Melahirkan menjadi proses yang sangat paling ditunggu bagi Bunda. Oleh karena itu, maksimalkan perencanaannya khususnya terkait finansial. Sudahkah Bunda tahu berapa biaya melahirkan di bidan?

Artikel Finansialku berikut ini akan membahas tuntas mengenai melahirkan di bidan.

Pastikan untuk dapat informasi paling lengkap sebagai referensi kelahiran buah hati Bunda bersama aplikasi Finansialku. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Melahirkan di Bidan, Mengapa Tidak?

Menjadi seorang ibu, tentu menjadi tanggung jawab yang besar. Para ibu membutuhkan pengeluaran yang cukup banyak di sepanjang hidupnya saat berkeluarga.

Salah satu pengeluaran yang cukup penting bagi ibu adalah saat bersalin.

Keselamatan bayi memang menjadi hal utama yang sangat diperhatikan, tetapi memilih ahli bersalin juga tidak bisa sembarangan. Andalan kebanyakan orang, bersalin melalui bidan adalah solusinya.

Selain lebih murah dibanding dokter, Bunda juga bisa mempercayakan keselamatan bayi Bunda karena latar belakang bidan yang sudah dilatih secara khusus untuk melakukan tindakan tersebut.

Meskipun begitu, biaya persalinan juga perlu diperhitungkan sebagai salah satu kebutuhan pokok selama masa hamil dan melahirkan.

Proses melahirkan dengan bantuan bidan tentu tidak dilakukan secara gratis, maka sebaiknya hitung dengan tepat pengeluaran bersalin Bunda.

Aplikasi Finansialku akan memberikan bantuan kepada Bunda untuk memprediksikan total biaya melahirkan di bidan yang dihitung melalui perencanaan keuangan di masa mendatang.

Namun sebelum itu, Bunda juga jangan sampai lupa untuk melakukan perencanaan keuangan yang lainnya.

Ingat ya, perencanaan keuangan sangatlah penting mengingat fungsinya yang dapat membantu Bunda dalam mengelola keuangan dengan mengetahui hal apa saja yang dapat direncanakan secara keuangan saat ini dan masa mendatang.

Jika Bunda ingin lebih memahaminya dan mengetahui bagaimana cara melakukannya dengan baik, segera gunakan ebook Finansialku berikut ini:

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Di dalamnya, terdapat sejumlah pembahasan dan disertai dengan contoh yang dapat membantu Bunda dapat segera mempraktikkannya.

Tunggu apalagi? Yuk segera miliki dan rasakan manfaatnya!

 

Ketahui dan Hitung Perkiraan Biaya Persalinan Secara Normal di Bidan

Bidan memang tetap menjadi andalan utama para Bunda saat menjalani proses persalinan demi keselamatan Bunda dan bayinya.

Namun, permasalahan penting yang juga perlu diperhatikan adalah biaya persalinan.

Memang bukan menjadi hal utama, tetapi perhitungan tersebut sangat bermanfaat untuk memprediksi rencana keuangan keluarga di masa mendatang.

Setiap tahun biaya persalinan di bidan selalu mengalami perubahan tergantung pada kualitas layanan yang diberikan oleh bidan.

Namun, harganya bisa dibilang lebih murah jika dibandingkan biaya persalinan lewat dokter atau rumah sakit. Hal itu dikarenakan persalinan yang normal tidak membutuhkan peralatan medis yang cukup berlebihan.

Biaya Melahirkan di Bidan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Sudah Punya Asuransi Kesehatan, Apakah Perlu Asuransi Melahirkan?]

 

Tarif yang dikenakan secara pribadi oleh bidan biasanya sekitar Rp800.000 hingga Rp1.500.000. Biaya ini termasuk perawatan ibu dan bayi, obat-obatan, serta pengecekan setelah melahirkan.

Sedangkan jika persalinan ditangani oleh bidan melalui puskesmas, maka biaya yang dikenakan sekitar Rp600.000 ribu saja, termasuk fasilitas kesehatan seperti obat-obatan, dan tidak bisa dilayani di rumah.

Biaya persalinan lewat bidan termasuk murah, bukan? Oleh karena itu, sebaiknya jaga kesehatan Bunda saat hamil agar persalinan Bunda bisa ditangani dengan baik oleh bidan melalui persalinan normal.

 

Rencanakan Keuangan Persalinan Bersama Aplikasi Finansialku

Keuangan dalam rumah tangga memang sangat penting karena sifatnya sebagai alat tukar untuk memenuhi kebutuhan di segala aspek, termasuk saat melahirkan.

Perhitungan biaya untuk persalinan sebaiknya direncanakan jauh-jauh hari atau minimal sebulan sebelum persalinan.

Tindakan tersebut untuk mencegah permasalahan yang timbul saat proses persalinan sudah harus dijalankan. Tentu nyawa ibu dan anak di situ juga dipertaruhkan.

Hitung biaya persalinan Bunda dengan menyesuaikan pemasukan dari gaji bulanan keluarga.

Jika Bunda merasa bahwa berhitung dan memprediksi kebutuhan keuangan di masa depan terlalu rumit, maka gunakan aplikasi Finansialku yang bisa di-download di smartphone, serta mudah dan praktis.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa Bunda memiliki aplikasi Finansialku, jika belum maka download terlebih dahulu melalui Google Play Store.

Setelah itu, langkah selanjutnya ialah:

  1. Buka aplikasi, kemudian pilih menu “Rencana Keuangan”.
  2. Klik simbol “+” di bagian pojok kanan layar bawah untuk menambahkan rencanakan keuangan.
  3. Pilih opsi “Dana Membeli Barang”.
  4. Setelah itu, isi sejumlah data yang dibutuhkan, misalnya:
  • Nama barang: Biaya Persalinan.
  • Harga barang saat ini: Rp1.500.000.
  • Berapa lama lagi Anda akan membeli: 8 bulan.
  • Dana yang telah tersedia: Rp200.000.
  • Inflasi: 10% per tahun.
  • Estimasi hasil investasi: 12% per tahun.
  1. Ketika semua data telah terisi, klik “Hitung”. Aplikasi akan secara otomatis memberikan prediksi tentang biaya yang harus diinvestasikan sebelum hari H tiba.

 

 

Bagaimana? Mudah bukan?

Selain itu, aplikasi Finansialku memungkinkan Bunda untuk menghitung dan membuat rencana keuangan sederhana, mulai dari:

  • Ketahui kebutuhan dana darurat.
  • Siapkan dana untuk membeli rumah dan kendaraan.
  • Segera mulai menyiapkan biaya pendidikan.
  • Ketahui kebutuhan uang pertanggungan asuransi jiwa Bunda.
  • Mempersiapkan biaya untuk pernikahan dan perjalanan.
  • Bunda dapat segera menyiapkan biaya untuk masa pensiun.

 

Yuk segera miliki aplikasinya dan rasakan manfaatnya saat ini juga!

 

6 Keuntungan Bersalin Secara Normal di Bidan

Banyak hal yang perlu diperhatikan saat hendak melahirkan, tidak hanya fisik dan mental, tetapi juga finansial.

Proses bersalin melalui bidan memiliki banyak keuntungan bagi para ibu dengan tingkat keselamatan yang tinggi untuk bayinya. Berikut ini adalah beberapa keuntungan bersalin secara normal di bidan:

 

Keuntungan #1: Persoalan Jarak dan Besarnya Jasa Bidan

Bidan biasanya membuka jasa sesuai dengan tempat tinggalnya sehingga dekat dengan rumah-rumah penduduk yang bisa membutuhkannya kapan saja.

Selain lebih dekat dengan masyarakat, bidan juga bisa memenuhi panggilan untuk datang ke rumah wanita yang sedang menjalani persalinan.

Biaya Melahirkan di Bidan 03 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Menghemat Perlengkapan Bayi Baru Lahir untuk Anda para Calon Bunda]

 

Keuntungan #2: Perhatian dan Fokus Keselamatan Bayi Menjadi Prioritas Utama

Bidan memang dilatih untuk mengabdi kepada masyarakat, khususnya para ibu yang sedang melahirkan. Kemampuannya juga diuji dengan baik untuk mengupayakan keselamatan ibu dan bayi sebagai prioritas utama.

 

Keuntungan #3: Biaya Lebih Murah

Biaya persalinan melalui bidan juga bisa dibilang lebih murah jika dibandingkan saat bersalin di rumah sakit melalui proses pembedahan.

Namun harus digarisbawahi, jika prosedur ini hanya untuk ibu yang melahirkan secara normal.

Prosesnya manual tanpa membutuhkan terlalu banyak peralatan medis juga menjadi faktor biaya bersalin di bidan sangat murah.

 

Keuntungan #4: Dapat Memberi Perlakuan Khusus Layaknya Seorang Ibu

Bidan terlatih untuk mengabdi kepada pasien yang akan melahirkan.

Kebanyakan profesi ini dijalani oleh perempuan yang nantinya atau sedang menjadi ibu.

Jadi mereka dapat membayangkan posisi pada saat melahirkan sehingga mereka akan memberi perlakuan khusus untuk perempuan yang sedang melahirkan dan bayinya.

 

Keuntungan #5: Memberikan Kenyamanan Saat Proses Melahirkan

Suasana nyaman bagi Ibu yang sedang melahirkan adalah faktor penting dalam mendorong keselamatan bayi dan jiwanya saat melahirkan.

Bidan yang profesional akan memberikan kesempatan bagi Bunda untuk menjalani persalinan ditemani kerabat. Dengan begitu, Bunda bisa merasakan suasana yang nyaman saat sedang bersama keluarga.

Bidan tentu juga mampu menjadi seperti teman bagi Bunda untuk memberi dorongan dan kekuatan saat melahirkan.

Biaya Melahirkan di Bidan 04 - Finansialku

[Baca Juga: Selain Sulit Untuk Tidur, Berikut ini 7 Tanda Tanda Melahirkan. Papa, Jangan Lupa Siapkan Uangnya Ya!]

 

Keuntungan #6: Persalinan Normal

Persalinan secara normal sebenarnya lebih baik jika dibandingkan dengan proses lewat operasi.

Dampak yang dirasakan oleh ibu pasca melahirkan juga tinggi, seperti rasa nyeri dan sakit di bagian perut, dan diharuskan mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit. Dampak tersebut sifatnya berkepanjangan dan sulit untuk diatasi.

Sedangkan, jika persalinan dilakukan secara normal maka efek samping pasca melahirkan bisa dikurangi, dan rasa sakitnya juga tidak berlangsung lama.

Jika Bunda bisa mengupayakan kelahiran normal, maka konsultasilah di bidan. Meskipun di rumah sakit pun tentu sama yaitu mendukung kelahiran normal. Jangan minta melahirkan Caesar jika tidak benar-benar genting.

 

Persiapkan Sejak Dini!

Bunda, melahirkan memang menjadi momen yang paling ditunggu setiap keluarga, khususnya keluarga baru.

Jadikan momen ini sebagai momen berharga dengan mempersiapkan seluruhnya sejak jauh hari.

Ingat ya, tidak hanya dari segi mental dan fisik, finansial pun harus senantiasa dipersiapkan.

Bukan hanya dari sebelum melahirkan, setelah melahirkan pun Bunda harus senantiasa melakukan perencanaan untuk sang buah hati di masa mendatang.

 

Setelah membaca artikel ini, para calon Bunda pasti semakin bersemangat untuk merencanakan kelahiran sang buah hati kan?

Pastikan untuk berbagi informasi ini dan tetap melakukan rencana keuangan bersama Finansialku, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 27 Januari 2018. Perkiraan Biaya Persalinan di Bidan. Babyologist.com – https://goo.gl/AYFUFR
  • Jumadi Awal. 6 Oktober 2018. Biaya Persalinan Normal di Bidan. Saratkabar.com – https://goo.gl/pddf5U
  • Rika Yunita. 12 Agustus 2017. Perkiraan Biaya Melahirkan Normal di Bidan. Panduanbpjs.com – https://goo.gl/poh9CY

 

Sumber Gambar:

  • Biaya Melahirkan di Bidan 1 – https://goo.gl/v7QfRE
  • Biaya Melahirkan di Bidan 2 – https://goo.gl/r4EAhN
  • Biaya Melahirkan di Bidan 3 – https://goo.gl/GA6Gaj
  • Biaya Melahirkan di Bidan 4 – https://goo.gl/xoEfmM