Jika Anda ingin keuangan berubah di tahun ini, maka Anda harus berubah secepatnya. Perubahan dalam mengelola keuangan memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan, namun perubahan dapat membuat keuangan Anda menjadi jauh lebih baik.


Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Perubahan yang Harus Dilakukan, Jika Anda Ingin Kondisi Keuangan Berubah di Tahun Ini

Beberapa waktu lalu, kami tim Finansialku.com mengadakan diskusi dengan beberapa orang ibu rumah tangga, para karyawan, pemilik bisnis dan mahasiswa mengenai keuangan. Ternyata banyak dari teman-teman yang berkeinginan untuk mengubah kondisi keuangannya menjadi lebih baik. Beberapa di antaranya mengaku ingin keluar dari masalah utang kartu kredit, sebagian lainnya ingin segera membeli rumah, melunasi cicilan dan lain sebagainya. Tentunya Anda juga ingin merubah kondisi keuangan bukan? Kami teringat sebuah quote dari @TheGoodQuote  (Instagram)

 

Bahasa Inggris

Everything in your life is a reflection of a choice you once made. If you want different results, make different choices

The Good Quote via Instagram

 

kalau-anda-ingin-keuangan-berubah-di-tahun-ini-maka-anda-harus-berubah-secepatnya-finansialku

[Baca Juga : Catat, Resolusi Keuangan yang Harus Anda Persiapkan dan Jalankan]

 

Bahasa Indonesia

Segala sesuatu yang ada dalam kehidupan adalah refleksi dari pilihan yang Anda buat. Jika Anda menginginkan hasil yang berbeda, maka buatlah pilihan yang berbeda.

The Good Quote via Instagram

 

5 Perubahan Kecil yang Dapat Anda Lakukan untuk Melakukan Perbaikan Kondisi Keuangan di Tahun Ini

Dalam artikel kali ini, kami ingin menggaris bawahi lima hal penting yang perlu dilakukan untuk melakukan perbaikan kondisi keuangan di tahun ini:

  1. Mulai dengan memprioritaskan pengeluaran-pengeluaran produktif, seperti menabung, berinvestasi, membayar premi asuransi serta beramal (donasi, perpuluhan, zakat dan lain sebagainya).
  2. Stop penggunaan utang kartu kredit, segera lunasi utang-utang kartu kredit yang sudah ada. Jika Anda kesulitan dalam melunasi utang kartu kredit, stop lakukan gali lubang tutup lubang, segera terapkan debt snow ball payment atau debt stacking.
  3. Jika Anda belum memiliki dana darurat (emergency fund), segera persiapkan dana darurat (infografis dana darurat). Plus review kebutuhan asuransi jiwa dan kesehatan. Banyak orang bilang saya sudah punya asuransi. Padahal pertanyaan utamanya adalah Apakah Anda sudah cukup terlindungi? Jika Anda tidak yakin, coba cek uang pertanggungan Anda.
  4. Meskipun Anda masih muda, sehat dan produktif, tetapi jangan lupakan dana hari tua (dana pensiun). Mulailah berinvestasi untuk masa tua Anda. Sekaligus tambah penghasilan Anda saat ini, dengan berinvestasi dan meningkatkan penghasilan pasif.
  5. Mulai untuk membuat rencana keuangan (financial planning) dan mulai menata kehidupan keuangan. Silakan hubungi perencana keuangan atau gunakan Aplikasi Finansialku (daftar di sini). Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Mengapa Saya Sulit untuk Berubah? Apakah Perencanaan Keuangan Cocok untuk Saya?

Jika Anda merasa bukan orang yang mudah untuk berubah, jangan khawatir terlebih dahulu. Dalam ilmu manajerial bisnis, terdapat sebuah ilmu manajemen perubahan (change management). Kurang lebih grafiknya berikut :

kalau-anda-ingin-keuangan-berubah-di-tahun-ini-maka-anda-harus-berubah-secepatnya-2-finansialku

[Baca Juga : Kunci Sukses dari Perubahan Adalah …]

 

Reaksi seseorang dalam menghadapi perubahan adalah gelisah. Kebanyakan ragu mengenai apakah saya bisa menjalani perubahan ini. Kemudian mereka mulai berpikir positif dan mulai mencoba. Namanya orang belajar dan baru mencoba, pasti menghadapi permasalahan dan mulai lelah. Orang yang cenderung lelah dengan kondisi sekarang akan mulai merasakan kekecewaan dan menyerah, marah dan depresi barat. Orang-orang yang mengalami kekecewaan dan marah akan menyerah serta tidak melanjutkan perubahan tersebut.

Orang yang berada dalam emosi depresi akan terus jatuh sampai kondisi terparah dan mulai menerima keadaan. Semakin orang tersebut menerima perubahan yang ada, orang tersebut akan semakin bahagia. Pada ujungnya orang tersebut akan merasakan manfaat baru dan melanjutkan kehidupan barunya. Anda dapat mengamati emosi seseorang dalam menjalani perubahan, seperti pada video berikut ini :

 

YouTube Courtesy – Super Extreme Makeover – Extreme Makeover Weight Loss Edition – Season 4 Episode 7

 

Ketakutan dan emosi yang sama juga muncul, saat orang berhadapan dengan perubahan kondisi keuangan. Untuk mendapatkan kondisi keuangan yang sehat, setiap orang harus rela bekerja lebih keras dan berpikir lebih kreatif. Apakah Anda sudah pernah melakukan pengecekan kondisi kesehatan keuangan? Jika belum, silakan cek di sini.

Menurut teori manajemen perubahan, terdapat tiga jenis perubahan yaitu adaptive change (perubahan kecil), innovative change (menggunakan cara-cara baru) dan radically innovative change (perubahan yang sifatnya mendasar). Dalam kaitannya dengan kondiis keuangan yang lebih baik dalam tahun ini, kami sarankan lakukan perubahan-perubahan kecil. Konsultasikan kondisi keuangan Anda dengan perencana keuangan dan minta bantuan mereka untuk menuntun Anda.

Jangan biarkan 3 alasan ini menghambat Anda dan keluarga untuk menjadi pribadi yang lebih sejahtera dan sukses.

  1. Saya sudah di zona nyaman, jadi kenapa harus berubah? Segera keluar dari zona nyaman karena zona nyaman (comfort zone) yang akan membunuh seseorang.
  2. Saya takut, karena merubah keuangan itu berisiko. Sejujurnya kebiasaan-kebiasaan lama dalam mengelola keuangan Anda, bisa jadi jauh lebih berisiko daripada perubahan yang akan Anda lakukan. Silakan konsultasikan dengan perencana keuangan, untuk mengetahui kebiasaan-kebiasaan buruk.
  3. Perubahan itu kan sulit, saya tidak bisa. Justru karena tidak mudah, maka tidak semua orang bisa hidup sejahtera. Tidak semua orang bisa mewujudkan tujuan-tujuan keuangan. Hanya orang-orang yang mau bekerja keras dan mau berubah, yang bisa menjadi sejahtera. Dan saya yakin Anda termasuk orang yang bisa sejahtera bukan?

 

Setiap Orang Memiliki Pilihan, Buatlah Pilihan yang Tepat

Jadi Anda sudah memahami bahwa untuk menjadi sejahtera, Anda hanya dapat bergantung pada diri Anda sendiri dan bekerja sama dengan pasangan. Seorang perencana keuangan tidak akan dapat banya membantu Anda, jika perubahan itu tidak datang dari diri Anda sendiri. Yuk, di awal tahun ini kita mulai lakukan perubahan kebiasaan-kebiasaan buruk dalam mengelola keuangan dan miliki rencana keuangan.

 

Bagikan atau share artikel ini ke pasangan Anda dan teman-teman grup Anda, agar mereka juga mulai melakukan perubahan.

 

Prestasi terbesar apa yang pernah Anda lakukan dalam hal keuangan? Silakan share prestasi Anda pada kolom komentar di bawah ini dan berikan inspirasi untuk pembaca lainnya.

 

Sumber gambar :

  • Change Management – https://goo.gl/89eTzT, https://goo.gl/jwNdyC dan https://goo.gl/4X8h0W

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang