Rumah Kontrakan: Bagaimana Cara Memilih dan Hindari Berbagai Kesalahan Ini

Bagaimana cara memilih rumah kontrakan? Hindari berbagai kesalahan saat memilihnya. Tim Finansialku akan memaparkan cara-cara memilih dan berbagai tips agar terhindar dari kesalahan-kesalahan yang akan terjadi dalam pemilihan rumah kontrakan. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Memilih Rumah Kontrakan

Memiliki rumah adalah impian setiap orang. Rumah yang aman dan nyaman bagi keluarga. Banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam membeli rumah termasuk biaya yang cukup besar yang harus disiapkan. Apabila Anda belum dapat membeli rumah pribadi, mengontrak sebuah rumah merupakan alternatif yang dapat diambil. Namun, tidak mudah juga dalam memilih rumah kontrakan yang akan menjadi tempat tinggal sementara bagi kita dan keluarga.

Memilih rumah kontrakan tidak semudah yang dibayangkan, karena selain faktor harga, juga sama seperti rumah sendiri karena itu perlu pertimbangan matang saat memilihnya. 

Rumah Kontrakan Bagaimana Cara Memilih dan Hindari Berbagai Kesalahan Ini 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pentingnya Asuransi Rumah Kontrakan, Untuk Pemilik dan Penyewa]

 

Bagi Anda yang belum memiliki rumah sendiri, atau Anda sedang dalam perantauan, maka berhati-hatilah dalam memilih rumah kontrakan. Sebab, salah memilih bisa membuat Anda menyesal selama masa kontrakan itu.

Berikut ini beberapa tips yang diberikan dalam memilih rumah kontrakan bagi Anda.

 

#1 Harga Sewa yang Terjangkau

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam mencari rumah kontrakan adalah, pilihlah rumah kontrakan yang harga sewanya cukup terjangkau menurut kemampuan Anda.

Memilih rumah kontrakan sebaiknya di sesuaikan dengan budget atau kemampuan finansial. Rumah kontrakan sendiri ada yang mempunyai sistem bayar per bulan dan ada juga yang per tahun. Pilihlah harga yang paling pas dengan kondisi keuangan Anda, dan untuk sistem pembayaran anda bisa negosiasikan dengan pemilik rumah.

apakah-isi-rumah-bisa-diasuransikan-berapa-harganya-beli-dimana-1-finansailku

[Baca Juga: Apakah Isi Rumah Bisa Diasuransikan? Berapa Harganya? dan Beli Dimana?]

 

#2 Lakukan Survei Rumah Terlebih Dahulu

Tentunya, harga disini harus disesuaikan juga dengan fasilitas yang diberikan. Jangan sampai Anda ingin mendapatkan harga yang amat murah, tetapi meminta yang memiliki fasilitas lengkap. Itu sangat jarang ada.

Jika sudah ditemukan, sebaiknya langsung lakukan survei dengan pemilik rumah. Perhatikan kondisi rumah apakah dilengkapi fasilitas seperti yang Anda inginkan, dan apakah rumah tidak mengalami kerusakan seperti genteng bocor, kamar mandi yang bermasalah dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkannya sebaiknya lakukan survei bukan hanya ke satu rumah, carilah beberapa rumah, catat kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Jadi, bandingkan dulu dengan di tempat lainnya dengan harga yang sama, maka apa semua fasilitas rumah yang diberikan? Misalnya, bagus tidaknya rumah tersebut, tempat tidur yang nyaman atau tidak, WC yang bersih atau tidak dan lain-lain. Atau Anda bisa membandingkan antara dua rumah dengan fasilitas yang sama, dan carilah yang memberikan harga lebih miring.

Air bersih sangat vital, dan wajib tersedia setiap hari, sepanjang tahun, karena setiap hari orang membutuhkan air bersih, entah untuk minum, masak, mencuci, mandi, dan lain sebagainya. Oleh karenanya, pastikan kondisi air bersih lancar dan tidak terkendala.

begini-cara-klaim-asuransi-kebakaran-rumah-yang-perlu-anda-tahu-1-finansialku

[Baca Juga: Begini Cara Klaim Asuransi Kebakaran Rumah yang Perlu Anda Tahu]

 

#3 Dekat dengan Aktivitas Rutin, Rumah Ibadah dan Fasilitas Umum

Pilihlah rumah kontrakan yang terletak dekat dengan aktivitas Anda. Misalnya jika Anda bekerja, maka pilihlah rumah kontrakan yang dekat dengan tempat kerja Anda. Jika Anda mahasiswa, Anda juga harus memilih kontrakan yang dekat dengan kampus Anda, dan masih banyak lagi contohnya. Dengan memilih rumah kontrakan yang dekat dengan tempat Anda rutin beraktivitas, maka Anda akan mudah menjangkau tempat-tempat tersebut dengan waktu yang cepat, dan dengan biaya yang lebih terjangkau.

Selain itu yang harus diperhatikan dalam mencari rumah kontrakan adalah, pilihlah rumah yang dekat dengan tempat ibadah. Apalagi apabila Anda adalah seorang Muslim, maka ini harus Anda prioritaskan. Dekat di sini berarti bisa Anda jangkau hanya dengan berjalan kaki.

Akan sangat menguntungkan jika rumah kontrakan tidak jauh dari fasilitas umum. Fasilitas umum disini bisa pasar atau swalayan, sekolah, rumah sakit, dan sebagainya.

Cara Cerdas Bertahan Hidup dengan Upah Minimum 2 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Cerdas Bertahan Hidup dengan Upah Minimum]

 

#4 Lingkungan yang Aman dan Nyaman

Pilihlah rumah kontrakan yang bersih dan berada di lingkungan yang bersih pula. Ini sangat penting, sebab dengan tinggal di rumah dan lingkungan yang bersih, akan menjaga Anda tetap bersih dan sehat. Lingkungan yang bersih contohnya jauh dari selokan-selokan yang berbau, jauh dari tempat pembuangan sampah umum, jauh dari sisa-sisa pembuangan limbah pabrik, jauh dari polusi pabrik dan lain-lain.

Mencari rumah kontrakan di lingkungan yang bersih sangat-sangat penting. Karena jika Anda tinggal di tempat yang kotor, bahayanya akan mempengaruhi kesehatan Anda dan Anda akan mudah terserang penyakit.

Anda juga harus memilih rumah kontrakan yang ada di daerah aman. Aman di sini seperti aman dari maling, dari kerusuhan dan lain-lain. Percumah kan Anda tinggal di rumah yang bagus, bersih, harga sewa murah, tetapi banyak pencuri? Karena jika Anda sampai kecurian barang, berarti Anda telah rugi.

Lebih parahnya lagi, jika ternyata tempat tinggal Anda adalah lokasi yang rawan terjadi konflik dan kerusuhan. Wah, Anda pasti lebih rugi lagi. Sebab, kenyamanan Anda akan hilang dengan seketika. Bahkan Anda harus menghentikan usaha Anda jika Anda telah membuka usaha. Oleh karena itulah, tempat tinggal yang aman harus Anda perhitungkan.

Pastikan rumah yang akan di kontrak tidak ada gangguan, kondisi aman dan nyaman untuk ditempati. Tidak ada gangguan kebisingan, tidak pernah terjadi tindak kriminal sebelumnya, dan hal-hal lain yang bisa mengganggu.

 

Pilih dengan Cermat

Karena rumah kontrakan adalah rumah yang akan ditempati dalam jangka waktu lumayan lama, maka sebisa mungkin harus sesuai dengan harapan. Butuh pertimbangan matang sebelum memutuskan mengontrak sebuah rumah agar tidak menyesal dikemudian hari.

 

Apakah Anda sedang mencari rumah kontrakan? Kesulitan apa saya yang Anda hadapi dalam pemilihan rumah kontrakan? Bagikan pengalaman Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Memilih Rumah Kontrakan – https://goo.gl/XPILUh
  • Ide Mandiri. 7 Bahan Pertimbangan Memilih Rumah Kontrakan. Idemandiri.com – https://goo.gl/vL77Tk
  • Patar Tambunan. Tips Cari Rumah Kontrakan. Usahaproperti.com – https://goo.gl/NW7juV
  • Tips Mencari Dan Memilih Rumah Kontrakan. Caraciriciri.com – https://goo.gl/HNNcCZ

 

Sumber Gambar:

  • Rumah Kontrakanhttps://goo.gl/Uob7Ee
  • Cari Rumah Kontrakan – https://goo.gl/Mbl5m9

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

By | 2017-10-05T10:37:13+00:00 May 4th, 2017|Categories: Properti, Rumah|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment