Seperti apa sih kunci sukses dalam memotivasi diri selain dengan kata-kata motivasi? Tahu sendiri kan motivasi itu penting dan sangat dibutuhkan untuk meraih kesuksesan sehingga dibutuhkan lebih dari sekedar kata-kata untuk membangkitkan diri Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Selain Kata-Kata Motivasi, Bagaimana Cara Memotivasi Diri?

Salah satu kunci meraih kesuksesan yaitu pantang menyerah. Telah banyak bukti yang menyebutkan jika pribadi yang tak kenal lelah, selalu bangkit setelah terjatuh akan meraih kesuksesan nantinya. Sebaliknya, seseorang yang mudah menyerah dan kurang termotivasi akan jauh dari yang namanya kesuksesan. Tengoklah tokoh-tokoh ternama dunia macam Bill Gates, Mark Zuckerberg, hingga Albert Einstein yang mana mereka telah mengalami kegagalan yang tak main-main. Mereka selalu bangkit saat terjatuh tidak hanya dua atau tiga kali saja, tetapi puluhan bahkan ratusan kali. Lalu apa yang membuat mereka bisa setangguh itu?

Kiat Sukses Nabillah Alsagoff pendiri Doku - Finansialku

[Baca Juga: Kiat Sukses Nabila Alsagoff Pendiri Doku]

 

Motivasi memiliki peranan penting dalam membangkitkan semangat yang runtuh akibat kegagalan. Motivasi bisa didapatkan dari siapa saja dan pada umumnya berupa kata-kata. Meskipun tidak semua kata-kata motivasi itu ampuh merangsang optimisme, itu juga tergantung pada diri penerima motivasi apakah motivasi itu cocok dengan motivasi tersebut atau tidak. Mengingat pentingnya peran motivasi sebagai penggerak jiwa dan pemantap hati, motivasi tidak selalu didapatkan dari orang lain, tetapi juga dari diri sendiri. Lalu bagaimana cara memotivasi diri sendiri selain dengan kata-kata motivasi? Berikut ini akan kami uraikan kiat-kiatnya.

 

#1 Lupakan Impian Orang Lain

Kesuksesan karir sangat ditentukan oleh impian yang Anda usung. Boleh saja Anda terkesan dengan kesuksesan orang lain, khususnya bos Anda, tetapi bukan berarti Anda harus memaksakan diri memiliki impian sepertinya. Ketidakmampuan untuk mewujudkan kesuksesan yang serupa dengan mereka justru akan menjadi boomerang yang akan membunuh karir Anda. Lupakan mimpi orang lain, hidup dalam impian Anda sendiri dan mulai dari diri sendiri. Cara ini akan menjadi pelecut semangat Anda, lebih dari sekedar kata-kata motivasi. Itu artinya Anda akan memiliki semangat yang tinggi untuk menemukan kesuksesan dalam hidup ini.

 

#2 Teruslah Berkhayal

Jangan pernah sepelekan khayalan meskipun secara realitas sulit terwujud. Mengapa demikian? Melalui berkhayal, kreativitas, perhatian dan kebahagian Anda akan meningkat jika digunakan dengan benar. Telah banyak bukti yang menunjukkan bahwa sesuatu hal-hal yang luar biasa datang dari aktivitas berkhayal. Sesuatu yang sulit terjadi bahkan hampir mustahil akan terwujud.

Beranikah Anda Melakukan Strategi Ini untuk Mencapai Keinginan dan Menjadi Kaya - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Menjadi Wirausahawan Sukses? Hindari 5 Hal Ini]

 

Cukup sederhana sebenarnya, yaitu dengan memikirkan sesuatu yang menarik untuk dihadirkan. Manfaatkan daya imaginasi yang Anda miliki untuk meraih kesuksesan karena berkhayal itu penuh kebebasan. Dengan cara ini, Anda secara tidak langsung memotivasi diri untuk meraih berbagai kesuksesan yang mungkin Anda dapatkan di masa mendatang, baik itu dalam hal bisnis, kesehatan dan hubungan. Bisa dikatakan, berkhayal berperan sama baiknya dengan kata-kata motivasi untuk menambah gairah Anda dalam meniti karir.

 

#3Taklukkan Manajemen

Jalan menuju kesuksesan tidaklah mulus tetapi penuh tantangan. Anda tidak akan dapat menghindarinya karena tantangan hadir satu paket dengan proses yang Anda tempuh dalam meraih kesuksesan. Yang pasti Anda hadapi adalah manajemen yang kebanyakan orang frustrasi karenanya. Bisa jadi Anda adalah salah satu orang yang tak begitu menyukai manajemen. Namun demikian, Anda harus dapat menaklukkannya karena manajemen merupakan salah satu kunci kesuksesan yang wajib Anda pegang. Anda tidak harus menyukainya, tetapi harus tetap mengandalkannya karena proses membutuhkan manajemen agar terus berjalan di jalur yang benar.

 

#4 Teruslah Bercerita

Orang lain takkan pernah tahu apa yang ada di benak Anda kecuali Anda bercerita. Hal ini sangat krusial dalam berbagai hal terlebih menyangkut kesuksesan Anda. Anda tidak boleh membiarkan ide-ide cemerlang serta bahan obrolan penting yang tersimpan di otak Anda tak tersampaikan pada orang lain. Pasalnya, ini semua berkaitan dengan promosi diri Anda, impian Anda, dan lain sebagainya. Namun demikian, Anda tetap harus menyaring apa yang Anda bicarakan tersebut. Jangan sampai kata-kata yang Anda utarakan tersebut tak berbobot atau tak bermakna bagi pendengarnya.

Mahasiswa, Jangan Nekad Mau Mulai Bisnis dengan Kartu Kredit! - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Jangan Nekat Mau Mulai Bisnis dengan Kartu Kredit!]

 

#5 Bersikaplah Skeptis pada Tujuan Anda

Sikap yang skeptis juga dibutuhkan dalam meraih kesuksesan. Jika kata-kata motivasi dapat memompa kembali semangat Anda, sikap yang skeptis terhadap tujuan melahirkan keingintahuan terhadap seberapa tepat langkah yang telah Anda tempuh. Ini menjadi bentuk evaluasi untuk menemukan kesalahan-kesalahan atau kelemahan dalam hal perencanaan, strategi atau rancangan-rancangan Anda. Dalam hal ini, Anda membutuhkan orang lain yang dapat memberikan koreksinya terhadap proyek Anda tersebut. Bisa juga Anda mendapatkannya dengan cara berkolaborasi dengan individu-individu sukses lainnya dengan pertanyaan-pertanyaan yang memancing. Pertanyaan-pertanyaan semacam ini akan melahirkan jawaban berupa ide, konsep dan strategi menuju kesuksesan.

 

#6 Abaikan Peraturan-Peraturannya

Salah satu hal yang menjadi penghalang kesuksesan adalah peraturan. Mereka yang ingin sukses tidak boleh terbatasi kebebasannya oleh suatu hal apapun itu. Poin inilah yang paling menentukan seberapa besar kesuksesan Anda yang akan datang. Ketidakpatuhan terhadap peraturan dapat mendorong Anda kepada zona dimana hanya beberapa orang saja yang berani melakukakannya. Hanya dengan menerobos batas yang biasa disebut dengan zona nyaman saja seseorang bisa berpeluang meraih kesuksesan besar dalam hidupnya.

6+ Kunci Sukses Memotivasi Diri selain Kata-Kata Motivasi 2 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Praktis untuk Menemukan Pekerjaan untuk Generasi Milenium]

 

Kunci Kesuksesan adalah Berjiwa Tangguh

Kesuksesan yang luar biasa dapat diraih jika Anda berjiwa tangguh. Dalam artian Anda siap menghadapi berbagai tantangan, memiliki keingintahuan tinggi, serta berani mendobrak batas-batas atau aturan yang ada. Anda harus pantang menyerah dan terus memompa semangat, baik dengan kata-kata motivasi maupun hal-hal lain yang dapat menyuntikkan semangat baru dalam diri Anda.

 

Apa yang dapat Anda lakukan untuk memotivasi diri sendiri? Apakah sama seperti penjelasan di atas? Berikan opini Anda terkait hal tersebut. Jangan lupa untuk memberi tahu kepada orang terdekat Anda, karena mereka juga memerlukan informasi ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Jared Buckley. 7 Ways Underachievers Can Be Successful. Addicted2success.com – https://goo.gl/IJ2rPl

 

Sumber Gambar:

  • Ayah dan Anak – https://goo.gl/G8s2Gk dan https://goo.gl/jUCAoV

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku