Sudahkah Anda memiliki daftar persiapan melahirkan? Hal ini guna membantu Anda dalam mendata segara persiapan melahirkan.

Menjelang waktu melahirkan, pasti ada sejumlah perlengkapan yang perlu dibawa. Biasanya, Anda tentu saja akan menyiapkan pakaian ganti, baik bagi ibu, maupun calon bayi yang akan lahir nanti.

Tapi selain itu, ada juga persiapan lain yang harus Anda bawa.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Daftar Persiapan Melahirkan yang Harus Ada

Memasuki bulan kedelapan masa kehamilan, Anda sudah harus mulai memikirkan persiapan persalinan.

Apalagi kalau kehamilan kali ini adalah kehamilan pertama Anda. Ada berbagai hal yang sudah harus mulai Anda persiapkan.

Ada baiknya, persiapan melahirkan ini sudah mulai Anda siapkan sejak empat hingga enam minggu dari hari perkiraan lahir. Karena biasanya, tanda-tanda melahirkan bisa mulai terjadi kapan saja.

Jika Anda sudah menempatkan seluruh barang dalam satu tas, akan lebih mudah bagi Anda untuk langsung pergi ke rumah sakit begitu tanda-tanda melahirkan mulai terasa.

Dengan menyiapkan satu tas khusus untuk persiapan persalinan, Anda juga tidak akan terburu-buru dan bisa lebih tenang menghadapi kelahiran. Selain itu, hal ini juga menghindari kemungkinan adanya barang-barang yang tertinggal atau terlupakan.

Tapi perlu diperhatikan juga kalau terkadang ruang persalinan tidak terlalu luas. Jadi, agar tidak repot, Anda bisa meninggalkan dulu tas persiapan persalinan ini di mobil.

Setelah proses persalinan selesai, maka suami Anda atau keluarga Anda lainnya bisa mengantarkan tas tersebut ke ruang pasca persalinan.

Daftar Persiapan Melahirkan yang Harus Ada 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bunda, Sudah Tahu Berapa Biaya Melahirkan di Bidan? Cek Infonya Di Sini]

 

Secara umum, barang yang harus Anda siapkan terdiri dari barang untuk persiapan melahirkan, perlengkapan setelah melahirkan, perlengkapan bayi, dan perlengkapan untuk pendamping.

Berikut ini daftar untuk masing-masing keperluan tersebut:

 

Daftar Barang Prioritas untuk Persiapan Ibu Melahirkan

Ketika ciri-ciri melahirkan mulai terlihat, kadang kala Anda perlu menunggu sedikit lebih lama dari waktu persalinan sebenarnya.

Karena itu, penting bagi Anda untuk menyiapkan beberapa barang berikut ini di satu tempat sehingga ketika tanda kehamilan yang sesungguhnya muncul, Anda bisa lebih mudah mencarinya.

  1. Kartu identitas dan surat-surat penting. Siapkan satu tempat dimana Anda menyimpan seluruh dokumen penting. Mulai dari KTP, SIM, kartu identitas lainnya, juga kartu asuransi dan hasil pemeriksaan rutin dokter atau bidan.
  2. Baju ganti. Setidaknya, siapkan baju ganti untuk 3 hari, dan pilihlah baju yang longgar atau mudah dipakai.
  3. Sarung atau kain jarit untuk membantu Anda lebih mudah bergerak setelah air ketuban mulai pecah.
  4. Pakaian dalam setidaknya untuk 3 hari.
  5. Sandal dan kaus kaki.
  6. Barang yang dapat membantu Anda lebih rileks saat persalinan. Anda bisa saja membawa bantal kesayangan, pemutar musik, foto pasangan, buku, essential oil, atau hal lainnya yang dapat membantu Anda meredakan rasa cemas.

 

Daftar Perlengkapan Ibu Setelah Melahirkan

Selain daftar barang prioritas, Anda juga perlu menyiapkan perlengkapan setelah melahirkan.

Berikut ini adalah beberapa barang yang perlu Anda masukkan dalam daftar:

  1. Daster atau baju berkancing. Begitu bayi Anda lahir, Anda perlu memberikan ASI kepada bayi Anda. Karena itu, daster atau baju berkancing akan membuat Anda lebih mudah saat ingin menyusui bayi.
  2. Bra untuk menyusui. Anda bisa menyiapkan bra menyusui setidaknya cukup untuk 3 hari.
  3. Siapkan stagen minimal untuk 3 hari.
  4. Celana dalam. Anda bisa menyiapkan beberapa celana dalam khusus masa nifas minimal untuk 3 hari. Celana dalam khusus masa nifas biasanya akan lebih nyaman untuk Anda gunakan setelah melahirkan dibandingkan dengan menggunakan celana dalam biasa.
  5. Pembalut nifas. Biasanya, rumah sakit akan menyediakan beberapa pembalut nifas juga untuk Anda. Namun tidak ada salahnya jika Anda membawa sendiri. Siapkan pembalut nifas sebanyak- Jika lebih pun, nantinya pembalut ini bisa Anda bawa pulang kembali.

 

Barang-Barang Persiapan Melahirkan yang Harus Ada di Tas Anda! 02 Perlengkapan - Finansialku

[Baca Juga: Berapa Biaya Melahirkan Bayi Kembar yang Perlu Orangtua Siapkan?]

 

  1. Perlengkapan mandi seperti handuk, sabun, pasta gigi, sikat gigi, dan sisir.
  2. Botol air dengan penutup atau tumblr dan makanan ringan.
  3. Alat kecantikan. Tidak ada salahnya membawa beberapa alat kecantikan jika Anda ingin berdandan. Siapa tahu akan ada orang yang datang berkunjung, dan Anda ingin tetap tampil prima.
  4. Persediaan hijab. Bagi Anda yang berhijab, jangan lupa untuk membawa beberapa persediaan hijab. Dengan begitu, Anda bisa bertemu tamu atau menyusui dengan lebih nyaman.
  5. Kantung plastik untuk menyimpan pakaian kotor.
  6. Buku jurnal kelahiran bayi, alat tulis, dan buku bacaan.
  7. Ponsel dan charger.
  8. Pakaian untuk pulang dari rumah sakit.

 

Daftar Perlengkapan Bayi

Selain perlengkapan untuk ibu, Anda juga perlu menyiapkan beberapa perlengkapan untuk bayi Anda saat lahir.

Berikut ini adalah beberapa daftar perlengkapan bayi yang perlu Anda siapkan:

 

#1 Peralatan Mandi dan Perawatan Bayi

Siapkan satu tempat dimana Anda menyimpan seluruh peralatan mandi dan perawatan bayi. Mulai dari handuk, sabun, shampo, minyak telon, lotion, bedak, dan tisu basah untuk bayi.

Perhatikan juga untuk memilih tisu bayi yang dirancang untuk bayi baru lahir atau untuk kulit sensitif. Karena biasanya, bayi yang baru lahir memiliki kulit yang cukup sensitif.

Dana Persiapan Setelah Melahirkan 08 Breastpump - Finansialku

[Baca Juga: Aman! Begini Panduan dan Syarat Melahirkan di Puskesmas]

 

#2 Pakaian Bayi

Siapkan setidaknya 6 set baju bayi dan popok sebanyak mungkin. Siapkan juga topi, selimut, dan kaus kaki untuk menjaga bayi tetap hangat.

Selain itu, sebaiknya Anda juga membawa sarung tangan bayi. Bayi yang baru lahir biasanya memiliki kuku yang panjang. Dengan memakai sarung tangan, maka bayi akan lebih aman saat ingin menggaruk mata atau bagian tubuh lainnya.

 

Daftar Perlengkapan Pendamping

Pendamping ibu melahirkan bisa saja suami atau kerabat lainnya. Sering kali, perlengkapan pendamping ini lupa disiapkan, padahal sama pentingnya dengan perlengkapan ibu dan bayi.

Nah, berikut ini adalah beberapa barang yang perlu disiapkan oleh pendamping:

  1. Pakaian ganti dan sepatu yang nyaman
  2. Makanan ringan dan minuman. Dengan begitu, pendamping tidak perlu bolak balik ke minimarket untuk membeli camilan atau minuman.
  3. Dokumen penting. Pastikan dokumen seperti KTP, kartu keluarga, atau kartu asuransi sudah siap di satu tempat.
  4. Buku atau barang lainnya yang membuat rileks. Pendamping ibu melahirkan bisa saja merasa cemas dan khawatir saat menunggu proses persalinan. Untuk mengurangi kecemasan, ada baiknya membawa barang-barang yang bisa membantu meredakan kekhawatiran tersebut.
  5. Kamera, telepon, dan charger bila diperlukan.

 

Siapkan Segera!

Nah, itulah beberapa daftar barang yang perlu Anda siapkan saat menjelang waktu persalinan.

Selain itu, penting juga untuk mempersiapkan biaya persalinan sejak awal kehamilan. Dengan begitu, Anda dan pasangan juga bisa menjalani proses persalinan dengan lebih tenang.

Jika Anda bingung bagaimana melakukannya, Anda bisa menggunakan fitur Dana Membeli Barang yang ada di aplikasi Finansialku. Fitur ini membantu Anda mengetahui berapa biaya yang harus Anda tabung setiap bulannya untuk bisa mengumpulkan biaya persalinan yang diperlukan.

 

Apakah artikel ini bermanfaat dan berguna bagi Anda? Silakan bagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda yang sedang menunggu kelahiran anaknya!

 

Sumber Referensi:

  • Melly Febrida. 20 April 2018. Daftar Isi Tas untuk Dibawa ke RS Jelang Melahirkan. Haibunda.com – https://bit.ly/2ZbZTEp
  • Admin. 27 Februari 2018. Daftar Barang yang Wajib Ada di Tas untuk Persiapan Melahirkan. Orami.co.id – https://bit.ly/2Wl2075

 

Sumber Gambar:

  • Daftar Persiapan Melahirkan 01 – https://bit.ly/2MMRt5p
  • Daftar Persiapan Melahirkan 02 – https://bit.ly/2ET1MOz