9 Hal yang Harus Anda Hindari Jika Memiliki Lebih dari 2 Kartu Kredit

Apa saja hal yang harus dihindari jika memiliki lebih dari 2 kartu kredit? Bagaimana dan mengapa demikian? Kali ini Finansialku akan 9 hal yang harus Anda hindari jika memiliki lebih dari 2 kartu kredit.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Memiliki Lebih dari 2 Kartu Kredit

Memiliki lebih dari 2 kartu kredit bisa jadi petaka manakala Anda tidak mengimbanginya dengan kesadaran berbelanja secara bijak. Memang, kartu kredit memiliki banyak manfaat seperti dapat digunakan saat dana belum tercukupi. Namun, jika Anda memiliki kartu kredit, tingkat kehati-hatian juga harus diperbesar dibanding jika hanya memiliki 1 atau 2 kartu kredit.

 

9 Hal yang Harus Anda Hindari Jika Memiliki Lebih dari 2 Kartu Kredit

Setidaknya, ada 9 hal yang tidak boleh Anda lakukan saat memiliki 2 atau lebih kartu kredit. Selain berakibat pemborosan, seseorang jga bisa kehilangan kepercayaan dari bank jika mengalami masalah. Berikut adalah 9 hal yang harus Anda hindari jika memiliki lebih dari 2 kartu kredit.

 

#1 Menggunakan Kartu Kredit di Luar Batas Kemampuan Bayar

Jika Anda memiliki kemampuan bayar sebesar Rp10.000.000, maka gunakan limit di bawah kemampuan bayar tersebut. Jika kartu kredit lebih dari 2, akan sangat penting untuk membagi limit kartu kredit dan pemanfaatannya ke dalam lini-lini yang lebih detail. Penggunaan kartu kredit di luar batas kemampuan bayar akan sangat berisiko. Selain tidak memiliki simpanan lain, Anda juga bisa kehilangan banyak hal sebagai pengganti pembayaran.

9 Hal yang Harus Anda Hindari Jika Memiliki Lebih dari 2 Kartu Kredit 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ada Cara Sukses untuk Anda yang Seorang Penyendiri dan Kurang Gaul]

 

#2 Menggunakan Kartu Kredit Saat Sudah Memiliki Kartu Debit

Kartu debit akan lebih baik bagi Anda, sehingga tidak perlu memiliki 2 kartu kredit atau lebih jika debit mencukupi. Mengapa demikian? Karena dengan kartu kredit Anda akan memiliki perasaan was-was akibat dikejar tagihan. Hal ini akan berbeda dengan jika Anda menggunakan kartu debit yang notabene adalah tabungan Anda sendiri.

Kesalahan Terbesar Penggunaan Kartu Kredit bagi Pemula dan Penanganannya 01 - Finansialku

 [Baca Juga: Orang Sekarang, Hidup dari Kartu Kredit dan Tagihan Kartu Kredit]

 

#3 Memanfaatkan Kartu Kredit yang Tidak Diperlukan

Sudah saatnya Anda menggunakan kartu kredit yang Anda akan perlukan. Jangan lakukan transaksi terlalu banyak dengan menggunakan kartu kredit. Jika tagihan kartu kredit sudah keluar, jangan sampai Anda memiliki kebingungan untuk membayar bulannya.

Apakah Kartu Kredit Boleh Digunakan untuk Dana Darurat 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ayo Gunakan Imajinasi Anda untuk Menjadi Kaya]

 

#4 Melakukan Pemborosan Karena Belum Mencapai Limit

Sebaiknya limit disesuaikan dengan kebutuhan. Tidak baik juga untuk membuat jarak yang terlalu besar antara limit dengan pengeluaran. Oleh karena itu, akan sangat baik jika limit terbatas dan penggunaan kartu kredit pun sesuai dengan kebutuhan. Sehingga, saat memiliki lebih dari 2 kartu kredit Anda tidak akan banyak dikejar debt collector.

21-skill-yang-harus-dimiliki-jika-ingin-menjadi-orang-sukses-di-abad-21-finansialku

[Baca Juga: 16 Skill yang Harus Dimiliki Jika Ingin Menjadi Orang Sukses di Abad 21]

 

#5 Lupa Tanggal Pembayaran

Gunakan alarm baik di agenda maupun gadget saat Anda sering lupa batas pembayaran kartu kredit. Jika Anda belum bisa mengingatnya meskipun banyak bantuan dari gadget, nampaknya saat ini bukanlah waktu yang tepat untuk memiliki lebih dari 2 kartu kredit. Oleh karena itu, tata ulang dulu kesadaran dan kurangi kealphaan sehingga Anda bisa mulai memiliki lebih dari 2 kartu kredit setelah itu.

6-cara-meningkatkan-kreatifitas-untuk-memperbaiki-keuangan-dan-karir-finansialku

[Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Kreativitas untuk Memperbaiki Keuangan dan Karier]

 

#6 Lalai Mengecek Aktivitas Kartu Kredit

Kartu kredit dengan segala aktivitasnya baik untuk pembayaran tagihan atau pembelanjaan harus jelas dicek. Jika Anda kerap lalai mengecek aktivitas kartu kredit, miliki dulu 1 kartu kredit sebelum memilih 2 atau lebih media pembayaran yang satu ini.

Apakah Mengelola Keuangan dengan Amplop Anggaran Masih Efektif di Tahun 2017 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Mengelola Keuangan dengan Amplop Anggaran Masih Efektif di Tahun 2017?]

 

#7 Perhitungan Meleset

Kesalahan yang sering dilakukan para pemegang kartu kredit dengan jumlah lebih dari 2 adalah perhitungan yang meleset. Jika Anda salah menghitung pengeluaran kartu kredit, maka konsekuensinya sangat besar. Akan banyak tagihan tambahan yang lebih dari penghasilan per bulan. Jika hal ini terjadi, segera hentikan pemakaian kartu kredit ganda Anda.

Kesalahan Terbesar Penggunaan Kartu Kredit bagi Pemula dan Penanganannya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kesalahan Terbesar Penggunaan Kartu Kredit bagi Pemula dan Penanganannya]

 

#8 Kartu Kredit Dipakai Pihak yang Tidak Bertanggung Jawab

Banyak pihak tidak bertanggung jawab yang bisa memanfaatkan kartu kredit tanpa kendali. Oleh karena itu, jika lingkungan Anda termasuk “rawan” dalam hal pinjam meminjam kartu kredit, ada baiknya untuk memiliki satu saja kartu kredit. Sehingga, saat ada yang hendak meminjam, Anda bisa mengungkapkan alasan tersebut. Bahwa ini adalah kartu kredit satu-satunya dan hampir setiap hari digunakan dan tidak mungkin dipinjam.

Apakah Boleh, Anak Remaja Memegang Kartu Kredit

[Baca Juga: Apakah Boleh, Anak Remaja Memegang Kartu Kredit?]

 

#9 Terobsesi Dengan Online Shopping

Online shopping memang kegiatan yang sangat menyenangkan. Terlebih jika seseorang memiliki banyak kebutuhan namun waktu untuk berbelanja sangat terbatas. Namun, jika Anda tidak bisa menghilangkan hobi membeli barang secara online tanpa batasan budget, jangan gunakan lebih dari 1 kartu kredit.

Bagaimana Cara Kerja Kartu Kredit serta Apa Untung Ruginya Kartu Kredit 02 - Finansialku

 [Baca Juga: Kartu Kredit: “U” itu Untung bukan Utang (Infografis)]

 

Bijaksana dalam Menggunakan Kartu Kredit

Anda memiliki berbagai macam pilihan dalam menggunakan kartu kredit. Jangan sampai penggunaan kartu kredit ini memberikan keterpurukan kepada Anda sendiri. Bijaksanalah dalam menggunakan kartu kredit agar Anda pun mendapatkan banyak keuntungan yang ditawarkan oleh bank penyedia kartu kredit.

 

Hal mana saja yang sudah terlanjur Anda lakukan? Bagaimana cara Anda menghindari 9 hal di atas? Jawablah pertanyaanpertanyaan di atas dan bagikan informasi penting ini pada teman yang memiliki 2 atau lebih kartu kredit, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Money Smart. Dangers You Should Avoid If You Have Multiple Credit Cards. Moneysmart.sg – https://goo.gl/s54e9O
  • Drew Jaffe. 17 Maret 2016. 5 Tips on How to Successfully Manage Multiple Credit Cards. Creditkarma.com – https://goo.gl/UDywaO
  • Libby Kane. 30 Mei 2014. 9 Tips To Manage Multiple Credit Cards, From A Top Credit Expert. Businessinsider.co.id – https://goo.gl/VZI9fi
  • LaToya Irby. 25 Juni 2016. 7 Times You Shouldn’t Use Your Credit Card. Thebalance.com – https://goo.gl/7eIlMG

 

Sumber Gambar:

  • Calculating Credit Card Payment – https://goo.gl/RGg9Hr dan https://goo.gl/uIEYsw

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By | 2017-05-17T14:50:09+00:00 May 17th, 2017|Categories: Kartu Kredit, Utang|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download