Anda ragu memilih melahirkan di Puskesmas karena takut mendapatkan risiko besar karena tidak terdapat peralatan medis lengkap seperti yang ada di rumah sakit?

Pastikan Anda memahami berbagai panduan dan syarat sebelum menjalani proses melahirkan aman di Puskesmas. Tenang saja, kali ini Finansialku akan membahasnya secara lengkap.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Memperhitungkan Total Anggaran Kebutuhan Hamil dan Melahirkan

Anggaran rumah tangga memang sangat perlu untuk diperhitungkan, apalagi bagi Bunda yang akan mempunyai calon momongan. Pastinya segala keperluan harus disiapkan dengan matang beserta anggaran untuk memenuhinya.

Di samping itu, nyawa dan kesehatan Bunda dan calon bayi pun lebih penting untuk diselamatkan.

Prioritas utama Bunda dan bayinya membuat banyak orang rela mengeluarkan biaya yang cukup mahal agar persalinan berjalan dengan lancar dan aman.

Oleh karena itu, banyak yang lebih memilih untuk bersalin ke rumah sakit daripada ke Puskesmas.

Tetapi, Bunda juga perlu tahu! Bahwa saat ini pelayanan di Puskesmas telah ditingkatkan dan bisa menangani pasien bersalin lebih cepat daripada di rumah sakit lho!

Hal itu karena rumah sakit memiliki terlalu banyak pasien dan sistem yang lebih rumit. Selain itu, biaya bersalin juga lebih murah, apalagi jika Bunda menggunakan layanan jaminan kesehatan.

 

Mengetahui Kelebihan Proses Melahirkan di Puskesmas

Bunda tidak perlu khawatir lagi karena saat ini terdapat banyak Puskesmas yang telah meningkatkan fasilitasnya.

Bahkan ada berbagai macam alat canggih seperti yang ada di rumah sakit untuk digunakan secara khusus bagi ibu hamil dan melahirkan.

Jadi jangan lagi menganggap bahwa banyak Puskesmas yang lambat menangani pasien melahirkan karena keterbatasan alat dan teknologi.

Ruangnya memang tidak sebesar rumah sakit, namun hal itu justru semakin memudahkan Bunda untuk mendapatkan pelayanan secara intens dan baik.

Beberapa puskesmas juga bisa memberikan layanan secara khusus bagi pasien yang akan melahirkan untuk berinteraksi dengan bidan profesional yang sesuai kriteria untuk menanganinya.

Maka dijamin Bunda akan mendapatkan perhatian dan kasih sayang penuh selama proses melahirkan sedang berlangsung. 

Selain itu, keluarga juga diberikan kesempatan untuk menjaga pasien selama detik-detik calon bayi lahir agar kenyamanan Bunda semakin terjamin.

 

7 Panduan dan Syarat Menjalani Proses Melahirkan di Puskesmas

Apabila Bunda belum pernah memiliki pengalaman untuk memeriksakan kehamilan dan melahirkan di Puskesmas, sebaiknya penuhilah syarat dan panduannya terlebih dahulu. Seperti yang telah dirangkum di bawah ini.

 

#1 Mengikuti Program Layanan Jaminan Kesehatan

Jika Bunda merupakan seorang pemula dalam masa-masa kehamilan dan pra melahirkan tentu harus menyiapkan banyak langkah untuk menyambut calon bayi.

Memilih cara aman dan nyaman untuk merawat kesehatan tubuh dan kandungan juga perlu dilakukan, selain itu hal terpenting adalah memprediksi total anggaran yang akan dihabiskan untuk biaya bersalin.

Bunda bisa menyiapkannya lebih awal dengan mengikuti layanan jaminan kesehatan masyarakat seperti BPJS minimal saat baru pertama kali menikah.

Daftarkan diri yang bersangkutan, kemudian lakukan pembayaran tagihan secara rutin agar tidak terbebani jika terdapat keperluan kesehatan secara mendadak.

Aman! Begini Panduan dan Syarat Melahirkan di Puskesmas 02 Melahirkan di Puskesmas 2 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Pusing Memikirkan Biaya Persalinan! Ini Dia Kiat Sukses Menyiapkan Biaya Persalinan Normal]

 

#2 Lakukan Survei Layanan Puskesmas Berkualitas Sejak Jauh Hari

Apabila Bunda sudah terdaftar sebagai peserta layanan jaminan kesehatan maka yang perlu dilakukan selanjutnya yakni mengunjungi beberapa lokasi Puskesmas untuk memastikan kualitas layanannya.

Pastikan Puskesmas tidak lalai menangani banyak pasien karena kebingungan, dan menghabiskan waktu yang sangat lama karena itu mencerminkan layanan yang nantinya akan diberikan untuk Bunda.

Puskesmas yang tepat tentu memiliki sistem layanan yang terstruktur secara rapi jika pengunjungnya tergolong ramai. Kemudian jika pengunjung sepi, pastikan para petugas Puskesmas selalu siap siaga saat pasien sedang berkunjung.

Sebaiknya Bunda cukup memilih Puskesmas yang sudah menerapkan fasilitas modern dengan penataan sistem layanan pasien yang rapi meskipun pengunjungnya ramai.

Untuk mengantisipasi antrean bersalin, pastikan di sana terdapat banyak ahli yang sudah teruji menangani proses persalinan.

Aman! Begini Panduan dan Syarat Melahirkan di Puskesmas 03 Melahirkan di Puskesmas 3 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Sudah Punya Asuransi Kesehatan, Apakah Perlu Asuransi Melahirkan?]

 

#3 Memantau Janin dengan USG Secara Rutin Minimal 4 Bulan Sekali

Setelah menemukan Puskesmas yang pas untuk kelahiran calon bayi. Bunda sebaiknya menjadi pasien yang rutin berkunjung ke Puskesmas untuk memeriksa perkembangan janin.

Selain mendapatkan perawatan sesuai, jika Bunda berkunjung secara rutin tentu akan lebih dikenal para petugas atau bidan di Puskesmas terkait. Dari situ Bunda bisa menjalin relasi yang dekat dan akan lebih dipermudah saat bersalin.

Aman! Begini Panduan dan Syarat Melahirkan di Puskesmas 04 Melahirkan di Puskesmas 4 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Menghemat Perlengkapan Bayi Baru Lahir untuk Anda para Calon Bunda]

 

#4 Saat Mengalami Tanda-Tanda Melahirkan Segera Bawa ke Puskesmas

Tanda-tanda sebelum melahirkan tentu bisa nampak apabila Bunda mengalami hal-hal yang mencurigakan dan tidak biasa dilakukan, seperti saat Bunda mengeluh karena rasa mulas yang ditimbulkan perut.

Jika Bunda melakukan tindakan yang tidak membuatnya nyaman saat masa kehamilan hampir habis, maka segera bawa ke Puskesmas tempat yang sudah biasa dikunjunginya.

Pastikan berbagai pihak di Puskesmas selalu siaga untuk menangani pasien yang hendak melahirkan.

Aman! Begini Panduan dan Syarat Melahirkan di Puskesmas 05 Melahirkan di Puskesmas 5 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Dulu Informasi Tentang Pinjaman Dana Persalinan Sebelum Moms Mengajukannya!]

 

#5 Segera Serahkan KTP atau Kartu Jaminan Kesehatan Jika Ada

Apabila Anda sebagai suami atau pihak yang memiliki hubungan dengan Bunda yang akan melahirkan, tentu akan dimintai beberapa persyaratan untuk administrasi.

Aman! Begini Panduan dan Syarat Melahirkan di Puskesmas 06 Melahirkan di Puskesmas 6 - Finansialku

[Baca Juga: 25+ Cara Menghemat Uang Saat Memiliki Bayi]

 

Sebaiknya berikan dengan segera kartu identitas atau berkas-berkas penting seperti surat layanan BPJS, dan kartu pasien kepada petugas administrasi.

Tinggalkan Bunda untuk beberapa menit saat sudah mencapai di dalam ruang bersalin.

 

#6 Saat Bunda Menjalani Proses Bersalin Harus Ditemani

Setelah menyerahkan beberapa berkas administrasi ke petugas selesai dengan cepat, Anda pun bisa menemani pasien yang sedang menjalani proses melahirkan.

Pastikan untuk berada di sampingnya agar pasien lebih tenang dan memiliki semangat hidup tinggi.

Jangan meninggalkan pasien selama proses melahirkan berlangsung, kecuali jika terdapat masalah penting yang harus segera diselesaikan.

Pastikan ada orang yang selalu menemani di sampingnya, terutama anggota keluarganya selain perawat dan bidan.

Aman! Begini Panduan dan Syarat Melahirkan di Puskesmas 07 Melahirkan di Puskesmas 7 - Finansialku

[Baca Juga: Biaya Persalinan yang Ditanggung BPJS Kesehatan dan Cara Menggunakan Kartu BPJS Kesehatan untuk Melahirkan]

 

#7 Pastikan Bidan dan Para Perawat Melakukan Langkah Tepat dan Ramah

Hal yang paling penting selanjutnya adalah memastikan bahwa bidan dan perawat di Puskesmas yang menangani proses kelahiran calon bayi bersikap ramah dan baik.

Jika bidan dan perawat telah terbukti memiliki sikap baik maka Bunda pun bisa lebih nyaman dan optimis untuk menjalankan persalinan secara normal dan lancar tanpa ada gangguan mental dan batin.

Aman! Begini Panduan dan Syarat Melahirkan di Puskesmas 08 Melahirkan di Puskesmas 8 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Ini Cara Hemat Uang Sebelum dan Setelah Operasi Melahirkan]

 

Memprediksi Total Anggaran Kebutuhan Calon Bayi

Keselamatan tentu prioritas utama, tetapi jangan sampai melupakan pentingnya anggaran untuk biaya bersalin Bunda.

Jauh-jauh hari di masa kehamilan, Bunda sebaiknya membuat list terlebih dahulu untuk menghitung berbagai kebutuhan calon bayi, terutama saat baru lahir.

Pastikan melakukan aktivitas menabung atau berinvestasi, seperti mengikuti jaminan kesehatan agar Bunda tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu mahal untuk persalinan.

Anggaran tersebut harus memenuhi target yang direncanakan untuk biaya persalinan agar prosesnya bisa berlangsung aman dan lancar.

Bunda juga bisa dengan mudah merencanakan keuangan menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku. Aplikasi ini bisa dengan mudah bunda download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store, selamat mencoba.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Selain itu, bunda juga bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 20 an di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Setelah membaca artikel di atas, Anda tentu tidak ragu lagi untuk melahirkan di puskesmas.

Jika ada rekan yang masih ragu untuk melahirkan di pusat kesehatan masyarakat, silakan berbagi informasi ini pada lebih banyak orang, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Dedi Kurniawan. 29 Agustus 2019. Syarat Melahirkan di Puskesmas dengan BPJS Kesehatan. PanduanBPJS.com – https://bit.ly/2FYWQaE

 

Sumber Gambar:

  • Melahirkan di Puskesmas 1 – https://bit.ly/2G8jMUZ
  • Melahirkan di Puskesmas 2 – https://goo.gl/images/Jj38vC
  • Melahirkan di Puskesmas 3 – https://goo.gl/images/m8aubf
  • Melahirkan di Puskesmas 4 – https://bit.ly/2X3vmry
  • Melahirkan di Puskesmas 5 – https://goo.gl/images/LqWjEP
  • Melahirkan di Puskesmas 6 – https://goo.gl/images/AQHh4G
  • Melahirkan di Puskesmas 7 – https://goo.gl/images/GzXps9