Ayo Gunakan Imajinasi Anda untuk Menjadi Kaya

Bagaimana cara menggunakan imajinasi untuk menjadi kaya? Manusia diberikan kemampuan untuk berimajinasi. Imajinasi merupakan tempat awal lahirnya kemampuan untuk menjadi sukses dan kaya. Mari pelajari cara menggunakan imajinasi untuk menjadi kaya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Semua Hanya Dibatasi Imajinasi

Manusia dilengkapi dengan akal budi dan kemampuan untuk berimajinasi. Pada dasarnya imajinasi adalah tempat Anda membentuk segala rencana, keinginan dan tindakan yang akan dilakukan. Imajinasi adalah sumber dari segala penemuan yang ada di dunia. Manusia dapat menciptakan sesuatu dengan daya imajinasinya. Segala hal yang mampu dibuat manusia hanya dibatasi oleh imajinasi. Namun jika keinginan yang dibentuk tersebut sebatas imajinasi, Anda tidak akan pernah menjadikannya sebuah kenyataannya.

Satu-satunya yang menghalangi setiap manusia dari kesuksesan adalah pengembangan kemampuan berimajinasinya. Manusia pada umumnya baru sekedar mengetahui bahwa dirinya memiliki imajinasi tetapi belum mengetahui bagaimana cara memanfaatkan imajinasi tersebut secara maksimal. Padahal imajinasi dapat membantu Anda mencapai segala bentuk kesuksesan yang diinginkan agar digunakan dengan tepat.

Ayo Gunakan Imajinasi Anda untuk Menjadi Kaya 2 - Finansialku

[Baca Juga: Mengubah Visi Menjadi Kekayaan, Begini Caranya!]

 

2 Jenis Imajinasi

Terdapat 2 jenis imajinasi yang dimiliki oleh manusia yaitu imajinasi sintetis dan imajinasi kreatif. Kedua jenis imajinasi ini terlihat serupa tetapi memiliki fungsi yang berbeda. Mari kita bahas satu per satu:

 

#1 Imajinasi Sintetis

Bentuk imajinasi ini memampukan Anda untuk mengatur konsep, gagasan atau rencana lama menjadi sebuah perpaduan yang baru. Pada dasarnya kemampuan imajinasi ini tidak menghasilkan apapun. Anda hanya menggunakan pengalaman dan pengetahuan yang sudah lewat untuk membuat sesuatu yang tampak seolah-olah baru. Padahal penemuan tersebut hanya merupakan gabungan dari beberapa penemuan sebelumnya.

Imajinasi sintetis paling sering digunakan untuk mewujudkan sebuah keinginan yang telah dimiliki. Sebuah keinginan tidak berarti jika hanya berbentuk bayangan semata. Keinginan baru akan berarti ketika sudah diubah ke dalam bentuk fisik. Imajinasi sintetislah yang berperan disini. Dengan imajinasi sintetis Anda dapat memikirkan cara dan rencana-rencana untuk mewujudkan keinginan tersebut.

6-cara-meningkatkan-kreatifitas-untuk-memperbaiki-keuangan-dan-karir-finansialku

[Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Kreativitas untuk Memperbaiki Keuangan dan Karier]

 

#2 Imajinasi Kreatif

Imajinasi kreatif adalah tahap yang lebih tinggi dari imajinasi sintetis. Melalui imajinasi kreatif ini manusia mendapatkan akses menuju Inteligensi Tanpa Batas. Dalam imajinasi kreatif Anda mendapatkan ‘firasat’ dan ‘ilham’. Disinilah penemuan yang sesungguhnya diciptakan. Imajinasi kreatif dapat bekerja secara otomatis ketika pikiran sadar Anda bekerja pada kecepatan yang sangat tinggi. Misalnya ketika Anda memiliki sebuah keinginan yang sangat kuat. Ketika ada kekuatan pikiran yang sangat besar, kemampuan imajinasi kreatif akan menjadi siaga.

Tidak semua orang dapat menggunakan kemampuan ini. Para pemimpin besar seperti pebisnis, penguasa industri, keuangan, seniman besar, musisi dan penyair terkenal menggunakan imajinasi ini dalam menciptakan karyanya masing-masing. Dibutuhkan kesungguhan untuk mencapai kemampuan tersebut.

Ada Cara Sukses untuk Anda yang Seorang Penyendiri dan Kurang Gaul 2 - Finansialku

[Baca Juga: Ada Cara Sukses untuk Anda yang Seorang Penyendiri dan Kurang Gaul]

 

Melatih Imajinasi Anda

Kemampuan berimajinasi harus dilatih. Baik itu imajinasi sintetis maupun imajinasi kreatif dapat menjadi tumpul jika tidak pernah digunakan. Imajinasi, layaknya otot pada tubuh manusia, dapat berkembang ketika terus dilatih dan digunakan. Kemampuan imajinasi tersebut tidak pernah mati sekalipun tidak digunakan. Tetapi kemampuan imajinasi akan menjadi kurang siaga ketika akan digunakan.

Dari antara kedua imajinasi tersebut Anda harus berfokus untuk mengembangkan imajinasi kreatif. Imajinasi inilah yang akan membuat Anda menjadi seorang yang sukses dan sulit untuk dikalahkan. Mengapa? Karena dengan imajinasi kreatif Anda dapat menciptakan sesuatu yang benar-benar baru dan orisinil, sementara orang lain akan menggunakan imajinasi sintetisnya untuk meniru ide tersebut.

8_Kondisi_Keuangan_yang_Harusnya

[Baca Juga: Kalau Anda Ingin Kondisi Keuangan Berubah di Tahun Ini, Maka Anda Harus Berubah Secepatnya]

 

Namun untuk membangun imajinasi kreatif, Anda perlu berfokus mengembangkan imajinasi sintetis terlebih dahulu. Mengubah impuls atau sebuah keinginan yang sekedar berbentuk bayangan menjadi wujud fisik bukanlah hal yang mudah. Anda perlu berbagai rencana untuk mencapainya. Rencana tersebut harus dikembangkan dengan imajinasi sintetis terlebih dahulu.

Setelah berhasil melatih dan mengembangkan imajinasi sintesis, Anda dapat melaju ke tahap imajinasi kreatif untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang tidak dapat diselesaikan dengan imajinasi sintesis. Pada tahap ini Anda dapat menghasilkan ide-ide brilian yang akan menjadi kendaraan Anda menuju kesuksesan. Anda hanya memerlukan cara yang cukup cukup sederhana untuk melatih kedua imajinasi ini. Namun dibutuhkan tekad dan kemauan yang keras. Cobalah untuk terus fokus pada sebuah keinginan. Jika Anda ingin menjadi orang yang kaya, pastikan Anda benar-benar menginginkannya hingga pikiran Anda dengan sendirinya membangun imajinasi sintetis untuk mencapainya. Ketika sebuah permasalahan tidak terselesaikan, imajinasi kreatif akan bekerja lebih keras untuk Anda. Tetapi hal ini hanya dapat terwujud jika Anda benar-benar berfokus pada keinginan tersebut.

Menjadi Kaya dengan Memberikan Sugesti Pada Diri Sendiri 1 - Finansialku

 [Baca Juga: Menjadi Kaya dengan Memberikan Sugesti Pada Diri Sendiri]

 

Ucapkan dengan keras keinginan tersebut dan tuliskan dalam secarik kertas. Ketika Anda melakukan hal ini Anda sudah memulai langkah pertama untuk mengubah keinginan menjadi suatu bentuk fisik. Dengan tindakan tersebut keinginan Anda bukan lagi sekedar bayangan, tetapi sudah berbentuk fisik.

 

Lebih dari Sekedar Bayangan

Imajinasi, layaknya pikiran, merupakan sebuah kemampuan yang sangat besar dan dimiliki setiap orang. Sayangnya tidak semua orang menyadari kemampuan tersebut. Setiap orang memiliki kemampuan imajinasi sintesis dan bahkan imajinasi kreatif, hanya saja tidak semua orang mampu menggunakannya. Dibutuhkan latihan yang berfokus untuk mengubah keinginan yang tidak nyata menjadi wujud fisik pencapaian.

 

Bisakah Anda memberikan contoh imajinasi sintetis dan imajinasi kreatif dalam hidup Anda? Silakan berikan jawaban dan pendapat Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Hill, N. 1996. Berpikir dan Menjadi Kaya. Diterjemahkan oleh: Pratama, A. Y. Jakarta: Binarupa Aksara.

 

Sumber Gambar:

  • Imajinasi – https://goo.gl/R5M5X9 dan https://goo.gl/k1lWY4

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

By |2017-04-10T16:11:07+00:00March 1st, 2017|Categories: Karir, Lifestyle, Mindset|Tags: , , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment