Sebenarnya, apa saja faktor penilaian bank terhadap pengajuan kartu kredit? Apakah penghasilan dan pekerjaan Anda mempengaruhi diterima atau ditolaknya pengajuan kartu kredit?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak informasi dari Artikel Finansialku berikut ini selengkapnya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pengajuan Kartu Kredit

Kartu kredit adalah salah satu fasilitas yang diberikan berbagai Bank dan banyak digunakan oleh nasabah untuk kemudahan bertransaksi, baik itu di toko (offline dan online), restoran hingga membayar tagihan-tagihan, misalnya tagihan tiket pesawat, tagihan listrik, air, dan lain sebagainya.

Kartu kredit banyak digunakan agar nasabah dapat mencicil tagihannya (installment), menunda pembayaran suatu transaksi sampai jangka waktu tertentu karena alasan keuangan, atau karena ingin menggunakan promo dan diskon di merchant tertentu yang biasanya didapatkan melalui penggunaan kartu kredit.

Biasanya, nasabah diberikan limit tertentu (atau sering disebut baki debet) untuk penggunaan kartu kreditnya.

Jangka waktu pembayaran dan tanggal jatuh tempo juga dibatasi berdasarkan tanggal cetak kartu kredit dari masing-masing kartu.

Top 6 Faktor Penilaian Bank Terhadap Pengajuan Kartu Kredit Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Terbukti Berhasil! Ini Cara Membuat Kartu Kredit Pertama Kali]

 

Apakah Anda tertarik untuk mengajukan aplikasi kartu kredit di suatu Bank?

Sebenarnya, konsep penggunaan kartu kredit adalah Anda berutang dana kepada Bank. Jadi, sebelum Anda mengajukan aplikasi kartu kredit, Anda perlu mengetahui beberapa hal yang dapat meyakinkan Bank bahwa Anda dapat membayar kembali utang Anda kepada Bank tepat waktu.

Proses pengajuan aplikasi kartu kredit sebenarnya cukup mudah, bahkan Anda bisa melakukan registrasi secara online.

Namun, kembali lagi kepada konsep di atas bahwa untuk mendapatkan approval (persetujuan) Bank untuk pengajuan aplikasi Anda akan menjadi cukup sulit jika persyaratan yang diminta tidak Anda penuhi.

Di bawah ini dijelaskan beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai penilaian bank terhadap pengajuan kartu kredit.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Penilaian Bank Terhadap Pengajuan Kartu Kredit

Secara umum, ada beberapa hal yang dipertimbangkan oleh Bank ketika melakukan verifikasi pengajuan kartu kredit Anda.

Penilaian bank terhadap pengajuan kartu kredit adalah sebagai berikut.

 

#1 Dokumen dan Persyaratan

Dokumen dan persyaratan yang diminta oleh Bank sebenarnya tidak bertujuan untuk mempersulit Anda. Sebaliknya, hal tersebut justru membantu Anda untuk tetap secure dan meminimalisasi risiko kerugian yang mungkin terjadi selama Anda menggunakan kartu kredit.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Secara umum, beberapa persyaratan dan dokumen yang diminta oleh Bank dan perlu Anda persiapkan adalah sebagai berikut:

  • Usia Anda saat pengajuan aplikasi minimal 21 tahun, artinya Anda juga harus memiliki KTP dan membawa serta fotokopinya ketika akan mengajukan aplikasi ke Bank.
  • Memiliki penghasilan bersih minimal Rp3.000.000 per bulan, disertai dengan bukti berupa slip gaji Anda.
  • Fotokopi kartu NPWP.
  • Fotokopi buku tabungan selama 3 bulan terakhir.
  • Jika Anda telah memiliki kartu kredit, Anda juga perlu melampirkan tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir.

 

#2 Penghasilan dan Pekerjaan

Salah satu risiko utama yang dihindari Bank adalah risiko kredit.

Risiko kredit merupakan risiko yang berpotensi merugikan Bank dan nasabah yang disebabkan karena nasabah penerima fasilitas kredit gagal memenuhi kewajibannya untuk membayar kembali utangnya kepada Bank, atau sering disebut kredit macet.

Untuk menghindari hal tersebut, Bank akan terlebih dahulu melakukan verifikasi terhadap penghasilan Anda, bukti validasi yang diperlukan Bank antara lain adalah slip gaji Anda.

Jika penghasilan Anda telah sesuai dengan standar dan aturan Bank, maka peluang persetujuan kartu kredit Anda menjadi lebih besar.  

Apakah Bisa Mengajukan KTA Tanpa Kartu Kredit Jawabannya Bisa! Ini Syaratnya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Salah! Pilih Jenis Kartu Kredit yang Sesuai Dengan Anda]

 

Selain itu, Bank juga menilai jenis pekerjaan Anda. Bank akan mempertimbangkan kembali pengajuan aplikasi kartu kredit Anda, jika ternyata Bank mendapati bahwa Anda sering berpindah-pindah pekerjaan atau pekerjaan Anda tidak tetap.

Ini membuat Bank menilai Anda sebagai orang yang belum mampu untuk membayar kredit. Karena itu pertahankan status pekerjaan Anda saat ini untuk memudahkan validasi pengajuan kartu kredit Anda.

Di samping memperhatikan penghasilan dan pekerjaan Anda, Bank juga akan menentukan limit yang sesuai dengan kemampuan bayar Anda, yang dipertimbangkan melalui nominal penghasilan Anda.

Jadi, semakin tinggi penghasilan Anda, maka limit kredit yang akan diberikan Bank akan lebih tinggi. Namun, jangan sampai Anda memalsukan data penghasilan Anda demi limit kredit yang tinggi, karena Bank pasti akan mencurigai Anda dan bisa berakibat pengajuan aplikasi Anda ditolak.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#3 Verifikasi Data

Pada saat Anda mengajukan aplikasi pembuatan kartu kredit, Anda akan dimintai beberapa informasi, seperti identitas KTP, alamat terkini, nomor telepon atau handphone, nama ibu kandung, juga beberapa referensi nomor telepon.

Pastikan Anda mengisikan data dengan benar dan lengkap, terutama pada bagian referensi nomor telepon, pastikan nomor telepon yang Anda cantumkan adalah nomor aktif dan dapat dihubungi.

Dengan pengisian data yang benar dan lengkap proses pengajuan aplikasi Anda menjadi lebih lancar. Pastikan juga Anda mengetahui aturan-aturan yang berlaku seputar pengajuan aplikasi kartu kredit di Bank.

 

#4 Riwayat Kredit

Untuk Anda yang pernah menggunakan fasilitas kredit dari Bank, Anda perlu disiplin dengan pembayaran kredit Anda, karena Bank dapat memantau riwayat kredit Anda melalui Sistem Bank Indonesia dan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).

Jika Anda disiplin membayar kredit Anda dan tidak ada masalah dalam riwayat kredit Anda, maka Bank akan menilai riwayat kredit Anda lancar dan peluang Bank memberikan persetujuan aplikasi Anda akan semakin besar.

Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit Syariah. Apa Benar Kartu Kredit Tanpa Bunga 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Mahasiswa Bisa Mengajukan KTA Jika Hanya Punya Kartu Kredit Tambahan?]

 

Namun, apabila Bank menemukan indikasi bahwa riwayat kredit Anda kurang lancar atau diragukan, apalagi Anda memiliki lebih dari satu kartu kredit yang kurang lancar, maka Anda perlu berhati-hati, karena bisa jadi pengajuan kartu kredit Anda ditolak.

Kembali lagi, hal ini terkait tindakan Bank untuk meminimalisasi risiko kredit.

 

#5 Kredibilitas Perusahaan Tempat Anda Bekerja

Anda perlu mengetahui bahwa Bank bukan hanya dapat memantau dan mengetahui kredibilitas Anda, tapi Bank juga memantau kredibilitas perusahaan tempat Anda bekerja.

Untuk Anda yang bekerja di perusahaan yang memiliki kredibilitas baik, peluang pengajuan kartu kredit Anda berpeluang disetujui.

Namun, apabila Bank mendapati bahwa perusahaan tempat Anda bekerja adalah perusahaan dengan kredibilitas rendah, biasanya Bank akan mempertimbangkan kembali atau memberikan syarat tambahan kepada Anda.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#6 Transaksi Rekening

Perlu Anda ketahui bahwa ketika pengajuan kartu kredit, Bank juga menilai transaksi yang ada di rekening Anda, apakah rekening Anda aktif atau pasif, apakah cashflow rekening Anda mencurigakan, atau apakah Anda terindikasi fraud atau tidak.

Selain itu, Bank juga akan mempertimbangkan kembali jika Anda mengajukan kartu kredit bukan di Bank tempat Anda menabung.

Lebih baik Anda mengajukan kartu kredit di Bank tempat Anda menabung, atau tempat Anda menerima payroll dari perusahaan tempat Anda bekerja.

 

Pengajuan Kartu Kredit Ditolak, Bisakah Pengajuan Kembali?

Pada prinsipnya, Anda perlu mempersiapkan dokumen dan persyaratan yang diminta Bank dengan benar agar proses pengajuan aplikasi kartu kredit Anda disetujui.

Namun, Anda tidak perlu berkecil hati apabila pengajuan aplikasi Anda ditolak, Anda bisa melakukan pengajuan aplikasi kartu kredit kembali kepada Bank setelah jangka waktu sekitar 6 bulan.

Anda perlu bersabar sedikit, karena pada masa itu Bank sedang memperbaharui data pengajuan kartu kredit yang ditolak.

Untuk menghemat waktu, Anda juga bisa mencoba untuk melakukan pengajuan aplikasi kartu kredit secara online, namun Anda juga bisa mencoba mengajukan lagi melalui kantor cabang Bank apabila Anda merasa lebih nyaman mengajukan secara langsung.

 

Semoga artikel ini bermanfaat. Berikan pendapat dan komentar Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Merna Arini Nurizzati. 24 Agustus 2017. 10 Alasan Bank Menolak Pengajuan Kartu Kredit. KreditGoGo.com – https://goo.gl/cc4wyF

 

Sumber Gambar:

  • Penilaian Bank Terhadap Pengajuan Kartu Kredit 01 – https://goo.gl/94jytw
  • Penilaian Bank Terhadap Pengajuan Kartu Kredit 02 – https://goo.gl/YcqshP