Setiap orang memiliki hobinya masing-masing, mulai dari membaca, nonton film, hingga traveling ataupun mengoleksi barang.

Dari berbagai macam hobi ini, ternyata ada beberapa hobi yang dapat dikategorikan sebagai hobi mahal lho.

Misalnya saja mengoleksi action figure, barang-barang klasik, dan juga kamera drone.

Lalu, bagaimana caranya mengatur keuangan jika Anda termasuk salah satu orang yang memiliki hobi mahal?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Drone, Kamera Masa Kini

Memiliki hobi mahal memang sah-sah saja, apalagi jika tidak merugikan orang lain.

Namun, jika tidak dikelola dengan baik justru hobi tersebut bisa merugikan diri sendiri.

Oleh karena itu, butuh pengelolaan keuangan yang bijak agar hobi Anda tetap bisa terakomodasi tanpa merugikan kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, mengoleksi drone bisa jadi bukan lagi sekedar hobi, tapi juga kebutuhan.

Dengan memiliki drone, Anda bisa mengeksplorasi berbagai hasil foto dan menampilkan jepretan yang lebih mengagumkan.

Namun, bukan rahasia lagi bahwa harga satu buah peralatan drone cukup menguras kantong. Drone yang paling murah saja dibanderol dengan harga jutaan rupiah.

Sementara, jika Anda ingin memiliki drone dengan kualitas terbaik, Anda harus merogoh kocek hingga puluhan juta rupiah!

Meskipun modal yang harus dikeluarkan tidak sedikit, jika bisa dimanfaatkan dengan baik, mengoleksi kamera drone bisa menjadi hobi yang produktif dan menghasilkan lho!

 

Hobi Mahal yang Menghasilkan

Mengoleksi drone bisa menjadi hobi yang menghasilkan, terutama jika Anda bisa memanfaatkan peluang dengan sebaik-baiknya.

Seiring pergeseran zaman ke arah digital, industri kreatif juga turut berkembang pesat di Indonesia. Bersamaan dengan fenomena ini, kamera drone pun ramai digunakan untuk memproduksi foto dan video yang menarik dan unik.

“Kamera terbang” ini biasanya digunakan jika medan yang akan didokumentasikan sulit untuk dijangkau, misalnya di pantai, tebing, dan lokasi lainnya yang cukup menantang.

Hobi Mahal Koleksi Drone 1 Finansialku

[Baca Juga: Saya Melakukan Hal Ini Untuk Menyiapkan Budget Koleksi Jam Tangan]

 

Jika Anda bisa menghasilkan foto atau film yang menarik dengan menggunakan drone, bukan mustahil karya Anda tersebut akan dibayar. Atau bahkan Anda akan dibanjiri permintaan untuk menjadi pilot drone.

Banyak fotografer yang memanfaatkan kamera drone untuk mendapatkan penghasilan, mulai dari membuat foto dan video pra nikah, dokumentasi perjalanan, promosi objek wisata, hingga dokumentasi acara.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan kamera drone untuk membuat video blog sambil belajar mengenai sinematografi dan editing film.

Selain membantu Anda mengasah hobi dan kemampuan, hal ini juga bisa membantu Anda mengembangkan pekerjaan dan mendapatkan bayaran dari hal tersebut.

 

 

Bayaran dari hobi fotografi ini cukup variatif, Anda bisa mendapatkan tambahan penghasilan mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah per proyek, tergantung kliennya.

Penghasilan yang Anda dapatkan ini bisa Anda tabung kembali untuk mengganti spare part dan meng-upgrade drone yang Anda miliki, bahkan membeli drone baru agar kualitas yang Anda tawarkan semakin maksimal.

 

Cara Membeli Kamera Drone dengan Gaji 3 Juta

Anda khawatir karena memiliki hobi mahal dengan gaji pas-pasan? Tenang! Ada banyak pilihan kamera drone yang bisa Anda beli kok.

Namun, pastikan kamera yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda dan kesanggupan Anda secara finansial ya.

Bagi orang yang memiliki gaji bulanan sekitar 3 juta rupiah, harga kamera drone memang relatif mahal. Tapi, bukan berarti kemungkinan untuk memilikinya tertutup rapat!

Dengan melakukan pengelolaan keuangan yang tepat, Anda tetap bisa memiliki kamera drone meskipun gaji Anda hanya sekitar 3 juta rupiah per bulannya!

Jangan ragu untuk menginvestasikan sebagian dari gaji Anda supaya uang Anda terus bertumbuh!

Sudah paham bagaimana caranya meraih keuntungan tinggi dengan investasi reksa dana? Pelajari dasar-dasar dan kiat sukses investasi reksa dana lewat ebook Panduan Berinvestasi Reksa Dana dari Finansialku! Download sekarang juga, gratis!

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

 

#1 Cari Referensi Harga dan Spesifikasi

Sebelum memutuskan untuk membeli drone, pastikan Anda telah mencari tahu referensi harga dan juga spesifikasi yang ditawarkan.

Ada beragam jenis drone yang beredar di pasaran. Pastikan Anda memilih drone yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, pelajari juga bagaimana spesifikasi mesin dan juga performa yang dimiliki oleh drone tersebut dan pertimbangkan juga cara penggunaannya.

Pastikan Anda memilih drone yang mudah untuk dioperasikan agar hasil foto yang Anda dapatkan bisa maksimal.

Jangan sampai karena sistem pengoperasiannya yang rumit, Anda jadi tidak bisa menggunakan kamera drone dengan nyaman dan hasil foto atau video yang Anda dapatkan jadi tidak maksimal.

 

#2 Kelola Keuangan

Setelah menemukan drone yang menjadi incaran Anda, atur bagaimana pengelolaan uang Anda berikutnya.

Pastikan Anda mengetahui berapa alokasi yang Anda butuhkan untuk bisa membeli kamera drone tersebut. Alokasi dana ini harus Anda buat secara spesifik besaran nominalnya.

Pastikan alokasi dana untuk pembelian drone ini tidak mengganggu alokasi dana dasar yang rutin Anda keluarkan. Misalnya seperti cicilan rumah, tagihan bulanan, dan lain sebagainya.

Hal ini perlu diperhatikan, jangan sampai keinginan Anda untuk membeli kamera drone malah mengganggu kebutuhan dasar lainnya dan malah menjadikan arus keuangan Anda terganggu.

 

#3 Tentukan Metode Pembayaran

Jika Anda memiliki gaji sebesar 3 juta rupiah sebulan, maka kemungkinan terbesarnya Anda tidak dapat membeli drone tersebut secara tunai.

Lalu metode pembayaran apa yang tepat? Anda bisa memilih metode cicilan atau kredit.

Namun, jika Anda tetap ingin membelinya secara tunai, maka Anda bisa bersabar dan menabung hingga nominal yang Anda butuhkan terkumpul seutuhnya.

Hobi Mahal Koleksi Drone 2 Finansialku

[Baca Juga: Apakah Koleksi Action Figure Bisa Dibilang Investasi? Apakah Menguntungkan?]

 

Penentuan metode pembayaran ini juga bisa bergantung kepada tingkat kebutuhan Anda terhadap drone tersebut.

Jika memang butuh dan mendesak, pilihan metode pembayaran dengan kredit atau cicilan lebih rasional untuk dilakukan. Akan tetapi pastikan juga Anda mampu untuk membayar biaya cicilan tersebut setiap bulannya.

Namun jika belum terlalu mendesak, ada baiknya Anda menunda dulu dan memilih untuk menabung hingga dana yang Anda butuhkan terkumpul kemudian baru membelinya secara tunai.

 

#4 Manfaatkan Fitur “Dana Membeli Barang”

Selain itu, jika Anda masih kesulitan menentukan anggaran untuk membeli kamera drone dengan gaji yang Anda miliki, Anda juga bisa menggunakan fitur “Dana Membeli Barang” yang ada di Aplikasi Finansialku.

Fitur ini membantu Anda menentukan besaran dana yang perlu Anda alokasikan untuk membeli barang yang Anda inginkan.

Melalui fitur “Dana Membeli Barang”, Anda akan mendapatkan simulasi perhitungan untuk bisa mendapatkan barang yang ingin Anda beli!

Selain bisa digunakan untuk melakukan simulasi perhitungan membeli drone, Anda juga bisa menggunakan fitur ini untuk membeli barang lain yang Anda perlukan seperti rumah, mobil, dan masih banyak lagi.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Dengan menggunakan fitur “Dana Membeli Barang”, akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan anggaran dan mengelola dana yang Anda miliki saat ingin membeli barang tertentu.

Sudah punya Aplikasi Finansialku? Kalau belum, Anda bisa download aplikasinya sekarang juga di Google Play Store, atau akses langsung aplikasinya di browser Anda dengan mengklik tautan berikut ini.

 

Miliki Hobi yang Produktif

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menggeluti hobi mengoleksi drone?

Jika Anda memiliki hobi lain yang juga mahal seperti hobi yang satu ini, jangan malas untuk mencari celah agar Anda bisa produktif dan menghasilkan pendapatan tambahan.

Percayalah, mendapatkan uang dari menjalani hobi itu akan menjadi kepuasan tersendiri bagi Anda.

Selamat mencoba!

 

Apakah artikel ini informatif dan inspiratif? Jika Anda ingin lebih banyak artikel seperti ini, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar ya! Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Henk Widi. 12 November 2017. Mengenal Drone, Hobi Mahal yang Menghasilkan. Cendananews.com – https://goo.gl/TqturW

 

Sumber Gambar:

  • Drone – https://goo.gl/1ifs7F
  • Drone 2 – https://goo.gl/6GCH7m
  • Drone 3 – https://goo.gl/KFNEQx
Summary
Punya Hobi Mahal Koleksi Drone? Ini Dia Cara Mengelola Keuangannya!
Article Name
Punya Hobi Mahal Koleksi Drone? Ini Dia Cara Mengelola Keuangannya!
Description
Setiap orang memiliki hobinya masing-masing, mulai dari membaca, nonton film, hingga traveling ataupun mengkoleksi barang. Dari berbagai macam hobi ini, ternyata ada beberapa hobi yang dapat dikategorikan sebagai hobi mahal lho.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo