Gaji Rp5 juta ingin membeli GoPro HERO 5, bagaimana caranya? Memiliki action camera seperti GoPro HERO 5 dapat menjadi kebanggaan tersendiri bagi kaum muda saat ini. Dengan gaji Rp5 juta per bulan, bagaimana cara memiliki kamera tersebut?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Planner

 

Mau Membeli Kamera GoPro HERO 5

Action camera adalah salah satu hal yang sangat digemari kaum muda di masa ini. Sebenarnya bukan hanya kaum muda, tetapi kalangan manapun yang menyukai olahraga-olahraga ekstrem seringkali menggunakan kamera ini untuk merekam kegiatannya. Harga yang dikenakan untuk sebuah GoPro HERO 5 dapat beragam dari satu toko dengan toko lainnya. Namun kurang lebih kamera tersebut berharga Rp6 juta.

Bagi seorang karyawan dengan gaji Rp5 juta, apakah memungkinkan untuk membeli kamera tersebut? Tentu saja bisa. Hanya saja Anda harus mampu mengendalikan dan mengelola keuangan dengan baik. Kali ini Finansialku akan membahas beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk dapat membeli kamera GoPro HERO 5 dengan gaji Rp 5juta per bulan.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan dan lakukan untuk dapat membeli GoPro HERO 5 dengan gaji Rp5 juta per bulan:

Gaji Rp5 Juta Ingin Membeli GoPro HERO 5, Bagaimana Caranya? - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Ini 5 Cara Unik Mendapatkan Penghasilan Tambahan sebagai Gaji Bulanan]

 

#1 Kenali Cashflow Pribadi Anda

Langkah pertama sebelum memutuskan untuk membeli apapun, Anda harus terlebih dahulu mengenali cashflow atau arus kas pribadi Anda. Tujuannya adalah untuk memastikan berapa dana yang sebenarnya tersedia untuk dapat membeli barang lain di luar kebutuhan utama Anda. Dengan begitu Anda dapat memenuhi segala tujuan keuangan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Dalam hal ini tujuan keuangan yang diinginkan saat ini adalah untuk membeli GoPro HERO 5. Untuk memulai merencanakan keuangan, cobalah dari mencatat keuangan Anda setiap bulannya.

Cara awal yang paling sederhana adalah dengan mencatat berapa pengeluaran dan pemasukan Anda setiap bulannya. Anda perlu belajar untuk melakukannya secara disiplin. Catat setiap pemasukan dan pengeluaran sekecil apapun. Dengan begitu Anda benar-benar mengontrol keuangan sendiri setiap bulannya. Setelah itu perhitungkan berapa selisih antara pengeluaran dan pemasukan Anda. Dana tersebutlah yang dapat digunakan untuk membeli GoPro HERO 5 yang Anda inginkan.

Gaji Rp3 Juta Ingin Berangkatkan Orangtua Naik Haji, Ini Caranya - Finansialku

 [Baca Juga: Gaji Rp3 Juta Ingin Berangkatkan Orangtua Naik Haji, Ini Caranya!]

 

#2 Merencanakan Keuangan

Setelah mengetahui berapa besarnya dana yang dapat digunakan untuk membeli barang yang diinginkan, Anda dapat mulai merencanakan berapa besar dana yang perlu disimpan untuk spesifik membeli barang tersebut. Jangan lupa, sebesar apapun keinginan Anda untuk memiliki GoPro HERO 5, ada tujuan-tujuan keuangan lain yang tetap harus Anda penuhi. Misalnya saja mempersiapkan dana pensiun, asuransi dan dana lain. Untuk itu, Anda tidak disarankan menggunakan seluruh selisih pemasukan dan pengeluaran untuk membeli kamera tersebut. Anda harus memperhitungkan terlebih dahulu berapa dana yang dibutuhkan untuk mempersiapkan tujuan keuangan utama seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Setelah itu baru Anda dapat mengalokasikan dana untuk membeli GoPro HERO 5 yang diinginkan.

 

#3 Menentukan Metode Pembayaran

Anda telah mengetahui berapa dana yang dapat dialokasikan untuk membeli GoPro HERO 5. Tentunya besarnya dana tersebut bukanlah 100% selisih pemasukan dan pengeluaran bulanan Anda. Berangkat dari besarnya dana yang dapat dialokasikan, Anda baru dapat menentukan metode pembayaran yang akan digunakan. Apakah akan membeli GoPro HERO 5 secara tunai atau cicilan?

Gaji UMR Ingin Membeli Ponsel Terbaru, Apakah Bisa - Finansialku

  [Baca Juga: Gaji UMR Ingin Membeli Ponsel Terbaru, Apakah Bisa?]

 

Secara umum dengan gaji Rp5 juta per bulan Anda tidak mungkin dapat membeli sebuah kamera seharga Rp6 juta dalam 1 bulan, kecuali jika Anda mendapatkan bonus atau tunjangan yang sangat besar. Jika diasumsikan Anda hanya mengandalkan gaji maka kemungkinan besar Anda tidak dapat membeli kamera tersebut secara tunai hanya dalam waktu 1 bulan. Anda tetap dapat membelinya secara tunai dengan menabung terlebih dahulu selama beberapa bulan. Tetapi jika Anda sangat membutuhkan kamera tersebut dalam waktu dekat Anda juga dapat menggunakan fasilitas kredit atau cicilan.

Namun sebelum memutuskan untuk mengambil kredit, Anda harus memastikan bahwa dana yang dialokasikan untuk membeli kamera tersebut cukup untuk membayar cicilan bulanan yang telah ditentukan. Sebenarnya baik Anda membeli secara tunai atau secara kredit Anda tetap ‘menyicil’. Perbedaannya jika menyimpan sendiri dana tersebut setiap bulan untuk kemudian membeli secara tunai Anda tidak diwajibkan untuk menabung dengan jumlah yang sama terus-menerus. Walaupun sebaiknya Anda tetap disiplin menyimpan dana dengan jumlah yang telah ditentukan, tetapi dalam keadaan darurat Anda dapat menunda pembeliannya. Berbeda halnya dengan mengambil sistem kredit. Anda wajib membayar cicilan sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan walau dalam keadaan apapun. Karena itu jika mengambil kredit Anda harus siap menanggung risikonya. Jangan sampai lalai membayar cicilan dan akhirnya harus membayar denda yang memberatkan.

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil?]

 

Bertanggungjawab dengan Pilihan Anda

Banyak orang merasa tidak mampu membeli sebuah barang dengan gaji tertentu. Sebaliknya banyak juga orang yang merasa mampu membeli suatu barang karena merasa gajinya mencukupi. Padahal sebenarnya setiap barang dengan harga yang mahal sekalipun dapat dibeli oleh orang yang memiliki gaji menengah. Syaratnya Anda harus disiplin merencanakan dan menyiapkannya. Dengan perencanaan yang baik Anda dapat memperhitungkan dengan akurat kapan tepatnya barang tersebut dapat Anda beli. Apapun metode pembayaran yang dipilih, Anda harus bertanggungjawab atas pilihan tersebut. Jika Anda memutuskan untuk menabung terlebih dahulu dan membelinya secara tunai setelah dana mencukupi maka pastikan Anda akan tetap mempersiapkan dananya setiap bulan. Sebaliknya jika Anda telah memutuskan untuk mengambil sistem kredit, Anda harus bertanggungjawab untuk membayar cicilannya setiap bulan.

 

Apakah Anda berencana untuk membeli GoPro Hero 5? Langkah apa yang akan Anda lakukan untuk mendapatkan benda tersebut? Berikan pendapat dan pengalaman Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • GoPro Hero 5 – https://goo.gl/omo2m5
  • GoPro – https://goo.gl/TULRlU

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang