Bagaimana bertahan hidup dengan upah yang cenderung minimum? Apakah Anda merasa penghasilan Anda hanya cukup untuk biaya hidup sehari-hari? Berikut ini beberapa saran dan tips yang dapat menolong Anda dalam mengatur pengeluaran, biaya hidup dan tabungan dengan upah minimum yang Anda terima.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Upah Sepadan dengan Kebutuhan Sehari-hari

Apakah Anda seorang yang berpenghasilan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan tuntutan keperluan hidup sehari-hari, disamping biaya sekolah anak, keperluan transportasi untuk bekerja, tanggungan listrik, air dan telepon? Apakah pendapatan Anda bahkan membuat Anda kesulitan dalam mengatur rencana tabungan Anda? Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam mengurangi biaya kebutuhan Anda.

Cara Cerdas Bertahan Hidup dengan Upah Minimum 2 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil?]

 

Kebutuhan Tempat Tinggal

Rumah/tempat tinggal merupakan kebutuhan pokok yang tidak dapat digantikan. Dengan upah minimum yang Anda dapatkan, Anda perlu melakukan penghematan. Apabila Anda memiliki upah yang minimum dan sedang mencari tempat tinggal, usahakan Anda mencari rumah kontrakan atau kamar kos yang sesuai dan masuk akal dengan anggaran Anda. Selain itu, carilah tempat yang dekat dengan tempat kerja Anda atau dekat dengan fasilitas kendaraan umum. Apabila Anda memiliki teman yang memiliki kondisi yang serupa dengan Anda, berbagi rumah kontrakan atau kamar kos dapat menjadi satu solusi. Anda dapat mengontrak satu rumah yang agak luas dengan biaya yang dapat dibagi bersama-sama.

 

Biaya Tranportasi

Kebutuhan akan transportasi juga harus dipertimbangkan dengan baik dan matang. Jangan sampai Anda tekor karena biaya transportasi membengkak dan membuat pos pengeluaran Anda yang lain tersedot, mengingat pendapatan Anda yang cukup minim dan pas untuk kebutuhan lainnya. Apabila Anda mencari tempat kerja yang dekat dengan tempat tinggal Anda, itu akan jauh lebih baik dan sangat menolong karena Anda dapat berjalan kaki atau naik sepeda ke tempat kerja Anda. Selain menyehatkan badan, tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk berjalan kaki. Sedangkan apabila Anda menggunakan sepeda, tidak ada biaya bensin yang harus ditanggung, mungkin hanya biaya perawatan seperti oli rantai sepeda dan isi angin ban sepeda Anda.

Namun apabila tempat kerja Anda cukup jauh, mengangsur sepeda motor dengan harga yang terjangkau, cukup disarankan bagi Anda. Asalkan tidak membuat pos pengeluaran akan kebutuhan hidup yang lain tidak terganggu. Akan tetapi Anda tetap harus memikirkan biaya pemeliharaan sepeda motor tersebut pasti akan jauh lebih mahal daripada menggunakan sepeda atau berjalan kaki.

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil 1 - Finansialku

 [Baca Juga: Gaji Kecil tidak sama dengan Miskin]

 

Kebutuhan Dapur

Kebutuhan dapur atau makanan sehari-hari juga salah satu kebutuhan pokok yang harus diutamakan. Menu setiap makanan yang akan kita santap setiap hari harus dapat diatur dengan teliti apabila Anda memiliki penghasilan yang minimum. Apabila Anda memiliki makanan di rumah, alangkah baiknya untuk mengurungkan niat untuk membeli pizza, burger atau bahkan makan di café bersama teman-teman Anda. Sebagai tambahan, hindari gaya hidup “ngafe”, walaupun perlu sesekali bersama dengan teman-teman untuk “kongkow” namun alangkah lebih baik kalau Anda melakukan “kongkow” di rumah kos/kontrakan Anda atau di rumah teman Anda untuk menghemat biaya.

Hindari membeli makanan ringan, minuman bersoda atau berkaleng yang menggunakaan pengawet karena apabila Anda hitung jajan Anda untuk makanan-makanan tersebut, pengeluaran Anda tak terasa akan membengkak disamping tidak terjaminnya kualitas makanan tersebut bagi kesehatan Anda. Usahakan untuk memasak sendiri makanan Anda setiap hari untuk menghemat anggaran belanja Anda disamping terjaminnya kesehatan dan kebersihan dari makanan yang Anda masak.

Apabila Anda memiliki sedikit lahan kosong, Anda dapat menanam sayuran kebutuhan makan Anda sehari-hari. Ini akan dapat menolong Anda untuk menghemat lebih banyak pengeluaran Anda. Selain itu, sayuran tersebut akan lebih segar dan sehat.

 

Kebutuhan Entertainment/Hiburan

Walaupun Anda dalam kondisi menghemat, namun kebutuhan akan entertainment atau hiburan juga diperlukan walaupun Anda tetap perlu cermat dalam penggunaan uang Anda agar tidak mengganggu pengeluaran pos belanja lainnya. Sangat senang rasanya apabila kita dapat bersenang-senang dengan teman-teman, namun gaya hidup “ngafe” atau menghabiskan waktu bersama teman-teman di café dapat membuat pengeluaran Anda membengkak. Alangkah lebih baik apabila Anda dapat saling berkunjung ke rumah teman-teman dan memasak makanan sendiri dengan menu makanan kesukaan Anda dan teman-teman Anda atau menu yang ada di cafe kesukaan Anda. Menu tersebut dapat Anda searching melalui internet, anggaran belanjanya dapat Anda tangguhkan bersama dengan teman-teman alias sharing.

Sangat menyenangkan apabila bersama teman-teman dapat menonton film bersama di bioskop. Carilah promo tiket buy 2 get 1 atau promo lainnya sehingga Anda dapat menonton film dengan lebih hemat. Cara lainnya, Anda dapat menonton di rumah Anda apabila Anda atau teman Anda dapat streaming film atau membeli DVD film. Dengan cara ini, semakin Anda dapat menghemat lebih namun tidak kehilangan momen bahagia bersama teman-teman Anda.

Hang out bersama teman dapat dikemas dalam kegiatan olahraga bersama ke taman kota atau alun-alun. Anda dapat menggunakan sepeda (kalau Anda punya) atau hanya sekedar berlari. Intinya adalah waktu kebersamaan dengan mereka dan kesehatan yang menjadi salah satu manfaat yang dapat Anda dapatkan. 

Gaji UMR Ingin Membeli Ponsel Terbaru, Apakah Bisa 01 - Finansialku

[Baca Juga: Gaji UMR Ingin Membeli Ponsel Terbaru, Apakah Bisa?]

 

Kebutuhan Kesehatan

Tidak ada seorangpun yang ingin sakit karena ketika kita sakit, biaya yang ditanggung setidaknya akan dapat memotong salah satu pos pengeluaran kita. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk dapat menghindari penyakit antara lain:

  • Tidak merokok, selain manfaat kesehatan karena paru-paru Anda tidak terkena racun nikotin di dalamnya, jajan rokok membuat Anda perlu mengeluarkan uang. Apabila uang tersebut dikumpulkan sedikit demi sedikit, uang Anda dapat dialokasikan untuk kebutuhan lain yang lebih bermanfaat.
  • Memasak makan bergizi di rumah dan hindari jajan di luar. Memasak di rumah dapat lebih menghemat disamping kesehatan dan kebersihan yang terjamin dari masakan yang Anda masak sendiri di rumah.
  • Olahraga teratur dapat membuat Anda semakin bugar. Olahraga bersama dengan teman-teman dapat memberi motivasi lebih bagi Anda ketika suatu saat salah satu dari Anda kedapatan malas atau kurang motivasi untuk berolahraga.
  • Banyak minum air putih sangat membantu Anda dalam membantu keseimbangan cairan tubuh. Minumlah air putih 6-8 gelas sehari. Selain itu hindari minuman-minuman bersoda, minuman soft drink dan juga alkohol.
  • Memiliki pola tidur yang cukup dapat memulihkan kelelahan Anda dan memberi tubuh yang bugar serta siap untuk menjalani aktivitas Anda setiap hari.

 

Tetap Menabung Setiap Bulan

Kebiasaan menabung harus tetap dilakukan setiap bulan walaupun Anda memiliki pendapatan yang minimum. Buat target menabung setidaknya 25% dari total pendapatan Anda atau setelah Anda potong dengan seluruh biaya kebutuhan hidup sehari-hari. Ingat, hanya kebutuhan pokok seperti kebutuhan dapur, air, listrik, telepon dan transportasi (diluar kebutuhan entertainment). Usahakan tabungan Anda ada di rekening yang terpisah dan jangan mengambil kartu ATM yang ditawarkan agar Anda tidak tergoda untuk mengambilnya.

 

Cari Kerja Tambahan atau Side Job

Mencari kerja tambahan berupa part time di luar waktu kerja full time Anda akan sangat membantu dalam menambah pendapatan. Akhir-akhir ini usaha online shop dapat menjadi salah satu pilihannya.

Para Karyawan, Sekarang dengan Gaji Rp4 Juta Bisa Beli Rumah Sendiri - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Sekarang dengan Gaji Rp4 Juta Bisa Beli Rumah Sendiri]

 

Berpikir Positif

Dengan pendapatan yang Anda dapatkan, tetap berpikir positif untuk bekerja dengan rajin dan penuh tanggung jawab. Tidak ada sesuatu yang tidak mungkin apabila atasan Anda melihat hasil kinerja Anda dan sikap positif yang dapat menaikkan posisi Anda di tempat kerja/mendapat promosi pekerjaan yang dapat meningkatkan pendapatan Anda tentunya.

 

Menurut Anda, apa saja permasalahan yang tetap menjadi kendala bagi Anda untuk mengatur keuangan Anda dengan pendapatan yang cukup minim? Berikan komentar dan tanggapan Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini, termasuk berbagai pertanyaan yang ingin Andar tanyakan untuk memberikan petunjuk praktis lainnya secara khusus. Terus bagikan informasi artikel Finansialku.com kepada teman-teman Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Laurie Blank. How to Survive on Minimum Wage. Wellkeptwallet.com – https://goo.gl/lb6UNa

 

Sumber Gambar:

  • Karyawan – https://goo.gl/IMCqbB
  • Low Wages – https://goo.gl/0hSuPC

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang