Apakah Mungkin Seorang Karyawan dengan Gaji Rp4 Juta Mengambil Kredit S7 Edge?

Apakah mungkin seorang karyawan dengan gaji Rp4 juta mengambil kredit S7 Edge? Ingin memiliki ponsel baru yang canggih tetapi memiliki gaji terbatas bukanlah hal yang mustahil. Mari kita bahas cara mendapatkan ponsel Samsung S7 Edge dengan gaji Rp4 juta per bulan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Tidak Ingin Ketinggalan Zaman

Hampir setiap tahun merek-merek ponsel canggih mengeluarkan edisi terbarunya. Jika tidak mengikuti tren tersebut Anda mungkin merasa ketinggalan zaman. Karena itu keinginan untuk membeli ponsel-ponsel terbaru harus segera dipenuhi. Keinginan ini tidak terbatas hanya bagi kalangan menengah ke atas tetapi juga menengah ke bawah.

Saat ini sebuah ponsel canggih Samsung S7 Edge cukup mahal yaitu sekitar Rp10 juta. Jika memiliki gaji yang terbatas wajar jika Anda bingung bagaimana mungkin bisa membeli ponsel dengan harga yang sangat mahal. Anda selalu dihadapkan dengan pilihan untuk membelinya secara tunai maupun dengan cicilan. Kali ini Finansialku akan membahas pembelian ponsel dengan menggunakan sistem kredit.

Apakah Mungkin Seorang Karyawan dengan Gaji Rp4 Juta Mengambil Kredit S7 Edge 2 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil?]

 

Memilih Toko dan Kartu Kredit yang Tepat

Ada banyak toko yang menjual ponsel S7 Edge. Mulai dari toko fisik hingga toko virtual seperti online shop. Pilihan kreditnya pun bisa beragam, tergantung dari fasilitas toko yang Anda pilih. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih toko dan kartu kredit yang tepat untuk membeli ponsel canggih yang diinginkan:

 

#1 Pertimbangkan Keamanan

Tidak perlu muluk-muluk, Anda pasti tahu dan pernah mencari ponsel dari berbagai penjual. Mulai dari toko yang terotorisasi hingga penjual tertentu yang tidak dapat dijamin keaslian barangnya. Setiap toko biasanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Harga sebuah ponsel yang sama bisa berbeda cukup signifikan dari satu toko ke toko lainnya.

5-cara-mencapai-kebebasan-keuangan-unuk-para-perempuan-indonesia-finansialku

[Baca Juga: Dengan Andalkan Gaji Saja, Apakah Karyawan Bisa Bebas Keuangan?]

 

Misalnya jika Anda ingin membeli ponsel S7 Edge di gerai terotorisasi Samsung mungkin harganya akan lebih mahal daripada membelinya di toko online yang tidak terotorisasi. Namun tidak ada yang mengetahui apa perbedaan barang yang dijual di gerai terotorisasi dan tidak. Setiap orang memiliki prioritasnya masing-masing dalam memilih tempat membeli ponsel. Biasanya seseorang yang memiliki keuangan terbatas akan mencari harga yang termurah. Sementara orang yang berkemampuan keuangan menengah ke atas mungkin lebih memprioritaskan keamanan daripada harga.

Memang tidak masalah jika Anda bersedia menanggung berbagai risiko dari membeli ponsel pada toko yang tidak terotorisasi. Hanya saja jika Anda ingin membeli dengan menggunakan sistem kredit, Anda harus mencari toko yang memiliki skala cukup besar. Biasanya penjual-penjual kecil atau perorangan tidak menyediakan fasilitas cicilan dengan kartu kredit.

Apakah Mengelola Keuangan dengan Amplop Anggaran Masih Efektif di Tahun 2017 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Mengelola Keuangan dengan Amplop Anggaran Masih Efektif di Tahun 2017?]

 

Kalaupun ada sebuah toko yang kredibilitasnya belum terjamin menawarkan pilihan cicilan dengan kartu kredit, belum tentu ada jaminan keamanan dalam transaksinya. Jangan sampai Anda menjadi korban penyalahgunaan kartu kredit. Untuk itu berhati-hatilah dalam memilih penjual ponsel tersebut. Harga adalah salah satu pertimbangan yang harus dipikirkan, tetapi di samping harga, keamanan juga harus diprioritaskan.

 

#2 Pilih Kartu Kredit yang Memberikan Fasilitas Cicilan 0%

Setiap istilah ‘cicilan’ pasti selalu diikuti dengan bunga. Tetapi jangan panik dulu, ada beberapa bank yang menawarkan kartu kredit dengan layanan cicilan 0% untuk kredit-kredit tertentu. Biasanya toko-toko tertentu memiliki kerja sama dengan bank untuk memberikan fasilitas cicilan 0% bagi pelanggannya. Anda dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk meringankan biaya pembelian dengan sistem kredit.

Hanya saja cicilan 0% bukan berarti tidak ada biaya apapun yang harus Anda bayarkan. Biasanya ketika melakukan transaksi awal Anda akan dikenakan charge kartu kredit sebesar 2% atau 3% tergantung kebijakan kartu kredit terkait. Jangan marah jika harus membayar biaya tersebut. Bank tentu ingin mendapatkan keuntungan, jika tidak ada biaya yang dibayarkan tentu bank akan rugi harus menanggung pembelian Anda tanpa mendapatkan keuntungan tunai.

Salah Tentukan Lama Cicilan, Mau Untung Malah Jadi Buntung - Perencana Keuangan Indepenen Finansialku

[Baca Juga: Salah Tentukan Lama Cicilan, Mau Untung Malah Jadi Buntung]

 

Anda dapat memilih berbagai jangka waktu untuk melunasi cicilan tersebut. Jika mendapatkan promo kartu kredit dengan cicilan 0%, Anda dapat menggunakan periode cicilan yang paling panjang. Biasanya untuk barang-barang seperti gadget waktu cicilan paling panjang adalah 1 tahun atau 12 bulan. Tidak menjadi masalah jika Anda mengambil jangka waktu yang paling panjang karena biaya transaksi di awal yang dibayarkan akan tetap sama. Sementara cicilan yang dibayarkan setiap bulan tidak dikenakan bunga sehingga berapa pun jangka waktu yang Anda pilih tidak akan membuat cicilan menjadi lebih mahal. Dengan jangka waktu cicilan yang lebih panjang, Anda dapat lebih leluasa membayar cicilan setiap bulan karena nilainya pasti akan lebih rendah.

 

#3 Tertib Membayar Tagihan Kartu Kredit

Ketika akan memutuskan untuk membeli sebuah barang dengan sistem kredit, Anda harus berkomitmen untuk membayar tagihannya dengan tertib setiap bulan. Jangan sampai Anda terlambat membayar jika tidak ingin dikenakan denda. Dengan begitu biaya yang Anda harus dibayarkan tidak akan bertambah dari yang seharusnya.

6 Cara Melunasi Utang dengan Cepat - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Cara Melunasi Utang, Kredit dan Cicilan]

 

Harga Bukan Segalanya

Gaji yang terbatas tidak menghalangi Anda untuk membeli sebuah barang yang mahal. Anda dapat menggunakan fasilitas kredit untuk membeli ponsel Samsung S7 Edge yang diidamkan. Tetapi pastikan Anda memilih penjual dan kartu kredit yang tepat. Di samping itu Anda harus berkomitmen untuk membayar cicilan yang telah ditentukan setiap bulan baik untuk membeli ponsel atau barang apapun. Jangan sampai pembelian dengan menggunakan kartu kredit membuat Anda terlilit utang dan merusak kondisi keuangan Anda.

 

Ketika Anda menggunakan cicilan, cara apa yang Anda lakukan agar cicilan yang Anda bayarkan tertib dan teratur? Berikan saran dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, agar pada pembaca lainnya mendapatkan informasi lainnya, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Businessman Phone – https://goo.gl/27g3Y9 dan https://goo.gl/EaMUpW

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

By | 2017-02-28T14:06:40+00:00 February 28th, 2017|Categories: Lifestyle, Tujuan Keuangan, Uang|Tags: , , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment