Ada Cara Sukses untuk Anda yang Seorang Penyendiri dan Kurang Gaul

Apakah seorang penyendiri dan kurang gaul bisa sukses? Tentu saja bisa! Apa cara sukses yang dapat dilakukannya? Mari kita simak cara-cara sukses yang dapat ditempuh oleh seorang penyendiri dan kurang gaul.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

DuitPintar

 

Baik pada saat Anda berada di jenjang sekolah ataupun universitas, pastinya mempunyai sifat pendiam tidaklah menyenangkan. Banyak dari pribadi yang suka menyendiri tidak mempunyai teman dan dijauhi oleh teman-teman sekelas mereka. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang di-bully alias ditindas oleh teman sekitarnya karena mereka tidak memiliki teman. Tidak hanya itu, lingkungan sekitar juga memberikan cap buruk bahwa orang yang suka menyendiri tidak akan sukses ke depannya.

6+ Kunci Sukses Memotivasi Diri selain Kata-Kata Motivasi 1 - Finansialku

[Baca Juga: 6+ Kunci Sukses Memotivasi Diri selain Kata-Kata Motivasi]

 

Padahal sifat penyendiri adalah sifat introvert dan sifat ini tidak salah. Mempunyai sifat introvert tidak menjamin bahwa Anda tidak akan sukses di masa depan, begitu pula sifat extrovert yang tidak dapat menjamin keberhasilan. Setiap manusia mempunyai kelebihan dan kekurangan, dan beberapa sifat positif yang dimiliki oleh pribadi yang kurang bergaul ini dapat membantu kesuksesannya di masa depan.

 

Cara 1: Memanfaatkan waktu yang Anda miliki

Bagi pribadi yang introvert, tentu saja mereka memiliki waktu yang lebih luang dibandingkan dengan orang yang sering keluar untuk sekadar berkumpul atau berbincang dengan temannya. Agar Anda mudah sukses, Anda harus cermat dalam memanfaatkan waktu luang yang Anda miliki.

Ada Cara Sukses untuk Anda yang Seorang Penyendiri dan Kurang Gaul 2 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Lebih Sukses dan Sejahtera di 2017, Lakukan yang Terbaik Dengan Cara Ini]

 

Pastinya Anda mempunyai waktu untuk berpikir tenang agar pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan lebih baik. Pada jenjang karir yang lebih tinggi, Anda akan dihadapkan pada pilihan-pilihan strategi bisnis yang membutuhkan pertimbangan dan penilaian yang detail. Dengan waktu yang cukup luang, Anda harus mampu mengambil keputusan dengan risiko yang minimal.

 

Cara 2: Menjadi pendengar yang baik

Salah satu sifat orang yang suka menyendiri adalah mereka lebih gemar mendengar dibandingkan berbicara. Terbiasa dengan keheningan menjadikan Anda seorang pendengar yang baik. Menjadi pendengar yang baik sangat penting untuk kesuksesan Anda karena Anda dapat belajar hal yang baru dari mendengar pengalaman atau keluh kesah orang lain. Selain itu, pemahaman Anda akan masalah yang terjadi pun dapat lebih jelas.

kisah-sukses-adam-neumann-pendiri-we-work-dan-we-live-1-finansialku

[Baca Juga: Kisah sukses Adam Neumann Pendiri WeWork, WeLive]

 

Orang introvert biasanya juga memiliki sikap yang sabar dan tenang, sehingga Anda adalah pemberi solusi yang tepat karena solusi yang Anda berikan telah melewati tahap pertimbangan terlebih dahulu. Berkat penilaian yang tepat, Anda pun akan lebih mudah mencapai tingkat karir yang lebih tinggi.

 

Cara 3: Mempertahankan sikap mandiri

Orang yang kurang bergaul akan terbiasa melakukan segala sesuatu hal sendiri, oleh karena itu, kebanyakan mereka adalah pribadi yang mandiri. Orang yang introvert tidak mengandalkan orang lain untuk mengeksekusi suatu proyek bisnis, Untuk itu, jika Anda merasa bahwa Anda lebih gemar bekerja sendiri, maka Anda harus memilih perusahaan yang mana tanggung jawabnya terbagi secara pribadi.

 

Cara 4: Memberikan analisis yang masuk akal

Anda pasti sering menghabiskan waktu sendiri baik itu untuk berimajinasi atau memikirkan suatu masalah. Kebiasaan Anda memikirkan sesuatu secara rinci dan detail adalah modal yang patut Anda pertahankan. Karakter pemikiran seperti ini sangat berguna bagi industri yang membutuhkan analisis yang kuat misalkan industri keuangan seperti analis keuangan.

Ada Cara Sukses untuk Anda yang Seorang Penyendiri dan Kurang Gaul 1 - Finansialku

[Baca Juga: Mindset yang Harus Kita Miliki untuk Menjadi Lebih Sejahtera dan Sukses]

 

Cara 5: Tidak sembarang bergaul

Salah satu hambatan seseorang sulit mencapai jenjang karir yang maksimal adalah lingkungannya. Kebiasaan dan gaya hidup yang buruk biasanya memengaruhi gaya bekerja dan profesionalisme seseorang. Tidak hanya itu, pergaulan yang negatif dapat menarik seseorang kepada lingkungan buruk yang membuat mereka sulit berkembang.

Untungnya, bagi Anda yang introvert, Anda tidak perlu memikirkan hal tersebut karena pergaulan Anda akan senantiasa terjaga. Anda pun tidak perlu takut untuk terjun ke dalam komunitas tertentu karena Anda terbiasa menjaga gaya hidup Anda sendiri.

21-skill-yang-harus-dimiliki-jika-ingin-menjadi-orang-sukses-di-abad-21-finansialku

[Baca Juga: 16 Skill yang Harus Dimiliki Jika Ingin Menjadi Orang Sukses di Abad 21]

 

Tetapi, menjadi introvert bukan berarti Anda terikat hanya pada meja dan kursi kerja Anda, Anda mungkin merasa berkomunikasi atau bergaul adalah suatu aktivitas yang “menghabiskan waktu”. Tetapi, Anda harus mendorong diri Anda sendiri untuk “menghabiskan” minimal beberapa menit setiap harinya untuk berkomunikasi dengan teman atau menanyakan kabar mereka.

 

Cara 6: Kendalikan diri dengan baik

Orang yang suka menyendiri adalah orang yang memiliki kendali diri dengan baik karena sifat mereka tidak eksplosif. Untuk sukses, Anda harus mampu mengendalikan diri untuk tidak tergiur dengan strategi bisnis yang menjebak. Anda pun harus memanfaatkan waktu untuk dapat berpikir dengan tenang atas langkah-langkah yang akan diambil.

Selain itu kendali diri juga dapat dijadikan modal dalam berkomunikasi. Dalam dunia bisnis, tentunya seorang profesional harus pandai mengutarakan maksud dan keinginan mereka. Memang tidak mudah untuk seorang introvert menjadi pusat perhatian atau harus berbicara di depan publik. Tetapi positifnya, Anda dapat berbicara dengan perlahan dan melafalkan artikulasi yang lebih tepat di mata pebisnis lainnya.

Kisah Sukses Colonel Sanders Pendiri KFC - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Colonel Sanders Pendiri KFC]

 

Cara 7: Ekspresi tubuh

Senyuman adalah salah satu tolak ukur seseorang extrovert dan Anda dapat menunjukkan sikap tersebut hanya dengan senyuman. Terlebih lagi, dengan senyuman, kolega kerja Anda akan merasa bahwa Anda lebih mudah didekati dan mereka akan senang bergaul dengan Anda walaupun sebenarnya Anda adalah seorang yang introvert.

Selain melatih senyuman, Anda juga harus memperhatikan postur tubuh dan kontak mata. Dengan cara ini, Anda akan lebih menonjol dan menunjukkan impresi yang lebih baik. Ekspresi tubuh merupakan suatu sikap komunikasi non verbal.

 

Fokus pada Tujuan dan Keinginan

Memang tidak mudah menjadi introvert pada dunia kerja yang dipenuhi oleh karakter yang berbeda dengan diri Anda. Kuncinya adalah fokus pada tujuan dan keinginan Anda untuk sukses. Orang yang gemar bergaul tidak berarti pasti memiliki performa yang lebih baik dibandingkan Anda, bahkan penelitian membuktikan bahwa Anda lebih dapat diandalkan dan kreatif. Percayalah dengan diri Anda sendiri dan terus berusaha untuk mendorong diri Anda menjadi lebih baik lagi.

 

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang terdekat Anda, karena orang terdekat Anda harus mendapatkan manfaat juga. Berikan komentar Anda pada kolom di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Evelyn Marinoff. An Introvert’s 5 Tips for Career Success. https://goo.gl/TzJGlK
  • Tiffany. Desember 2016. Punya Sifat Penyendiri dan Kurang Gaul Jangan Takut Gak Bisa Sukses. https://goo.gl/yphC4T

 

Sumber Gambar:

  • Orang Introvert – https://goo.gl/Ghjg4K dan https://goo.gl/maZmfo

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

About the Author:

Duit Pintar
DuitPintar.com adalah Situs Perbandingan Produk-Produk Keuangan di Indonesia. Bandingkan semua kartu kredit, pinjaman dan asuransi yang ada di Indonesia. DuitPintar menyediakan informasi tentang berbagai produk keuangan dan membuatnya lebih mudah bagi Anda untuk menemukan semua informasi yang relevan dari semua produk yang tersedia di pasaran.

Leave A Comment