Melakukan hobi adalah salah satu cara untuk lepas dari kebosanan dan tekanan, tetapi banyak yang karena masalah ekonomi, terpaksa melepaskan hobi mereka. Inilah strategi atur keuangan hobi Anda!

Pada artikel ini, Anda akan diajak untuk mengubah strategi keuangan lama dengan strategi baru agar keuangan hobi Anda dapat berjalan dengan lebih lancar.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Strategi Atur Keuangan Hobi

Memiliki hobi adalah hal yang lumrah dan sebenarnya dibutuhkan oleh setiap orang. Tanpa hobi, seseorang akan tertekan psikologisnya karena tuntutan pekerjaan dan tanggung jawab.

Untuk menyeimbangkan tekanan tersebut, seseorang membutuhkan hobi untuk menyalurkan stres mereka. Tetapi, melakukan hobi juga membutuhkan biaya dan biaya ini seringkali menjadi hambatan seseorang dapat menikmati hobi mereka.

Dibutuhkan pengelolaan keuangan yang bijak untuk dapat menyalurkan hobi tanpa harus merugikan kebutuhan lainnya.

Jangan khawatir karena di bawah ini terdapat 5 strategi yang dapat membantu Anda mengatur keuangan dengan baik.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#1 Susun Anggaran untuk Hobi

Agar keuangan Anda sehat, Anda harus memiliki anggaran untuk masing-masing kebutuhan. Salah satunya adalah anggaran untuk hobi. Anggaran untuk hobi harus disusun serupa dengan anggaran untuk kebutuhan lainnya.

Yang pertama adalah prioritaskan kebutuhan dasar seperti biaya hidup sehari-hari, pembayaran cicilan, investasi dan tabungan, serta dana darurat.

Begini Lho Rahasia dan Strategi Atur Keuangan Hobi Tanpa Menyiksa Kantong 02 Hobi 2 - Finansialku

[Baca Juga: Punya Hobi Mahal Koleksi Drone? Ini Dia Cara Mengelola Keuangannya!]

 

Setelah Anda menyisihkan anggaran untuk hal tersebut, sisanya dapat dialokasikan untuk keuangan hobi. Anggaran hobi ini sebaiknya dipisahkan dengan anggaran lain.

Alasannya, agar Anda tahu berapa dana yang Anda habiskan dan Anda miliki. Selain itu, dengan memisahkan anggaran untuk hobi, dana untuk kebutuhan primer tidak akan terganggu.

Yang kedua adalah susun rencana penggunaan uang tersebut.

Sebagai contoh, Anda gemar fotografi, maka Anda harus menyusun, berapa uang yang harus Anda alokasikan untuk lensa, berapa yang harus Anda gunakan untuk ditabung untuk membeli kamera baru dan lain sebagainya.

Jika Anda membutuhkan referensi cara menganggarkan keuangan dan mengelola keuangan dengan tepat, Anda dapat membaca ebook di bawah ini secara gratis.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

#2 Batasi Anggaran Hobi yang Berlebihan

Tidak sedikit orang yang demi hobi, rela menghabiskan seluruh uangnya. Belum lagi jika hobi tersebut membutuhkan biaya besar, seperti hobi koleksi sepeda motor atau hobi mengoleksi jam tangan.

Pembengkakan biaya juga sering terjadi karena “lapar mata”, Anda tidak benar-benar menyukai barang tersebut tetapi tetap saja dibeli karena sifat belanja yang impulsif.

Selama pendapatan masih lebih besar dibandingkan pengeluaran, hal tersebut masih lumrah.

Akan tetapi, jika pengeluaran untuk hobi melebihi pendapatan dan membuat pembiayaan kebutuhan lain tertunda, maka hobi tersebut sudah menjadi racun untuk finansial keluarga Anda.

Begini Lho Rahasia dan Strategi Atur Keuangan Hobi Tanpa Menyiksa Kantong 03 Hobi 3 - Finansialku

[Baca Juga: Punya Hobi Olahraga Mahal Seperti Bermain Golf? Wujudkan Tanpa Merusak Keuangan]

 

Agar keuangan keluarga dapat tetap lancar, Anda harus dapat mengontrol diri dalam belanja dan memperhatikan barang mana yang benar Anda sukai dan mana yang tidak.

Selain itu, Anda harus membatasi anggaran hobi. Mulai dengan tahap pertama yaitu menyusun anggaran hobi. Kemudian tentukan batas anggaran misalnya setiap bulan hanya 10% dari total penghasilan yang dapat disalurkan ke hobi.

Membatasi anggaran harus dilakukan di awal, jangan Anda menghabiskan uang untuk hobi baru kemudian membatasi anggaran tersebut.

Berikan limit yang pantas untuk keuangan hobi dan pastikan bahwa seluruh kebutuhan lain telah terpenuhi baru Anda mengalokasikan dana sisa untuk hobi.

 

#3 Uangkan Hobi

Tidak selamanya hobi menghabiskan uang, hobi ternyata juga dapat menjadi tambahan atau bahkan sumber penghasilan. Dengan kecanggihan teknologi dan terbukanya pasar ekonomi, peluang bisnis semakin terbuka.

Memanfaatkan fasilitas ini sekaligus bekerja dengan cermat dapat membuat hobi Anda sebagai bisnis yang sukses. Menjadikan hobi sebagai bisnis adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menguangkan hobi.

Jika Anda gemar fotografi, Anda dapat bekerja sebagai freelance photographer untuk akun sosial media atau bahkan fotografer pernikahan.

Anda pun dapat memanfaatkan kemudahan internet untuk menjadikan hobi sebagai tambahan penghasilan. Misalnya Anda gemar menulis, maka Anda dapat menjadi blogger atau penulis lepas waktu.

Tidak semua bisnis membutuhkan modal besar, buktinya banyak sekali bisnis yang dapat berjalan bahkan dengan modal Rp0. Selain itu, dengan ketekunan dan kerajinan, sebuah bisnis pasti akan mendatangkan keuntungan.

Manfaat tambahannya adalah Anda dapat mengerjakan hal yang Anda benar-benar sukai dan tidak semua orang mendapatkan keistimewaan tersebut. Hobi yang menjadi pekerjaan tidak akan terasa seperti tanggung jawab, melainkan keinginan.

 

#4 Jangan Menggunakan Utang untuk Membiayai Hobi

Memiliki utang bukanlah hal yang salah, tetapi jika utang digunakan untuk hal yang salah, maka berutang dapat merusak kesehatan finansial Anda. Berutang demi hobi adalah hal yang kurang tepat.

Jika Anda berutang, maka Anda harus membayar pokok pinjaman beserta bunga pinjaman. Jika Anda telah memiliki anggaran untuk hobi, maka bunga pinjaman ini harus dibayar dengan mengurangi biaya kebutuhan lainnya.

Hal ini akan berdampak buruk pada keseluruhan finansial keluarga Anda.

Tidak berutang juga berarti Anda tidak boleh menggunakan kartu kredit untuk membiayai hobi. Kartu kredit seharusnya menjadi sarana untuk kebutuhan dana darurat.

Begini Lho Rahasia dan Strategi Atur Keuangan Hobi Tanpa Menyiksa Kantong 04 Kartu Kredit - Finansialku

[Baca Juga: Jurus Ampuh Mengatur Keuangan Bagi Orang yang Hobi Koleksi Kendaraan]

 

Penggunaan kartu kredit sangat praktis dan mudah, walaupun begitu hal tersebut dapat berbahaya. Jika Anda sudah sekali menggunakan kartu kredit untuk hobi, maka besar kemungkinan Anda akan menggunakannya lagi karena kemudahan tersebut.

Jika Anda bergantung pada utang untuk membiayai hobi, pada akhirnya Anda akan sengsara bukan senang karena hobi.

Jika Anda membutuhkan tambahan biaya, Anda dapat mencari tambahan ekstra, salah satunya adalah dengan cara di atas, yaitu mencari uang dengan hobi. Anda pun dapat mencari pekerjaan tambahan atau tambahan penghasilan.

 

#5 Bergabung dengan Komunitas Hobi Serupa

Berkumpul dengan orang yang memiliki hobi serta interest yang sama tentu akan sangat menyenangkan. Salah satu caranya adalah dengan bergabung dengan komunitas hobi tertentu.

Di dalam komunitas ini, Anda akan mendapatkan teman baru, serta informasi dan saling bertukar pikiran.

Komunitas ini juga dapat membantu Anda memberikan opini mengenai cara untuk membiayai hobi dan bertukar pengalaman mengenai cara pengaturan finansial yang tepat.

 

Taat pada Rencana yang Telah Tersusun

Agar keuangan Anda menjadi lebih baik, Anda harus taat pada rencana yang telah Anda susun. Tanpa realisasi, maka hobi Anda tidak akan terwujud.

Dengan memprioritaskan kebutuhan utama dan menyalurkan anggaran yang tepat untuk hobi, maka Anda tidak akan mengalami kebocoran anggaran.

Apakah Anda sudah menganggarkan dana untuk hobi Anda? Jika belum, Anda dapat menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk menganggarkan dan mengelola keuangan Anda.

Anda dapat dengan mudah download Aplikasi Finansialku di Google Play Store atau melalui link di bawah ini. Selamat mencoba.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Apakah Anda memiliki hobi dan ingin melakukannya tanpa perlu stres memikirkan pembiayaannya?

Dengan membaca artikel ini, diharapkan Anda mendapatkan inspirasi cara untuk mengatur keuangan hobi agar dapat berjalan seimbang dengan kebutuhan lainnya.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Agustina Melani. 17 Februari 2016. 7 Strategi Atur Keuangan untuk Hobi. Liputan6.com – https://goo.gl/jVUhiW

 

Sumber Gambar:

  • Hobi – https://goo.gl/syfR47
  • Hobi 2 – https://goo.gl/WZKykz
  • Hobi 3 – https://goo.gl/SWFN5V
  • Kartu Kredit – https://goo.gl/vHCE6R