Manakah yang lebih penting, asuransi mobil atau asuransi diri? Ibu rumah tangga seringkali mengasuransikan aset yang dimiliki tetapi tidak mementingkan asuransi pribadi. Mari kita bahas apa asuransi yang seharusnya diprioritaskan oleh ibu rumah tangga.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Apa yang Dibutuhkan Ibu Rumah Tangga?

Moms, apakah sudah pernah membeli asuransi mobil? Umumnya ibu rumah tangga membeli asuransi all risk untuk mobilnya karena takut harus membayar mahal jika terjadi kecelakaan. Tetapi terkadang tidak terpikir hal yang sama untuk diri sendiri. Sebenarnya mindset seperti ini kurang tepat untuk memililh asuransi. Aset paling berharga yang bisa dimiliki seorang manusia adalah dirinya sendiri.

Coba saja bayangkan, jika Anda mengalami kecelakaan mobil yang menyebabkan biaya pengobatan yang sangat mahal. Mobil yang dikendarai mungkin sudah dilindungi oleh asuransi sehingga Anda hanya perlu membayar biaya klaim asuransi. Tetapi bagaimana dengan biaya pengobatan Anda? Karena tidak memiliki asuransi kesehatan atau asuransi penyakit kritis maka tidak ada biaya pertanggungan apapun. Akibatnya Anda harus membayar sangat mahal untuk biaya pengobatan pasca kecelakaan tersebut.

Ibu Rumah Tangga Butuh Konsultasi Perencanaan Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Ibu Rumah Tangga Butuh Konsultasi Perencanaan Keuangan]

 

Jadi, apa asuransi yang sebenarnya dibutuhkan oleh ibu rumah tangga? Berikut adalah gambaran umum mengenai asuransi yang dibutuhkan oleh ibu rumah tangga berdasarkan prioritasnya:

 

#1 Asuransi Kesehatan

Asuransi yang paling penting adalah asuransi kesehatan. Baik ibu rumah tangga atau bukan, asuransi kesehatan tetaplah kebutuhan utama setiap orang. Karena setiap hari Anda dihadapkan dengan risiko penyakit yang dapat sangat merugikan. Penyakit yang seolah-olah ‘sederhana’ dan lazim seperti demam berdarah ternyata dapat menguras biaya juga lho Moms.

Sebagai ibu rumah tangga, Anda tidak hanya bertanggungjawab atas diri sendiri, tetapi juga suami dan anak. Setiap ibu rumah tangga pasti sudah tahu bahwa biaya mengurus anak bukanlah pengeluaran yang kecil. Moms pasti ingin mengutamakan kebutuhan anak-anaknya. Ketika jatuh sakit Moms tidak mungkin mampu mengurus keluarga seperti yang biasanya dilakukan. Dalam keadaan tersebut pikiran mengenai suami dan anak akan mengganggu Anda. Ditambah lagi dengan masalah biaya. Karena tidak memiliki asuransi yang memberikan pertanggungan, Moms terpaksa mencari tambahan biaya dari pos lain. Bagaimana jika biaya yang sudah disediakan untuk buah hati terpaksa diambil untuk membayar biaya pengobatan Moms yang sangat mahal? Bukannya cepat sembuh, Anda justru akan semakin sakit karena memikirkan biaya pengobatan. Akhirnya setiap urusan rumah tangga pun semakin terbengkalai. Tentu hal ini tidak Anda harapkan. Karena itulah penting untuk menjadikan asuransi kesehatan sebagai prioritas utama. Ketika Anda jatuh sakit, biaya lain yang sudah dianggarkan untuk keluarga tidak akan terganggu.

10 Cara Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat untuk Anda dan Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 10 Cara Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat untuk Anda dan Keluarga]

 

#2 Asuransi Jiwa dan Critical Illness

Asuransi jiwa dan asuransi critical illness (penyakit kritis) merupakan prioritas ke-dua bagi ibu rumah tangga setelah asuransi kesehatan. Ketika sudah memiliki anak asuransi jiwa memang dibutuhkan. Hanya saja asuransi jiwa harus diprioritaskan bagi orang yang memiliki penghasilan dalam keluarga. Uang pertanggungan yang diberikan sebagai manfaat asuransi jiwa ditujukan untuk menjadi pengganti pendapatan yang dihasilkan tertanggung semasa hidupnya. Maka dari itu jika Moms tidak bekerja, suami Andalah yang seharusnya diprioritaskan untuk asuransi jiwa.

Sebenarnya asuransi jiwa bukanlah asuransi yang menjadi prioritas bagi ibu rumah tangga yang tidak bekerja. Tidak masalah jika suami telah memiliki asuransi namun Anda ingin menambahkan uang pertanggungan untuk menjamin masa depan anak. Tetapi sebenarnya hal penting yang membuat ibu rumah tangga membutuhkan asuransi jiwa adalah asuransi critical illness.

5-tips-untuk-pemula-agar-anda-tidak-salah-beli-asuransi-jiwa-finansialku

[Baca Juga: 5+ Tips untuk Pemula, Agar Anda Tidak Salah Beli Asuransi Jiwa]

 

Tahukah Anda bahwa wanita memiliki lebih banyak peluang penyakit kritis? Jika tidak memiliki asuransi critical illness suami harus siap membayar biaya pengobatan yang sangat mahal ketika Anda terkena penyakit kritis. Hanya saja asuransi critical illness bukanlah asuransi tunggal. Asuransi ini adalah asuransi tambahan atau yang biasa disebut rider dari asuransi jiwa. Inilah mengapa Anda perlu memiliki asuransi jiwa, dengan begitu Anda dapat menambahkan rider critical illness.

 

#3 Asuransi Lain-Lain

Setelah memiliki asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan asuransi critical illness barulah Moms dapat mementingkan asuransi lainnya. Tidak masalah untuk mementingkan asuransi mobil, rumah, dan asuransi lainnya jika telah memiliki ketiga asuransi di atas. Tetapi jangan lupa untuk mempertimbangkan dengan matang apakah asuransi tersebut memang benar-benar dibutuhkan atau tidak. Semakin banyak proteksi memang terasa semakin aman. Tetapi jika proteksi tersebut tidak memberikan manfaat yang sepadan dengan biaya yang dibayarkan maka tidak ada gunanya. Akhirnya pembayaran premi terus-menerus hanya akan menyulitkan keuangan Anda tanpa memberikan manfaat yang berguna.

 Bisnis Online Buat Ibu Rumah Tangga Lebih Produktif - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 [Baca Juga: Ibu Rumah Tangga Harus Mengenal Perencanaan Keuangan]

 

Sebaiknya Membeli Asuransi Sesuai Prioritas

Ibu rumah tangga seringkali merasa khawatir akan segala sesuatu, misalnya saja terhadap mobilnya. Karena takut harus membayar biaya yang mahal jika mobil rusak, asuransi mobil menjadi hal yang diprioritaskan. Sayangnya seringkali Moms tidak menyadari bahwa diri sendiri adalah aset yang paling berharga dibandingkan dengan aset-aset lainnya. Pada akhirnya tidak akan ada gunanya mengasuransikan aset jika Anda sendiri tidak terlindungi. Karena itu belilah asuransi sesuai prioritas yang tepat. Jangan sampai Anda mengutamakan asuransi yang sebenarnya bersifat sekunder.

 

Moms, sekarang sudah tahukan mana yang lebih penting, asuransi mobil atau asuransi diri? Silakan berikan komentar dan tanggapan pada kolom di bawah ini! Semoga bermanfaat.

 

Sumber Gambar:

  • Ibu dan Anakhttps://goo.gl/JZTx9p

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang