Anda kolektor jam tangan? Sudahkah Anda menyiapkan budget koleksi jam tangan? Artikel ini akan membantu Anda untuk menyiapkan budget koleksi jam tangan Anda, yuk simak!

 

Rubrik Finansialku Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Menyiapkan Budget Koleksi Jam Tangan

Jam tangan sebagai penunjuk waktu terkadang menjadi daya tarik sendiri bagi beberapa orang untuk mengoleksinya. Jam tangan memiliki berbagai variasi dari segi warna, merek, kualitas, dan lain-lain.

Namun, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga merupakan kolektor jam tangan? Lalu bagaimana Anda menyiapkan budget koleksi jam tangan?

Jika Anda adalah seorang kolektor jam tangan, kali ini saya akan berbagi hal-hal yang saya lakukan untuk menyiapkan budget koleksi jam tangan saya.

Saya Melakukan Hal Ini Untuk Menyiapkan Budget Koleksi Jam Tangan 1 Finansialku

[Baca Juga: Top 18 Jam Tangan Termahal di Dunia Tahun 2017]

 

Hal pertama yang saya lakukan untuk menyiapkan budget koleksi jam tangan adalah dengan membuat anggaran terlebih dahulu.

Saya membuat anggaran untuk pengeluaran saya setiap bulannya. Khususnya, saya memprioritaskan kebutuhan utama saya terlebih dahulu yaitu sandang, pangan, dan papan.

Setelah membuat anggaran kebutuhan utama, saya membuat anggaran untuk koleksi jam tangan saya. Saya membuat anggarannya untuk bulanan.

Setelah semua kebutuhan utama saya terpenuhi, saya baru melihat sisa uang dari anggaran utama saya tersebut.

Lalu, uang yang sisa tersebut saya alokasikan untuk menyiapkan budget koleksi jam tangan saya.

Setelah menentukan anggaran, saya membuat tujuan keuangan saya untuk membeli jam tangan yang ingin saya koleksi.

Saya memilih jam tangan tersebut mulai dari harganya, mereknya, warnanya, sedetail mungkin tentang jam yang akan saya beli untuk koleksi.

Jadi, tujuan keuangan saya buat yang SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, Timely). Sehingga, saya akan lebih mudah untuk mencapainya.

Namun, saya menyadari bahwa menyisihkan uang saja tidak cukup. Seiring berjalannya waktu uang akan tergerus inflasi, sehingga nilainya menjadi berkurang.

Oleh karena itu, saya memutuskan untuk berinvestasi. Sekarang ada banyak investasi yang bisa saya pilih. Ada investasi saham, logam mulia, reksa dana, deposito, obligasi, P2P (Peer to Peer) lending, dan lain-lain.

 

Instrumen Investasi yang Saya Pilih untuk Membeli Jam Tangan

Secara pribadi, investasi yang saya pilih untuk menyiapkan budget koleksi jam tangan saya adalah investasi saham.

Mengapa demikian? Karena setelah saya memahami seluk-beluk investasi saham, ternyata investasi saham memang memberikan return yang cukup besar dibandingkan dengan investasi lainnya.

Selain itu, saya juga memilih sendiri saham mana yang akan saya pilih. Saya juga yang menentukan kapan saya mau jual serta kapan saya mau beli.

Di samping itu, saya juga belajar bagaimana melakukan analisis teknikal dan analisis fundamental terhadap sebuah saham. Memang investasi saham tidak begitu mudah, namun investasi saham dapat dipelajari.

Bagaimana-Cara-Merencanakan-Investasi-2-Finansialku

[Baca Juga: Cara Menyiapkan Biaya Pernikahan Dalam Waktu 1 Tahun]

 

Setelah berinvestasi, saya tidak lupa untuk terus mengevaluasi investasi saya. Berapa return yang telah saya dapatkan. Saya selalu menyesuaikannya dengan tujuan keuangan yang telah saya buat.

Anda ingin memahami investasi saham seperti saya? Miliki panduan yang jelas dalam melakukan investasi saham dengan men-download ebook panduan berinvestasi saham bagi pemula dari Finansialku berikut ini.

Ebook ini mudah dimengerti dan sangat cocok bagi Anda para pemula. Dan yang tak kalah penting, ebook yang sangat informatif ini GRATIS! Jangan ditunda-tunda lagi, segera download ebook Panduan Berinvestasi Saham berikut ini!

 

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Oh iya, dalam menyiapkan budget untuk koleksi jam tangan, saya menggunakan aplikasi Finansialku.

Saya sungguh terbantu dengan adanya aplikasi ini, apalagi fitur perhitungan harga barang ditambah inflasi. Saya juga tahu, berapa uang yang harus saya kumpulkan tiap bulan agar tujuan segera tercapai.

Dengan demikian, saya bisa membeli jam tangan yang saya inginkan untuk koleksi. Itulah hal yang saya lakukan untuk menyiapkan budget koleksi jam tangan saya.

 

5 Tips Menyiapkan Budget Koleksi Jam Tangan

Saya akan berbagi beberapa tips untuk kalian yang mau koleksi jam tangan seperti saya. Berikut tips-tipsnya.

 

#1 Membuat Anggaran

Seperti yang saya telah saya lakukan, Anda perlu membuat anggaran sebelum membeli jam tangan untuk koleksi. Anggaran Anda bisa dibuat per bulan. Prioritaskan kebutuhan utama Anda terlebih dahulu.

Jangan sampai Anda tidak bisa memenuhi kebutuhan utama Anda karena membeli jam tangan untuk koleksi. Selain itu, Anda juga bisa membuat anggaran khusus untuk koleksi jam tangan ya.

Bagaimana-Cara-Merencanakan-Investasi-3-Finansialku

[Baca Juga: Persiapan Budget untuk Renovasi Rumah]

 

Oh iya, jika Anda mengalami kesulitan dalam membuat anggaran. Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku. Download aplikasi Finansialku di Google Play Store, atau akses langsung aplikasinya di browser Anda dengan mengklik link berikut ini.

Download di Google Play Store gratis, dan nikmati fitur-fiturnya!

 

#2 Menentukan Tujuan Keuangan

Anda harus menentukan tujuan keuangan koleksi jam tangan Anda. Tujuan keuangan di sini bukan sebatas harga jam tangan yang ingin Anda beli. Buatlah tujuan keuangan sedetail mungkin.

Mulai dari harganya, warnanya, mereknya, dan lain-lain. Ingat, jangan lupa untuk membuat tujuan keuangan yang SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, Timely).

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Konsep SMART ini akan membantu Anda termotivasi untuk membeli jam tangan yang Anda inginkan. Jika tujuan Anda jelas, tentunya Anda akan lebih bersemangat untuk mendapatkannya.

 

#3 Sabar, Konsisten, dan Komitmen

Koleksi jam tangan memang bukan prioritas saya ataupun Anda. Koleksi jam tangan ini bisa dikatakan sebagai hobi belaka.

Apalagi koleksi jam tangan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Harga jam tangan sendiri bervariasi mulai dari ratusan ribu, jutaan, atau hingga miliaran rupiah. Semua tergantung selera Anda.

Oleh karena itu Anda harus bersabar untuk menunggunya. Namun, sabar saja tidak cukup jika Anda tidak berbuat apa-apa.

Saya Melakukan Hal Ini Untuk Menyiapkan Budget Koleksi Jam Tangan 2 Finansialku

[Baca Juga: Cara Menghitung dan Merencanakan Dana Liburan yang Perlu Dicoba]

 

Anda juga harus konsisten dan berkomitmen untuk mengalokasikan uang Anda untuk membeli jam tangan tersebut.

Misalnya, setiap bulan Anda mengalokasikan 10% dari pendapatan Anda untuk membeli jam tangan tersebut.

Anda harus melakukannya secara rutin. Setiap bulan Anda harus konsisten mengalokasikan uang tersebut.

Jangan bulan ini mengalokasikan, bulan depan tidak, bulan depannya baru mulai mengalokasikannya lagi.

Kalau Anda tidak konsisten maka akan semakin sulit dan lama untuk mendapatkan jam tangan tersebut.

 

#4 Memilih Investasi yang Tepat

Investasi dapat diibaratkan sebagai kendaraan yang membantu Anda sampai ke tujuan keuangan Anda.

Oleh karena itu, Anda harus memilih kendaraan yang paling tepat untuk Anda. Pilihlah investasi yang sesuai kebutuhan Anda, serta profil risiko Anda.

Jangan memilih investasi dengan sembarangan. Jika sembarangan, bisa-bisa Anda malah rugi karena investasi.

Seperti yang saya telah sebutkan di atas sekarang sudah ada banyak macam investasi.

Ada investasi saham, reksa dana, logam mulia, deposito, obligasi, P2P lending, dan lain-lain. Anda bisa memilih jenis investasi yang paling cocok dengan Anda.

Jika Anda masih pemula dalam berinvestasi, mungkin reksa dana bisa jadi pilihan Anda.

Anda tidak perlu mengatur alokasi dana yang Anda investasikan sendiri. Di reksa dana terdapat manajer investasi terpercaya yang akan mengalokasikan dana investasi Anda di tempat yang paling menguntungkan.

Jika Anda berminat untuk mencoba investasi di reksa dana, Anda bisa coba membaca ebook investasi reksa dana untuk pemula dari Finansialku secara gratis.

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Namun, jika Anda adalah risk taker seperti saya, mungkin saham bisa jadi pilihan bagi Anda.

 

#5 Mencari Penghasilan Tambahan

Tips tambahan lainnya adalah mencari penghasilan tambahan. Sekarang ini sudah banyak sekali cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Mulai dari online shop, freelancer, penulis blog, dropshipper, reseller dan lain-lain.

Anda dapat  memilih cara yang paling cocok untuk Anda. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan tambahan uang untuk membeli jam tangan untuk koleksi Anda. Menarik ‘kan?

 

Anda Tetap Bisa Mengoleksi Jam Tangan

Walaupun Anda memiliki penghasilan pas-pasan atau tidak tetap, Anda tetap bisa mengoleksi jam tangan kok.

Namun, Anda harus memperhatikan beberapa hal dalam menyiapkan budget untuk koleksi jam tangan Anda.

Setelah mengetahui apa yang saya lakukan untuk menyiapkan budget koleksi jam tangan serta tips-tips yang saya bagikan, tentunya dapat membantu Anda menyiapkan budget koleksi jam tangan Anda.

 

Jadi, apakah Anda berminat menjadi kolektor jam tangan? Atau Anda memiliki tips-tips atau cara lainnya untuk menyiapkan budget koleksi jam tangan? Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah disediakan.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih!

 

Sumber Gambar:

  • Koleksi Jam Tangan – https://goo.gl/qFxa9V
  • Koleksi Jam Tangan 2 – https://goo.gl/shvGx9
  • Koleksi Jam Tangan 3 – https://goo.gl/46rXtt