Memiliki hobi mahal tidak ada salahnya. Tetapi sering kali hobi tersebut bertentangan dengan kondisi finansial seseorang dan bahkan merusaknya.

Pada artikel kali ini, Finansialku akan memberikan tips pada Anda yang memiliki hobi mengoleksi barang mewah atau olahraga mahal agar tidak kewalahan secara keuangan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Hobi Olahraga Mahal

Siapa yang tidak memiliki hobi? Hobi adalah aktivitas yang pasti dikerjakan setiap orang di masa senggangnya. Bedanya, ada yang memiliki hobi murah, ada pula yang memiliki hobi mahal.

Salah satunya, misalnya hobi olahraga bermain golf vs hobi membaca. Hobi membaca termasuk hobi murah karena harga untuk sebuah buku hanya berkisar sekitar Rp100 ribu, bahkan Anda pun dapat membaca gratis melalui online.

Berbeda dengan hobi membaca, hobi golf adalah hobi dengan modal besar. Tentu semua orang mengaitkan hobi golf dengan olahraga mewah. Bagaimana tidak?

Punya Hobi Olahraga Mahal 02 Golf 2 - Finansialku

[Baca Juga: Punya Hobi Mahal Koleksi Drone? Ini Dia Cara Mengelola Keuangannya!]

 

Untuk menyewa lapangannya saja, seseorang harus rela mengeluarkan uang kurang lebih Rp1 juta. Itu hanya lapangannya saja. Untuk bermain, tongkat golf pun harus disewa dengan harga ratusan ribu.

Belum dengan bola dan pakaian hingga sepatu untuk bermain golf. Tidak hanya golf identik dengan kalangan kaya. Tetapi hobi mahal tidak hanya bermain golf.

Ada pula yang hobi balap mobil, hobi mengoleksi barang mewah hingga hobi lainnya yang membutuhkan uang tidak sedikit.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Pengaturan Keuangan untuk Hobi Mahal

Jika Anda ingin hobi dapat terus dilakukan, maka Anda harus memastikan bahwa dengan adanya hobi tersebut, keuangan Anda tidak akan terganggu.

Tentu tidak mudah, mengingat hobi mahal membutuhkan uang banyak yang berarti pengeluaran pun akan menjadi meningkat.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mewujudkan hobi tanpa merusak kondisi finansial.

Anda Tidak Dilahirkan Dengan Sudut Pandang Keuangan yang Baik 01 Entrepreneur - Finansialku

[Baca Juga: Para Istri Zaman Now, Mengetahui Hobi Suami Adalah Langkah Awal untuk Mengatur Keuangan Hobi Suami]

 

#1 Lakukan Perencanaan Keuangan

Tidak hanya untuk kehidupan sehari-hari, untuk meneruskan hobi mahal, Anda pun membutuhkan perencanaan keuangan yang matang. Perencanaan keuangan yang baik dapat membantu Anda mencapai tujuan keuangan apapun.

Dengan perencanaan keuangan yang baik pula, seluruh kebutuhan dan keinginan Anda akan mampu terpenuhi.

Perencanaan keuangan ini dapat dibantu dengan Aplikasi Finansialku yang memberikan banyak fasilitas di dalamnya. Anda dapat mencatat anggaran serta pemasukan harian hingga bulanan.

Anda pun dapat memilih rencana keuangan baik untuk dana pendidikan, dana cicilan utang dan lainnya.

Setelah perencanaan keuangan tersusun, Anda harus disiplin menaati dan mengikuti rencana tersebut.

Jika Anda tidak melakukannya, maka perencanaan keuangan tersebut akan sia-sia dan keuangan Anda dapat terganggu karena adanya hobi tersebut.

 

#2 Cari Pemasukan Ekstra

Hal ini dapat sangat membantu apalagi jika Anda memiliki anggaran yang terbatas. Banyak yang dengan rela bekerja lembur atau memiliki dua pekerjaan untuk dapat meneruskan hobi mereka.

Dengan tujuan dan motivasi yang kuat, pasti Anda dapat memenuhi keinginan Anda. Selain itu, Anda pun harus cermat untuk mencari pemasukan ekstra.

Misalnya Anda memiliki mainan atau barang-barang koleksi mahal yang sudah tidak Anda sukai, maka Anda dapat menjualnya.

Selain itu, banyak pula hobi mahal yang dapat membantu Anda menghasilkan uang. Dengan berpikir kreatif dan cermat, mungkin saja Anda dapat menambah pemasukan sembari melakukan hobi.

Orang Tua Harus Tahu Pentingnya Anggaran Keuangan 02 Anggaran Rumah Tangga 2 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Caranya Mendapatkan Passive Income Dengan Modal Kecil]

 

#3 Lakukan Perawatan

Jangan mengaku kalau Anda hobi jika Anda hanya membeli dan mengoleksi tanpa merawat barang tersebut.

Baik barang murah maupun mahal, barang koleksi sebaiknya ditempatkan di lemari khusus seperti pajangan atau lemari kaca.

Selain itu, melakukan perawatan dengan benar, dapat menghemat biaya perbaikan. Bayangkan saja bila Anda gemar mengoleksi lukisan mewah atau bahkan mobil mewah.

Tentu biaya perawatan barang-barang tersebut tidak murah. Oleh karena itu, sebisa mungkin mencegah sebelum terjadi kerusakan apapun.

Bahkan, menariknya, menyediakan tempat khusus untuk barang koleksi Anda dapat berfungsi sebagai pengingat bahwa Anda harus mengontrol belanja Anda bila lemari tersebut sudah mulai penuh. Seru, bukan?

Pacar yang Hebat Mengatur Keuangan 02 Finansialku

[Baca Juga: Hobi Koleksi Sepatu? Coba 5 Cara Ini untuk Mengatur Keuangan Anda]

 

#4 Pastikan Bahwa Anda Benar-Benar Menyukainya

Berkembangnya teknologi serta lingkungan yang membaur, sering menjadi patokan gaya hidup seseorang. Sesuatu yang terlihat “keren” atau “mewah” kemudian dijadikan hobi hanya demi “gengsi” atau “nama”.

Pastikan bahwa Anda benar-benar menyukai aktivitas atau gemar dengan barang tersebut. Jangan hanya berusaha mengikuti gaya hidup yang Anda lihat “menarik”.

Dalam membeli barang atau melakukan olahraga mahal, juga terdapat beberapa kiat yang dapat Anda perhatikan, yaitu sebagai berikut:

 

#1 Jangan Menjadi Impulsif dan Konsumtif

Hobi memang terkadang sulit dikontrol, tetapi agar Anda tidak merusak keuangan Anda, Anda harus bertanya pada diri Anda sendiri sebelum memutuskan untuk membeli sebuah barang.

Tanyakan pada diri Anda, “Apakah dengan harga tersebut, barang tersebut layak untuk dibeli dan apakah saya benar-benar menyukainya?” Pertanyaan ini merupakan langkah awal yang penting untuk tidak merusak keuangan Anda.

Dengan melakukan refleksi diri, Anda akan terhindar dari pembelanjaan impulsif dan barang yang Anda beli hanyalah barang yang benar-benar Anda ingini. Anda pun tidak akan mendapati diri Anda menyesali uang yang telah Anda habiskan untuk barang yang tidak penting.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#2 Kualitas Nomor Satu

Jangan memaksakan membeli atau melakukan hobi jika hal tersebut tidak berkualitas karena Anda akan menyesal di kemudian hari. Sebaiknya, beli barang dengan kualitas terbaik karena barang tersebut akan lebih awet.

Walaupun kualitas berbanding lurus dengan harga, Anda tidak perlu berkecil hati. Gunakan perencanaan keuangan yang terstruktur untuk membeli barang tersebut.

Hitunglah apakah menggunakan cicilan akan lebih menguntungkan dibandingkan dengan menabung dananya terlebih dahulu.

Selain itu, selalu lakukan perbandingan! Perbandingan ini dilakukan tidak hanya untuk mencari harga terbaik, tetapi juga untuk mendapatkan barang dengan kualitas terbaik.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#3 Sesuaikan Dengan Kemampuan

Anda harus mengetahui batas kemampuan finansial Anda, untuk itu sangat penting untuk memiliki perencanaan keuangan yang matang.

Dengan mengetahui batas kemampuan, Anda tidak akan membelanjakan uang yang seharusnya Anda simpan atau tabung.

Untuk membantu Anda, silakan gunakan Aplikasi Finansialku di mana Anda dapat mengakses seluruh rencana keuangan Anda dengan mudah hanya melalui smartphone.

Kondisi Keuangan Usia 30-an 02 Finansialku

[Baca Juga: 25+ Kata-kata Motivasi Dave Ramsey, Seorang Ahli Perencana Keuangan Pribadi]

 

Jangan Terbebani dengan Hobi

Hobi merupakan suatu aktivitas yang seharusnya menjadi jalan keluar di hari-hari sulit Anda. Jangan sampai Anda menjadikan hobi sebagai beban pikiran dan beban ekonomi.

Sesuaikan hobi dengan kebutuhan dan kemampuan dan pastikan bahwa Anda benar-benar menyukainya.

 

Setelah Anda membaca artikel ini, diharapkan Anda mengerti cara-cara untuk mempertahankan hobi mahal tanpa merusak keuangan.

Bagikan artikel ini bagi teman atau saudara yang gemar mengoleksi barang mewah. Berikan pertanyaan Anda di kolom komentar di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Sri Juliati. 23 Oktober 2019. Identik dengan Olahraga Mahal, Siapin Duit Segini Kalau Mau Main Golf! CkckckTravel.Tribunnews.com – https://goo.gl/mheZ4R

 

Sumber Gambar:

  • Golf 1 – https://goo.gl/gA55YC
  • Golf 2 – https://goo.gl/mPNGcj
Summary
Punya Hobi Olahraga Mahal Seperti Bermain Golf? Wujudkan Tanpa Merusak Keuangan
Article Name
Punya Hobi Olahraga Mahal Seperti Bermain Golf? Wujudkan Tanpa Merusak Keuangan
Description
Memiliki hobi mahal tidak ada salahnya. Tetapi seringkali hobi tersebut bertentangan dengan kondisi finansial seseorang dan bahkan merusaknya.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo