Kanal youtube Calon Sarjana menghilang, apakah sudah benar-benar di-banned oleh Youtube? Memangnya ada apa ya? Simak artikel berikut.

Simak beritanya di artikel Finansialku!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Kanal Youtube Calon Sarjana Di-Banned?

Rabu (22/01) malam lalu, warganet dikagetkan dengan hilangnya kanal youtube Calon Sarjana.

Hal tersebut sempat menghebohkan dan menjadi topik bahasan panas di antara para warganet Indonesia di beberapa platform media sosial, bahkan topik ini sempat menempati kolom trending di twitter.

Sebelum menghilang, kanal dengan 12 juta subscribers ini sempat ramai diperbincangkan oleh warganet karena kasus plagiarisme yang dilakukan oleh tim mereka pada pemilik kanal youtube ‘JT’.

Puluhan video kontennya terbukti oleh warganet mencatut video original dari kanal youtube ‘JT’ dan menggunakan thumbnail yang sama persis dengan kanal youtube ‘JT’.

Akun Youtube Calon Sarjana Hilang, Resmi Di-Banned_ 02

[Baca Juga: Tertarik Jadi Youtuber? Lakukan 9 Langkah Ini (Part 1)]

 

Akun youtube tersebut hanya mengganti judul dan dubbing menjadi bahasa Indonesia.

Karena penemuan ini, tim akun youtube Calon Sarjana akhirnya buka suara melalui akun resmi twitternya, menyampaikan maaf kepada kanal youtube ‘JT’ atas aksi mereka yang telah mencatut konten tanpa mengantongi izin resmi.

Dalam permintaan maafnya itu, mereka juga mengakui bahwa kejadian ini adalah murni kesalahan dari pihaknya karena lalai tidak mencantumkan sumber video. Mereka juga berjanji tidak akan mengulangi kesalahan tersebut.

“Kami dari segenap keluarga besar Calon Sarjana memohon maaf kepada channel youtube ‘JT’ @JTonYoutube, atas kesalahan kami dalam menggunakan ide, dan menggunakan thumbnail serta potongan video tanpa seizin yang bersangkutan.”

 

Pemilik kanal youtube ‘JT’ yang kontennya ‘dicuri’, akhirnya mengambil tindakan lanjutan yaitu melaporkan akun youtube Calon Sarjana dengan harapan akun milik INFIA tersebut dapat dihapus.

Tidak sampai di situ, usahanya untuk menghapus kanal youtube tersebut berlanjut dengan JT menghubungi pemilik kanal youtube lain yang kontennya juga ‘dicuri’ oleh akun youtube ini untuk kemudian sama-sama melaporkan hal tersebut kepada youtube agar bisa dihapus.

Akun Youtube Calon Sarjana Hilang, Resmi Di-Banned_ 03

[Baca Juga: Jadi Financial Freedom Youtuber dengan Penghasilan Miliaran Rupiah?]

 

Sementara alasan kanal youtube ini dihapus, karena youtube memiliki peraturan hak cipta yang diterapkan kepada seluruh pemilik kanal youtube, yaitu:

  1. Laporan pertama, youtube akan membekukan kanal yang dilaporkan selama satu minggu.
  2. Laporan kedua, youtube akan membekukan kanal yang dilaporkan selama dua minggu.
  3. Laporan ketiga, youtube akan menghapus kanal yang dilaporkan.

Atas menghilangnya kanal tersebut dari platform youtube, menimbulkan berbagai reaksi dari beberapa akun warganet di twitter, seperti.

“Thank you JT, very cool. Rip in F Calon Sarjana.” Tulis pemilik akun twitter ivrcriyl.

Gaes! Calon Sarjana akhirnya wisuda, selamat ya…” Tulis pemilik akun twitter SamberRejeki

Amati – Tiru – Modifikasi. Plagiat = Haram. Calon Sarjana.” Tulis pemilik akun twitter KemanaCom

“Channel Calon Sarjana dihapus karena dia udah wisuda.” Tulis pemilik akun jhnsptr05

 

‘Pindah’ ke Kanal Baru

Dihapusnya kanal youtube tidak menghentikan langkah timnya untuk membuat konten.

Warganet menemukan fakta terbaru soal pergerakan tim kanal youtube ini. Faktanya, mereka ternyata memiliki akun back-up bernama ‘Calon Ilmuwan.’

Kepada kanal youtube Calon Ilmuwan itu lah konten-konten yang sebelumnya sudah dibekukan, dipindahkan ke kanal youtube Calon Ilmuwan yang memiliki subscriber lebih sedikit, sekira 2 juta pengguna.

Beberapa warganet yang khawatir tim yang termasuk ke dalam perusahaan kreatif INFIA ini kembali berulah, melaporkan kejadian ini melalui akun twitter pribadi mereka dengan membalas cuitan akun resmi JT di twitter.

Pada November tahun lalu, ketika berita plagiarisme ini muncul, komedian sekaligus produser, Ernest Prakarsa, sempat memberikan cuitannya mengenai masalah ini.

“Seriusan YouTube Calon Sarjana itu kerjaannya Infia juga? Itu perusahaan enggak bisa dipenjara ya bosnya? Kok enak banget. Dulu Dagelan sudah nyomot-nyomot konten orang seenaknya, sekarang malah bikin malu satu negara. Bangke amat,”

 

Hingga saat ini, belum ada keterangan dan konfirmasi resmi dari pihak perusahaan maupun tim akun youtube terkait mengenai temuan terbaru warganet ini.

 

Jangan khawatir akan ketinggalan informasi, karena Finansialku juga memiliki kanal YouTube yang informatif mengenai keuangan hingga lifestyle seperti salah satunya adalah video di bawah ini.

Telusuri video seru, inspiratif, dan informatif  lainnya di kanal Youtube Finansialku.com ya..

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Untuk Mahasiswa

Ebook Mahasiswa

Download Ebook Sekarang

 

Tidak ada yang akan membatasi manusia untuk menciptakan konten kreatif. Tapi jangan lupa untuk menghormati para creator dengan tidak mencatut secara illegal karya yang lebih dulu dibuatnya.

Kasus panas ini masih menjadi topik utama perbincangan warganet di berbagai media sosial. Bagaimana menurut Anda? Apakah YouTube harus menghapus seluruh kanal yang serupa?

 

Sumber Referensi:

  • Pengguna Twitter. 22-23 Januari 2020.
  • Admin. 23 Januari 2020. Akun Youtube Calon Sarjana Tiba-tiba Menghilang. Di-Suspend?. Indozone.com – http://bit.ly/2RGmwPn
  • Admin. 23 Januari 2020. Inilah Alasan Kenapa Channel Youtube Calon Sarjana Dimusnahkan!. Indozone.com – http://bit.ly/36mDw2i
  • Muhammad Faisal. 22 Januari 2020. Calon Sarjana Menghilang! Kemanakah Mereka Sekarang?. Nawalakarsa.id – http://bit.ly/2umJDXc
  • Admin. 23 Januari 2020. Viral, Calon Sarjana di Banned. Fokusmuria.co.id – http://bit.ly/38tJTm3
  • Fuad Hasan. 22 Januari 2020. Kenapa Channel Youtube Calon Sarjana Menghilang. Antero.co – http://bit.ly/2RHs7Vz

 

Sumber Gambar:

  • Kanal Youtube diBanned 01 – http://bit.ly/2RJYHGi
  • Kanal Youtube diBanned 02 – http://bit.ly/3aBuVw8
  • Kanal Youtube diBanned 03 – http://bit.ly/2GhbRFq