Apakah sugesti dapat membuat seseorang menjadi kaya? Sugesti dapat memberikan pengaruh yang besar bagi manusia. Anda dapat memberikan sugesti pada diri sendiri untuk menjadi kaya. Kami akan membahas beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mensugesti diri sendiri untuk menjadi kaya.  

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Sugesti Diri untuk Mencapai Tujuan

Sugesti pribadi adalah sugesti yang dibangun oleh diri sendiri dan diberikan kepada diri sendiri. Banyak orang yang meremehkan kekuatan sugesti pribadi. Padahal sugesti pribadi bukan hanya dapat mempengaruhi pikiran sadar tetapi juga alam bawah sadar Anda. Jika Anda mampu membangun sugesti yang sangat kuat dalam pikiran sadar, dengan sendirinya sugesti tersebut juga akan mempengaruhi alam bawah sadar Anda.

Alam bawah sadar dapat dianalogikan seperti sebuah kebun yang subur. Jika Anda dapat menaburkan benih-benih pikiran positif pada kebun tersebut, dapat dipastikan benih-benih tersebut akan tumbuh dengan subur. Tetapi jika Anda membiarkan kebun tersebut tidak terawat, rumput-rumput liar akan tumbuh di atasnya.

Rumput-rumput liar yang dimaksud disini adalah pikiran-pikiran negatif yang tidak membangun. Jika semakin lama dibiarkan, akan semakin sulit untuk membasmi pikiran-pikiran negatif tersebut. Karena itu Anda perlu menanamkan benih-benih positif dalam kebun bawah sadar Anda sendiri.

Menjadi Kaya dengan Memberikan Sugesti Pada Diri Sendiri 1 - Finansialku

[Baca Juga: 20 Cara Menjadi Orang Kaya dan Sukses, Cobalah Sekarang Juga!]

 

Bagaimana Cara Menanam Pikiran Positif?

Sugesti pribadi adalah jawabannya. Hanya Anda sendirilah yang dapat memutuskan benih apa yang mau ditanam di atas kebun alam bawah sadar Anda. Ingat, alam bawah sadar Anda adalah kebun yang sangat subur. Apapun yang tumbuh di atasnya dengan pesat dapat mempengaruhi hidup Anda secara signifikan. Karena itu sangat penting untuk menanamkan hal-hal positif pada alam bawah sadar Anda.

Ingin Menjadi Kaya Belajarlah dari Kisah Tambang Emas - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Menjadi Kaya? Belajarlah dari Kisah Tambang Emas]

 

Anda mampu memberikan sugesti pada diri sendiri bahwa Anda sanggup mendapatkan sesuatu yang sangat diinginkan. Semakin kuat sugesti tersebut maka sugesti pribadi akan menyentuh alam bawah sadar Anda. Tanpa disadari, tindakan yang akan Anda lakukan setiap hari membawa Anda semakin dekat pada keinginan tersebut.

Namun sugesti pribadi bukan sesuatu yang cukup dilakukan secara asal-asalan. Tidak mudah untuk memberikan sugesti pada alam bawah sadar Anda. Butuh waktu dan usaha yang keras. Lakukan beberapa cara di bawah ini untuk mensugesti alam bawah sadar Anda:

 

#1 Ucapkan Apa yang Anda Inginkan

Jika Anda memiliki sebuah tujuan keuangan, cobalah untuk menanamkan pikiran bahwa Anda akan mendapatkan hal tersebut sesegera mungkin. Misalnya jika Anda menginginkan sebuah mobil baru, mulailah menuliskan keinginan tersebut dan bacakan keinginan itu setiap hari. Anda tidak cukup membacanya dalam pikiran, tetapi ucapkan dengan keras dan penuh emosi.

Jika hanya mengucapkan keinginan dengan selewat, sugesti yang Anda beri pada diri sendiri tidak akan mencapai alam bawah sadar Anda. Cobalah untuk benar-benar merasakan dan menghayati keinginan tersebut. Memang hal ini akan sulit untuk dilakukan pada awalnya, tetapi lama-kelamaan Anda akan semakin terbiasa dan semakin merasakan keinginan tersebut.

Beranikah Anda Melakukan Strategi Ini untuk Mencapai Keinginan dan Menjadi Kaya - Finansialku

[Baca Juga: Beranikah Anda Melakukan Strategi Ini untuk Mencapai Keinginan dan Menjadi Kaya?]

 

Tanpa disadari bibit-bibit pikiran positif untuk mendapatkan keinginan yang Anda terus ucapkan secara emosional tersebut akan tertanam di alam bawah sadar Anda. Dengan sendirinya Anda akan melakukan hal-hal yang positif dan semakin mendekatkan diri pada keinginan tersebut.

 

#2 Lihat dan Rasakan Uang di Tangan Anda

Cobalah membayangkan hal yang Anda inginkan. Misalnya jika Anda ingin membeli sebuah mobil, cobalah bayangkan berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk membeli mobil tersebut. Anda bukan hanya harus membayangkan angka, bayangkan berapa banyak uang tunai yang Anda perlukan untuk membeli mobil tersebut.

Berapa koper uang yang harus digunakan untuk membawa uang tersebut. Lebih dari itu, bayangkan uang tersebut sudah ada di tangan dan Anda siap untuk pergi membeli mobil yang diinginkan.

Lakukan hal ini paling tidak satu kali dalam satu hari terus-menerus hingga Anda bahkan merasa bahwa bayangan itu adalah hal yang nyata. Terus lakukan hal ini sampai Anda merasa uang itu benar-benar nyata ada di tangan Anda dan dapat dirasakan.

Pikiran bawah sadar akan menerima dan mematuhi perintah apapun yang diberikan kepadanya. Jika Anda memerintahkan pikiran bawah sadar untuk mendapatkan hal yang diinginkan, maka dengan sendirinya pikiran bawah sadar akan bergerak untuk mencapai keinginan tersebut.

Bagaimana Cara Menjadi Orang Kaya yang Mempunyai Waktu - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menjadi Orang Kaya yang Mempunyai Waktu?]

 

Kesuksesan dalam mensugesti diri sendiri adalah ketika pikiran bawah sadar Anda benar-benar percaya bahwa keinginan tersebut harus benar-benar terwujud. Untuk membuat hal tersebut melekat dalam pikiran bawah sadar memang tidak mudah. Tetapi hal ini bukanlah sesuatu yang mustahil. Anda harus tetap berfokus pada keinginan yang sedang dibayangkan.

 

#3 Lupakan Akal Sehat

Ketika membayangkan dan membangun sugesti pribadi, Anda harus melupakan akal sehat. Dalam dunia nyata akal sehat seringkali bahkan harus diutamakan daripada perasaan. Tetapi ketika membangun sugesti pribadi, Anda perlu melupakan akal sehat. Seringkali hal yang Anda inginkan terasa tidak masuk akal dan tidak mungkin dicapai. Tetapi Anda mungkin tidak tahu bahwa seringkali kekuatan alam bawah sadar jauh lebih kuat dari akal sehat.

Kisah Sukses Jack Ma Pendiri Alibaba - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kekayaan Jack Ma, pendiri Alibaba Mencapai US$ 26,5 Miliyar]

 

Tidak mudah untuk membuat alam bawah sadar Anda mempercayai keinginan yang Anda miliki. Sugesti akan menjadi semakin sulit jika Anda terus dihalangi oleh akal sehat ketika membayangkan sesuatu yang sangat diinginkan. Lupakan akal sehat sejenak.

Setelah Anda berhasil menyugesti pikiran bawah sadar Anda, barulah akal sehat dapat bekerja. Akal sehatlah yang akan membantu Anda mencapai keinginan tersebut pada dunia nyata. Ketika pikiran bawah sadar sudah merekam perintah untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan, akal sehat akan secara otomatis mendukung Anda untuk mencapainya.

Tetapi jika pikiran bawah sadar belum tersentuh oleh sugesti Anda, maka akal sehat seringkali akan menghalangi Anda dengan kata-kata ‘mustahil’, ‘tidak mungkin’, ‘tidak akan pernah’, dan lain sebagainya.

10-alasan-yang-perlu-diketahui-kenapa-anda-masih-susah-menjadi-kaya-finansialku

 [Baca Juga: 10 Alasan yang Perlu Diketahui, Kenapa Anda Masih Susah Menjadi Kaya]

 

Kekuatan Terletak Pada Pilihan Anda

Setiap manusia sebenarnya memiliki kemampuan untuk mengendalikan pikiran sadar dan bawah sadarnya masing-masing. Hanya saja tidak semua orang menggunakannya dengan baik. Padahal jika Anda mampu mengendalikan keduanya, tidak ada keinginan yang mustahil untuk dicapai. Menjadi kaya bukanlah sebuah masalah bagi orang yang mampu mengendalikan alam bawah sadarnya.

Lakukan langkah-langkah sugesti diri dengan gigih dan konsisten. Ketika berhasil memberi sugesti positif pada alam bawah sadar, pikiran sadar Anda akan dengan sendirinya mendukung keinginan tersebut. Dengan begitu kekayaan bukanlah sesuatu yang mustahil untuk didapatkan.

 

Berdasarkan artikel di atas, seberapa besar pengaruh sugesti dalam mempengaruhi cara berpikir menjadi kaya? Berikan nilai dari 1 sampai 5, dimana 1 adalah sangat tidak berpengaruh atau 5 yaitu sangat berpengaruh. Anda dapat memberikan pendapat dan opini pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Hill, N. 1996. Berpikir dan Menjadi Kaya. Diterjemahkan oleh: Pratama, A. Y. Jakarta: Binarupa Aksara.

 

Sumber Gambar:

  • Success – https://goo.gl/HQwfW3 dan https://goo.gl/J1aseo

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang