang diberikan oleh kartu kredit adalah cara yang cermat. Setiap manusia pun pastinya ingin mendapatkan sesuatu yang gratis. Tetapi terlalu fokus dengan rewards pada saat menggunakan kartu kredit hanya akan membuat gaya belanja Anda menjadi impulsif.

Biaya-Biaya Kartu Kredit yang Harus Diketahui Sebelum Anda Melakukan Pengajuan Kartu Kredit Online 01 - Finansialku

[Baca Juga: Biaya-Biaya Kartu Kredit yang Harus Diketahui Sebelum Anda Melakukan Pengajuan Kartu Kredit Online]

 

Selain itu, tanpa adanya anggaran yang pasti, Anda akan terlilit utang kartu kredit dan rewards yang Anda targetkan tersebut akan hangus. Janganlah mudah terhanyut oleh tawaran rewards jika sekiranya Anda tidak mampu melunasi pembayaran secara maksimal.

 

Jadi Pengguna yang Cerdas dan Bijak

Bunga kartu kredit turun merupakan hal yang menyenangkan, namun ada baiknya sebagai pengguna Anda harus bersikap bijak dalam membelanjakan kartu kredit. Jangan sampai penurunan bunga ini mengakibatkan kerugian bagi Anda. Jadilah pengguna yang cerdas dan bijak dalam menggunakan kartu kredit

 

Apakah Anda pengguna kartu kredit? Berikan komentar dan pengalaman Anda dalam menggunakan kartu kredit melalui kolom yang tersedia di bawah ini agar para pembaca lainnya dapat belajar melalui pengalaman berharga Anda. Bagikan juga setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Okezone. Bunga Kartu Kredit Turun Menjadi 2,25%. Okezone – https://goo.gl/Wr401P
  • Admin. Mulai Juni, Bunga Kartu Kredit Turun Jadi 2,25 Persen. Kumparan – https://goo.gl/SUUBUq
  • Admin. Bunga kartu kredit turun, transaksi naik. Kontan – https://goo.gl/BXtoJf

 

Sumber Gambar:

  • Kartu Kredit Bisnis – https://goo.gl/34eLvP
  • Kartu Kredit – https://goo.gl/aGm4ig

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana