Bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan setiap bulan? Bagi para karyawan pasti sudah terbiasa mendapatkan gaji tetap setiap bulan. Namun terkadang gaji tersebut tidak cukup untuk membayar seluruh kebutuhan. Karena itu Anda dapat mencoba 5 cara unik berikut ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan.  

 

Rubrik Finansialku

 

Gaji Bulanan Masih Kurang

Para karyawan biasanya menerima gajinya setiap bulan dengan angka yang sudah dapat dipastikan. Bisa saja ada gaji lebih karena bonus atau uang lembur. Hanya saja besaran gaji tersebut seringkali masih belum cukup untuk membayar seluruh keinginan.

Jangankan memenuhi keinginan, kebutuhan sehari-hari pun kadang tidak tercukupi. Bagi sebagian orang yang memiliki gaji besar sekalipun, tidak jarang gaji tersebut tidak cukup untuk memenuhi segala kebutuhan.

Hal ini bisa dikarenakan tuntutan pekerjaan yang mengharuskan Anda meningkatkan gaya hidup atau berbagai alasan lainnya.

Mendapatkan penghasilan tambahan terdengar seperti sebuah solusi yang dapat menyelesaikan masalah. Namun dengan waktu yang terbatas, Anda tidak mungkin memiliki 2 pekerjaan sekaligus.

Tetapi ternyata ada beberapa cara unik yang dapat digunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kali ini Finansialku akan membahas cara-cara unik tersebut.

Berikut adalah 5 cara unik untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang dapat dicoba oleh para karyawan:

[Baca Juga: Karyawan Ingin Memiliki Penghasilan Tambahan? Kenali Income Investing]

 

#1 Mengisi Kuesioner Online

Setiap perusahaan yang menjual produk atau jasa membutuhkan respon dari pasar untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pasar. Seringkali informasi tersebut didapatkan melalui penyebaran kuesioner.

Tahukah Anda bahwa ada banyak perusahaan yang menyebarkan kuesionernya untuk diisi oleh responden dengan sistem berbayar.

Yuk Daftar Uber Driver
Yuk Daftar Uber Driver

Dengan mengisi kuesioner tersebut Anda akan mendapatkan imbalan. Cara ini cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja pada umumnya, asalkan Anda mendaftarkan diri dan memenuhi persyaratan-persyaratan tertentu yang biasanya bersifat administratif.

Hanya dengan mengisi kuesioner secara online Anda bisa mendapatkan keuntungan tunai. Menarik bukan?

 

#2 Jual Barang Bekas

Cobalah perhatikan seisi kamar Anda. Adakah barang-barang yang sebenarnya sudah tidak digunakan? Orang Indonesia terkenal dengan sifat konsumtifnya. Tidak jarang Anda membeli barang yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan.

Namun karena berbagai dorongan seperti ingin mengikuti tren, menemukan diskon yang menggiurkan dan berbagai motivasi lainnya akhirnya Anda menumpuk barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

Ketika akan bertransaksi, barang tersebut terlihat sangat spesial, tetapi begitu sampai di rumah Anda baru menyadari bahwa barang itu sebenarnya tidak diperlukan. Ujung-ujungnya barang yang dibeli menumpuk di kamar dan lemari.

[Baca Juga: Berapa Target Penghasilan Anda dan Pasangan?]

 

Barang-barang seperti ini bisa Anda jual. Jika dulu Anda hanya berpikir bahwa barang bekas yang bisa dijual hanyalah barang-barang mahal seperti gadget atau perhiasan, di zaman modern ini kemajuan teknologi mendukung Anda untuk menjual berbagai macam barang bekas.

Sudah ada banyak situs yang menyediakan layanan untuk menjual barang bekas mulai dari yang terkecil seperti kosmetik hingga barang-barang yang terlihat besar seperti lemari pakaian. Daripada barang-barang yang tidak digunakan menumpuk di kamar, lebih baik Anda menjualnya untuk mendapatkan uang.

Memang secara tidak langsung pendapatan ini bukanlah penghasilan tambahan karena Anda sudah memiliki uangnya sebelumnya hanya saja bentuknya bukan uang tunai dan jika didiamkan akan terus terdepresiasi sehingga nilainya turun drastis.

Daripada ‘uang’ dalam bentuk barang-barang tersebut terus terdepresiasi, sebaiknya Anda segera jual barang-barang bekas tersebut agar dapat digunakan untuk keperluan lain yang lebih bermanfaat.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#3 Menulis di Blog

Terkadang ketika membaca sebuah blog, Anda mungkin berpikir bahwa blog tersebut hanya dibuat untuk menghabiskan waktu dan menuangkan hobi atau pemikiran seseorang. Nyatanya ada banyak orang yang membiayai kehidupan sehari-harinya dengan menulis di blog. Menjadi seorang blogger adalah sebuah profesi yang dapat menghasilkan uang.

[Baca Juga: Ini Kesalahan Para HR dalam Memberikan Pelatihan MPP (Masa Persiapan Pensiun) serta Solusinya!]

 

Di dalam sebuah blog, Anda bebas membahas tentang bidang apapun. Misalnya jika Anda memiliki sebuah hobi, cobalah mulai menulis blog tentang hobi tersebut.

Selain bisa menuangkan ketertarikan Anda pada suatu bidang dan membagikan informasi yang bermanfaat bagi orang lain, Anda juga bisa mendapatkan uang. Penghasilan tersebut bisa didapatkan dari afiliasi, endorsement, iklan, dan sumber lainnya.

 

#4 Jual Foto

Apakah Anda hobi fotografi? Jika memiliki ketertarikan dalam dunia fotografi, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Foto-foto hasil karya Anda ternyata tidak perlu hanya diam di dalam komputer atau hard disk dan tidak digunakan.

Anda dapat menjual foto-foto tersebut di situs-situs seperti shutterstock.com. Hasil penjualan yang Anda dapatkan mungkin tidak sebesar jika Anda menjadi seorang fotografer profesional.

Tetapi untuk menjadi fotografer profesional dibutuhkan lebih banyak waktu, tenaga dan pikiran. Jika Anda tetap memprioritaskan pekerjaan maka cara ini adalah salah satu solusi yang menarik dan tetap dapat menghasilkan keuntungan.

  [Baca Juga: Hobi Fotografi, Sekedar Koleksi atau Bisa Menghasilkan Uang?]

 

#5 Penulis Freelance

Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari menjadi seorang penulis freelance atau penulis lepas. Artinya Anda tidak terikat pada suatu perusahaan yang membeli karya tulis Anda. Ada banyak situs-situs portal yang mau menerima kontributor penulis lepas seperti ini.

Carilah situs yang banyak membahas tentang sebuah topik yang Anda sukai dan kuasai. Anda dapat menjual tulisan mengenai topik tersebut secara rutin kepada situs portal terkait.

Tentunya jika menjadi seorang penulis lepas Anda tidak perlu khawatir mengenai jam kerja untuk menulis karena dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja sesuai kesanggupan Anda.

 

Penghasilan Tambahan Tetap Harus Dikelola

Karyawan seringkali merasa gajinya tidak cukup untuk menutupi seluruh kebutuhan dan keinginan. Untuk menanggulanginya, Anda dapat menggunakan berbagai cara unik untuk mendapatkan penghasilan tambahan seperti yang telah dibahas di atas.

Namun jika sudah mendapatkan penghasilan tambahan, Anda tetap harus mengelola keuangan dengan baik. Jika tidak mengelola keuangan dengan baik, penghasilan tambahan sebesar apapun tetap tidak akan pernah mencukupi kebutuhan Anda.

 

Apakah Anda memiliki cara lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan? Tinggalkan komentar di bawah, siapa tahu ide Anda juga dapat membantu orang lain yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

 

Sumber Referensi:

  • Deacon Hayes. 20 Unique Ways to Make Extra Money. Wellkeptwallet.com – https://goo.gl/RvD8yv

 

Sumber Gambar:

  • Strength – https://goo.gl/YI72v5
  • Upgrade – https://goo.gl/eTyPST

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang