Apakah bisa seorang karyawan dengan gaji UMR membeli ponsel terbaru? Ponsel adalah salah satu kebutuhan ‘primer’ saat ini. Dengan gaji UMR apakah seorang karyawan dapat membeli ponsel terbaru yang beredar di pasaran?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Semua Hanya Dibatasi Imajinasi

Di zaman serba teknologi ini ponsel sudah termasuk kebutuhan primer. Keragaman produknya pun sekarang sudah semakin bervariasi. Mulai dari ponsel yang sederhana hingga yang paling canggih, ponsel termurah sampai ponsel termahal. Karena keragaman harganya maka ponsel sudah dapat dibeli oleh kalangan manapun. Saat ini Anda sudah bisa melihat seseorang dengan penghasilan yang sangat kecil pun menggunakan ponsel.

Saat ini industri teknologi berkembang dengan sangat cepat. Setiap tahun Anda akan melihat ponsel-ponsel baru diluncurkan oleh berbagai merek dagang. Setiap keluaran terbaru pasti memiliki fitur-fitur yang lebih canggih. Karena terus dibombardir dengan iklan-iklan di berbagai media, konsumen seringkali tergoda untuk segera memiliki produk baru tersebut.

Gaji UMR Ingin Membeli Ponsel Terbaru, Apakah Bisa 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Mungkin Seorang Karyawan dengan Gaji Rp4 Juta Mengambil Kredit S7 Edge?]

 

Bagaimana dengan para karyawan yang memiliki gaji UMR yang relatif terbatas? Tentu bukan hal yang mustahil untuk memiliki sebuah ponsel, tetapi jika ponsel yang diinginkan adalah ponsel-ponsel keluaran terbaru mungkin perlu pertimbangan. Mari kita bahas beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum seorang karyawan dengan gaji UMR ingin membeli ponsel terbaru:

 

#1 Strategi Harga Ponsel

Sebelum tergoda untuk segera membeli ponsel terbaru Anda harus mengetahui hal terpenting ini. Umumnya perusahaan yang terkait dengan bidang teknologi menggunakan strategi skimming pricing ketika meluncurkan gadget terbarunya. Skimming pricing adalah menetapkan harga yang tinggi untuk sebuah produk pada masa perkenalan dan kemudian menurunkan harganya setelah beberapa waktu. Umumnya strategi ini dijalankan untuk menutupi biaya R&D (Research and Development). Ketika mengembangkan produk yang rumit seperti sebuah ponsel, dibutuhkan biaya yang sangat besar. Dengan modal yang besar untuk mengembangkan produk tersebut, perusahaan harus yakin bahwa penghasilan yang didapatkan dari ponsel baru tersebut akan menutupi biaya R&D yang digunakan sebelumnya.

Tips dan Trik Mengelola Keuangan Ketika Harga Naik 2

[Baca Juga: Tips dan Trik Mengelola Keuangan Ketika Harga Naik]

 

Setiap perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi pasti mengetahui bahwa saat ini teknologi bergerak dengan sangat pesat. Secara otomatis persaingan dalam dunia teknologi pun sangat ketat. Sebuah ponsel baru hanya memiliki waktu beberapa tahun (atau bahkan hanya beberapa bulan) untuk berada di puncak popularitasnya. Karena itu selagi produk tersebut laku di pasaran, perusahaan mengambil keuntungan sebesar-besarnya. Harga yang tinggi tersebut sebenarnya ditujukan kepada orang-orang yang memiliki kemampuan ekonomi menengah ke atas dengan harapan mereka tidak akan mempermasalahkan harga yang mahal untuk teknologi terbaru.

Ingat, harga yang tinggi tersebut ditujukan untuk mereka yang memiliki kemampuan ekonomi menengah ke atas. Jika Anda memiliki gaji UMR yang relatif rendah, tentu Anda bukan target pasar yang diincar. Bisa saja seseorang yang memiliki kemampuan ekonomi menengah ke bawah membeli ponsel yang baru diluncurkan dengan harga tinggi. Hanya saja dibutuhkan usaha yang lebih, paling tidak ada kebutuhan lain yang harus dikorbankan.

 

#2 Gaji UMR Dapat Memenuhi Kebutuhan Dasar Seseorang

Besaran UMR (Upah Minimum Regional) seperti namanya ‘regional’ ditentukan berdasarkan wilayahnya masing-masing. Artinya UMR di DKI Jakarta dapat berbeda dengan UMR di Kota Bandung. Pemerintah tidak dapat menetapkan UMR yang sama untuk setiap wilayah di Indonesia. Mengapa? Biaya hidup di wilayah yang satu belum tentu sama dengan biaya hidup di wilayah lainnya. UMR diharapkan dapat memenuhi kebutuhan hidup dasar (minimal) seseorang di suatu wilayah tertentu.

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil 2 - Finansialku

 [Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil?]

 

Ingat, pertimbangan yang digunakan dalam menentukan UMR adalah untuk memenuhi kebutuhan dasar seseorang. Tentunya kebutuhan dasar tersebut tidak mencakup dana untuk membeli ponsel keluaran terbaru.

 

Bagaimana Anda dapat Membeli Ponsel Terbaru?

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk membeli ponsel terbaru. Misalnya mengambil cicilan bulanan, meminjam uang kepada teman atau saudara, dan lain sebagainya. Hanya saja pilihan tersebut akan membuat Anda tidak sehat secara keuangan. Setiap orang tentu ingin mencapai kebebasan keuangan sesuai tarafnya masing-masing. Anda tentu ingin membuat perubahan dan menjadi lebih baik secara keuangan. Bukan berarti gaji UMR adalah gaji yang tidak layak, tetapi dalam tahap memiliki gaji UMR Anda masih harus berusaha untuk mencari tambahan pemasukan.

Cara Ampuh Memaksimalkan Gaji untuk Investasi 1 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Ampuh Memaksimalkan Gaji untuk Investasi]

 

Utang adalah hal yang sehat selama digunakan untuk kebutuhan produktif. Sementara membeli ponsel terbaru adalah tindakan konsumtif yang hanya akan merugikan Anda. Ditambah lagi jika Anda ingin membeli ponsel tersebut saat baru diluncurkan, dengan kata lain harganya sangat mahal. Nantinya harga ponsel tersebut akan turun sehingga jika Anda ingin menjualnya pun harganya sudah jauh lebih rendah dari ketika Anda membelinya. Sementara itu utang yang digunakan untuk membeli ponsel tersebut belum tentu sudah dilunasi.

Karena utang atau cicilan terasa begitu memberatkan, seringkali banyak orang yang mencari alternatif lain yaitu dengan membeli ponsel palsu. Secara fisik ponsel palsu memang terlihat seperti ponsel asli namun harganya jauh lebih murah. Namun biasanya ponsel palsu memiliki kualitas yang kurang baik. Bukankah ini hal yang konyol? Hanya karena ingin mengikuti tren dan terlihat berkelas, Anda harus mengorbankan kesehatan keuangan atau menggunakan barang palsu. Daripada merusak kondisi kehidupan sendiri, lebih baik Anda menunda membeli ponsel-ponsel keluaran terbaru dan berfokus untuk mengembangkan diri dan mendapatkan penghasilan tambahan.

 

UMR Memenuhi Kebutuhan Dasar

Gaji UMR adalah dasar paling rendah yang diasumsikan dapat memenuhi kebutuhan dasar kehidupan seseorang di wilayah tertentu. Memiliki sebuah ponsel memang sudah menjadi kebutuhan primer seseorang. Tetapi membeli ponsel terbaru yang harganya sangat mahal tentunya tidak termasuk ke dalam kategori kebutuhan dasar. Kebutuhan dasar dari memiliki ponsel adalah fungsi utamanya untuk berkomunikasi. Fitur-fitur canggih yang terdapat dalam ponsel-ponsel terbaru hanyalah inovasi dari fungsi utama ponsel yaitu alat komunikasi. Jangan sampai Anda terjebak oleh hal-hal sekunder tersebut dan mengorbankan kondisi keuangan yang sebenarnya sudah sangat terbatas.

 

Apa yang dapat Anda lakukan saat Anda ingin membeli ponsel terbaru? Ceritakan pengalaman yang Anda lakukan dalam membeli ponsel terbaru pada kolom yang disediakan di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Green in Me. Jenis-jenis Pricing dan Contohnya. Weebly.com – https://goo.gl/2Khslq

 

Sumber Gambar:

  • Phoning – https://goo.gl/g4QQ2L dan https://goo.gl/h2brjA

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang