Bagaimana tips membeli rumah yang oke? Apa saja ciri-ciri perumahan yang oke? Apakah unit perumahan bisa memiliki ciri-ciri yang komplit untuk hunian nyaman?

Pada kesempatan kali ini, Finansialku akan membahas tentang ciri-ciri perumahan yang oke. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Memilih Hunian di Perumahan

Rumah adalah salah satu kebutuhan pokok setiap manusia. Tanpa adanya rumah, tentu seseorang tidak akan mendapatkan tempat untuk istirahat.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memiliki rumah. Misalnya, membeli rumah secara tunai maupun membeli rumah dengan kredit. Jika belum memiliki uang yang memadai, maka beberapa orang akhirnya memutuskan untuk mengontrak rumah.

Jika ingin membeli rumah, salah satu pertimbangan tempat yang recommended adalah perumahan.

Kelebihan dari rumah di kompleks perumahan adalah akses lebih mudah karena pihak developer telah membangun fasilitas berupa jalan sehingga lebih lebar dan landai.

Tidak hanya itu, hunian di perumahan juga lebih aman karena biasanya difasilitasi security system.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Ciri-ciri Perumahan yang Oke

Beberapa ciri perumahan yang oke dan berkualitas bisa dilihat dari berbagai aspek, misalnya, aspek harga, kondisi fisik hingga lingkungan sekitarnya. Oleh sebab itu, setiap unit perumahan memiliki karakteristik masing-masing.

Setiap orang mempunyai prioritas sendiri dalam memilih unit perumahan. Namun beberapa faktor atau ciri-ciri di bawah ini bisa dipertimbangkan.

 

Sebelum Anda lebih lanjut memilih rumah yang berada di kompleks perumahan, sudahkah Anda memiliki pendanaan? Jika belum, ada baiknya untuk merencanakan keuangannya dulu.

Gunakan Aplikasi Finansialku untuk menyiapkan seluruh keuangannya. Silakan download aplikasi di Google Play Store atau klik gambar di bawah ini.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#1 Harga Terjangkau

Salah satu faktor yang bisa menentukan seseorang siap membeli rumah atau tidak adalah harga.

Harga rumah yang terjangkau akan membuat lebih mudah bagi calon pembeli untuk menabung dan membelinya. Bahkan, jika tabungan sudah cukup banyak proses pembelian bisa dilakukan secara tunai.

IKUTI!-6-Tips-Menabung-untuk-Membeli-Rumah-1-Finansialku

[Baca Juga: Wujudkan Kepemilikan Rumah Minimalis Sederhana dengan Aplikasi Finansialku]

 

Setiap daerah memiliki rentangan harga rumah sendiri-sendiri. Hal ini dipengaruhi oleh seberapa ramai dan prospektif lokasi sekitarnya.

Jadi, sesuaikan budget dengan harga rumah. Selain itu, selalu konsultasikan harga tersebut dengan orang-orang yang memiliki ilmu atau pengalaman lebih di bidang properti.

 

#2 Tidak Berada di Zona Merah

Yang dimaksud dengan zona merah adalah suatu tempat dengan potensi bencana cukup tinggi. Hal ini akan memungkinkan penghuni perumahan di sekitarnya terkena risiko lebih tinggi.

Jadi, meskipun dibanderol dengan harga murah tetapi sangat dianjurkan untuk memilih rumah yang tidak berada di zona merah tersebut.

Ketika rumah mengalami bencana, tentu biaya renovasinya sangat tinggi. Hal ini tidak sepadan dengan harga murah yang ditawarkan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih rumah yang tidak dekat tebing, gunung, atau titik rawan bahaya. Rumah dekat jalan raya juga cukup berisiko karena banyak catatan kecelakaan yang membuat unit kendaraan meringsek ke dalam rumah.

Ciri Ciri Perumahan yang Oke 02 - Finansialku

[Baca Juga: Baru Nikah? Ini Tips Hemat Mengisi Rumah untuk Pengantin Baru]

 

#3 Letak Strategis

Setelah bebas dari zona merah, maka para calon pembeli harus juga memilih rumah yang letaknya strategis. Karena jika suatu saat ingin membuat sebuah usaha maka lokasi rumah juga menentukan.

Apalagi sekarang sudah zamannya toko online yang bisa diambil barangnya di rumah. Selain baik untuk bisnis, letak strategis juga akan membuat aksesnya mudah.

Rumah di persimpangan jalan cukup strategis jika dilihat dari nilai fungsionalnya untuk tempat usaha.

Selain itu, jika ingin membuka 2 tempat usaha maka rumah di persimpangan akan bisa mengakomodasinya melalui bagian gerbang depan dan belakang. Tanpa harus menyewa stand atau toko, posisi rumah di perumahan tersebut akan sangat menguntungkan.

 

#4 Fasilitas Kompleks yang Memadai

Kompleks perumahan yang oke sebaiknya memiliki sistem keamanan tinggi. Apalagi jika perumahan tersebut mempunyai model cluster atau tanpa pagar. Aksesnya harus one way gate supaya bisa meminimalisasi tindak pencurian.

Tidak hanya soal keamanan, kenyamanan juga harus mendapat perhatian sebelum membeli unit rumah.  

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Rumah Di Komplek Perumahan Atau Cluster 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Rumah Mewah Milik Pemain Basket NBA yang Harganya Bikin Tercengang]

 

Kenyamanan para pemilik unit rumah bisa diperoleh dari sarana olahraga dan hiburan.

Kompleks perumahan yang oke didesain dengan konsep green living sehingga mempunyai ruang terbuka hijau, arena main anak-anak, sarana ibadah, dan tempat jogging yang menyenangkan.

Tidak hanya itu, di daerah perumahan juga harus ada akses pendidikan dan kesehatan meskipun dalam skala kecil.

 

#5 Bisa di KPR

Banyak orang yang tidak bisa membeli rumah secara tunai karena harganya yang mahal. Apalagi beberapa pekerja belum mendapat gaji sesuai UMR.

Tentunya menabung akan cukup berat untuk dilakukan. Jadi, salah satu cara yang bisa ditempuh adalah KPR atau Kredit Pemilikan Rumah. Rumah bisa ditempati sambil dicicil sehingga tidak mengeluarkan uang kontrak.

Apakah Rumah DP Nol Rupiah Adalah Rumah Idaman 01 Pasangan - Finansialku

[Baca Juga: Tapera, Program Tabungan Rumah Menjadi Angin Segar Bagi Masyarakat Indonesia]

 

#6 Lingkungan Kondusif

Lingkungan yang kondusif bisa menjadikan setiap penghuni rumah merasa nyaman. Terutama bagi rumah yang sering ditinggal pergi atau bekerja oleh pemiliknya. Maka sebaiknya, lingkungan di sekitar kompleks tersebut bebas dari kriminalitas.

Tidak hanya itu, polusi udara dan suara pun harus diperhatikan. Sopan santun tetangga yang baik akan menambah daya jual rumah juga.

Lingkungan yang kondusif sangat cocok untuk tumbuh kembang anak. Ketika berada di lingkungan yang berbahaya baik secara fisik maupun mental bagi anak-anak, maka sebagus apapun bangunan rumahnya tetap menimbulkan masalah.

Jadi, tanyakan dulu pada warga setempat bagaimana kondisi lingkungan. Atau lakukan observasi sederhana tentang lingkungan sosial ini.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#7 Sanitasi Lingkungan Sehat

Sanitasi juga sangat berpengaruh bagi kesehatan pemilik rumah. Ada rumah yang secara fisik kondisinya baik tetapi sumber air tercemar atau ada kontaminasi.

Tentunya hal tersebut akan dapat membuat lingkungan menjadi tidak sehat.

Rumah Termewah Di Dunia 08 Warren Buffett - Finansialku

[Baca Juga: Hati-hati Barang Bawaan Anda Saat Renovasi Rumah]

 

Tempat pembuangan aliran limbah rumah tangga juga harus dianalisis apakah sudah diatur sedemikian rupa sehingga tidak merugikan.

Kesehatan sangat bergantung pada asupan air dan kebersihan udara.

Tidak hanya itu, alirannya pun harus jelas supaya tidak merugikan orang lain. Rancangan ini akan bisa memaksimalkan tingkat kesehatan dari rumah tersebut.

 

#8 Prospeknya Menguntungkan

Karena rumah merupakan aset jangka panjang, maka prospeknya harus menguntungkan. Jika tidak, tentu harga jualnya tidak terlalu menguntungkan.

Kompeks perumahan yang oke sebaiknya bisa dianalisis dari segi finansial juga. Apakah ada proyek jalan tol, mall, atau pusat keramaian di sekitarnya. Jika ya, maka ada kemungkinan prospek dari tempat ini akan lebih menguntungkan.

 

Pertimbangkan Perumahan yang Oke

Dari 8 aspek atau ciri-ciri perumahan yang oke yang telah Anda baca, apakah Anda sudah mempertimbangkan perumahan mana yang akan Anda pilih?

Pilihlah perumahan yang sangat menguntungkan bagi Anda!

 

Menurut Anda, kriteria mana yang menjadi prioritas paling tinggi dalam memilih perumahan yang oke?

Silakan berikan komentar dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Danilexaw. Tips dan Apapun yang Saya Tahu, Akan Saya Bagikan untuk Kalian. Danielexaw.com – https://goo.gl/4sseZ7
  • Ahadi. 27 Mei 2012. Ciri-ciri Perumahan yang Baik. Ilmusipil.com – https://goo.gl/KzU2ex
  • Admin. Ciri Perumahan yang Nilai Investasinya Bagus. Lamanproperti.co.id – https://goo.gl/m4aHMk

 

Sumber Gambar:

  • Ciri Ciri Perumahan yang Oke – https://goo.gl/RzzZvn
  • Perumahan di Zona Merah – https://goo.gl/A4HqfC