Apa Alasan Orang Rela Antre Untuk Apply Pinjaman KTA ke Bank?

Kredit Tanpa Agunan atau sering dikenal dengan istilah pinjaman KTA untuk sebagian orang bisa menjadi solusi saat terdesak membutuhkan uang pinjaman.

Kenapa memilih KTA, bukan jenis pinjaman lainnya? Mari kita bahas pada artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Ini Alasan Orang-Orang Memilih Produk Pinjaman KTA

Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan salah satu produk pinjaman yang cukup banyak diminati oleh nasabah, alasannya karena pengajuan KTA terbilang mudah.

Saat pengajuan pinjaman KTA, nasabah tidak diharuskan untuk menyiapkan aset untuk jaminan atas pinjaman tersebut. Itu artinya, produk pinjaman KTA menjadi solusi yang mudah saat kamu terdesak membutuhkan uang.

Apa Alasan Orang Rela Antre Untuk Apply Pinjaman KTA ke Bank 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Pebisnis, Sebelum Ajukan Kredit Tanpa Agunan untuk Modal Usaha Ketahui Plus Minusnya]

 

Karena prosesnya yang mudah, pinjaman KTA menjadi produk pinjaman yang banyak digunakan saat ini. Pasalnya, kamu hanya perlu menyiapkan kartu identitas diri, kartu kredit, dan bukti penghasilan tetap sebagai syaratnya.

Karena kemudahan yang diberikan, alasan orang-orang mengajukan pinjaman KTA pun sangat beragam. Tidak hanya untuk kebutuhan produkti saja lho, banyak juga yang mengajukan KTA hanya untuk sekedar memenuhi kebutuhan konsumtifnya. Mau tau alasan apa saja yang biasa digunakan nasabah dalam mengajukan pinjaman KTA?

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

9 Alasan Yang Sering Digunakan Orang untuk Ajukan Pinjaman KTA

Ada 9 alasan yang sering digunakan orang untuk mengajukan pinjaman KTA. Kita bahas satu per satu ya.

 

#1 Pinjaman KTA Sebagai Modal Usaha

Utang tidak selamanya dianggap negatif lho, selama utang tersebut dipergunakan untuk hal yang bermanfaat dan penuh dengan perhitungan, itu akan menjadi utang produktif.

Salah satunya kamu bisa menggunakan utang untuk modal usaha.

Dengan demikian, jika utang tersebut dikelola dengan baik justru akan mengembangkan usaha yang sedang kamu jalani. Dan pastinya, kamu menjadi untung karena utang. Tapi ingat, utang tetap harus dibayar ya!

Walaupun prosesnya mudah, tidak dianjurkan juga lho untuk memodali usaha hanya dengan menggunakan pinjaman KTA. Sebaiknya, penggunaan KTA ini hanya untuk jadi modal tambahan saja.

Karena jika semua modal berasal dari pinjaman, akan terasa sulit untuk mengembalikan dana yang dipinjam. Kecuali jika kamu pintar mengaturnya. Semua kembali lagi bagaimana cara kamu menjalani usaha tersebut.

 

#2 Pinjaman KTA Untuk Membeli Barang

Alasan kedua orang mengajukan pinjaman KTA biasanya untuk memenuhi keinginan memiliki barang.

Jenis barangnya beragam, bisa kendaraan, elektronik, bisa juga untuk memenuhi kebutuhan fashion-nya.

Walaupun Bob Sadino pernah memberikan pepatah “Bergayalah sesuai dengan isi dompetmu”. Apa boleh buat? Itulah manusia, selalu ingin memenuhi keinginannya, bukan kebutuhannya.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Kebanyakan orang menggunakan pinjaman KTA untuk membeli kendaraan bermotor, walaupun bunganya jauh lebih tinggi dibandingkan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), KTA banyak diminati karena tidak perlu uang muka.

Mengutip dari Duitpintar.com, bunga KKB BCA berada di angka 3,08 persen, sementara itu leasing Mandiri Tunas Finance mematok bunga 4,95 persen.

Nah, KTA biasanya berada di angka belasan persen per tahun.

Jadi, ada baiknya bila ingin membeli barang tertentu, sebaiknya kumpulkan uang muka terlebih dahulu. Setelah terkumpul, kamu bisa pilih pinjaman selain KTA.

 

Disclaimer:

Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi, bukan pada tujuan lainnya.

 

#3 Pinjaman KTA Untuk Renovasi Rumah

Banyak juga lho yang mengajukan pinjaman KTA untuk merenovasi rumah. Nah, kalo ini masuk ke utang produktif atau utang konsumtif ya?

Jawabannya tergantung, jika tujuan merenovasi rumah untuk menambah nilai jual, mungkin pinjaman KTA ini menjadi produktif. Selain menambah nilai jual, ada juga yang memang ingin memperbaiki rumah karena keadaan rumah mangharuskan untuk direnovasi.

Renovasi-Rumah-Sebelum-Dijual-2-Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Tenor KTA (Kredit Tanpa Agunan) yang Terbaik?]

 

Jalan pintas buat bisa segera merealisasikan proyek renovasi tersebut adalah meminjam. Pinjaman yang cocok buat renovasi rumah adalah KTA.

Proses mengajukan KTA yang ringkas dan cepat jadi alasan kenapa pinjaman ini cocok saat kamu butuh renovasi rumah.

Jika niat kamu adalah meningkatkan nilai jual rumah saat dijual, kamu perlu menghitungnya terlebih dahulu.

Kamu bisa hitung apakah kamu masih punya keuntungan dari total harga rumah saat dulu kamu beli dan jumlah pinjaman renovasi.

 

#4 Pinjaman KTA Untuk Beli Rumah

Memiliki rumah sendiri sesuai keinginan mungkin menjadi impian semua orang, tapi di zaman sekarang harga rumah tidak lagi murah, apalagi di kota-kota besar.

Dengan adanya produk pinjaman KTA ini memudahkan mewujudkan impian tersebut. Kendati demikian membeli rumah dengan pinjaman KTA cukup riskan lho.

Tenor pinjaman yang cukup singkat. Selain itu, plafon pinjaman KTA pun jauh lebih kecil. Jika kurang cermat, hal ini malah akan memberatkan peminjam.

Apakah Rumah DP Nol Rupiah Adalah Rumah Idaman 01 Pasangan - Finansialku

[Baca Juga: Temukan Alasannya Mengapa Status Kepegawaian Penting Saat Ambil KTA (Kredit Tanpa Agunan)]

 

Mirip-mirip dengan poin kedua. Jika dibandingkan, KPR (Kredit Pemilikan Rumah) biasanya menerapkan tenor yang cukup panjang, yaitu 15 sampai 20 tahunan. Namun, kamu harus membayar uang muka terlebih dahulu.

Sementara itu, tenor KTA cuma sekitar 3 tahunan tetapi gak perlu uang muka.

Jika kamu berpenghasilan dibawah Rp10 juta, sebaiknya pilih KPR. Buat kamu yang berpenghasilan hingga puluhan juta bisa ambil KTA. Dengan catatan uang pinjaman KTA itu digunakan untuk bangun rumah saja.

Jadi, kamu perlu beli tanahnya dulu. Dengan demikian jumlah pinjaman tidak terlalu besar.

Cara lainnya bisa juga pinjaman KTA digunakan untuk uang muka KPR rumah. Silakan pertimbangkan secara matang sebelum kamu mengambil keputusan.

 

#5 Pinjaman KTA Untuk Biaya Pernikahan

Ada juga yang ajukan pinjaman KTA untuk modal menikah. Ini sangat tidak disarankan, kenapa? Karena setelah menikah seharusnya kamu memikirkan biaya hidup dan kebutuhan rumah tangga lainnya, bukan malah sibuk memikirkan utang.

Solusinya jika waktu pernikahan masih lama, kamu bisa bekerja lebih keras dan bisa berinvestasi untuk menambah biaya pernikahan. Oh ya, saat ini kamu bisa lho menghitung dana pernikahan di Aplikasi Finansialku.

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Kamu bisa menghitung berapa uang yang harus kamu kumpulkan dan kamu investasikan untuk mencapai target biaya pernikahanmu.

Jika waktu pernikahan sudah mepet, ada baiknya kamu menggelar pesta pernikahan yang sederhana agar tidak perlu meminjam uang sana-sini.

Kehabisan Ide Ini Dia Konsep Pernikahan Murah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk Pakai Aplikasi Finansialku Untuk Persiapan Pernikahan Tanpa WO!]

 

#6 Pinjaman KTA Untuk Dana Pendidikan

Menggunakan KTA sebagai bagian dari dana pendidikan, kamu bakal sangat terbebani. Hal ini sangat tidak disarankan.

Ingat, selain membayar cicilan KTA, kamu pun harus membayar tagihan lainnya seperti bayar SPP, membeli buku, seragam, dan masih banyak lagi.

Oleh sebab itu, dana pendidikan buat anak perlu disiapkan sedini mungkin. Salah satu triknya adalah siapkan dana sebelum anak memasuki jenjang pendidikan tertentu.

Menghitung dana pendidikan pun bisa disimulasikan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Iklan Banner Perencanaan Dana Kuliah Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#7 Pinjaman KTA untuk Dana Liburan

Terkadang menjalani rutinitas yang begitu-gitu saja membuat kamu merasa penat, jika sudah penat obatnya ya liburan.

Tapi tabunganmu belum cukup untuk liburan ke tempat yang diinginkan. Nah di sini lah banyak orang yang menggunakan pinjaman KTA untuk dana liburan.

Sebenarnya kurang bijak sih, jika KTA digunakan untuk liburan. Karena nanti setelah liburan selesai kamu akan terbebani dengan cicilan KTA yang kamu pinjam.

 

#8 Pinjaman KTA Untuk Membiayai Musibah

Tidak ada yang tau kapan musibah datang, dan tidak ada juga yang menginginkannya. Karena prosesnya cepat, menjadikan produk pinjaman KTA segera dilirik saat alami musibah.

Tidak salah jika kamu menggunakan pinjaman KTA untuk membiayai musibah, sebagai contoh orangtuamu sedang mengalami sakit dan mengharuskan untuk dioperasi, kamu bisa mengandalkan KTA untuk keselamatan orangtua.

Walaupun sebetulnya masalah musibah seperti kecelakaan, kebakaran, sakit dan lain sebagainya bisa kamu atasi jika kamu memiliki dana darurat.

 

#9 Pinjaman KTA Untuk Bayar Utang

Ada satu lagu ciptaan Bang Haji Rhoma Irama yang berjudul ‘Gali Lobang Tutup Lobang’. Ya, fenomena ini banyak sekali ditemui di masyarakat.

Yang namanya utang apalagi ke bank, pasti ada jatuh tempo yang disepakati. Jika lewat dari tanggal pembayaran ya pasti akan ditagih oleh pihak bank, tidak sedikit juga lho yang sampai didatangi debt collector.

Pinjaman KTA bisa menjadi solusi sementara, ya hanya sementara karena kamu tetap harus membayar cicilan KTA dan cicilan bulan selanjutnya ke bank. Jatuhnya malah jadi dobel-dobel deh utangnya.

Solusinya, mulai benahi keuanganmu. Coba untuk produktif dan tidak terlalu konsumtif.

 

Cari Uang Tambahan dan Investasi

Cari uang tambahan dengan berinvestasi, dan pastinya mulai rencanakan keuanganmu sejak dini.

Jika rencana dan pengelolaan keuanganmu sudah baik, kecil kemungkinan kamu mengajukan pinjaman KTA, karena tabungan dan dana darurat yang kamu persiapkan bisa meng-cover segala kebutuhan.

 

Apakah Anda memiliki alasan yang sama jika mengajukan pinjaman KTA ke bank? Silakan beri komentar Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Helda. 12 Maret 2018. Apply KTA, Ini 9 Alasan Kebanyakan Orang Rela Ngutang ke Bank. Duitpintar.com- https://goo.gl/WUbYVd

 

Sumber Gambar:

  • Pinjaman KTA Antre di Bank – https://goo.gl/tASYQe
  • Pinjaman KTA – https://goo.gl/cYYbwH
Summary
Apa Alasan Orang Rela Antre Untuk Apply Pinjaman KTA ke Bank?
Article Name
Apa Alasan Orang Rela Antre Untuk Apply Pinjaman KTA ke Bank?
Description
Kredit Tanpa Agunan atau sering dikenal dengan istilah pinjaman KTA untuk sebagian orang bisa menjadi solusi saat terdesak membutuhkan uang.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
Ismyuli Tri Retno Kusuma Wardani, S.I.Kom,
Ismyuli Tri Retno Kusuma Wardani, S.I.Kom, seorang praktisi humas di salah satu perguruan tinggi di Kota Bandung. Memiliki background pendidikan S1 Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Humas di Universitas Komputer Indonesia, dengan pengalaman menjadi bagian dari Media Mahasiswa Indonesia dan tertarik mengembangkan kemampuan di bidang penulisan.

Leave A Comment