Bagaimana cara memiliki rumah pribadi dengan penghasilan Rp4 juta per bulan? Bagi para karyawan dengan gaji Rp 4 juta sebulan tidak perlu khawatir untuk membeli rumah. Saat ini sudah ada solusi bagi Anda yang ingin memiliki rumah sendiri walaupun dengan gaji yang minim.  

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Gaji Kecil Tidak Bisa Beli Rumah, Siapa Bilang?

Setiap orang pasti ingin memiliki rumah sendiri. Apalagi jika sudah berkeluarga dan memiliki anak. Sangat merepotkan rasanya jika harus terus menerus mengontrak, berpindah-pindah dan membayar biaya sewa yang mahal. Sementara jika harus membeli atau membangun rumah sendiri harganya tidak terbayar. Fenomena ini sudah sangat lazim terjadi dan dianggap sebagai sebuah paradigma yang tidak bisa dipecahkan. Padahal saat ini sudah ada solusi untuk permasalahan tersebut.

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengeluarkan sebuah program yang dapat membantu memudahkan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk memiliki rumah pribadi. Jika Anda adalah seorang karyawan dengan gaji maksimal Rp4 juta per bulan maka Anda dapat bersenang hati dengan diadakannya program tersebut.

Para Karyawan, Lebih Baik Beli Rumah atau Ambil KPR - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Lebih Baik Beli Rumah atau Ambil KPR?]

 

Kementerian PUPR mengeluarkan program sejuta rumah bagi masyarakat kurang mampu. Program ini dijalankan dengan memberikan KPR Sejahtera Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Fasilitas ini merupakan pembiayaan pemilikan rumah dengan dukungan fasilitas likuiditas yang pengelolaannya dilaksanakan oleh Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR.

Rumah yang ditawarkan pemerintah dalam program ini adalah rumah tapak dan rumah susun. Dalam program ini Anda bisa mendapatkan KPR dengan bunga fix (bunga tetap) sebesar 5% per tahun. Selain itu KPR Sejahtera FLPP juga menyediakan fasilitas asuransi, uang muka rendah, bebas pajak pertambahan nilai, dan jangka waktu kredit hingga 20 tahun.

Masih Mikir KPR itu Mahal Ini Alasan Anda Perlu Mengajukan KPR - Finansialku

[Baca Juga: Masih Mikir KPR itu Mahal? Ini Alasan Anda Perlu Mengajukan KPR]

 

Tetapi ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan fasilitas KPR Sejahtera FLPP ini. Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:

  • Warga Negara Indonesia dan berdomisili di Indonesia
  • Telah berusia di atas 21 tahun atau sudah menikah
  • Pemohon atau pasangan (suami/istri) belum memiliki rumah
  • Pemohon atau pasangan (suami/istri) belum pernah menerima subsidi pemerintah untuk pemilikan rumah
  • Memiliki penghasilan maksimal Rp4 juta per bulan.
  • Memiliki e-KTP
  • Memiliki NPWP
  • Menyerahkan fotokopi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) PPh orang pribadi

buktikan-7-strategi-yang-harus-anda-ikuti-agar-kpr-disetujui-bank-finansialku

 [Baca Juga: Buktikan! 7 Strategi yang Harus Anda Ikuti, Agar KPR Disetujui Bank]

 

Selain beberapa persyaratan di atas, Anda juga harus memastikan bahwa rumah yang akan dibeli digunakan untuk rumah tinggal. Rumah tersebut tidak boleh dipergunakan untuk disewakan atau dialihkan kepada pemilik lain.

Dikutip dari Kompas.com, animo masyarakat terhadap program ini sangat baik. Sesuai dengan hasil wawancara dengan seorang pegawai swasta di Indonesia Property Expo (IPEX) 2017 JCC Senayan, Sabtu (11/2/2017), ia menyatakan program ini akan sangat membantu masyarakat yang ingin memiliki rumah sendiri tetapi tidak memiliki dana yang cukup.

Apa Saja Keuntungan Membeli Rumah dengan KPR - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara KPR untuk Freelancer atau Karyawan Kontrak?]

 

Hanya saja masih ada beberapa orang yang merasa bingung untuk membedakan rumah mana yang dianggap sebagai rumah komersial dan mana yang dianggap rumah subsidi. Namun kebingungan tersebut dapat terjawab dengan keberadaan stand-stand pemerintahan pada IPEX 2017.

 

Kisaran Harga Rumah Subsidi MBR

Program sejuta rumah bagi para MBR ini memiliki kisaran harga yang beragam sesuai dengan daerahnya masing-masing. Pemerintah tidak memukul rata harga rumah subsidi tersebut karena kisaran harga pada setiap daerah dapat sangat berbeda-beda. Berikut adalah kisaran harga rumah subsidi MBR yang berada di beberapa daerah di Indonesia:

DaerahKisaran Harga 2017Kisaran Harga 2018
JabodetabekRp141 jutaRp148 juta
Wilayah Jawa (Selain Jabodetabek)Rp123 jutaRp130 juta
Wilayah Sumatera (Selain Kepulauan Riau dan Bangka Belitung)Rp123 jutaRp130 juta
KalimantanRp135 jutaRp142 juta
SulawesiRp129 jutaRp136 juta

 

Karyawan Bergaji Rp4 Juta Per Bulan Bisa Memiliki Rumah Sendiri

Siapa bilang karyawan dengan gaji Rp4 juta per bulan tidak dapat membeli rumah sendiri? Sudah ada program pemerintah yang bernama KPR Sejahtera FLPP. Jika Anda memiliki gaji maksimal Rp4 juta per bulan, Anda dapat menggunakan fasilitas ini untuk membeli rumah sendiri. Tetapi pastikan bahwa Anda tidak menyalahgunakan fasilitas tersebut untuk kepentingan usaha. Program ini dibuat untuk menyejahterakan masyarakat yang kesulitan untuk memiliki rumah tinggal sendiri, karena itu sebaiknya tidak dimanfaatkan untuk hal yang tidak sebagaimana peruntukannya.

 

Menurut Anda, apakah program ini sangat menguntungkan bagi para karyawan yang ingin memiliki rumah sendiri? Bagikan opini Anda pada kolom di bawah ini. Anda dapat mengajukan pertanyaan dan tim perencanaan keuangan kami akan membantu menjawab pertanyaan dari Anda. Jangan lupa juga untuk share informasi ini kepada orang terdekat Anda agar mereka mengetahui informasi yang berguna ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Pramdia Arhando Julianto. 11 Februari 2017. Penghasilan Rp4 Juta, Mau Punya Rumah? Ini Caranya. https://goo.gl/sP2ETE
  • Duitpintar. 12 Mei 2015. Gaji 4 Juta Bisa Beli Rumah, Nyicil Maksimal 20 Tahun. https://goo.gl/qZCCrX

 

Sumber Gambar:

  • Kementerian PUPR – https://goo.gl/1HzuFt

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang