Apakah Anda membutuhkan dana pinjaman? Lebih baik mana pinjaman dari kartu kredit atau KTA?

Ketika Anda membutuhkan dana pinjaman, Anda pasti dihadapi oleh dua pilihan yang membuat Anda bingung. Kedua produk tersebut adalah Kartu kredit dan KTA, lebih baik mana ya dari kedua produk tersebut untuk dana pinjaman?

Mari cari tahu jawaban selengkapnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Butuh Dana Pinjaman

Salah satu teman saya, pernah bercerita kalau dia membutuhkan dana pinjaman untuk membeli gadget, mengingat uang yang dimiliki belum cukup untuk membeli tetapi keinginan untuk memiliki barang tersebut sudah tinggi.

Teman saya pun bertanya kepada saya, apakah bijak untuk mengajukan pinjaman? Lalu, pinjaman seperti apa yang cocok untuk kasus teman saya tersebut?

Saya Butuh Dana Pinjaman, Lebih Baik Kartu Kredit atau KTA Ya 02 Kartu Kredit - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Kredit Menguntungkan? Sebenarnya Apa Sih Manfaat Kredit?]

 

Tidak ada salahnya untuk mengajukan pinjaman, kalau kita bisa membayarnya pada bulan berikutnya. Yang biasanya terjadi adalah orang sudah pernah berutang dan merasa kalau dia mengambil utang baru lagi, tidak akan menjadi masalah.

Sebelum mengajukan pinjaman, ada baiknya Anda cek kesehatan keuangan Anda terlebih dahulu. Dengan mengetahui kesehatan keuangan Anda pun akan memudahkan Anda untuk mengambil keputusan.

Anda bisa melakukan cek kesehatan keuangan pada link di bawah ini. Anda tinggal memasukkan data yang dibutuhkan, kemudian Anda akan diberikan hasil dari cek kesehatan keuangan Anda.

 

Setelah Anda mengetahui kesehatan keuangan Anda, selanjutnya Anda bisa berkonsultasi dengan perencana keuangan. Anda bisa download Aplikasi Finansialku, dimana Anda bisa menggunakan fitur tanya jawab perencana keuangan.

Anda bisa mendapatkan Aplikasi Finansialku dengan cara klik link di bawah ini. Aplikasi Finansialku kini sudah tersedia di Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Seperti yang sudah kita tahu, banyak sekali produk keuangan yang menawarkan pinjaman, mulai dari kartu kredit hingga Kredit Tanpa Agunan (KTA). Jika memang Anda membutuhkan dana pinjaman, baik untuk membeli barang atau kebutuhan lainnya.

Lebih baik mengajukan pinjaman kartu kredit atau KTA ya? Karena banyak sekali orang yang belum tahu jenis kedua pinjaman tersebut. Berikut ini akan saya jelaskan mengenai Kartu Kredit dan KTA.

 

Kartu Kredit

Anda pasti sering mendengar produk pinjaman yang satu ini, Namanya adalah kartu kredit. Atau bahkan Anda sudah memiliki kartu kredit. Sebenarnya, apakah Anda sudah mengetahui apa sih kartu kredit ini?

Jika Anda belum mengetahui apa itu kartu kredit, kartu kredit ini simplenya merupakan alat pembayaran. Ya, alat pembayaran ketika Anda akan membeli sesuatu, seperti belanja di supermarket, beli barang, dan lain sebagainya.

Setelah sebulan berlalu, Anda akan diberikan sebuah tagihan untuk membayar semua belanjaan yang telah Anda lakukan sebelumnya. Untuk pelunasannya sendiri sudah termasuk untuk bunga 2,95 persen.

Tetapi, jika Anda melunasi tagihan kartu kredit Anda semua, maka bunga tersebut tidak akan muncul. Jadi, Anda sekarang sudah mengetahui bahwa kartu kredit ini merupakan sebuah alat pembayaran.

Kemudahan dari kartu kredit ini sendiri adalah Anda tidak perlu melakukan apply ketika Anda akan membeli barang. Begitu Anda sudah mendapatkan kartu kredit yang Anda miliki, Anda hanya tinggal menggunakannya dengan bijak.

Anda juga harus membayar biaya-biaya yang ada di kartu kredit, seperti bunga, keterlambatan pembayaran dan biaya tahunan jika Anda menggunakan kartu kredit.

Biaya dan bunga ini bisa lebih tinggi jika dibandingkan dengan KTA, jadi Anda harus membayar tagihan kartu kredit Anda dengan tepat waktu sesuai dengan jumlah minimum Anda supaya tidak terkena bunga berbunga.

Jangan lupa untuk membayar tagihan kartu kredit Anda tepat waktu, supaya Anda masih bisa menikmati manfaat dari kartu kredit yang Anda miliki.

Jika Anda memiliki kartu kredit juga, Anda akan mendapatkan manfaat berupa rewards dari bank penyedia kartu kredit. Biasanya, rewards ini bisa Anda gunakan untuk tambahan diskon atau promosi lainnya.

 

Tetapi, masih banyak orang yang kurang bijak dalam penggunaan kartu kredit ini. Masih ada orang yang menggunakan fitur pengambilan dana dari ATM layaknya kartu debit.

Padahal, jika Anda mengambil uang cash dari kartu kredit Anda terdapat biaya penarikan yang bisa mencapai 4 persen atau Rp50.000, tergantung dari nominal mana yang lebih besar. Pengambilan uang cash dari kartu kredit ini dinamakan cash advance.

Misalnya, Anda mengambil uang tunai sebesar Rp100.000, berarti jika dikenakan biaya 4 persen, maka Anda akan dikenakan sebesar Rp4.000. Tetapi nominal 4 persen tersebut masih lebih kecil dari Rp50.000.

Maka, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp50.000 setiap Anda mengambil uang cash sebesar Rp100.000.

Bisakah Anda bayangkan, jika Anda terus menerus mengambil cash advance ini, tidak jarang orang merasa kelabakan karena fitur cash advance ini. Ada baiknya Anda tidak Tarik tunai dengan menggunakan kartu kredit.

Risiko Tarik Tunai Kartu Kredit 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pakai Kartu Kredit untuk Modal Usaha Cek Dulu Deh Informasi Ini]

 

Kartu kredit ini lebih cocok digunakan untuk pinjaman jangka pendek yang paling banyak digemari oleh banyak konsumen.

Keuntungan memiliki kartu kredit sendiri ini adalah pertama dapat bertransaksi lebih dari saldo rekening, namun hanya sebatas limit kartu kredit. Kedua, dapat digunakan untuk bertransaksi secara online maupun offline.

Ketiga, banyaknya promo dan penawaran menarik yang dapat membantu kita semakin hemat. Keempat, transaksi dan pencairan mudah dan cepat tanpa membutuhkan proses pengajuan dengan syarat-syarat yang merepotkan.

Jangan lupa juga, penggunaan kartu kredit ini juga ternyata memiliki kekurangan lho. Kekurangan yang pertama adalah adanya biaya tambahan atau bunga yang cukup tinggi jika melakukan penarikan tunai (cash advance).

Kedua, adanya bunga jika Anda menunggak pelunasan tagihan kartu kredit. Ketiga, suku bunga yang cukup tinggi karena dihitung per bulan. Keempat, rawan pencurian, penyalahgunaan dan pembobolan.

 

Kredit Tanpa Agunan

Sekarang Anda sudah mengetahui bagaimana penggunaan dan peruntukkan dari kartu kredit. Selanjutnya, saya akan membahas mengenai produk pinjaman yang kedua, yaitu Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Kredit Tanpa Agunan ini merupakan pinjaman yang bisa diajukan ke bank oleh masyarakat tanpa memberikan agunan atau pinjaman. Biasanya Kredit Tanpa Agunan ini digunakan untuk kredit jangka Panjang.

KTA ini sering digunakan untuk nasabah yang sedang membutuhkan sejumlah  dana yang cepat. Biasanya, orang-orang yang mengajukan KTA digunakan sebagai modal bisnis atau usaha.

KTA ini memang digunakan untuk membiayai hal-hal yang bersifat produktif, artinya utang yang akan Anda ajukan ini bukan untuk kebutuhan konsumtif Anda.

Sehingga, tidak heran juga ketika Bunga pinjaman yang ditawarkan KTA ini terbilang tinggi.

Bagaimana jika Anda ingin mengajukan KTA untuk keperluan konsumtif Anda, seperti membeli kendaraan, gadget dan sebagainya? Anda boleh saja mengajukan KTA untuk kebutuhan konsumtif Anda.

Tetapi ingat, Anda harus bijak dalam menggunakannya. Jangan sampai utang KTA ini malah menjadi beban dalam hidup Anda, padahal Anda memiliki maksud untuk mengajukan KTA untuk memudahkan hidup Anda.

Berbeda dengan kartu kredit yang sudah dijelaskan sebelumnya, KTA ini terdapat tenor atau masa pinjamannya. Kalau kartu kredit baru memiliki tenor ketika Anda menggunakannya untuk membeli barang tertentu dengan cara mencicil.

Karena memiliki masa tenor, maka KTA harus dilunasi dalam masa waktu yang telah ditentukan. Setelah lunas dan membutuhkan duit pinjaman lagi dari KTA ini, maka Anda harus apply ulang.

 

Proses untuk apply KTA ini memakan waktu selama 2 minggu hingga 1 bulan dan pengajuan Anda juga memiliki peluang untuk ditolak.

Kelebihan dari mengajukan KTA ini adalah, yang pertama adalah proses pengajuan yang cepat dan mudah serta tidak membutuhkan jaminan. Kedua, dokumen yang menjadi syarat pengajuannya sedikit.

Ketiga, jumlah pembayaran dapat dicicil sesuai kesepakatan dengan pihak bank. Keempat, proses pembayaran pun sekarang sudah cukup mudah. Kelima, Anda dapat menggunakannya untuk tujuan apapun selama Anda bisa membayarnya.

Keenam, mudah sekali ditemukan di bank atau Lembaga keuangan tertentu. Terakhir, suku bunga yang diberikan akan tetap sama selama masa kontrak kredit.

5 Jenis KTA - Kredit Tanpa Agunan, Salah Satunya KTA Tanpa Kartu Kredit 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kredit Tanpa Agunan Tawarkan 5 Keuntungan Ini Pada Nasabah]

 

Jangan lupa juga, KTA ini memiliki kekurangan yang perlu Anda ketahui. Kekurangan yang pertama adalah limit pinjaman yang terbatas jika dibandingkan dengan kredit dengan agunan.

Kedua, tenor pinjaman pendek yang tergantung dari jumlah pinjamannya. Ketiga, Anda harus memiliki status profesi dengan penghasilan setiap bulan. Keempat, biasanya Anda akan diminta membuka rekening di bank terkait.

Kelima, suku bunganya yang cukup tinggi karena tidak adanya pinjaman. Terakhir, terdapat biaya penalti jika Anda ingin melunasi pinjaman sebelum jatuh tempo.

 

Pilih Mana? Kartu Kredit atau KTA?

Sekarang Anda sudah tahu apa itu kartu kredit dan KTA dan bagaimana penggunaannya. Jika Anda memang membutuhkan pinjaman dengan jumlah yang lebih besar daripada limit kartu kredit, maka pilihlah KTA.

Jika Anda memang membutuhkan dana tidak terlalu mendesak maka Anda bisa menggunakan KTA dan Anda juga berencana melunasi utangnya dalam jangka waktu yang lebih Panjang, misalnya 3 tahun.

Maka dari ketiga kondisi tersebut, KTA lah yang cocok untuk kebutuhan Anda. Tetapi jika jumlah pinjaman Anda masih bisa dipenuhi dengan limit kartu kredit, kebutuhan dana sangat mendesak SAAT ITU JUGA.

Dan Anda yakin bisa melunasi tagihan kartu kredit tanpa menunggak. Maka kartu kredit adalah jawaban dari kebutuhan Anda. Tetapi, pastikan Anda sudah mengetahui kemampuan keuangan Anda sebelum mengajukan kredit.

Jangan sampai Anda malah mengajukan kartu kredit tanpa pertimbangan yang matang. Karena nanti utang ini malah menjadi beban kehidupan Anda.

Jika Anda masih ingin mengetahui bagaimana sih caranya mengatur utang Anda atau baikkah Anda mengajukan utang. Anda bisa membaca ebook mengenai perencanaan keuangan usia 30 an di bawah ini.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Dalam ebook tersebut, Anda Akan diberitahu bagaimana caranya mengatur keuangan Anda agar kebebasan keuangan dapat Anda dapatkan.

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui lebih baik mana kartu kredit atau KTA untuk dana pinjaman.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui lebih baik mana kartu kredit atau KTA untuk dana pinjaman. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 2 September 2015. Bingung Mau Pilih KTA atau Kartu kRedit? Baca Ini Untuk Bnatu Tentukan Pilihanmu!. Moneysmart.id https://goo.gl/Bhexi8

 

Sumber Gambar:

  • Pinjaman – https://goo.gl/BhKuEg
  • Kartu Kredit – https://goo.gl/AH4gNH