Bagaimana caranya lebih sukses dan sejahtera di tahun 2017? Banyak hal yang sebenarnya dapat Anda dan pasangan lakukan untuk memperbaiki kondisi keuangan, seperti pada penjelasan berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Lakukan yang Terbaik untuk Keuangan Keluarga agar Lebih Sukses dan Sejahtera di 2017

Memasuki tahun baru 2017, semua orang pastinya memiliki mimpi dan harapan baru. Ada yang ingin hidup lebih sehat, ada yang ingin menikah tahun ini, ada yang ingin bepergian ke luar negeri tahun ini dan ingin keluarga lebih sejahtera. Apa pun harapan Anda, Kapan pun waktunya dan Berapa pun biayanya semuanya dapat Anda wujudkan asalkan Anda sudah memilki rencana keuangan dan mulai menjalankannya.

 

Ada sebuah quote bagus sekali dari Instagram The Good Quote:

Bahasa Inggris

The Happiest People Don’t Have The Best of Everything, They Just Make The Best of Everything.

Author IG – @TheGoodQuote

Ingin Lebih Sukses dan Sejahtera di 2017, Lakukan yang Terbaik Dengan Cara Ini - Finansialku

[Baca Juga : Menata Keuangan TIDAK SAMA dengan Ngirit dan Tidak Menikmati Hidup]

 

Bahasa Indonesia

Orang yang paling bahagia, bukanlah orang yang memiliki segala hal terbaik. Melainkan mereka yang membuat segalanya menjadi yang terbaik

Author IG – @TheGoodQuote

 

Begini Caranya Melakukan yang Terbaik dengan Keuangan Anda dan Keluarga

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda jalankan, di tahun 2017 agar keuangan menjadi lebih baik. Saran kami, jika Anda sudah menikah dan berkeluarga ajak juga pasangan Anda melakukan. Dengan komitmen dan kerja sama, semuanya akan menjadi terasa lebih mudah.

  1. Mulai dari cek kondisi kesehatan keuangan keluarga. Silakan gunakan Aplikasi Finansialku (silakan download di Google Play Store) atau kunjungi Finansialku.com Ingin Lebih Sukses dan Sejahtera di 2017, Lakukan yang Terbaik Dengan Cara Ini 2 - Finansialku
  2. Setelah Anda melakukan pengecekan kondisi kesehatan keuangan, Anda dapat mengetahui, hal-hal apa saja yang harus diperbaiki dalam keuangan. Misal apakah masalah di pemasukan, pengeluaran, utang, aset dan lain sebagainya.
  3. Mulai tahun 2017, mulailah menata atau membuat prediksi (forecast) penghasilan yang akan datang. Jika Anda melakukan pengecekan kondisi kesehatan keuangan, Anda akan ditanya mengenai pemasukan dari gaji (penghasilan aktif), pemasukan dari hasil investasi dan pemasukan dari penghasilan pasif. [gambar]
  4. Sebisa mungkin mulai tahun 2017, Anda dan pasangan menambah pemasukan dengan cara berinvestasi dan mulai bisnis pasif (misal : merencanakan beli waralaba). Finansialku.com tidak menyarankan Anda meningkatkan penghasilan aktif, dengan cara menambah pekerjaan, contoh : di hari kerja (senin-jumat) bekerja kantoran dan di akhir pekan (sabtu – minggu) bekerja sebagai pengemudi taxi online. Ada banyak cara menambah penghasilan, fokuslah pada penghasilan investasi dan penghasilan pasif.
  5. Terlalu banyak uang di tabungan, juga bukan hal yang bagus dalam keuangan. Sesuaikan tabungan (aset likuid) dengan kebutuhan dana darurat. Misal keluarga Pak Ronald membutuhkan dana darurat sebesar Rp 60.000.000. Jika Pak Ronald memiliki Rp 70.000.000 di tabungan, maka Pak Ronald disarankan mengalokasikan kelebihan dana darurat = Rp 70.000.000 – Rp 60.000.000 = Rp 10.000.000. Uang sebesar Rp 10 juta tersebut dapat diinvestasikan, untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan. Silakan gunakan Aplikasi Finansialku untuk membantu Anda menghitung kebutuhan dana darurat. Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku
  6. Apakah Anda masih memiliki masalah utang di awal tahun ini? Jika ya, segera selesaikan masalah-masalah utang Anda. Coba gunakan teknik debt snow ball untuk kurangi utang konsumtif (kartu kredit, KTA dan cicilan elektronik).
  7. Pastikan total cicilan bulanan Anda (total cicilan = cicilan elektronik + cicilan kendaraan + cicilan rumah + cicilan lainnya) tidak melebihi 35% penghasilan. Contoh jika penghasilan Anda dan pasangan adalah Rp 10.000.000 per bulan, maka cicilan maksimal adalah Rp 3.500.000.
  8. Apakah Anda dan keluarga sudah terlindungi dengan cukup? (Khususnya untuk biaya kesehatan ya). Coba deh cek kembali polis asuransi Anda, punya asuransi tidak sama lho dengan terlindungi. Bisa jadi Anda sudah punya asuransi, tetapi jumlahnya tidak sesuai dengan yang dibutuhkan. Apabila Anda baru pertama kali membeli asuransi, jangan bingung dulu baca panduan berikut ini.

 

Jika Saya Bukan Orang yang Tahu Tentang Keuangan, Sebaiknya Mulai Darimana?

Jika Anda, termasuk salah satu orang yang kurang menguasai keuangan dan takut salah melangkah, saran kami mulai lah dengan :

  1. Lakukan cek kondisi kesehatan keuangan keluarga. Silakan download Aplikasi Finansialku di Google Play Store atau kunjungi : cek kesehatan keuangan.
  2. Mulai buat rencana keuangan (financial planning). Anda dapat menghubungi perencana keuangan atau gunakan Aplikasi Finansialku.
  3. Jangan lupa tingkatkan pengetahuan Anda mengenai keuangan, dengan rutin membaca informasi tentang keuangan.

 

Silakan share artikel ini kepada pasangan Anda atau kakak adik Anda, agar keuangan keluarga Anda segera sehat dan mampu mewujudkan tujuan keuangan.

 

Apakah Anda mengalami kesulitan saat mengecek kondisi kesehatan keuangan atau saat memulai merencanakan keuangan? Kirim pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini, karena perencana keuangan kami akan membantu menjawabnya. Terima kasih.

 

Sumber Gambar

  • Mobile Phone – https://goo.gl/qwvXWC

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang