Setiap ibu hamil yang sudah memasuki usia kehamilan tua sebaiknya mengetahui berbagai tanda tanda melahirkan yang sudah dekat, begitu juga dengan keluarga.

Walau bagaimanapun kita harus waspada karena saat melahirkan adalah salah satu proses panjang dan melelahkan yang membutuhkan berbagai persiapan ekstra.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Calon Moms, Ini Lho Tanda Tanda Melahirkan

Pada kebanyakan wanita, melahirkan dimulai antara minggu ke-39 dan 41 usia kehamilan.

Namun, karena lama kehamilan setiap orang berbeda-beda, maka banyak kelahiran bayi pada salah satu minggu tersebut tanpa menunjukkan tanda-tanda prematur atau lahir terlambat.

Mengetahui tanda-tanda melahirkan sangat penting bagi para ibu, terutama yang berencana melahirkan secara normal.

Berbeda jika Anda berencana melahirkan dengan bantuan operasi caesar, yang mana Anda bisa melahirkan bayi Anda kapan pun selama fisiknya sudah cukup untuk dilahirkan.

Selain Sulit Untuk Tidur, Berikut ini 7 Tanda Tanda Melahirkan. Papa, Jangan Lupa Siapkan Uangnya Ya! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Biaya Persalinan yang Ditanggung BPJS Kesehatan dan Cara Menggunakan Kartu BPJS Kesehatan untuk Melahirkan]

 

Dengan mempersiapkan diri dan bersiaga dalam menghadapi persalinan, Anda bisa memperhatikan beberapa tanda tanda melahirkan yang mungkin terjadi pada fisik dan emosional Anda.

Biasanya tanda-tanda semacam ini terjadi beberapa minggu atau hari sebelum persalinan. Dari segi fisik, mungkin Anda akan merasakan perubahan pada tubuh Anda seperti:

 

Tanda Tanda Melahirkan #1 Sulit Untuk Tidur

Pada ibu yang menanti kelahiran bayi perlu berhati-hati jika mengalami kesulitan tidur dalam beberapa hari.

Bukan tidak mungkin kesulitan tidur adalah sebuah kontraksi yang bersifat halus yang menandakan bahwa ibu akan segera mengalami pecah ketuban secara mendadak.

 

Tanda Tanda Melahirkan #2 Merasakan Nyeri pada Punggung, Sakit Perut atau Kram Selayaknya Masa Pramenstruasi

Ini merupakan gejala paling umum yang sering dirasakan sebelum melahirkan atau persalinan.

Perut ibu hamil terasa mengeras yang disebabkan oleh calon bayi mulai turun ke arah mulut rahim. Selain itu, rasa mules yang dirasakan ibu juga membuat perutnya terasa semakin keras.

Apa Saja Layanan BPJS Kesehatan untuk Ibu Hamil Segera Daftar BPJS Online Anda 04 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Sudah Punya Asuransi Kesehatan, Apakah Perlu Asuransi Melahirkan?]

 

Tanda Tanda Melahirkan #3 Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat

Beberapa jam atau pekan sebelum persalinan, bayi akan turun ke tulang panggul Anda. Kondisi ini membuat rahim bersandar lebih sering pada kandung kemih sehingga frekuensi buang air kecil menjadi makin meningkat dibandingkan biasanya.

 

Tanda Tanda Melahirkan #4 Keluar Lendir Kental Bercampur Darah dari Vagina

Selama hamil, serviks Anda ditutupi oleh lendir yang kental.

Namun ketika mendekati persalinan, serviks Anda akan membesar dan membuat jalan lendir itu keluar melalui vagina. Warnanya bisa bening, merah muda, atau sedikit berdarah.

Namun, lendir bercampur darah tidak selalu menjadi tanda awal bahwa Anda akan melahirkan. Lendir ini bisa keluar juga ketika Anda berhubungan seks pada saat sedang hamil atau melakukan pemeriksaan vagina.

 

#5 Merasakan Kontraksi Palsu

Kontraksi ini biasa disebut Braxton Hicks atau terjadi pengencangan perut yang datang dan pergi. Namun pengencangan tidak sekuat kontraksi sungguhan ketika melahirkan. Biasanya kontraksi ini berlangsung 30 hingga 120 detik.

Berbeda dengan kontraksi sungguhan, kontraksi Braxton Hicks dapat hilang ketika Anda berpindah posisi atau relaks.

Apa Saja Layanan BPJS Kesehatan untuk Ibu Hamil Segera Daftar BPJS Online Anda 03 - Finansialku

[Baca Juga: Calon Pasangan Suami Istri – Pasutri, Pelajari 5 Ilmu Berikut Ini Agar Pernikahan Anda Lebih Awet dan Bahagia]

 

Kontraksi ini akan Anda rasakan sebelum mengalami kontraksi sungguhan.

Perbedaan lain kontraksi ini dengan kontraksi sungguhan, yaitu kontraksi Braxton Hicks hanya terasa di daerah perut atau panggul, sementara kontraksi sungguhan biasanya terasa di bagian bawah punggung kemudian berpindah ke bagian depan perut.

 

#6 Perubahan Pada Serviks

Jaringan pada serviks Anda akan melunak atau menjadi elastis.

Jika Anda sudah pernah melahirkan, serviks Anda akan lebih mudah membesar sekitar satu atau dua sentimeter sebelum persalinan dimulai.

Namun, jika Anda baru pertama kali mengalami masa-masa ini, pembukaan serviks sebesar satu sentimeter tidak bisa menjadi jaminan Anda akan segera melahirkan.

 

#7 Air Ketuban Pecah

Tanda melahirkan paling umum yang diketahui oleh kebanyakan orang adalah pecahnya air ketuban.

Kebanyakan wanita lebih dulu merasakan kontraksi sebelum air ketuban pecah, tapi ada juga yang mengawalinya dengan pecahnya ketuban. Ketika hal ini terjadi, biasanya persalinan akan menyusul dengan segera.

Namun bahayanya, jika air ketuban sudah peach, tapi Anda tidak juga mengalami kontraksi, maka bayi Anda akan lebih mudah terserang infeksi. Hal itu dikarenakan cairan yang selalu melindungi bayi dari kuman selama berada di kandungan ini telah habis.

Jika hal ini terjadi, proses induksi akan dilakukan untuk keselamatan bayi Anda. Jika Anda sudah mengalami pecah ketuban, bergegaslah ke rumah sakit. Biasanya persalinan akan terjadi sekitar 24 jam setelah ketuban pecah.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Persiapkan Dana Saat Melahirkan

Menjelang kelahiran bayi, adalah waktu yang sangat krusial bagi orangtua, khususnya bagi ibu hamil dan jabang bayi.

Setidaknya ada biaya untuk menginap di rumah sakit dan biaya konsultasi dengan dokter kandungan. Biaya untuk menuju kelahiran bayi sangat beragam, tergantung dari rumah sakit dan jenis kamar yang dipilih.

Di beberapa kota besar mengenakan tarif hingga lebih dari Rp 1 juta per malam untuk kelas VVIP.

Jika Tanda-tanda Hamil Sudah Tampak, Mulai Siapkan Biaya Persalinan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Layanan BPJS Kesehatan untuk Ibu Hamil? Segera Daftar BPJS Online Anda]

 

Biaya berikutnya adalah biaya persalinan. Biaya ini biasanya tergantung dari jenis persalinan yang Anda pilih. Apakah menggunakan persalinan normal, persalinan operasi caesar atau persalinan waterbirth.

Setelah persalinan sang ibu juga harus menginap di rumah sakit untuk penyembuhan dan pemulihan. Biasanya untuk persalinan normal sang ibu harus menginap selama 2-3 hari. Operasi caesar membutuhkan waktu penyembuhan 4-5 hari.

Terkadang dalam proses persalinan juga dibutuhkan tindakan-tindakan ekstra seperti induksi, bius lokal. Biaya yang dibutuhkan untuk proses persalinan dan biaya setelah persalinan ini membutuhkan dana sebesar Rp10 juta – Rp20 juta.

 

Gratis Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

Kemudian bagaimana cara papa mempersiapkan dana persalinan sebesar itu? Berikut ini tips untuk Anda para ayah mempersiapkan dana saat melahirkan.

 

#1 Prioritaskan Pengeluaran dan Sebisa Mungkin Hemat Pengeluaran

Tahap pertama adalah lakukan prioritas dan penghematan sebisa mungkin.

Sebagai contoh mengenai kamar untuk persalinan disesuaikan dengan kemampuan finansial, misalnya tidak harus masuk di VVIP.

Satu hal yang harus Anda perhatikan dalam melakukan perhitungan dan menentukan prioritas adalah prioritaskan pada keselamatan ibu dan proses kelahiran buah hati Anda, serta perawatan pasca kelahiran.

 

#2 Menyiapkan Pendanaan dan Asuransi

Anda perlu menghitung berapa dana yang sudah dimiliki, berapa dana yang masih kurang. Cek tempat Anda bekerja memiliki fasilitas untuk membantu biaya persalinan.

Pastikan nilai tunjangan persalinan yang akan disediakan. Berapa besar plafon untuk persalinan normal atau caesar? Jenis kamar apa yang dibayarkan?

Pertimbangkan juga mengenai asuransi kelahiran dan atau BPJS Kesehatan. Jika Anda ingin menggunakan asuransi persalinan atau asuransi kesehatan, pastikan Anda sudah cek masa tunggu dari produk tersebut.

Jika Tanda-tanda Hamil Sudah Tampak, Mulai Siapkan Biaya Persalinan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jika Tanda-tanda Hamil Sudah Tampak, Mulai Siapkan Biaya Persalinan]

 

Sebagai contoh biaya persalinan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan adalah sebagai berikut:

Persalinan pervaginam normal sebesar Rp600.000

Operasi Caesar Ringan:

  • Kelas 3: Rp5.257.900
  • Kelas 2: Rp6.285.500
  • Kelas 1: Rp7.333.000

Operasi Caesar Sedang:

  • Kelas 3: Rp5.780.000
  • Kelas 2: Rp6.936.000
  • Kelas 1: Rp8.092.000

 

Operasi Caesar Berat:

  • Kelas 3: Rp7.915.300
  • Kelas 2: Rp9.498.300
  • Kelas 1: Rp11.081.400

 

Biasanya asuransi komersial tidak menanggung biaya persalinan. Tapi mereka menyediakan layanan kehamilan yang akan mengganti biaya-biaya jika terjadi risiko sebelum dan setelah kelahiran bayi.

Produk ini menjadi penting ketika terjadi masalah pada kehamilan. Misalnya, saat bayi terpaksa harus lahir prematur dan dirawat di dalam inkubator.

 

#3 Perbesar Dana Darurat

Siapkan budget atau dana yang lebih dari kebutuhan sebagai dana talangan jika dibutuhkan sewaktu-waktu.

Sistem pembayaran tunjangan untuk persalinan yang tersedia dari tempat kerja biasanya adalah cara reimburstment. Jadi, Anda harus punya uang terlebih dahulu untuk membiayai proses persalinan. Setelah itu, barulah mengajukan uang penggantian ke kantor.

Itulah sebabnya setiap keluarga harus punya simpanan dana darurat.

[Baca Juga: Larangan Menikah dan Hamil Selama Kontrak Kerja]

 

Tabungan untuk biaya tak terduga seperti ini harus dimulai sejak dini.

Bila pasangan ingin segera mendapat momongan setelah menikah, dana darurat bisa disiapkan jauh-jauh hari. Dana darurat sebaiknya 6-9 kali pengeluaran bulanan Anda.

 

#4 Tabungan di Rumah Sakit

Beberapa rumah sakit saat ini mulai memberikan layanan tabungan persalinan. Anda bisa menyetorkan uang setiap kali kontrol ke dokter.

Dengan menabung di rumah sakit, Anda sudah bisa mulai mencicil ongkos kamar dan fasilitas persalinan.

Pihak rumah sakit pun akan mendahulukan Anda untuk mendapatkan ruang perawatan. Dan jika tiba-tiba ibu merasakan kontraksi, ayah tak perlu lagi terlalu repot mengurus administrasi ke sana kemari.

 

Papa juga jangan lupa memberikan dukungan mental pada istri Anda. Selamat mendapatkan anggota baru dalam keluarga.

 

Berikan komentar dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Alodokter. 31 Agustus 2017. Tanda-tanda Melahirkan Sudah Dekat. Alodokter.com – https://goo.gl/EPhZof
  • Panduan BPJS. 26 April 2016. Informasi Biaya Persalinan yang Ditanggung BPJS Kesehatan. Panduanbpjs.com – https://goo.gl/SRjzru

 

Sumber Gambar:

  • Membaca Tanda Tanda Melahirkan – https://goo.gl/CEkwBu
  • Tanda Tanda Melahirkan – https://goo.gl/kmcESH

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang