Bagaimana cara meningkatkan limit kartu kredit? Meningkatkan limit kartu kredit bukanlah hal yang mustahil. Berikut adalah 6 jurus yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan limit kartu kredit.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Penggunaan Kartu Kredit Terbatas

Kartu kredit merupakan sarana untuk menggunakan uang yang bisa bermanfaat bagi setiap orang. Ada banyak keuntungan yang ditawarkan dengan menggunakan kartu kredit. Setiap kartu kredit memiliki batasan pemakaian tertentu. Sayangnya terkadang batasan tersebut terlalu kecil sehingga Anda tidak dapat menggunakan manfaatnya secara maksimal. Kali ini Finansialku akan membahas cara untuk meningkatkan limit kartu kredit.

5-fasilitas-kartu-kredit-yang-menguntungkan-untuk-karyawan-finansialku

[Baca Juga: 5 Fasilitas Kartu Kredit yang Menguntungkan untuk Karyawan]

 

Berikut adalah 6 jurus untuk meningkatkan limit kartu kredit yang dapat Anda praktekkan:

 

#1 Pilih Bank Besar

Sebelum memiliki kartu kredit, pilihlah bank penerbit kartu kredit yang besar. Bank yang dimaksud dengan ‘bank besar’ adalah bank yang memiliki dana kelolaan yang sangat besar. Selain itu indikasi bank besar adalah bank yang memiliki banyak nasabah, wilayah cakupan luas serta ATM dan cabang yang tersebar dimana-mana. Bank besar umumnya akan lebih mudah memberikan limit kartu kredit yang tinggi bagi nasabahnya.

 

#2 Pilih Bank dengan Core Business Kartu Kredit

Setiap bank memang memiliki konsep dan tujuan yang sama yaitu berkaitan dengan industri keuangan. Hanya saja ada beberapa bank yang menitikberatkan bisnisnya pada produk tertentu. Ada bank yang fokus pada KPR, kredit UKM, kredit korporasi (corporate funding/lending), kartu kredit, tabungan, produk derivatif dan lain sebagainya. Dalam hal ini, Anda membutuhkan bank yang menitikberatkan bisnisnya pada penjualan produk kartu kredit. Inilah yang dimaksud bank yang memiliki core business kartu kredit. Bank seperti ini akan lebih mudah memberikan kenaikan limit kartu kredit dibandingkan bank yang tidak fokus pada kartu kredit. Jangan salah, bank besar pun akan sulit memberikan kenaikan limit kartu kredit jika memang tidak berfokus pada penjualan kartu kredit.

10-kesalahan-penggunaan-kartu-kredit-yang-bisa-bikin-kamu-bangkrut-finansialku

[Baca Juga: 10 Kesalahan Penggunaan Kartu Kredit yang Bisa Bikin Bangkrut]

 

#3 Gunakan Kartu Kredit dalam Jangka Waktu Minimal 1 Tahun

Poin terpenting dalam menentukan kelayakan seseorang mendapatkan kartu kredit atau peningkatan kartu kredit adalah profil risiko. Semakin rendah risiko Anda tidak membayar pinjaman, maka akan semakin mudah bagi bank untuk memberikan limit kartu kredit yang lebih tinggi. Bank perlu mengetahui apakah Anda seorang nasabah yang loyal atau tidak. Untuk mengetahuinya perlu dilakukan observasi. Karena itu Anda perlu menyediakan sarana untuk bank mengobservasi kinerja kredit Anda. Caranya adalah dengan menggunakan kartu kredit secara rutin selama minimal 1 tahun. Teruslah gunakan kartu kredit tersebut dan lakukan pembayaran secara tertib. Jika track record Anda dianggap baik, akan mudah untuk meningkatkan limit kartu kredit Anda di tahun berikutnya. Jika Anda tidak pernah menggunakan kartu kredit tersebut, tentu sulit bagi bank untuk mendapatkan gambaran kinerja kredit Anda.

 

#4 Gunakan Limit Kartu Kredit Secara Maksimum

Alasan Anda menginginkan limit kartu kredit ditingkatkan tentu karena limit terlalu rendah. Bagaimana mungkin bank percaya jika limit tersebut tidak cukup jika Anda tidak pernah memakai limit yang diberikan secara maksimum? Karena itu Anda perlu menggunakan kartu kredit tersebut secara maksimal dan rutin. Paling tidak gunakan 60% dari limit kartu kredit Anda setiap bulan. Jika memungkinkan gunakan 80% atau lebih dari limit kartu kredit Anda. Dengan begitu bank akan menganggap permintaan Anda masuk akal.

NPWP Jadi Kartu Multifungsi Bisa Jadi BPJS Hingga Kartu Kredit 2

[Baca Juga: Lebih Baik Bayar Lunas Tagihan Kartu Kredit atau Bayar Minimum ?]

 

#5 Bayarlah Tagihan Tepat Waktu dengan Pembayaran Penuh

Seperti yang telah disebutkan di tahap sebelumnya, track record sangat penting untuk mendapatkan kepercayaan bank. Penting untuk tertib membayar tagihan pada waktunya dengan full payment atau pembayaran penuh. Memang bank tidak akan memberikan sanksi berat jika Anda sesekali terlambat membayar tagihan. Tetapi jika Anda bertujuan meningkatkan limit kartu kredit, sebaiknya tertib membayar tagihan sejak awal. Kami tidak menyarankan Anda menggunakan fasilitas minimum payment karena bunganya sangat tinggi. Jika terus menggunakan layanan tersebut utang Anda akan menumpuk dan sangat menyulitkan.

 

#6 Pancing dengan Kartu Kredit Lain

Jika sudah memiliki 1 kartu kredit, Anda dapat menggunakannya sebagai referensi untuk mendaftar kartu kredit lain. Misalnya jika telah memiliki kartu kredit A, gunakan kartu kredit A sebagai referensi untuk membuat kartu kredit B. Umumnya bank kedua dan seterusnya akan memberikan limit kartu kredit yang otomatis lebih tinggi daripada kartu kredit sebelumnya. Mengapa? Karena jika tidak ada kelebihan yang  ditawarkan, kemungkinan besar nasabah tidak akan tertarik. Dalam hal ini nasabah umumnya mengharapkan kelebihan dalam bentuk limit yang lebih tinggi. Kartu kredit adalah produk yang memberikan keuntungan relatif besar bagi bank, karena itu kemungkinan bank akan memberikan penawaran agar Anda tetap membeli produk kartu kreditnya.

5 Tips Jitu Menggunakan Kartu Kredit untuk Pengguna Pemulan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Jitu Menggunakan Kartu Kredit untuk Pengguna Pemula]

 

Tetapi tidak masalah jika Anda tidak langsung mendapatkan kartu kredit baru dengan limit yang lebih tinggi. Anda dapat mencoba bank lain lagi sampai menemukan limit yang tertinggi. Tetapi jangan melakukan langkah coba-coba ini terlalu lama karena Anda akan terbeban dengan banyak biaya kartu kredit yang tidak efektif.

 

Pastikan Anda Layak Mendapatkan Tambahan Limit

Cara paling ampuh untuk mendapatkan tambahan limit kartu kredit adalah dengan meningkatkan kualitas Anda sebagai seorang nasabah. Dalam penjualan kartu kredit, bank bermain dengan risiko nasabah. Jika Anda semakin mendapatkan kepercayaan bank, tentunya akan semakin mudah untuk mendapat tambahan limit kartu kredit.

 

Semoga Anda mendapatkan manfaat dari artikel ini. Berikan pendapat Anda mengenai penambahan limit kartu kredit yang dapat Anda manfaatkan secara maksimal tanpa mengganggu keuangan Anda! Anda dapat memberikan pertanyaan pada kolom di bawah ini. Terima kasih.

 

Sumber:

  • Mafiakartukredit.com. 10 Jurus Maut Menaikkan Limit Kartu Kredit. https://goo.gl/uavcyd

 

Sumber Gambar:

  • Kartu Kredit – https://goo.gl/5wtlyR

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang