Praktikkan! 8 Tips Menghadapi Tes Potensi Akademik

Anda pasti pernah menghadapi tes potensi akademik bukan? Bagi Anda yang sedang mempersiapkan diri dalam menghadapi Tes Potensi Akademik, praktikkan beberapa tips berikut ini untuk menolong Anda agar dapat melewatinya dengan mulus dan tentu saja dengan hasil yang memuaskan. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tes Potensi Akademik

Seperti yang kita ketahui bersama, tes potensi akademik biasanya akan diselenggarakan oleh lembaga pendidikan untuk penerimaan siswa/mahasiswa baru maupun perusahaan sekalipun untuk penerimaan calon pegawai, rekrutmen karyawan dan sebagainya.

Selain itu, tes potensi akademik juga ditujukan sebagai prosedur dalam kenaikan sebuah jabatan dalam suatu perusahaan. Apabila seseorang lolos dalam tes tersebut, maka ia akan lolos ke tahap berikutnya.

Pada umumnya, tes potensi akademik ini terdiri dari empat bagian, yaitu sesi tes bahasa atau verbal, sesi tes numerik atau angka, sesi tes gambar dan sesi tes logika.

Praktikkan! 8 Tips Menghadapi Tes Potensi Akademik 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Contoh Soal Psikotes dan Kiat Sukses Hadapi Tes Psikotes Saat Melamar Kerja]

 

Bagi Anda yang sudah pernah menghadapi bagaimana kesulitan dari tes potensi akademik ini, Anda tentu sudah memiliki pengalaman-pengalaman tertentu apabila Anda harus menghadapinya lagi di kemudian hari. Namun tetap saja berbagai persiapan harus dilakukan.

Berikut ini ada beberapa tips mudah yang dapat Anda lakukan dalam masa persiapan menghadapi tes potensi akademik agar Anda dapat lolos dari tantangan yang satu ini.

 

8 Kiat Ampuh Menghadapi Tes Potensi Akademik

Tidak perlu khawatir ketika Anda akan menghadapi tes potensi akademik. Praktikkan 8 kiat ini maka Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

 

#1 Latihan, Latihan dan Latihan

Latihan adalah kunci utama seseorang mencapai keahlian dan kesempurnaan. Semakin sering ia berlatih, semakin cepat kita akan menyelesaikan setiap soal yang harus dijawab. Berpaculah dengan waktu yang telah ditetapkan. Hal ini akan membuat kita menjadi terbiasa karena seperti yang Anda ketahui, ketika kita menghadapi tes, maka akan ada batasan maksimal waktu pengerjaan dan setiap peserta tidak diperkenankan mengerjakan soal melebihi batas waktu tersebut.

Tidak perlu membeli buku-buku soal tes potensi akademik yang baru. Anda dapat menggunakan buku-buku terbitan tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, Anda dapat mencari soal-soal latihan tersebut di internet.

Praktikkan 8 Kiat Sukses Menjadi Karyawan Teladan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Praktikkan 8 Kiat Sukses Menjadi Karyawan Teladan]

 

#2 Mengakrabkan Diri dengan Tiap Karakter Soal

Setiap tes potensi akademik tentunya berbeda tergantung pada instansi penyelenggaranya. Soal-soal tes potensi akademik untuk Bappenas akan berbeda dengan soal-soal tes potensi akademik pascasarjana.

Hal ini dikarenakan setiap instansi penyelenggara memiliki parameter tersendiri yang menentukan apakah seseorang lolos tes potensi akademik atau tidak.

Pelajari setiap model dan karakteristik dari setiap soal sesuai dengan instansi penyelenggara tes potensi akademik yang Anda jalani. Sebaiknya, Anda dapat mengeksplorasi setiap soal dari 3 tahun sebelumnya dan bertanya kepada para senior yang telah berhasil lolos dalam tes potensi akademik di tahun sebelumnya.

 

#3 Kiat Mempelajari Tes Verbal

Dalam tes potensi akademik, Anda akan diperhadapkan pada tes verbal, dimana di dalamnya diperlukan pengetahuan yang cukup mumpuni mengenai sinonim, antonim, makna kata dan juga perbendaharaan kata yang cukup luas.

Banyak-banyaklah membaca dan memahami berbagai istilah ketika Anda membaca koran, majalah ekonomi dan bisnis atau buku-buku sastra. Ketika Anda menemukan berbagai kata-kata yang asing di telinga, segeralah cari maknanya dan serap pengertian dari kata tersebut. Anda juga dapat membuat daftar kata-kata yang tidak umum dan yang sering muncul dalam soal agar Anda terbiasa dengan setiap kata dan makna dari kata tersebut.

Anda Bisa Kaya Hanya Dengan 10 Tips Sukses Jadi Orang Kaya Sebelum Usia 40 Tahun Ala Warren Buffet 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kiat Sukses Nabilah Alsagoff pendiri Doku]

 

#4 Kiat Mengerjakan Tes Numerik

Pada tes ini, Anda akan diperhadapkan dengan operasi hitung matematika dasar. Selain itu, Anda perlu mengingat berbagai rumus yang diperlukan dalam menjawab soal-soal tersebut. Latihlah diri Anda untuk menghitung secara cepat dengan berlomba dengan waktu yang ditentukan. Semakin cepat Anda menyelesaikan soal, semakin banyak juga soal yang Anda kerjakan.

 

#5 Gunakan Time Management

Anda disarankan untuk mengerjakan soal yang lebih mudah terlebih dahulu. Ketika Anda stuck dengan satu soal yang agak rumit, Anda dapat melewatinya dan mengerjakan soal lain yang lebih mudah.

Hal ini bertujuan agar Anda dapat menghemat waktu dan soal-soal yang dapat Anda kerjakan tidak terbengkalai karena memusingkan satu soal saja yang rumit.

 

#6 Fokus Pada Tiap Sesinya dan Jangan Panik

Seperti pada tips nomor 5 diatas, Anda perlu fokus pada soal-soal yang dapat Anda kerjakan. Baca baik-baik setiap pertanyaan dan tinggalkan saja soal yang menurut Anda kurang familiar. Disinilah pentingnya setiap latihan yang terus dilakukan agar fokus terasah.

Ketika menghadapi setiap soal, percayalah kepada potensi dan kemampuan Anda serta setiap persiapan yang telah Anda lakukan. Jangan biarkan diri kita menjadi gugup dan panik ketika mengerjakan soal.

Tahukah Anda ketika kita panik dan khawatir maka konsentrasi dan daya fokus kita akan berkurang? Oleh sebab itu, ambil waktu tenang dan pikirkan setiap hal positif dan yakinlah bahwa Anda dapat menyelesaikan setiap soal dengan baik.

Cara mengambil Keputusan Yang Tepat Bijaksana dan Bertanggung Jawab 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara mengambil Keputusan Yang Tepat, Bijaksana dan Bertanggung Jawab]

 

#7 Persiapan Fisik yang Prima

Latihan yang menguras kemampuan otak kita tentu saja membutuhkan asupan bergizi dan seimbang untuk menjaga kesehatan kita tetap prima. Jangan abaikan istirahat, olahraga dan juga gizi yang seimbang dari asupan Anda.

Ratusan soal dengan sekelumit cara penyelesaian yang tidak mudah serta waktu yang relatif cukup lama dapat menyedot stamina Anda. Biasakan untuk sarapan setiap pagi terutama saat hari tes potensi akademik diselenggarakan.

 

#8 Persiapan Kondisi Mental dan Spiritual

Kebanyakan orang mendapatkan ketenangan secara spiritual dan kekuatan mental melalui berdoa. Tetaplah melakukan kewajiban keagamaan Anda dan dekatkan diri dengan Sang Pencipta dan Pengatur alam semesta ini. Do the best and God will do the rest.

HR Mengapa Program Kesejahteraan Karyawan Sangat Menguntungkan bagi Perusahaan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Curriculum Vitae (CV) atau Resume yang Memikat para HRD]

 

Praktikkan dan Rasakan

Alah bisa karena biasa. Praktikkan setiap kiat diatas agar Anda terbiasa dalam menjawab setiap soal dari tes potensi akademik dan yakinlah bahwa Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

 

Bagaimana hasil tes potensi akademik yang pernah Anda hadapi? Apakah Anda mendapatkan hasil yang memuaskan? Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini dan bagi Anda yang yang berpengalaman dalam berbagai tes semacam ini, bagikan pengalaman Anda juga dan share setiap artikel yang menurut Anda bermanfaat dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Nadira Aliya. 10 April 2017. 7 Kiat Ampuh Menghadapi Tes Potensi Akademik. Duniakaryawan.com – https://goo.gl/CEzqus

 

Sumber Gambar:

  • Asian People – https://goo.gl/unmQo8
  • Lembar Jawab Komputer – https://goo.gl/Jq1GYA

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By | 2017-07-16T06:35:10+00:00 July 16th, 2017|Categories: Karir, Lifestyle|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download