Bunda, sebentar lagi melahirkan? Buruan cari tahu dulu daftar biaya melahirkan biar nggak keteteran!

Temukan jawabannya dalam artikel Finansialku kali ini.

 

Summary

  • Memilih proses melahirkan secara normal atau caesar tergantung pada kondisi ibu dan anak dalam kandungan.
  • Biaya-biaya yang harus disiapkan dalam mempersiapkan persalinan antara lain biaya konsultasi, biaya proses melahirkan, biaya pasca persalinan, dan kebutuhan bayi.

 

Hal-Hal yang Perlu Ada Menjelang Proses Persalinan

Wanita yang usia kandungannya mencapai 9 bulan, pasti akan melakukan proses persalinan. Pada umumnya, proses persalinan tidaklah gratis. 

Semakin eksklusif pelayanannya, semakin besar pula biayanya. 

Besarnya biayanya bergantung pada di mana rumah sakitnya, kelas perawatannya, obat-obatannya dan tindakan lain pada saat proses melahirkan. 

Sebelum bersalin, ada yang harus Bunda siapkan, untuk mengantisipasi proses persalinan yang lama. 

Lantas, apa saja hal-hal yang perlu ada menjelang proses persalinan? 

Sebelum bersalin, pastikan ada dokter kandungan yang dapat mendampingi bunda melahirkan secara normal. Bunda pun dapat memilih bersalin secara caesar tergantung preferensinya. 

Bunda juga harus melakukan olahraga khusus supaya proses persalinan berjalan dengan lancar. Jangan lupa juga untuk membeli kebutuhan bayi. 

Persiapan kebutuhan proses persalinan harus ada paling tidak 4 minggu sebelum melahirkan.

Oleh karena itu, ada baiknya jika Bunda sudah membuat anggaran untuk persalinan nanti.

Untuk membuat anggaran yang benar, Bunda bisa mengikuti cara-cara pada ebook gratis ini. Yuk, download dan ikuti, Bun!

Banner Iklan Ebook Cara Membuat Anggaran dengan Tepat - PC
Banner Iklan Ebook Cara Membuat Anggaran dengan Tepat - HP

 

 

Daftar Biaya Melahirkan yang Perlu Dipersiapkan

Selain persiapan fisik, Bunda dan keluarga harus melakukan persiapan finansial, sejak jauh-jauh hari.

Berikut ini adalah beberapa daftar rincian biaya melahirkan dengan besaran menyesuaikan kondisi keuangan Bunda!

 

#1 Biaya Utama 

Proses persalinan memakan biaya utama sekitar Rp 800 ribu – 1,5 juta. Biaya ini terkesan murah bila Bunda melakukan proses bersalin dengan bantuan bidan.

Meskipun biaya persalinan memiliki harga terjangkau, namun fasilitasnya cukup lengkap. Dalam proses persalinan ini, para ibu dan anak akan mendapat perawatan dari bidan. 

Nantinya, para bidan akan terlebih dahulu memeriksa ibu melahirkan. Hal tersebut bertujuan untuk memprediksi bila proses persalinan akan berjalan dengan normal dan tanpa adanya operasi. 

Pasalnya, melahirkan dengan normal jauh lebih aman daripada operasi. Adanya pemeriksaan juga bertujuan untuk memastikan kesehatan bayi dalam kandungan.

[Baca Juga: Cara Merencanakan Keuangan Pasca Melahirkan Biar Gak Bengkak!]

 

#2 Biaya Melahirkan Normal 

Proses melahirkan normal memungut biaya sekira Rp 2 – 15 juta. Meskipun begitu, terdapat beberapa rumah sakit dengan biaya melahirkan normal lebih terjangkau. 

Melahirkan secara normal, merupakan proses alami saat ibu melahirkan bayi dengan melalui vagina.

Meskipun melahirkan secara normal terasa menyakitkan, namun proses melahirkan ini relatif lebih aman, pasalnya bayi yang keluar dalam proses melahirkan normal akan jauh lebih sehat.

 

#3 Biaya Melahirkan Caesar 

Proses melahirkan caesar kurang lebih akan memungut biaya sebesar Rp 11 – 50 juta. Alasan proses melahirkan caesar lebih mahal dari pada proses melahirkan normal, adalah karena proses ini memiliki banyak risiko.

Salah satu risikonya adalah munculnya masalah pada plasenta. Meskipun begitu, ada beberapa alasan yang mengharuskan wanita untuk melahirkan dengan operasi caesar

Contohnya seperti bayi lahir prematur, ukuran bayi terlalu besar, dan memiliki beberapa komplikasi melahirkan.

Setelah melakukan operasi caesar, para ibu tidak boleh melakukan aktivitas berat terlebih dahulu. 

[Baca juga: Doa Agar Cepat Melahirkan dan Kontraksi, Yuk Amalkan Bund!]

 

#4 Biaya Melahirkan Menggunakan BPJS 

Biaya melahirkan saat menggunakan BPJS biasanya berkisar Rp 125 – 600 ribu. BPJS merupakan sebuah program pemerintah yang menanggung semua biaya kesehatan pesertanya.

Biaya bagi pengguna BPJS lebih terjangkau. 

Karena itulah, banyak orang sering menggunakan BPJS saat sedang melakukan persalinan.

Beberapa syarat yang harus ada ketika melahirkan menggunakan BPJS, antara lain; membawa KTP asli dan fotokopi, kartu BPJS, kartu keluarga, buku kesehatan dan surat rujukan dari faskes 1. 

[Baca Juga: Daftar Perlengkapan Bayi yang Harus Dibeli Sebelum Melahirkan!]

 

#5 Biaya Perjalanan

Biaya perjalanan menuju rumah sakit, sebelum melahirkan memungut biaya sekira Rp 50 – 300 ribu. Ketika sedang melahirkan, biasanya para ibu akan dibawa menuju ke rumah sakit, atau bidan khusus ibu dan anak. 

Dalam hal ini, ada suatu kondisi yang mengakibatkan beberapa orang harus menyewa kendaraan menuju rumah sakit. 

Biasanya orang-orang akan menelepon ambulans atau memesan taksi online. Pada umumnya taksi online akan memerlukan waktu selama 10 – 15 menit untuk sampai ke tempat tujuan.

Hal tersebut bisa bermanfaat bagi ibu hamil untuk melakukan kontraksi secara berkala selama 10 menit. 

 

#6 Biaya Perawatan Ibu dan Bayi

Setelah melahirkan, akan ada perawatan untuk ibu dan anak. Biasanya perawatan ini akan memungut biaya minimal Rp 300 ribu. Meskipun begitu, setiap rumah sakit dan bidan memiliki biaya perawatan berbeda. 

Adanya perawatan ibu dan bayi bertujuan untuk pemulihan diri. Biasanya seorang ibu yang baru melahirkan akan merasakan lemas pada badannya.

Karena itulah butuh nutrisi serta perawatan eksklusif untuk mengembalikan tenaganya. 

 

#7 Biaya Pasca Persalinan Normal

Beberapa rumah sakit dan bidan biasanya akan membebankan biaya pasca persalinan normal dengan nominal sebesar Rp 100 ribu. 

Biaya ini dihitung dari perawatan luka setelah melahirkan. Setelah melahirkan, ibu dan bayinya akan diminta untuk melakukan perawatan inap. 

Hal tersebut berjalan hingga luka yang dihasilkan saat melahirkan sembuh dan mengering. Apabila dipaksa keluar dengan luka yang masih basah dan terbuka, akan menimbulkan risiko besar. 

Pasalnya apabila luka saat melahirkan terbuka, akan menimbulkan pendarahan besar yang dinilai sangat berbahaya. 

 

#8 Biaya Pasca Melahirkan Caesar

Biaya pasca melahirkan caesar adalah Rp 3, 5 juta. Seperti yang diketahui, operasi caesar merupakan proses persalinan yang membutuhkan waktu lama.

Biasanya luka sayatan pada ibu melahirkan dengan caesar sebanyak 2 sayatan. Kedua sayatan ini ada untuk mengeluarkan bayi dari rahim ibunya.

Setelah itu luka sayatan tersebut ditutup dengan sebuah jahitan. Adanya jahitan inilah yang mengharuskan para ibu untuk melakukan perawatan inap. 

[Baca juga: Perhitungan Biaya Melahirkan di Bidan]

 

#9 Biaya Konsultasi KB

Setelah melahirkan pasangan suami dan istri akan melakukan konsultasi KB yang biasanya dipungut biaya sebesar Rp 50 ribu. 

Konsultasi KB dilakukan untuk mendiskusikan mengenai aturan mengonsumsi pil KB, yang merupakan sebuah pil yang diformulasikan untuk mengendalikan kehamilan dan proses melahirkan, yang akan diminum dalam dosis yang sudah ditentukan.

Rincian biaya melahirkan begitu beragam. Sebelum melahirkan, siapkan beberapa keperluan seperti biaya sekaligus kebutuhan ibu dan bayi.

Jika Bunda merasa perlu untuk membeli asuransi untuk bayi, maka sebelum beli alangkah baiknya pertimbangkan dahulu dengan menonton video berikut ini, ya Bun.

 

Itulah daftar rincian biaya melahirkan yang bisa Anda persiapkan dari sekarang. bagikan artikel ini pada rekan-rekan yang akan melahirkan ya, terima kasih. 

 

Editor: Ratna SH

Sumber Referensi:

  • M Nurhadi. 03 Desember 2021. Rincian Biaya Melahirkan di Puskesmas dan Bidan, Sangat Terjangkau!. Suara.com – https://bit.ly/3Nu3JSl