Beli kamera drone dengan gaji Rp3 jutaan? Apakah bisa? Bagaimana caranya?

Jika Anda salah satu pecinta dunia fotografi, tentunya ‘jepretan’ unik yang dihasilkan kamera drone dapat membuat momen menjadi lebih berkesan.

Lalu bagaimana caranya untuk miliki kamera tersebut dengan gaji sebesar Rp3 jutaan?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Miliki Kamera Idaman untuk Momen Berkesan

Dunia fotografi tak henti-henti mendapatkan stimulus baru setiap kemunculan jenis kamera dengan beragam bentuk dan keunggulan.

Setelah kamera yang bisa beroperasi di bawah air, kini hadir kamera dengan baling-baling yang bisa menangkap gambar dari langit. Namanya kamera drone.

Kamera ini tengah menjadi perhatian banyak orang khususnya kalangan fotografer.

Walaupun tergolong baru, sudah banyak komunitas penggemar jenis kamera drone yang terbentuk di Indonesia. Salah satu komunitas pertama di Indonesia bahkan Asia Tenggara yang mewadahi pecinta drone adalah APDI (Asosiasi Pilot Drone Indonesia).

Beli-Kamera-Drone-Gaji-3-Juta-1-Finansialku

[Baca Juga: Hobi Fotografi, Sekedar Koleksi atau Bisa Menghasilkan Uang?]

 

Dengan berbagai kualitas dan harga kamera drone yang semakin bersaing, tidak ada salahnya untuk Anda mempertimbangkan penggunaan kamera tersebut sebagai salah satu gear andalan dalam menangkap momen berkesan, baik memotret atau merekam video, terlebih jika Anda merupakan pelaku bisnis fotografi.

Walaupun harganya terbilang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kamera lainnya, tapi Anda bisa menjadikan kamera drone sebagai salah satu investasi. Karena dalam dunia bisnis fotografi, momen yang ditangkap dari kamera drone mampu meningkatkan rate bisnis tersebut.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Lalu, bagaimana caranya bisa mendapatkan kamera drone dari penghasilan yang hanya Rp3 juta per bulan?

Hal ini kembali pada kedisiplinan Anda dalam mengatur keuangan. Selama Anda benar-benar berusaha keras dan disiplin untuk menyiapkan dananya, maka kamera impian tersebut bisa Anda miliki.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda coba jika ingin membeli kamera drone dengan gaji Rp3 juta per bulan:

 

#1 Cari Referensi Harga dan Spesifikasinya

Ada berbagai macam harga dan kualitas kamera drone yang ditawarkan di pasaran, berbeda harga biasanya berbeda pula kualitas dan spesifikasinya.

Maka dari itu, sebelum Anda membeli kamera tersebut, penting untuk mempelajari hal ini supaya kamera yang Anda inginkan sesuai dengan dana yang dimiliki. Pelajari juga mengenai spesifikasi mesin dan performa mesin.

Selain dari harga belinya, Anda perlu mempertimbangkan cara penggunaannya. Apakah mudah dioperasikan?

Jangan sampai, kamera yang Anda beli tidak bisa digunakan secara maksimal karena pengoperasiannya terbilang rumit.

Anda juga perlu mengetahui cara perawatan serta hal-hal yang perlu diwaspadai saat menangkap momen menggunakan kamera drone, mulai dari jarak kendali, kemampuan terbang, dan medan yang aman untuk menggunakan kamera tersebut.

 

#2 Atur Pengelolaan Keuangan

Setelah Anda mengetahui kisaran harga kamera drone yang Anda inginkan, maka selanjutnya Anda harus mengatur pengelolaan keuangan diri sendiri. Misalnya, mengalokasikan sejumlah besaran dana yang harus disimpan untuk spesifik membeli barang tersebut.

Dalam kehidupan sebagai orang dewasa yang sudah harus mandiri secara finansial tentu banyak tujuan keuangan lainnya bukan? Seperti membeli rumah, membayar tagihan bulanan, dan sebagainya. Karena itu, Anda harus memperhitungkan terlebih dahulu berapa dana yang dibutuhkan untuk mempersiapkan tujuan keuangan utama seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Setelah itu, baru Anda dapat mengalokasikan dana untuk membeli kamera drone yang diinginkan.

 

#3 Tentukan Metode Pembayaran

Nah, setelah Anda telah mengetahui besaran dana yang dialokasikan untuk membeli kamera drone, saatnya tentukan metode pembayaran yang akan digunakan. Apakah tunai atau cicilan?

Jika diasumsikan Anda hanya mengandalkan gaji, maka kemungkinan besar Anda tidak dapat membeli kamera tersebut secara tunai hanya dalam waktu 1 bulan.

Anda tetap bisa membelinya secara tunai kok, asalkan disiplin menabung selama beberapa bulan.

Tetapi jika Anda sangat membutuhkan kamera tersebut dalam waktu dekat, Anda dapat menggunakan fasilitas kredit atau cicilan.

Terbukti Berhasil! Ini Cara Membuat Kartu Kredit Pertama Kali 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Dia Rahasia Mengurus Keuangan Untuk Pekerja Lepas (Freelance)]

 

Namun Anda harus memastikan bahwa dana yang dialokasikan untuk membeli kamera tersebut cukup untuk membayar cicilan bulanan yang telah ditentukan.

Keputusan yang terbaik tergantung dengan kebutuhan Anda. Tidak ada salahnya mengambil cicilan jika Anda memang sangat membutuhkan kamera tersebut atau mendapatkan penawaran yang menarik.

Namun pastikan Anda mampu membayar cicilan yang ditagih setiap bulannya ya. Jika kebutuhan kamera drone tersebut tidak terlalu mendesak, Anda dapat menundanya dan menyiapkan dana yang lebih besar terlebih dahulu agar dapat membelinya secara tunai.

 

5 Kamera Drone Dengan Harga Terjangkau

Melengkapi informasi yang dibagikan dalam artikel ini, berikut adalah lima jenis kamera drone dengan harga terjangkau. Barangkali informasi di bawah ini bisa menjadi referensi dan bahan pertimbangan bagi Anda sebelum membeli kamera drone.

Harga yang dicantumkan merupakan hasil survei dari beberapa toko online ternama di Indonesia dengan rentang harga di bawah Rp10 juta. Check it out!

 

#1 WLtoys Drones V686G FPV

Kamera ini adalah salah satu drone yang paling terjangkau namun dengan kualitas yang cukup baik.

Wltoys drone sudah dilengkapi dengan kamera built in (terpasang), walaupun kualitas kameranya hanya mengusung resolusi 2 megapiksel.

Bagi yang mencari drone dengan harga terjangkau namun cukup memadai, tentu drone ini bisa dijadikan pilihan.

Beli-Kamera-Drone-Gaji-3-Juta-WLtoys-Drones-V686G-FPV-Finansialku

[Baca Juga: Cinta Fotografi? Ketahui Situs Menjual Foto dengan Harga Tinggi]

 

  • Spesifikasi:

Controller: 4 Channel 2,4GHz | Layar:  layar FPV (First Person View) 5,8 GHz Transmision, bisa mengamati langsung tangkapan kamera drone | Kemampuan terbang: 8-10 menit | Kamera: 2Mp 720p | Baterai: 3,7 volt, 780mAH | Jarak kendali: 150 meter | Memori: SD Card

 

  • Harga:

Salah satu kekurangan kamera drone ini mungkin adalah ketiadaan sistem GPS. Meski begitu, Anda tetap memiliki fitur Home, di mana drone akan kembali ke titik semula penerbangan dengan sistem directional, artinya drone akan melakukan manuver berlawanan arah dengan penerbangan awalnya.

Saat ini harga kamera drone ini berada di kisaran Rp 1.600.000.

 

#2 Syma RC Quadcopter X8G

Dengan harga cukup terjangkau, Syma X8G ini memiliki beberapa fitur yang cukup mumpuni, lho! Fitur andalan dari kamera drone ini antara lain kamera 5 megapiksel yang cukup bisa diandalkan untuk dipakai memotret ataupun merekam video, untuk video sendiri kualitasnya mencapai 1080p.

Syma X8G dilengkapi dengan sistem kontrol penerbangan 6 axis yang menjamin kestabilannya saat terbang, serta headless mode sehingga Anda tak perlu sibuk-sibuk memastikan posisi drone tepat bagian depan ataupun belakang, dan bisa berfokus pada arah kemudi drone saja.

Beli-Kamera-Drone-Gaji-3-Juta-Syma-RC-Quadcopter-X8G-Finansialku

[Baca Juga: Mau Beli Rumah? Kenali Dulu Ciri Ciri Perumahan yang Oke!]

 

  • Spesifikasi:

Controller: 4 Channel 2,4GHz | Kemampuan terbang: 7-8 menit | Kamera: 5Mp 1080p | Baterai: 7,4 volt, 2000mAH, 4 AA Untuk Remote Kontrol | Jarak kendali: 100 meter | Memory: SD Card | Gyro: 6 Axis | Berat: 1600 gr

 

  • Harga:

Saat ini kamera drone Syma RC Quadcopter X8G ini dijual di kisaran harga Rp2.100.000.

 

#3 Walkera Runner 250 Basic 3 RTF FPV

Desain futuristik serta speed di atas rata-rata menjadi keunggulan dari Walkera Runner 250 ini. Bayangkan saja, kecepatan terbangnya mampu mencapai 40 KM/jam! Tentu pemilihan namanya, Runner, bukan sekadar nama.

Di samping kecepatan terbangnya, Walkera Runner 250 juga sudah dilengkapi kamera built in HD 800 TVL dengan kualitas baik.

Jika tak puas dengan kamera bawaannya, Anda juga bisa menambahkan kamera sendiri pada mounting gimbal yang tersedia.

Transmisi video realtime-nya sendiri berjalan di frekuensi 5,8 GHz, sehingga kemampuan FPV bisa didapatkan tanpa lag.

Beli-Kamera-Drone-Gaji-3-Juta-Walkera-Runner-250-Basic-3-RTF-FPV-Finansialku

[Baca Juga: Apakah Aman Transaksi Keuangan melalui Aplikasi Pembayaran Online?]

 

  • Spesifikasi:

Controller: DEVO F7 dengan layar untuk FPV | Kemampuan terbang: 12-14 menit | Kamera: HD 800 TVL| Baterai: 11,1 Volt  2200 mAH | Jarak kendali: 1000 meter | Berat: 530 gram ditambah baterai | Kecepatan: 35-40kpj

 

  • Harga:

Harga Walkera Runner 250 di pasaran saat ini ada di kisaran Rp4.200.000.

 

#4 Parrot AR Drone 2.0 Elite Edition

Ingin mencari drone yang bisa dikendalikan langsung dari smartphone? Parrot AR Drone 2.0 ini salah satu yang bisa Anda perhitungkan.

Dengan menggunakan aplikasi AR.Freeflight yang bisa di-download di iOS Appstore atau Google Play, Anda bisa menerbangkan drone ini dengan mudah dari smartphone Anda.

Selain itu, gambar maupun videonya akan ditransfer secara realtime ke gadget Anda sewaktu mengudara.

Aplikasi smartphone juga mampu memberikan banyak kelebihan, salah satunya adalah Director Mode. Fitur ini memungkinkan Anda merekam video berkualitas dengan kemampuan gerakan drone yang lebih halus saat merekam gambar.

Beli-Kamera-Drone-Gaji-3-Juta-Parrot-AR-Drone-2.0-Elite-Edition-Finansialku

[Baca Juga: Para Entrepreneur, Pahami Cara Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis Agar Anda Bisa Menggaji Diri Sendiri!]

 

  • Spesifikasi:

Controller: Smartphone via aplikasi AR. Freeflight | Prosesor: 1GHz 32bit ARM Cortex 1 Gb RAM | Kemampuan terbang: 10-12 menit | Kamera: Front Cam HD 720p 30fps Down Cam Bird’s Eye View | Baterai: 1000 mAH | Jarak kendali: 40 meter | Lama Pengisian Baterai: 30 menit | Berat: 380 gram | Gyros: 3 Axis

 

  • Harga:

Salah satu kelemahan kontroler dengan smartphone adalah jarak. Dalam pengujian yang dilakukan Digitaltrends, disebutkan pada jarak 40 meter koneksi drone dengan smartphone mulai terganggu.

Kehilangan kontrol pada drone tentu bukan sesuatu yang menyenangkan, oleh karena itu pastikan untuk menjaga jarak aman saat mengendalikan drone ini. Saat ini harga Parrot AR Drone 2.0 Elite Edition adalah Rp5.100.000.

 

#5 Parrot Bebop

Sama seperti Parrot AR.Drone 2.0, Parrot Bebop juga dikendalikan dengan aplikasi Freeflight di smartphone atau tablet Anda.

Salah satu kelebihan Parrot Bebop adalah kamera yang dimilikinya memiliki resolusi hingga 14 megapiksel dengan lensa ‘fisheye’, dengan begitu cakupan daerah yang bisa terekam akan lebih luas lagi.

Bagi fotografer, kemampuan kameranya cukup mumpuni karena mampu menghalau distorsi dalam foto yang biasa didapat lensa super lebar.

Beli-Kamera-Drone-Gaji-3-Juta-Parrot-Bebop-Finansialku

[Baca Juga: Gaji Rp5 Juta Ingin Membeli GoPro HERO 5, Bagaimana Caranya?]

 

  • Spesifikasi:

Controller: Smartphone via aplikasi AR. Freeflight | Prosesor: Dual Core CPU Cortex 9, Quadcore GPU | Kemampuan terbang: 10-12 menit/baterai | Kamera: 14 Megapiksel Fish Eye 180 derajat view | Baterai: 1200 mAH (2 baterai dalam 1 paket) | Video: 1080p Full HD| Berat: 400 gram | Gyros: 3 Axis | Kecepatan: 45kpj | Fitur: GPS Returning Home | Memori: 8 Gb internal

 

  • Harga:

Saat ini harga Parrot Bebop berada di kisaran Rp8.100.000.

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Beli Sesuai Kemampuan dan Kebutuhan Anda

Sudahkan Anda menjatuhkan pilihan pada salah satu drone tersebut? Jika sudah, mulai lakukan langkah demi langkah yang telah dijelaskan sebelumnya. Sehingga Anda bisa memiliki kamera impian untuk menangkap momen lebih berkesan.

Beli drone yang sesuai kemampuan dan kebutuhan Anda, ya! Jangan sampai Anda tidak bisa melunasi cicilan karena membeli drone yang jauh di luar kemampuan finansial Anda.

 

Apakah artikel ini informatif dan membantu Anda untuk memilih drone yang sesuai budget Anda? Silakan berikan pertanyaan dan komentar Anda di kolom bawah ini!

 

Sumber Referensi:

  • Redaksi. 8 Drone Kamera Dengan Harga Terjangkau Untuk Hobi Fotografi Anda. Saveseva.com– https://goo.gl/GdDnJQ

 

Sumber Gambar:

  • APDI – https://goo.gl/GyZ3FR
  • https://goo.gl/JYVtCF
  • WLtoys Drones V686G FPV – https://goo.gl/JQF4ue
  • Syma RC Quadcopter X8G – https://goo.gl/NwkHk8
  • Walkera Runner 250 Basic 3 RTF FPV – https://goo.gl/Y34kTi
  • Parrot AR Drone 2.0 Elite Edition – https://goo.gl/kjXsM6
  • Parrot Bebop – https://goo.gl/zJPaur