Moms, Sudah Punya Asuransi Kesehatan, Apakah Perlu Asuransi Melahirkan?

Jika sudah memiliki asuransi kesehatan apakah masih perlu membeli asuransi melahirkan? Proses kehamilan dan melahirkan merupakan proses yang berisiko tinggi, karena itu Anda perlu proteksi. Asuransi dapat membantu melindungi Anda dari risiko pada proses tersebut. Namun jika sudah memiliki asuransi kesehatan apakah masih perlu asuransi melahirkan? Mari kita bahas!

 

Rubrik Finansialku                                                 

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Melahirkan

Setiap ibu pasti ingin memiliki seorang anak. Proses yang harus dijalani dari kehamilan hingga melahirkan merupakan sebuah anugerah yang indah. Tetapi proses yang membawa kebahagiaan tersebut tidak luput dari risiko yang besar. Dalam proses melahirkan seorang ibu mempertaruhkan nyawanya untuk melahirkan buah hati yang dinanti-nanti. Bukan hanya si ibu yang bisa kehilangan nyawa, tetapi juga anak yang akan dilahirkan.

Banyak risiko tidak terduga yang akan sangat menyulitkan dalam proses kehamilan dan terutama saat melahirkan. Tidak jarang risiko tersebut dapat menimbulkan kerugian finansial yang besar. Karenanya Moms membutuhkan proteksi yang dapat melindungi dari risiko kerugian tersebut. Sebelumnya kami telah membahas lebih dalam mengenai asuransi kehamilan dan melahirkan yang ada pada artikel berikut:

moms-ini-5-tips-untuk-menghindari-utang-untuk-biaya-persalinan-atau-melahirkan-1-finansialku

[Baca Juga: Moms, Ini 5 Tips untuk Menghindari Utang untuk Biaya Persalinan]

 

Moms mungkin berpikir jika sudah memiliki asuransi kesehatan, Anda tidak lagi memerlukan asuransi melahirkan. Padahal hal ini kurang tepat. Ada beberapa perbedaan antara asuransi kesehatan dan asuransi melahirkan. Karenanya Anda perlu mengetahui perbedaan tersebut agar mengetahui perlindungan apa yang sebenarnya Moms butuhkan saat akan mempunyai anak.

 

Asuransi Kesehatan VS Asuransi Melahirkan

Mari kita mulai mempelajari lagi detail pertanggungan dari asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan adalah sebuah proteksi yang akan memberikan pertanggungan kepada pemiliknya jika jatuh sakit. Asuransi kesehatan yang dibahas kali ini adalah asuransi kesehatan yang lain dari BPJS. Biasanya pertanggungan diberikan hanya jika Anda harus mendapat perawatan rawat inap di rumah sakit. Anda bisa mendapat pertanggungan dengan bentuk cashless atau sistem reimburse. Namun kedua macam pertanggungan asuransi kesehatan tersebut umumnya tetap hanya akan diberikan jika Anda harus mendapatkan perawatan rawat inap.

5-tips-untuk-pemula-agar-anda-tidak-salah-beli-asuransi-jiwa-finansialku

[Baca Juga: 5+ Tips untuk Pemula, Agar Anda Tidak Salah Beli Asuransi Jiwa]

 

Penyakit apapun bisa ditanggung oleh asuransi kesehatan selama Anda mendapatkan perawatan rawat inap. Besarnya pertanggungan akan disesuaikan dengan plafon yang telah ditentukan dalam polis asuransi. Jika biaya pengobatan yang digunakan lebih besar dari pertanggungan asuransi kesehatan maka Anda harus membayar kelebihannya sendiri.

Karena asuransi kesehatan hanya menanggung biaya pengobatan jika Anda mendapatkan perawatan rawat inap, artinya konsultasi rutin dengan dokter tidak akan ditanggung. Moms tentu sudah tahu bahwa ketika menjalani proses kehamilan, Anda harus rutin mengecek kesehatan diri dan bayi ke dokter kandungan. Jika diakumulasi, biaya yang dikeluarkan tidak murah. Apalagi masih harus ditambah dengan biaya membeli obat serta suplemen-suplemen untuk menyokong pertumbuhan janin. Layanan-layanan ini tidak ditanggung oleh asuransi kesehatan karena tidak disertai dengan rawat inap.

Umumnya asuransi kesehatan juga tidak menanggung biaya melahirkan. Asuransi kesehatan mungkin menanggung biaya rawat inap ketika Anda melahirkan, tetapi belum tentu menanggung seluruh biaya lain yang berkaitan dengan proses melahirkan. Kalaupun ada, biasanya layanan tersebut merupakan tambahan atau rider asuransi dengan biaya yang berbeda dari biaya dasar asuransi kesehatan. Namun setiap perusahaan asuransi dapat memberikan layanan yang berbeda, karena itu Anda perlu mengecek polis asuransi secara detail.

apa-yang-dimaksud-dengan-asuransi-umum-atau-general-insurance-finansialku

[Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Asuransi Umum atau General Insurance?]

 

Ilustrasi Penggunaan Asuransi Melahirkan

Saat ini ada beberapa perusahaan asuransi yang telah mengeluarkan produk asuransi untuk proses kehamilan serta melahirkan. Kali ini Finansialku akan membahas salah satu contoh produk asuransi melahirkan yang ada di pasar yaitu produk milik perusahaan asuransi Prudential yang bernama PRUMyChild. Produk ini hanya digunakan sebagai contoh untuk tujuan edukasi.

Berikut adalah layanan yang diberikan asuransi PRUMyChild serta persyaratan-persyaratan untuk mengikutinya:

Moms, Sudah Punya Asuransi Kesehatan, Apakah Perlu Asuransi Melahirkan 1 - Finansialku

Moms, Sudah Punya Asuransi Kesehatan, Apakah Perlu Asuransi Melahirkan 2 - Finansialku

 [Baca Juga: Ibu Rumah Tangga Harus Mengenal Perencanaan Keuangan]

 

Setiap perusahaan asuransi dapat menawarkan produk dan layanan yang berbeda-beda. Namun secara umum asuransi melahirkan akan memberikan perlindungan yang berkaitan dengan proses kehamilan dan melahirkan anak.

Selain asuransi melahirkan, ada juga beberapa produk asuransi kesehatan yang memiliki rider atau tambahan untuk manfaat melahirkan. Asuransi tambahan seperti ini juga dapat bermanfaat bagi Anda. Pada dasarnya asuransi kesehatan memang dibutuhkan, tetapi asuransi kesehatan saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan melahirkan. Salah satu contoh produk asuransi kesehatan yang mempunyai rider manfaat melahirkan adalah produk SmartHealth MaxiViolet dari perusahaan asuransi Allianz. Penggunaan produk ini hanyalah sebagai contoh untuk tujuan edukasi.

Berikut adalah manfaat melahirkan yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki asuransi SmartHealth MaxiViolet:

Moms, Sudah Punya Asuransi Kesehatan, Apakah Perlu Asuransi Melahirkan 3 - Finansialku

 [Baca Juga: Moms, Mobilnya Diasuransikan, Orangnya Kok Tidak?]

 

Anda baru bisa menggunakan rider ini jika telah memiliki asuransi kesehatan dasar dari Allianz yang sebelumnya disebutkan yaitu produk SmartHealth MaxiViolet.

 

Asuransi Kesehatan Saja Tidak Cukup

Moms, asuransi kesehatan saja tidak cukup untuk memberikan perlindungan masa kehamilan dan proses melahirkan. Jika berencana memiliki anak, Anda memerlukan asuransi kehamilan yang dapat membantu meringankan segala risiko. Jika tetap ingin menggunakan asuransi kesehatan, belilah rider atau asuransi tambahan yang memberikan manfaat melahirkan. Dengan begitu asuransi akan memberikan manfaat yang optimal bagi Anda. Cermati setiap polis asuransi sebelum membelinya. Pastikan Anda membeli asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Moms, asuransi apa yang akan Anda miliki? Asuransi kesehatan? Asuransi melahirkan? Atau keduanya? Berikan jawaban Anda pada kolom di bawah ini. Jika Moms mempunyai pertanyaan, silakan mengajukan pertanyaan. Tim perencanaan keuangan kami akan siap membantu Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Tabel Manfaat Persalinan (Maternity) dan Rawat Inap (Inpatient) Produk SmartHelath MaxiViolet. https://goo.gl/UOIbpV
  • Perlindungan dari Sebelum ia Lahir. https://goo.gl/QG8RiU

 

Sumber Gambar:

  • Pregnancy – https://goo.gl/1klvbh

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment