Coba Anda bayangkan, ketika Anda sebagai salah satu pemimpin perusahaan, ingin meningkatkan motivasi kerja karyawan Anda, apakah yang akan Anda lakukan?

Karyawan yang memiliki semangat dan motivasi kerja yang tinggi akan dapat memberikan hasil yang baik bagi perusahaan mereka. Bagaimanakah cara untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan? Mari kita simak rubrik berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Definisi Motivasi Kerja Karyawan

Ketika kita ingin meningkatkan motivasi kerja karyawan, tentunya kita bertanya-tanya sebenarnya apakah motivasi kerja itu dan bagaimana cara yang efektif untuk meningkatkannya.

Motivasi kerja adalah suatu keinginan yang kuat yang berasal dari dalam diri untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan. Motivasi adalah dorongan dari dalam diri yang membuat seseorang memilih untuk melakukan sesuatu.

Motivasi seseorang dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor biologis, sosial, intelektual dan emosional.

Oleh karena itu, motivasi adalah sesuatu yang sangat kompleks, dan sangat sulit untuk didefinisikan secara pasti. Bahkan motivasi kerja juga dapat didorong oleh faktor eksternal.

6 Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan, Tanpa Merusak Keuangan Perusahaan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Sudah Banting Tulang Kok Belum Jadi Orang Sukses? Kuasai 7 Kebiasaan Orang Sukses ala Stephen Covey]

 

Sebenarnya perusahaan sudah mengerti bahwa mereka butuh memberikan lingkungan kerja yang kondusif untuk memotivasi karyawan mereka, tetapi seringkali perusahaan tidak berhasil untuk memotivasi karyawan mereka.

Perusahaan sering mengabaikan pentingnya hubungan dengan karyawan, komunikasi dengan karyawan, penghargaan terhadap karyawan dan keterlibatan pemimpin dengan karyawannya, yang sebenarnya menjadi isu utama motivasi kerja karyawan.

 

6 Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan Tanpa Merusak Keuangan Anda

Di bawah ini adalah 6 cara praktis untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan tanpa merusak keuangan Anda.

 

#1 Miliki Hubungan dan Komunikasi Yang Baik Dengan Karyawan Anda

Ketika ingin memotivasi karyawan-karyawan mereka, biasanya perusahaan selalu berpikir bahwa program insentif adalah cara satu-satunya untuk dapat meningkatkan motivasi karyawan. Tetapi itu tidak selalu berhasil, ada cara lain yang dapat meningkatkan motivasi karyawan, salah satunya adalah memiliki komunikasi yang baik dengan karyawan Anda.

Praktikkan! 8 Tips Menghadapi Tes Potensi Akademik 01 - Finansialku

[Baca Juga: Praktikkan! 8 Tips Menghadapi Tes Potensi Akademik]

 

Ada perusahaan yang melakukan program “Secangkir Kopi Di Senin Pagi” dengan karyawannya. Setiap minggunya, pemimpin perusahaan akan memilih dan mengajak karyawannya untuk berbicara selama 30 menit sampai 1 jam.

Pembicaraannya bisa saja tidak berhubungan dengan pekerjaan. Hal ini dilakukan untuk menambah kedekatan antara pemimpin perusahaan dengan karyawannya.

Dengan begitu, karyawannya pun akan merasa bahwa mereka benar-benar dihargai dan diperhatikan.

Ketika karyawan mengetahui bahwa mereka benar-benar diperhatikan dan dihargai, maka dengan sendirinya, semangat dan motivasi kerja mereka akan meningkat.

 

#2 Membuat Hari Bebas Berpakaian Casual

Ada 2 cara dimana Anda sebagai pemimpin perusahaan dapat melakukan hal ini. Yang pertama adalah Anda dapat memasukkannya di dalam peraturan perusahaan.

Biasanya hari jumat adalah hari yang paling banyak digunakan oleh perusahaan untuk menjadi hari bebas berpakaian santai.

Atau Anda dapat menjadikan hal ini sebagai sebuah bentuk apresiasi kepada karyawan yang berhasil mencapai performanya di minggu tersebut atau di bulan tersebut, sehingga karyawan-karyawan Anda akan termotivasi untuk berkompetisi menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.

 

#3 Membuat Atasan Melakukan Pekerjaan Yang Biasanya Dilakukan oleh Karyawannya

Ini adalah salah satu cara kreatif untuk memotivasi karyawan Anda.

Jika karyawan atau tim Anda berhasil mencapai target tertentu yang diberikan oleh perusahaan, maka Anda sebagai pemimpin mereka akan melakukan suatu pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh karyawan Anda.

Belajar Cara Negosiasi dari 10 Orang Sukses Bagaimana Mereka Melakukan Negosiasi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Belajar Cara Negosiasi dari 10 Orang Sukses Bagaimana Mereka Melakukan Negosiasi]

 

Sebagai contoh, Anda akan menyiapkan kopi atau teh di pagi hari untuk mereka, atau Anda akan menyediakan makanan dan minuman saat meeting, yang biasanya dilakukan oleh karyawan Anda. Hal ini akan membuat karyawan Anda lebih termotivasi untuk mencapai target tersebut.

 

#4 Mengambil Bagian Dalam Aktivitas Di Luar Pekerjaan

Ini adalah hal yang cukup penting ketika Anda ingin memotivasi karyawan Anda.

Pemimpin yang membangun kedekatan dengan karyawannya, biasanya memiliki karyawan-karyawan yang lebih setia dengan perusahaan dan termotivasi untuk membantu pemimpin mereka mengembangkan perusahaan tersebut.

Anda dapat membuat jadwal berolahraga bersama karyawan Anda, atau Anda dapat bersama-sama menjadi sukarelawan dalam kegiatan sosial, dan lain sebagainya yang dapat Anda lakukan bersama-sama di luar jam kantor.

 

#5 Memberikan Pilihan Untuk Bekerja Jarak Jauh

Jika Anda mempunyai seorang karyawan yang memang dapat melakukan pekerjaannya dari jarak jauh dan tetap produktif, Anda dapat memberikan pilihan kepada mereka apakah mereka ingin bekerja secara jarak jauh atau bekerja dari rumah.

Karyawan Anda pasti akan sangat menyukainya, karena mereka akan menghemat waktu, energi dan uang mereka jika mereka dapat melakukan hal tersebut.

 

#6 Memberikan Pengetahuan Tentang Literasi Keuangan

Hal ini adalah salah satu hal yang juga sangat penting untuk dapat meningkatkan motivasi karyawan Anda, yaitu memberikan pengetahuan tentang cara mengelola keuangan mereka.

Ketika Anda memberikan mereka pengetahuan tentang cara mengelola keuangan mereka, maka mereka akan merasa bahwa perusahaan memperhatikan kesejahteraan mereka.

Hal tersebut akan memotivasi mereka untuk dapat lebih fokus di dalam pekerjaan mereka.

10 Penyebab Konflik di Tempat Kerja yang Harus Anda Ketahui 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Penyebab Konflik di Tempat Kerja yang Harus Anda Ketahui]

 

Anda dapat menjadwalkan suatu waktu, dimana Anda membuat suatu kelas khusus bagi karyawan Anda untuk belajar tentang keuangan.

Jika karyawan Anda tahu cara mengelola keuangan mereka, maka mereka akan dapat menggunakan uang mereka dengan lebih bijak, dan mereka akan terhindar dari masalah keuangan sehingga mereka dapat lebih berkonsentrasi kepada pekerjaan mereka.

 

Motivasi Karyawan Anda Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan

Ketika Anda, sebagai seorang pemimpin, berhasil memotivasi karyawan Anda, maka Anda telah berhasil membantu diri Anda sendiri dan perusahaan Anda.

Karena dengan motivasi kerja yang tinggi maka karyawan Anda akan dapat memberikan hasil yang maksimal, sehingga kinerja perusahaan pun akan dapat meningkat.

Selain 6 cara di atas, Anda juga dapat menemukan cara yang kreatif yang lain yang dapat Anda gunakan untuk memotivasi karyawan Anda. Selamat mencoba memotivasi karyawan Anda.

 

Apakah rubrik ini menambah informasi Anda tentang bagaimana memotivasi karyawan Anda? Bantu bagikan informasi ini kepada teman-teman Anda agar mereka sebagai pemimpin mengetahui pentingnya motivasi kerja dan bagaimana cara memotivasi karyawan perusahaan mereka.

 

Sumber Referensi:

  • Susan M. Heathfield. 3 Juli 2017. You Need To Know What Motivation Is – Really. Thebalance.com – https://goo.gl/itVjT8
  • Money Crasher. 23 Juli 2012. 5 Ways To Keep Your Employees Motivated Without Breaking The Bank. Forbes.com – https://goo.gl/rEEuNW

 

Sumber Gambar:

  • Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan -https://goo.gl/zj5pwL
  • Karyawan -https://goo.gl/A2pgfz

 

Gratis Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana