Konsultasi: Bagaimana Cara Mudah Mengelola Dana Liburan Sekolah?

Tidak terasa bahwa liburan sekolah sebentar lagi akan tiba. Setiap anggota keluarga juga menanti-nantikan untuk berlibur bersama, terutama anak Anda.

Ini juga berarti Anda harus mempunyai dana yang cukup untuk melakukan perjalanan atau berlibur bersama anggota keluarga Anda.

Bagaimanakah cara mudah untuk mengelola dana liburan sekolah keluarga Anda?

 

Rubrik Finansialku

rubrik-ask-the-financial-planner

 

Liburan Sekolah Telah Tiba

Sahabat Finansialku di Facebook bertanya kepada kami tentang mengelola dana liburan sekolah.

 

Pertanyaan:

Selamat pagi Admin! Bolehkan saya bertanya? Liburan sekolah anak-anak sudah dekat. Saya dan keluarga berencana akan berlibur ke suatu tempat. Bagaimana cara mudah mengelola dana liburan sekolah? Tolong dijawab ya!

 

Jika sahabat Finansialku ingin bertanya kepada kami, Anda bisa like Facebook Finansialku. Kemudian, Anda bisa bertanya kepada kami.

 

Jawaban:

Liburan sekolah merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh setiap anak sekolah.

Di samping itu, liburan sekolah juga berarti bahwa setiap hari anak Anda tidak pergi ke sekolah dan ingin menghabiskan waktu liburan ini dengan bermain atau jalan-jalan.

Biasanya untuk menyenangkan hati anak Anda, Anda sebagai orangtua akan membawa anak Anda berjalan-jalan menikmati liburan sekolah atau bahkan berlibur ke suatu tempat tertentu.

Konsultasi Bagaimana Cara Mudah Mengelola Dana Liburan Sekolah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Sudah Tahu Bagaimana Cara Mengatur Dana Liburan]

 

Liburan sekolah juga merupakan momen dimana Anda dapat menghabiskan waktu dengan keluarga dan anak Anda.

Tetapi bagaimana Anda dapat menghabiskan waktu dengan keluarga dan anak Anda juga dipengaruhi oleh rencana yang telah Anda buat sebelum.

Liburan anak sekolah dapat menjadi menyenangkan dan juga membosankan tergantung dari persiapkan yang sudah orangtua lakukan. Dan tentu saja liburan sekolah membutuhkan dana yang cukup.

 

Dana Liburan Sekolah

Dana liburan sekolah dibutuhkan selama liburan sekolah. Biasanya pada saat liburan sekolah, pengeluaran akan meningkat.

Mengapa demikian? Karena pada saat liburan sekolah, anak Anda tidak pergi ke sekolah dan akan mengajak Anda untuk pergi bersenang-senang.

Atau bahkan sebaliknya, Anda yang ingin bersenang-senang menghabiskan waktu bersama anak dan pasangan Anda. Dan semua hal tersebut membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Jika Anda tidak mengelola dana liburan sekolah dengan baik, maka akan ada kemungkinan bahwa pengeluaran Anda akan lebih besar daripada pemasukan.

Jika pengeluaran lebih besar daripada pemasukan berarti besar kemungkinan bagi kita untuk berutang.

Keluarga yang tidak mengelola dana liburan dengan baik akan berakibat adanya utang. Dan biasanya alat yang digunakan untuk berutang untuk momen seperti ini adalah kartu kredit.

Akan sangat disayangkan jika untuk liburan sekolah dimana setahun hanya sekali atau dua kali, kita sampai berutang.

Kita dapat menghindari berutang untuk hal seperti ini. Bagaimanakah caranya?

 

Cara Mudah Mengelola Dana Liburan Sekolah

Berikut ini ada 2 cara mudah untuk mengelola dana liburan sekolah.

 

#1 Membuat Perencanaan

Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk dapat mengelola dana liburan sekolah keluarga Anda adalah dengan membuat perencanaan. Jika Anda belum membuat perencanaan sampai pada saat liburan sekolah tiba, jangan terburu-buru untuk berlibur.

Ambil waktu beberapa bulan sebelum liburan sekolah untuk membuat perencanaan. Lebih baik Anda terlambat berlibur tetapi Anda membuat perencanaan daripada Anda berlibur tanpa perencanaan.

Jika kita kurang perencanaan, maka liburan kita biasanya tidak efektif dan akan mengeluarkan banyak biaya. Lalu apa saja yang harus direncanakan?

Yang termasuk di dalam perencanaan adalah apa saja yang ingin Anda dan keluarga lakukan selama liburan, kemana Anda akan pergi, transportasi apa yang akan Anda gunakan untuk berlibur, apakah Anda akan menginap selama berlibur?

5 Tips Mempersiapkan Dana Liburan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Cara Menghitung dan Merencanakan Dana Liburan yang Perlu Dicoba]

 

Pertama-tama tentu saja Anda dan keluarga harus menentukan aktivitas apa yang ingin Anda dan keluarga lakukan, apakah Anda akan pergi berlibur ke luar kota atau negara, atau apakah Anda hanya akan menikmati liburan sekolah di kota Anda?

Setelah Anda tahu hal apa yang ingin Anda lakukan, baru Anda dapat mempertimbangkan langkah selanjutnya.

Jika Anda ke luar kota atau negara, tentu saja Anda harus memikirkan transportasi dan akomodasinya, serta pengeluaran lainnya seperti belanja, hiburan, makanan, dan lain sebagainya.

Perencanaan bertujuan agar Anda dapat menyiapkan dana liburan sekolah, sehingga pada saat liburan sekolah, Anda dapat menggunakannya dan tidak perlu khawatir bahwa akan kekurangan, karena Anda telah merencanakannya.

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Dengan merencanakan dan mengetahui apa yang akan Anda dan keluarga lakukan, Anda dapat menabung atau mengumpulkan dana liburan sekolah tersebut terlebih dahulu. Itulah pentingnya melakukan perencanaan.

Tetapi bagaimana jika kita sudah terlambat untuk melakukan perencanaan, sedangkan kita tetap ingin menghabiskan waktu selama liburan sekolah dengan bersenang-senang tanpa berutang?

 

#2 Melakukan Budgeting

Cara lain untuk mengelola dana liburan sekolah adalah dengan melakukan budgeting atau membuat anggaran.

Jika kita sebelumnya tidak melakukan perencanaan, sedangkan liburan sekolah telah tiba, maka kita dapat menggunakan dana yang ada untuk menghabiskan momen liburan sekolah ini dengan baik.

Tentu saja dana yang ada tidak serta merta dihabiskan begitu saja, tetapi dana tersebut harus dianggarkan agar dapat digunakan seoptimal mungkin selama liburan sekolah.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Budgeting atau membuat anggaran artinya dengan dana yang ada, kita menentukan aktivitas apa yang dapat kita lakukan selama liburan.

Anda dapat melakukan budgeting atau menyusun anggaran bersama pasangan Anda atau anggota keluarga Anda yang lainnya.

Jika dana Anda mencukupi, Anda dapat pergi ke luar kota atau negara dengan menggunakan transportasi dan akomodasi (penginapan) yang sesuai dengan dana yang tersedia.

Jika tidak, Anda juga dapat melakukan liburan di kota tempat Anda tinggal bersama keluarga Anda melakukan aktivitas yang tidak pernah Anda lakukan sebelumnya.

Yuk Lihat Bagaimana Megahnya 15 Hotel Termahal Di Dunia! 11 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tips Memilih Hotel dan Alternatif Penginapan untuk Menghemat Budget Liburan]

 

Liburan sekolah yang menyenangkan bukan berarti bahwa kita harus berlibur ke luar kota atau negara, yang terpenting adalah kebersamaan Anda bersama anak dan pasangan Anda.

Menghabiskan waktu bersama-sama dan memiliki waktu liburan yang berkualitas adalah momen yang tidak akan tergantikan oleh apapun juga.

Menciptakan momen yang menyenangkan dan indah tidak selalu membutuhkan dana yang besar. Anda dapat mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah Anda kunjungi bersama yang sesuai dengan anggaran Anda.

Atau Anda dapat melakukan makan malam di tempat khusus yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya.

Banyak hal yang dapat membuat keluarga Anda berkesan yang dapat Anda lakukan selama liburan sekolah.

Selain itu, membuat budgeting juga melatih Anda untuk membuat perencanaan untuk liburan sekolah selanjutnya. Budgeting atau membuat anggaran adalah hal yang paling dasar dalam mengelola keuangan.

 

Liburan Sekolah Akan Menyenangkan Dengan Pengelolaan Yang Baik

Jika Anda berhasil mengelola dana liburan sekolah dengan baik, maka Anda tidak perlu khawatir Anda tidak akan cukup uang atau bahkan harus berutang untuk berlibur selama waktu liburan sekolah.

Dengan perencanaan yang tepat dan anggaran yang baik, maka Anda dan keluarga dapat menikmati momen liburan sekolah ini. Semoga liburan Anda menyenangkan.

Selamat berlibur!

 

Apakah Informasi ini menambah wawasan dan membantu Anda untuk mengelola dana liburan sekolah keluarga Anda? Apakah Anda mempunyai rekan kerja atau teman yang juga membutuhkan informasi ini?

Bagikan artikel ini agar dapat membantu lebih banyak orang dalam mengelola dana liburan sekolah.

 

Sumber Gambar:

  • Dana Liburan Sekolah – https://goo.gl/jwaTs5
  • Mengelola Dana Liburan Sekolah – https://goo.gl/VruzXG

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment