Apakah kredit menguntungkan? Sebenarnya apa sih manfaat kredit? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka Anda perlu membaca artikel ini hingga selesai.

Finansialku akan memberikan penjelasan tentang manfaat kredit kepada Anda! Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Apakah Kredit Menguntungkan? Sebenarnya Apa Sih Manfaat Kredit?

Mbak, saya tertarik untuk mengajukan fasilitas kredit di Bank, namun sebelumnya saya ingin bertanya.

Sebenarnya, apakah kredit itu menguntungkan saya atau menguntungkan Bank? Karena setahu saya, nasabah atau debitur kan dibebankan sejumlah bunga untuk pengembalian kreditnya, bagaimana bisa dibilang untung?

Apa sajakah sebenarnya manfaat dari fasilitas kredit yang Bank berikan kepada nasabah?

 

Apakah Kredit Menguntungkan Sebenarnya Apa Sih Manfaat Kredit 02 Konsultasi - Finansialku

[Baca Juga: Apa Alasan Orang Rela Antre Untuk Apply Pinjaman KTA ke Bank?]

 

Baik, terima kasih mas Nando untuk pertanyaannya. Saya akan mencoba menjelaskan mengenai kredit yang Anda tanyakan barusan.

Sebenarnya manfaat kredit itu banyak sekali, baik untuk Anda sebagai debitur, juga untuk bank yang menyediakan fasilitas kredit. Hal ini disebut dengan simbiosis mutualisme, di mana Anda penerima pinjaman memperoleh keuntungan, dan bank sebagai pemberi pinjaman juga memperoleh keuntungan.

Di samping keuntungan tersebut, negara, baik itu pemerintah dan masyarakat juga turut serta merasakan dampak dari penggunaan kredit Anda.

Misalnya, Anda menggunakan fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR). Nah, dari kredit Anda itu, pemerintah jelas mendapatkan pemasukan berupa pajak, yang bisa mendorong pertumbuhan ekonomi negara.

Selain itu, dengan adanya kredit, banyak orang yang bisa memperoleh lapangan pekerjaan.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Mari kita bahas lebih mendalam mengenai keuntungan dan manfaat kredit dari masing-masing sisi, yaitu dari sisi nasabah, bank, pemerintah dan juga masyarakat luas.

 

Membahas Manfaat Kredit untuk Negara dan Masyarakat Luas

Beragam fasilitas kredit yang beredar di masyarakat, baik itu kredit produktif dan konsumtif, yang tersebar di segmen perusahaan (corporate dan commercial), sektor-sektor industri tertentu, usaha mikro, bahkan kredit konsumer yang digunakan secara personal dapat memberikan manfaat untuk pemerintah dan masyarakat luas.

Umumnya, perusahaan-perusahaan (baik segmen corporate sampai dengan segmen mikro) membutuhkan kredit untuk mendanai pengembangan usahanya, dan biasanya bank memberikan kredit produktif untuk perusahaan-perusahaan tersebut.

Di samping itu, kredit konsumer lebih banyak dinikmati secara personal oleh masyarakat dalam bentuk KPR, kredit kepemilikan kendaraan bermotor, kartu kredit dan lainnya.

Tahukah Anda, bahwa penggunaan kredit yang begitu luas memberikan manfaat bagi negara dan masyarakat luas?

Manfaat kredit bagi negara dan masyarakat luas di antaranya adalah sebagai berikut:

 

#1 Mengurangi Tingkat Pengangguran

Melalui penggunaan fasilitas kredit bagi perusahaan baik itu segmen korporasi, komersial maupun usaha mikro, banyak peluang lapangan kerja tercipta yang disebabkan karena adanya kesempatan bagi masyarakat untuk menciptakan dan mengembangkan suatu usaha.

Karena ada banyak lapangan kerja yang tercipta, tingkat pengangguran pun akan berkurang.

8 Langkah Mudah Menjadi Seorang Entrepreneur Sejati 02 Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: Hati-hati! Cek 5 Hal Ini yang Mempengaruhi Pinjaman Multi Guna Anda]

 

Selain itu, jika kita bayangkan lebih jauh, untuk jangka waktu yang panjang, apabila perusahaan yang diberi fasilitas kredit terus berkembang dan berekspansi, tingkat produksi dan permintaan pasar meningkat, serta kualitas sumber daya pegawai terus di-upgrade, maka hal ini dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi negara.

Bisakah Anda bayangkan, penggunaan fasilitas kredit bahkan bisa mempengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara?

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

#2 Meningkatkan Pembangunan Nasional

Bank Indonesia menyatakan bahwa perbankan memiliki fungsi utama sebagai penghimpun dan penyalur dana masyarakat.

Tujuannya untuk menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan pembangunan, pertumbuhan ekonomi, stabilitas nasional, ke arah peningkatan taraf hidup rakyat banyak.

Melalui pernyataan tersebut, jelas bahwa melalui adanya penyaluran dana masyarakat (kredit) pembangunan nasional dapat terlaksana, yang mengarah ke peningkatan taraf hidup rakyat Indonesia.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Salah satu bentuk manfaat yang diperoleh negara melalui kredit adalah pajak. Seperti yang sudah dibahas di awal, negara menerima pajak dari kredit yang beredar.

Dan pajak adalah salah satu pemasukan terbesar negara yang dapat digunakan untuk pembangunan nasional.

 

Membahas Manfaat Kredit untuk Bank

Selain bermanfaat untuk negara dan masyarakat luas, fasilitas kredit juga memberikan manfaat bagi bank pemberi fasilitas kredit, di antaranya adalah:

 

#1 Bank Menjalankan Fungsinya

Secara umum, bank memiliki 3 fungsi utama, yaitu sebagai agent of trust, agent of service dan agent of development.

Mari kita soroti fungsi bank sebagai agent of development, yang berarti bank berfungsi sebagai lembaga yang mendukung perkembangan pembangunan nasional.

Motivasi-Kerja-Karyawan-02-Gaji-Finansialku

[Baca Juga: Yuk Lihat Untung dan Rugi Pinjam Uang di Bank (Plus: Syarat Pinjaman Uang di Bank)]

 

Produk dan jasa yang ditawarkan di bank dapat dibagi menjadi 2 bagian besar, yaitu funding dan lending. Funding adalah ketika bank menghimpun dana dari masyarakat berupa tabungan, giro dan deposito, sedangkan lending adalah ketika bank menyalurkan dana ke masyarakat melalui kredit.

Ketika bank telah mampu menghimpun dan menyalurkan dana serta melaksanakan pelayanan kepada masyarakat, berarti bank turut serta mendorong pembangunan nasional, bank sedang menjalankan fungsinya sebagai agent of development.

 

#2 Reputasi

Konsep reputasi sangat sederhana. Jika ada salah satu teman yang Anda percaya menggunakan salah satu fasilitas kredit di suatu bank dan merasa puas, serta menyarankan Anda untuk menggunakan fasilitas kredit di bank tersebut, maka pasti Anda akan mempertimbangkan untuk menggunakan kredit itu juga.

Ini merupakan salah satu manfaat yang diperoleh bank ketika semakin banyak kredit yang bisa diberikan kepada banyak orang.

Reputasi yang baik adalah salah satu hal yang sangat menguntungkan bank.

 

#3 Interest Income

Salah satu penghasilan bank adalah interest income atau pendapatan bunga yang diterima melalui kredit.

Jadi, semakin banyak kredit yang diberikan bank, semakin banyak pula interest income yang akan diterima bank.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Membahas Manfaat Kredit untuk Nasabah/Debitur

Mari kita coba daftarkan apa saja manfaat kredit yang dapat dirasakan oleh nasabah peminjam (debitur).

 

#1 Mengembangkan Usaha Debitur

Untuk debitur yang memiliki usaha dan sedang menggunakan fasilitas kredit produktif dari bank, debitur jelas mendapatkan banyak manfaat dari fasilitas kredit.

Debitur dapat mempertahankan dan mengembangkan usahanya dengan lebih baik.

Para Karyawan, Ini Motivasi Kerja yang Anda Butuhkan! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Masih Bingung Mau Menggunakan Pinjaman Online untuk Modal Bisnis? 7 Hal Ini Harus Anda Pertimbangkan]

 

Kredit yang diberikan bank pun beragam, misalnya untuk pendanaan maintenance peralatan industri, pembiayaan produksi, relokasi pabrik, dan pembiayaan ekspansi usaha yang jelas membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Anda dapat membayangkan berapa waktu yang debitur perlukan dan betapa sulit proses untuk mengembangkan usaha apabila tidak mendapat pinjaman kredit dari bank.

 

#2 Memudahkan Debitur Memilih Bank yang Sesuai

Biasanya, bank memberikan kredit kepada debitur yang telah menjadi nasabah. Melalui hal ini, Anda dapat menggunakan fasilitas kredit sekaligus menabung di bank yang sama.

Anda akan menjadi lebih mudah membayar tagihan kredit jika Anda menabung di bank yang sama.

Hal ini membuat Anda merasa lebih aman dan nyaman dalam bertransaksi.

 

#3 Keuangan Debitur Terlindungi dan Aman

Apakah Anda pernah membutuhkan sesuatu namun keuangan Anda tidak mendukung untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam waktu dekat? Anda kemungkinan akan berpikir untuk mencicil kebutuhan Anda tersebut dengan menggunakan fasilitas kredit.

Benar, ini adalah salah satu manfaat dari fasilitas kredit, di mana Anda dapat mengajukan cicilan untuk kebutuhan yang belum bisa Anda bayar sekarang, sehingga keuangan Anda tetap aman.

Anda juga tidak perlu kuatir Anda akan lupa membayar atau nominal tagihan Anda salah, karena bank akan memproses kredit Anda dengan tepat. Hal ini akan membuat keuangan Anda lebih aman dan terlindungi dari berbagai macam risiko.

 

Memahami Kredit dari Sudut Pandang yang Berbeda

Demikian penjelasan yang dapat saya sampaikan, Mas Nando.

Semoga melalui penjelasan ini mas Nando bisa lebih memahami mengenai manfaat kredit yang dapat dirasakan oleh negara, bank dan nasabah. Bukan hanya semata untuk kredit yang bersifat konsumtif, melainkan juga kredit produktif.

 

Apakah Anda memiliki pendapat atau gagasan lain terhadap manfaat kredit? Silakan beri komentar dan opini Anda terhadap hal ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Melissa Kandaw. 2018. Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Pemerintah dan Perbankan – Pinjamantanpajaminan.com – https://goo.gl/mwiEJS
  • Si Manis. 10 Juni 2017. Kredit – Pengertian, Tujuan, Fungsi, Unsur, Prinsip, Jenis dan Manfaat Kredit Lengkap. Pelajaran.co.id – https://goo.gl/GtdF6Y
  • Admin. Ikhtisar Perbankan. Bi.go.id – https://goo.gl/R9yKag
  • Admin. Pengangguran di Indonesia. Indonesia-investments.com – https://goo.gl/udBq5r

 

Sumber Gambar:

  • Manfaat Kredit – https://goo.gl/JbUUC4
  • Nasabah dan Pihak Bank – https://goo.gl/fh9E5s
Summary
Apakah Kredit Menguntungkan? Sebenarnya Apa Sih Manfaat Kredit?
Article Name
Apakah Kredit Menguntungkan? Sebenarnya Apa Sih Manfaat Kredit?
Description
Apakah kredit menguntungkan? Sebenarnya apa sih manfaat kredit? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka Anda perlu membaca.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo