Mengetahui Moms hamil muda untuk pertama kalinya merupakan saat yang tak terlupakan bagi seorang wanita.

Untuk menilai apakah Anda hamil, Anda dapat melihat dari gejala dan tanda kehamilan yang terjadi pada tubuh atau dengan melakukan tes kehamilan. Dan sang Ayah harus menyiapkan biaya-biaya.

Apa saja tanda hamil muda dan biaya apa saja yang akan dikeluarkan, kita lihat di artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Ciri-Ciri Hamil Muda

Hamil muda merupakan trimester yang paling unik terjadi dalam diri kita. Karena pada saat inilah tubuh sedang mempersiapkan sang anak untuk bisa berkembang dalam tubuh.

Tanda-tanda kehamilan bisa dirasakan oleh Moms sejak awal kehamilan, karena kehamilan mengubah tubuh Moms sehingga membuat perasaan Moms menjadi lebih peka. Meskipun untuk beberapa ibu tidak bisa merasakan tanda kehamilan sejak dini karena kondisi hormon tubuh.

Untuk menghilangkan keraguan apakah sedang hamil atau tidak, maka Moms bisa melihat gejala hamil muda dibawah ini:

 

#1 Tidak Haid/Menstruasi

Setiap wanita akan mengalami periode menstruasi setiap satu bulan sekali. Namun ketika ada tanda kehamilan, maka wanita tidak akan mengalami menstruasi.

Menstruasi biasanya terhitung dengan periode antara 26 sampai 29 hari. Dan kehamilan menyebabkan embrio berkembang dalam rahim sehingga sel telur tidak akan pecah. Hal ini yang membuat wanita hamil tidak akan menstruasi.

 

#2 Kelelahan/Mengantuk

Jika tiba-tiba Anda merasa sering lelah atau mengantuk padahal baru saja tidur, Anda mungkin sedang hamil.

Dalam 2 minggu pertama pembuahan, janin akan menggunakan hampir seluruh kalori yang ada dalam tubuh, sehingga energi Anda cepat habis.

 

#3 Morning Sickness

Hampir 50% wanita hamil mengalami mual dan biasanya mual ini mulai dialami sejak awal kehamilan.

Mual ini biasanya akan berakhir pada 14 minggu kehamilan. pada beberapa kasus dapat berlanjut sampai kehamilan trimester kedua dan ketiga, tapi ini jarang terjadi.

Jika Moms Positif Hamil Muda, Maka Ayah Siap-siap Biaya Ini 02 - Finansialku

[Baca Juga: Selain Pakaian, Ini Daftar Persiapan Melahirkan yang Harus Ada]

 

Penyebab morning sickness awal kehamilan ini karena adanya peningkatan hormonal dan penyesuaian tubuh terhadap perubahan hormonal tubuh.

Setiap wanita hamil akan memiliki tingkat derajat mual yang berbeda-beda. Ada yang tidak merasakan apa-apa, ada yang hanya sesekali mual, tapi ada juga yang mengalami mual dan muntah yang sangat hebat sehingga memerlukan pengobatan (hiperemesis gravidarum).

 

#4 Perubahan Nafsu Makan

Hal ini disebabkan energi Anda yang terkuras, Anda akan lebih cepat merasa lapar. Anda memang belum merasakan ngidam makanan tertentu, tetapi sering “kelaparan” karena energi Anda banyak diserap janin.

Namun pada beberapa kasus, Anda justru akan kehilangan nafsu makan. Hal ini terjadi karena meningkatnya kadar hormon beta-HCG.

 

#5 Sering Buang Air Kecil

Pada awal kehamilan, rahim Anda akan membesar dan mendorong kandung kemih. Hal ini membuat Anda lebih sering buang air kecil.

Keluhan biasanya pada awal kehamilan, dan berkurang pada kehamilan setelah 12 minggu dan timbul kembali setelah kehamilan 28 minggu.

 

#6 Mood Swing

Saat hamil, hormon HCG meningkat dan membuat Anda mulai lelah. Hal ini akan memicu perubahan mood secara drastis.

Misalnya, Anda tiba-tiba merasa jengkel kepada suami, padahal ia hanya duduk menonton televisi atau Anda menangis tanpa alasan yang jelas.

 

#7 Mengidam

Beberapa wanita akan merasa menginginkan makanan-makanan tertentu. Ini terjadi pada bulan-bulan pertama kehamilan. belum diketahui secara ilmiah mengapa rasa seperti ini timbul.

Konsumsi 10 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Agar Bayi Terlahir Jenius 02 Finansialku

[Baca Juga: Aman! Begini Panduan dan Syarat Melahirkan di Puskesmas]

 

#8 Sakit Punggung

Jika Anda tidak pernah mengalami pegal di punggung dan tiba-tiba merasakannya, Anda bisa jadi sedang hamil.

Saat hamil, ligamen akan melebar untuk mempersiapkan “tempat” bagi janin. Sayangnya, rasa sakit ini dapat berlangsung selama masa kehamilan.

 

#9 Payudara Membesar

Payudara menjadi lebih besar dan kencang. Puting susu membesar dan berwarna lebih gelap, kadang-kadang terasa gatal dan sakit serta lebih sensitif terhadap sentuhan.

 

#10 Perut Kembung dan Konstipasi

Hormon progesteron akan meningkat saat hamil dan hal ini memperlambat sistem pencernaan. Itulah mengapa skinny jeans Anda tiba-tiba tidak muat lagi dan perut terasa lebih besar.

Sistem pencernaan yang melambat juga membuat Anda mengalami konstipasi.

 

#11 Kram

Layaknya sebelum mendapat haid, Anda juga merasakan kram pada awal kehamilan, karena rahim meregang untuk mempersiapkan kehadiran janin.

 

#12 Sakit Kepala

Peningkatan hormon juga akan mengakibatkan sakit kepala ringan saat hamil. Namun, hal ini akan menghilang setelah beberapa minggu, karena tubuh memberikan reaksi untuk menyeimbangkan peningkatan hormon tersebut.

Jika ingin mengonsumsi obat, pilihlah yang mengandung acetaminophen dan hindari ibuprofen, karena lebih aman.

Ibu Hamil, AWAS 17 Pantangan Ini Sebaiknya Dihindari 01 Finansialku

[Baca Juga: Bunda, Sudah Tahu Berapa Biaya Melahirkan di Bidan? Cek Infonya Di Sini]

 

Biaya-biaya yang Harus Disiapkan untuk Orang Hamil Muda

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan selama masa kehamilan. Dalam artikel ini kami membantu memberikan estimasi harga untuk biaya-biaya yang dikeluarkan.

Perbedaan harga akan sangat bergantung pada dokter, rumah sakit, klinik maupun jenis obat dan pemeriksaan yang Anda pilih.

 

#1 Biaya Tes Kehamilan dan Check Up

Tes kehamilan merupakan hal pertama yang harus dilakukan untuk mengetahui status kehamilan. Bagi Anda yang ingin melakukan tes kehamilan, ada beberapa cara yang bisa ditempuh:

  1. Test pack: Kisaran harga untuk test pack antara Rp15.000 sampai Rp50.000 tergantung dari mereknya. Test pack ini berfungsi untuk tes hormon HCG dan hasilnya biasanya sama saja antara satu merek dan mereka lainnya.
  2. Tes Laboratorium: Anda bisa melakukan untuk memperoleh data yang lebih akurat dan lengkap. Anda bisa sekalian melakukan tes di laboratorium. Di sini, Anda bisa sekalian melakukan tes darah dan tes urine untuk mengetahui kondisi kesehatan dengan lebih baik.
    1. Harga tes urine sendiri mulai dari Rp36.000. Sedangkan jika Anda menginginkan tes HCG lengkap, yang digunakan saat Anda menjalani program kehamilan, maka harganya mulai dari Rp700.000.
    2. Tes Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes (TORCH) diperlukan untuk mengantisipasi infeksi pada ibu dan janin. Tes ini bisa diambil secara lengkap atau satu per satu. Jika diambil lengkap, biayanya mencapai Rp2 juta, sedangkan kalau diambil satu saja, misalnya tes Toxoplasma, maka harganya Rp400.000.

 

#2 Biaya Cek Rutin

Pemeriksaan rutin kehamilan atau ANC sangat penting untuk memonitor pertumbuhan kehamilan dan perkembangan bayi dalam kandungan serta menemukan kelainan atau komplikasi secara dini sehingga dapat diatasi secepatnya.

ANC juga sarana informasi bagi ibu hamil untuk mendapatkan saran dan informasi tentang kehamilan dan persalinan sehingga ibu hamil menjadi lebih memahami tentang apa yang terjadi selama kehamilan dan persalinannya.

Hamil Muda Anak Laki-Laki, Perempuan atau Kosong 2 Finansialku

[Baca Juga: Berapa Biaya Melahirkan Bayi Kembar yang Perlu Orangtua Siapkan?]

 

Jika Anda memutuskan untuk melakukan check up di bidan maka biayanya bisa menjadi

Jadwal pemeriksaan biasanya adalah:

  • Setiap 4 minggu sampai usia kehamilan 28 minggu.
  • Setiap 2 minggu pada usia kehamilan 28-36 minggu kehamilan.
  • Setiap minggu pada kehamilan 36 sampai persalinan.

 

#3 Pemeriksaan USG 2D – USG 4D

Mengecek kandungan yang paling populer dan paling kredibel hasilnya yaitu dengan cara USG (Ultrasonography) sehingga jika Anda memeriksa kandungan dengan cara USG Anda akan mendapatkan info yang sangat tepat dari alat USG.

Dengan alat USG Anda dapat mengetahui perkembangan janin dari usia beberapa minggu hingga beberapa bulan.

Pemeriksaan USG bisa dilakukan di klinik maupun di tempat pemeriksaan kehamilan memang memiliki biaya yang berbeda-beda tergantung dari pihak manajemen dan standardisasi dari fasilitas tersebut.

USG di klinik sendiri berkisar antara Rp400.000 sampai Rp800.000, bisa dibedakan dari jenis USG, USG 2D sampai USG 4D.

Untuk biaya periksa kehamilan di bidan sendiri memiliki biaya yang memang cukup murah dibandingkan untuk pemeriksaan di klinik. Berkisar di antara Rp100.000 an untuk setiap kali pemeriksaan USG di Bidan.

 

#4 Vitamin dan Obat-obatan yang Dibutuhkan

Selama kehamilan, Anda juga perlu menjaga kesehatan dengan bantuan vitamin dan obat-obatan jika diperlukan. Anda juga harus mendapatkan vaksin untuk kesehatan janin dan diri Anda sendiri.

Vaksin yang harus Anda dapatkan saat kehamilan adalah vaksin tetanus toksoid. Vaksin ini bisa Anda dapatkan di Puskesmas dengan harga lebih terjangkau, yaitu antara Rp40.000 sampai Rp60.000.

8 Cara Cepat Hamil yang Alami dan Sehat, BUKTIKAN SENDIRI 1 Finansialku

[Baca Juga: Anggarkan Biaya Melahirkan Normal Sejak Jauh Hari!]

 

Walaupun bukan kebutuhan utama, namun kondisi tertentu mungkin mengharuskan Anda untuk mengonsumsi vitamin, suplemen atau obat. Suplemen mendasar yang biasanya dibutuhkan oleh para ibu hamil adalah asam folat dan kalsium.

Harga dua suplemen ini biasanya berkisar di angka Rp100.000 per botol. Dan biasanya 1 botol ini bisa dikonsumsi untuk 30 hari.

 

#5 Keperluan Saat Hamil

Moms juga harus memikirkan keperluan pribadinya selama masa kehamilan. Mulai dari pakaian khusus ibu hamil, pakaian dalam, jika diperlukan maka Anda juga mungkin harus memiliki krim anti selulit, penahan perut (maternity belt) sendiri harganya mulai dari Rp60.000.

Berikut ini tabel perkiraan harga yang perlu Anda keluarkan para Bapak ketika istri Anda hamil muda.

ItemHarga (Rp)KuantitasTotal Biaya (Rp)
Pregnancy Test61.300161.300
Test TORCH3.022.00013.022.000
Check up di Dokter200.00071.400.000
Check up di Dokter200.000163.200.000
Check up di Dokter200.0002400.000
USG 2D200.000102.000.000
USG 3D500.0001500.000
USG 4D800.0001800.000
Suplemen Asam Folat128.00091.152.000
Suplemen Kalsium189.00091.701.000
Vaksin TT40.000140.000
Baju Hamil90.0005450.000
Pakaian Dalam30.00010300.000
Celana Hamil37.0003111.000
Korset Kehamilan75.0002150.000
Bantal dan Guling200.0001200.000
Krim Anti Selulit337.0002674.000
TOTAL16.161.300

 

Ayah, Siapkan Dananya Dari Sekarang

Cukup besar bukan dana yang dibutuhkan untuk melahirkan? Ada baiknya ayah menyiapkan dan merencanakan dana melahirkan.

Ayah bisa pakai aplikasi Finansialku dalam merencanakan dan menghitung semua kebutuhannya. Download aplikasinya dan dapatkan manfaat yang besar!

 

Jika Anda mengalami kebingungan dalam menggunakan aplikasi Finansialku, Anda bisa bergabung bersama komunitas Finansialku.

 

Apakah artikel ini bermanfaat? Yuk, saatnya berbagi dari hal-hal kecil, yaitu dengan share artikel ini kepada rekan terdekat Anda, terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Tri Astusi. 9 Desember 216. 29 Gejala Hamil Muda Paling Pasti Tidak Diragukan Lagi. Hamil.co.id – https://bit.ly/2XmiLUZ
  • Redaksi. 10 Agustus 2016. 10 Tanda Anda sedang Hamil Muda. Motherandbaby.co.id – https://bit.ly/2LCtWBV
  • Dyah Ikhsanti. 25 Oktober 2017. Seberapa Besarkah Biaya Yang Diperlukan Untuk Memiliki Momongan? Aturduit.com – https://bit.ly/2LBSHOv
  • Dr Suririnah. 2009. Buku Pintar Kehamilan & Persalinan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

 

Sumber Gambar:

  • Hamil Muda 01 – https://bit.ly/2KWKsNo
  • Hamil Muda 02 – https://bit.ly/2RQo1u2