Financial Freedom Youtuber: Udah tahu dong penghasilan para Youtuber itu bisa mencapai miliaran Rupiah kayak Atta Halilintar, Raffi Ahmad dan Kevin Hendrawan?

Mau kepoin gimana caranya mereka dapat financial freedom Youtuber?

Yuk simak rubrik berikut ini dan kalau mereka bisa, kamu pun bisa seperti mereka!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Sukses Jadi Financial Freedom Youtuber

Di era milenial dengan perkembangan dunia teknologi yang semakin maju, menghasilkan uang dari ladang online sudah tak asing lagi. Berkat internet, mereka yang tidak punya lapak alias toko fisik dapat berjualan dan menghasilkan pundi-pundi rezeki.

Banyak lahan pekerjaan yang dihasilkan melalui perkembangan internet, dari mulai berdagang online, jadi artis media sosial seperti selebgram, mengulas sesuatu yang lagi nge-hits lewat blog hingga membuat review suatu tempat/barang/hobi seperti vlogger atau youtuber.

Kaya dengan Menjadi Artis YouTube (YouTubers) - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Begini Lho Rahasia dan Strategi Atur Keuangan Hobi Tanpa Menyiksa Kantong]

 

Tak jarang banyak orang berbondong-bondong meninggalkan pekerjaan mereka dan fokus dalam bisnis atau usaha mereka di bidang online. Hasil dari keuntungan melakukan bisnis via online memang bisa dibilang fantastis.

Contohnya saja Atta Halilintar sang King of Youtuber yang berpenghasilan antara Rp300 juta hingga Rp5 miliar per bulannya dengan 10,6 juta subscribers dan viewers dalam satu video mencapai 5 juta.

Di Indonesia sendiri, ada banyak artis Youtuber yang juga berpenghasilan dari yang jutaan, ratusan juta hingga miliaran rupiah, lho.

Sebut saja Ria Ricis yang penghasilan per bulannya antara Rp300 juta hingga Rp3 miliar dan Raditya Dika dengan penghasilan antara Rp100 juta hingga Rp1,5 miliar.

 

Penghasilan Youtuber Fantastis, Dari Mana Asalnya?

Youtube memang sudah menjadi salah satu media sosial yang digunakan banyak orang untuk menghasilkan pundi-pundi rezeki. Lantas dari mana ya penghasilan para Youtuber itu berasal?

Apakah kamu juga tertarik menghasilkan uang dengan menjadi Youtuber bahkan mengalami financial freedom sebagai seorang Youtuber?

For Fun Sudah Tahu 15+ Fakta Unik YouTube 03 Connection YouTube - Finansialku

[Baca Juga: Sudah Mengatur Keuangan dengan Benar? Jika Anda Saat Ini Berusia 20-an Akhir, Maka Seharusnya Anda Sudah Melakukan Ini]

 

Tahukah kamu bahwa penghasilan para Youtuber itu berasal dari 3 pihak?

Yakni dari perusahaan Youtube itu sendiri, pihak ketiga yang merupakan perusahaan komersial yang ingin produk usahanya dipromosikan, dan satu lagi dari penjualan barang atau jasa yang dijual oleh Youtuber itu sendiri.

Ulasan lebih lengkap, yuk kita kepo-in pembahasan berikut ini, dari mana aja ya penghasilan para Youtuber?

 

#1 Financial Freedom Youtuber dari Youtube AdSense

Setiap bulannya, pihak Youtube akan membagikan komisi kepada para pemilik channel Youtube guna mendukung biaya operasional para Youtuber yang secara rutin meng-upload atau mengunggah video ke website Youtube.

Bagi para Youtuber, mereka tidak menerima gaji atau tunjangan, melainkan pembagian komisi yang berasal dari Youtube ads atau iklan dari para klien pengiklan yang disematkan oleh pihak Youtube dalam setiap video sang pemilik akun.

Istilah keren yang digunakan bagi mereka yang sudah lama bergelut dalam dunia industri kreatif Youtube adalah AdSense. Kamu tentu pernah dengar kata itu bukan?

Jika kamu akan mencelupkan diri pada bisnis online terutama lewat Youtube, kamu akan akrab dengan kata AdSense ini.

Tentunya semua kebijakan dan regulasi atau peraturan telah tertuang sedemikian rupa sehingga para content creator dapat menghasilkan pundi-pundi keuntungan berdasarkan jumlah dari penonton yang menonton atau mengakses iklan dari unggahan video mereka.

Intinya, semakin banyak jumlah penonton yang melihat iklan bahkan hingga meng-klik iklan yang ada, maka akan semakin banyak juga pendapatan yang akan diterima oleh pemilik akun Youtube tersebut.

Anak 8 Tahun ini Bisa Dapat 13 Miliar dari Bisnis Video YouTube, Masa Kita Kalah - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Peluang Bisnis Menggiurkan Ternak Ayam Kampung, Begini Cara Memulainya!]

 

Jika kamu seorang Youtuber sukses dan mampu menghasilkan duit miliaran rupiah, bakal diapain ya duit kamu itu? Udah punya tujuan keuangan sesuai usiamu belum?

Kalau belum, segera unduh secara gratis Panduan Perencanaan Keuangan Sesuai Usia dari Finansialku berikut ini dan alokasikan uangmu untuk mencapai tujuan keuanganmu.

 

#2 Financial Freedom Youtuber dari Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah sebuah hubungan saling menguntungkan antara perusahaan komersial dan Youtuber itu sendiri. 

Biasanya komisi yang diterima oleh para Youtuber didapatkan dari setiap perusahaan yang berafiliasi atau nama brand (merek) tertentu seperti perusahaan e-commerce dengan produk yang mereka pasarkan.

Untuk melakukan afiliasi atau kerja sama ini, pertama-tama yang harus dilakukan adalah membuat kesepakatan kerja sama antara pihak e-commerce dengan pemilik akun Youtube yang bersangkutan.

Berkembang Pesat, Pemerintah Bentuk Aturan Baru untuk Dongkrak Pendapatan dari e-commerce 01 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan, Tanpa Merusak Keuangan Perusahaan]

 

Setelah kedua belah pihak telah sepakat, pemilik akun Youtube tersebut akan mempromosikan produk (barang atau jasa) yang diproduksi oleh perusahaan yang bersangkutan ke dalam setiap video yang diunggah oleh Youtuber.

Youtuber akan memberi info kepada viewers mengenai kode promo tertentu untuk diskon atau potongan harga.

Jika kode tersebut dimasukkan oleh viewers yang menjadi pembeli saat melakukan transaksi atau berbelanja produk perusahaan yang berafiliasi dengan Youtuber, maka kode tersebut menjadi penanda bahwa Youtuber telah berhasil mendapatkan 1 pembeli dari akun Youtube-nya.

Cara lain disamping kode promosi adalah melalui link yang dibagikan atau diletakkan di sekitar deskripsi video.

Jika viewers meng-klik link tersebut, maka identitas sang Youtuber tercatat telah menghasilkan pembeli baru.

Dengan demikian, semakin banyak orang yang menggunakan kode promo atau link tersebut, maka semakin banyak juga uang yang dihasilkan oleh sang pemilik akun Youtube tersebut.

 

#3 Financial Freedom Youtuber dari Endorsement

Umumnya, para Youtuber yang telah naik daun akan kebanjiran job untuk menjadi duta iklan atau endorser sebuah produk tertentu.

Penghasilan dari sisi endorsement sendiri adalah yang paling umum yang didapatkan oleh para Youtuber sehingga meroketkan penghasilan mereka.

Pernah lihat artis Youtuber memperkenalkan produk barang atau jasa dari sebuah perusahaan tertentu melalui akun Youtube mereka? Terkadang produk yang mereka iklankan memiliki keterkaitan dengan konten yang sedang mereka garap.

Ini biasa disebut sebagai endorsement meski istilah ini biasanya melekat pada artis selebgram, tapi tak menutup kemungkinan juga para Youtuber mendapatkan job dari endorsement ini.

Mengatur Keuangan Selebgram 02 Zoe Sugg - Finansialku

[Baca Juga: Apa Itu Jasa Konsultasi Perencana Keuangan? Dimana Carinya? Dan Apakah Menguntungkan?]

 

Sudah tahu pentingnya jasa perencana keuangan pribadi? Mereka adalah orang-orang yang ahli di bidang perencanaan keuangan yang dapat menolongmu untuk merencanakan tujuan keuanganmu dan mencapainya.

Miliki Konsultan Perencana Keuangan Pribadi yang terpercaya hanya dengan berlangganan Aplikasi Finansialku Mode PREMIUM (Rp350.000/tahun) dan kamu dapat dengan leluasa berkonsultasi serta memilih sendiri Perencana Keuangan Finansialku yang bisa kamu ajak curhat seputar masalah keuanganmu.

Pakai Kode Promo: POTONG50RIBU ya supaya lebih hemat!

 

#4 Financial Freedom Youtuber dari Berjualan

Selain dari Youtube AdSense, Endorsement dan Afilliate Marketing, seorang Youtuber juga bisa mendapatkan penghasilan dari produk barang atau jasa yang ia jual sendiri.

Tapi, cara ini biasanya dilakukan oleh para perusahaan besar yang menghasilkan produk mereka sendiri. Bagi para personal Youtuber, cukup jarang mereka berjualan barang mereka sendiri,

Walau demikian, ada juga artis Youtuber yang telah mengiklankan barang atau produk mereka sendiri seperti Raffi Ahmad yang mengiklankan produk pakaiannya bernama RA dan juga Atta Halilintar melalui merek AHHA.

Tak jarang para viewers atau fans dari Youtuber tersebut ingin membeli barang yang dipakai oleh idolanya tersebut.

Mengintip Segudang Bisnis Raffi Ahmad dan Nagita, Ini Rahasianya! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Online Pajak, Platform yang Mempermudah Wajib Pajak Dalam Melaksanakan Kewajiban Perpajakan]

 

Bayangkan dirimu jadi financial freedom Youtuber, bakal dikemanain ya uang-uang yang udah kamu hasilkan? Udah kepikiran buat persiapkan dana pensiun?

Coba selamatkan uangmu dari inflasi dengan berinvestasi dan pelajari bagaimana berinvestasi lewat E-Book Gratis Panduan Berinvestasi Untuk Pemula dari Finansialku berikut ini:

 

Cara Hitung Penghasilan Youtuber dari AdSense, Affiliate Marketing dan Endorsement

Lantas, gimana ya cara menghitung pendapatan yang diterima oleh para Youtuber sukses itu?

 

#1 Perhitungan Penghasilan Youtuber dari CPM & CPC

Menghitung jumlah komisi yang didapatkan oleh Youtuber dari akun Youtube mereka setidaknya ada 2 indikator yang dapat digunakan, yaitu CPM (Cost Per Mile) dan CPC (Cost Per Click).

CPM (Cost Per Mile) adalah penghasilan yang diterima Youtuber setiap 1000 (seribu) kali penayangan iklan di seluruh video akun Youtuber yang bersangkutan dengan nominal sekitar Rp7.000 untuk setiap 1000 penayangan iklan (harga di Indonesia).

For Fun Sudah Tahu 15+ Fakta Unik YouTube 06 Youtube Viewers - Finansialku

[Baca Juga: Jarang Diketahui Orang! Ini Rahasia Meraih Kebebasan Keuangan Sebelum Pensiun]

 

Sedangkan CPC (Cost Per Click) adalah penghasilan yang akan diterima Youtuber untuk setiap viewer yang meng-klik iklan yang tayang dalam video akun Youtuber tersebut dengan nominal antar Rp5.000 hingga Rp12.000.

Penghasilan tersebut akan didapatkan oleh Youtuber yang memiliki penambahan jumlah subscriber 1000 setiap tahun terakhir dan menayangkan video yang telah ditonton selama 4000 jam oleh para viewers dalam setahun ke belakang.

 

#2 Perhitungan Penghasilan Youtuber dari Affiliate Marketing

Perhitungan penghasilan yang didapat Youtuber dari Affiliate Marketing biasanya akan bervariasi tergantung dari kesepakatan dengan perusahaan komersial yang bersangkutan.

Untuk perkiraan persentase berkisar antara 0,1 hingga 10 persen dari setiap produk yang berhasil terjual melalui penayangan iklan di akun Youtuber yang bersangkutan.

Semakin terkenal seorang Youtuber di kalangan masyarakat terutama pengguna sosial media, tentu mereka akan bisa menjual banyak barang dengan margin yang lebih tinggi.

Bagaimana Cara Membuat Beauty Vlog YouTube Terbaik 01 - Finansialku

[Baca Juga: Orangtua WAJIB Mengajarkan Anak Supaya Bisa Mengelola Keuangan Sejak Dini]

 

Punya penghasilan hingga miliaran rupiah seperti Youtuber juga gak bakal pernah cukup, lho, kalau kamu gak melakukan hal paling sederhana dari kebiasaan mencatat arus keuangan harianmu.

Gak usah ribet untuk mencatat arus kas harianmu dengan bantuan dari Aplikasi Finansialku yang bisa kamu akses dari gadget pintarmu.

Unduh secara gratis dari Google PlayStore atau registrasi di sini dan miliki asisten keuangan pribadi yang bisa mengingatkanmu untuk setiap pengeluaran yang sudah melebihi anggaran bulanan.

Kamu juga bisa konsultasi dengan Perencana Keuangan Profesional Finansialku, lho, dengan berlangganan mode PREMIUM Aplikasi Finansialku. Gunakan Kode Promo: POTONG50RIBU ya supaya lebih hemat dan ekonomis!

 

#3 Perhitungan Penghasilan Youtuber dari Endorsement

Penghasilan yang didapat oleh Youtuber dari endorsement ini pun tergantung dari kesepakatan antara pihak yang meng-endorse. Biasanya, jumlah subscriber menjadi penentu dari nominal yang akan diterima oleh Youtuber.

Kisaran nominalnya antara ratusan juta rupiah jika subscriber-nya seperti Atta Halilintar dan para Youtuber lainnya yang berpenghasilan fantastis.

Penghasilan Youtuber 06 Raditya Dika - Finansialku

[Baca Juga: Mau Terlindungi & Punya Jaminan Hari Tua? Ini Persyaratan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan!]

 

Udah kepikiran buat persiapkan dana pendidikan anak? Bingung mau dari mana dananya? Persiapkan dari sekarang dengan E-Book Gratis Panduan dari Finansialku berikut ini:

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Cek Penghasilan Youtuber Lewat Socialblade

Buat kamu yang penasaran dengan penghasilan fantastis para Youtuber, kamu bisa cek nama-nama Youtuber ini termasuk estimasi penghasilan mereka tiap bulan bahkan tiap tahunnya lewat situs socialblade.

Catatan: US$1 = Rp14.055,7

 

#1 Penghasilan Youtuber: Atta Halilintar

WOW!! Jadi Financial Freedom Youtuber dengan Penghasilan Menembus MIliaran Rupiah, Siapa Yang Ga Mau_!_ 02 - Finansialku

[Baca Juga: Rahasia dan Kunci Sukses Mengatur Keuangan Untuk Pasangan Suami Istri]

 

Dari hasil kepo melalui situs Socialblade, kita bisa lihat kalau Atta Halilintar bisa menghasilkan sekitar US$26,6 ribu hingga US$425,3 ribu setiap bulannya atau setara dengan Rp373 juta hingga Rp5 miliar dengan jumlah subscriber mencapai lebih dari 18 juta.

 

#2 Penghasilan Youtuber: Raffi Ahmad Nagita Slavina Lovers

WOW!! Jadi Financial Freedom Youtuber dengan Penghasilan Menembus MIliaran Rupiah, Siapa Yang Ga Mau_!_ 03 - Finansialku

[Baca Juga: Keuangan 2019: Memaksimalkan Penghasilan Tambahan dari Rumah]

 

Dari data di atas, channel Youtube dari Raffi Ahmad Nagita Slavina Lovers menghasilkan pendapatan setiap bulannya mencapai US$7,3 ribu atau setara dengan Rp102 juta.

Kamu bisa cek estimasi pendapatan para Youtuber lainnya baik dalam maupun luar negeri melalui situs tersebut.

 

#3 Penghasilan Youtuber: Kevin Hendrawan

WOW!! Jadi Financial Freedom Youtuber dengan Penghasilan Menembus MIliaran Rupiah, Siapa Yang Ga Mau_!_ 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Cara Cerdas Karyawan Memulai Bisnis Tanpa Mengabaikan Pekerjaan Utama]

 

Artis sekaligus Youtuber yang pernah nge-vlog bareng Presiden Jokowi dan sempat mengulas tentang Ekspedisi Segaris ini memiliki subscriber sebanyak 1,5 juta dengan 475 konten video yang telah diunggah.

Kevin Hendrawan mampu menghasilkan pundi-pundi setiap bulannya dari channel Youtube-nya hingga US$19,5 ribu atau setara dengan Rp273 juta.

 

Tertarik Jadi Youtuber?

Nah, itu dia ulasan mengenai penghasilan yang didapatkan oleh para artis Youtuber yang begitu fantastis.

Tertarik untuk jadi Youtuber dan menghasilkan pundi-pundi yang luar biasa melimpahnya? Tentu tidak semudah membalikkan tangan.

Para konten kreatif tersebut tentu membuat konten semenarik mungkin dan menyajikan tayangan-tayangan yang memperlihatkan totalitas mereka sehingga apa yang telah mereka usahakan sepadan dengan penghasilan yang mereka dapatkan.

 

Kira-kira jika kamu menjadi konten kreatif Youtube atau seorang Youtuber, kira-kira konten apa yang menurut kamu menarik untuk dibahas dan mampu menghasilkan viewers bahkan dibanjiri oleh subscriber yang banyak?

Tuliskan komentar dan tanggapanmu pada kolom di bawah ini ya!

Kamu dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

 

Sumber Referensi:

  • Fitriana Monica Sari. 15 Februari 2019. 10 YouTuber Indonesia Berpenghasilan Fantastis, Siapa Saja? Liputan6.com – https://bit.ly/2T9INpf
  • Christantio Utama. 30 Mei 2019. Berapa sih Gaji Youtuber dan Gimana Cara Menghitungnya? Moneysmart.id – https://bit.ly/2Kcr6Cc
  • Teaching Financial Freedom. How to Make Money Online: 10 Realistic Ways on How to Make Money Online. Teachingfinancialfreedom.com – https://bit.ly/330lMcB
  • Indravedia. Bagaimana Cara Youtubers Menghasilkan Uang dari Youtube? Indravedia.com – https://bit.ly/2KbomVT
  • Socialblade. Atta Halilintar. Socialblade.com – https://bit.ly/2YjLRF5
  • Socialblade. Raffi Ahmad Nagita Slavina Lover. Socialblade.com – https://bit.ly/2Yzep8B
  • Socialblade. Kevin Hendrawan. Socialblade.com – https://bit.ly/2YzkHcl

 

Sumber Gambar:

  • Youtubers – http://bit.ly/2YJdibB
  • Atta Halilintar Socialblade – https://bit.ly/2YjLRF5
  • Raffi Nagita Socialblade – https://bit.ly/2Yzep8B
  • Kevin Hendrawan Socialblade – https://bit.ly/2YzkHcl