5 Contoh Soal Psikotes, Kiat Sukses, dan Kunci Jawaban Tes Psikotes Saat Melamar Kerja

Artikel ini akan membahas 5 contoh soal psikotes, kiat sukses, dan kunci jawaban menghadapi tes psikotes saat melamar kerja. Dengan membaca artikel ini, Anda diharapkan mendapatkan gambaran mengenai apa yang akan diuji serta mempunyai persiapan yang lebih matang.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tes Psikotes, Are You Ready?

Tes psikotes merupakan salah satu tahap yang harus Anda lewati pada saat melamar kerja dan hampir diuji oleh setiap perusahaan. Perusahaan membutuhkan hasil tes psikotes untuk mengetahui karakter dan kepribadian Anda.

Perusahaan tentunya ingin mencari kandidat yang sesuai atau sejalan dengan visi dan misi perusahaan. Masing-masing perusahaan mempunyai teknik tes psikotes yang berbeda dan disesuaikan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Kami sangat kagum dengan Anda, karena Anda memiliki semangat untuk mengatahui cara menyelesaikan soal psikotes. Kami yakin Anda tentunya orang yang akan melamar kerja. Semoga Anda dapat diterima kerja di tempat yang Anda inginkan.  

 

Sebagai bentuk support, kami ingin membagikan sebuah contoh CV untuk membantu proses wawancara kerja Anda. Untuk penjelasan per bagian CV ini, dapat Anda baca di artikel CV yang Memikat HRD. Silahkan di-download, template CV ini gratis.

Gratis Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume

Free Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume yang Memikat para HRD 2 - Finansialku

[[[["field8","equal_to","Bapak"],["field9","equal_to","Karyawan"]],[["show_fields","field10"]],"and"],[[["field8","equal_to","Bapak"],["field9","equal_to","Entrepreneur"]],[["show_fields","field11"]],"and"],[[["field8","equal_to","Bapak"],["field9","equal_to","Mahasiswa"]],[["show_fields","field12"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Karyawan"]],[["show_fields","field13"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Entrepreneur"]],[["show_fields","field14"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Mahasiswa"]],[["show_fields","field16"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Ibu Rumah Tangga"]],[["show_fields","field17"]],"and"]]
1 Step 1
namatrue
Telepon
Kotatrue
Apa tujuan keuangan Bapak ? (silakan pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Bapak, sebagai seorang entrepreneur (silakan pilih satu)?Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Sebagai Mahasiswa, apa prioritas tujuan keuangan Anda saat ini (pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Ibu ? (silakan pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Ibu, sebagai seorang entrepreneur (silakan pilih satu)?Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Sebagai Mahasiswi, apa prioritas tujuan keuangan Anda saat ini (pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Bunda, apa tujuan keuangan Anda? (silakan pilih salah satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Previous
Next

 

5 Contoh Soal Psikotes

Setiap perusahaan pasti membutuhkan pekerja yang berbeda dan untuk mengetahuinya, perusahaan tersebut harus menyesuaikan tes psikotes dengan karakter yang ingin dicarinya.

Di bawah ini, terdapat 5 contoh soal psikotes yang sering ditemukan pada saat melamar kerja:

 

 

Tes 1 Tes Wartegg

Contoh soal psikotes pertama adalah tes Wartegg.  Penemu tes ini, Ehrig Wartegg adalah seorang psikolog asal Jerman. Pada tes ini, akan terdapat 8 kotak dengan pola berbeda:

  1. Titik
  2. Garis Melengkung
  3. Garis Lurus Berjejer
  4. Kotak Hitam Kecil
  5. Dua Buah Garis Tegak Lurus
  6. Dua Garis Tak Beraturan
  7. Titik-titik yang Melingkar
  8. Garis Lengkung

 

Kemudian yang harus Anda kerjakan adalah menggambar kelanjutan pola yang telah ada, bebas dari kotak mana pun dan harus diberi urutan. 

 

Tips Praktis Menemukan Pekerjaan untuk Generasi Milenium - Finansialku

[Baca Juga: Tips Praktis Menemukan Pekerjaan untuk Generasi Milenium]

 

Kiat pertama untuk tes Wartegg ini adalah menggambar sesuai dengan urutan agar Anda terlihat lebih teratur.

Selanjutnya, karena setiap pola melambangkan hal yang berbeda, Anda harus melanjutkan gambar sesuai dengan pola yang benar, misalnya garis lengkung dengan benda hidup atau garis lurus dengan benda mati.

 

Tes 2: Tes Koran

Contoh soal psikotes kedua adalah tes koran. Tes Koran terkadang juga disebut dengan nama Tes Pauli.

Kenapa dinamakan demikan? karena Anda harus menjumlahkan setiap dua angka (dari angka 1-9) dalam suatu kolom mulai dari kolom ujung kiri atas sampai ujung kolom kanan di kertas dengan ukuran sebesar koran.

Untuk lulus tes ini, Anda harus konsisten dalam menjumlahkan angka-angka tersebut, walaupun angkanya sederhana, Anda harus berusaha agar jumlah angka yang Anda proses sama.

 

5 Contoh Soal Psikotes dan Kiat Sukses Hadapi Tes Psikotes Saat Melamar Kerja 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Melamar Kerja? Hindari Beberapa Penyebab Kegagalan Wawancara Ini]

 

Tes 3: Tes Logika Aritmetika

Contoh soal psikotes ketiga adalah tes logika aritmetika. Tes ini mengukur kemampuan analisis dan pemahaman Anda akan pola dan kecenderungan.

Setelah memahami dan menganalisis, Anda diharuskan untuk melakukan prediksi dan mengisi kelanjutan pola tersebut. Pola yang mungkin diuji adalah urutan, pengelompokkan secara urut atau pengelompokkan secara berlompat.

Jika Anda ingin lulus tes ini, janganlah terpaku dengan angka awal dan lihatlah angka tersebut secara satu keseluruhan. Selain itu, karena terdapat limit waktu untuk mengerjakan tes ini, sebaiknya Anda jangan terpaku dengan soal yang terlalu rumit dan kerjakan soal yang lebih mudah terlebih dahulu.

 

Tes 4: Tes EPPS

Contoh soal psikotes keempat adalah Tes EPPS (Edwards Personal Preference Schedule). EPPS adalah tes yang menunjukkan kepribadian Anda, dimana pada tes ini Anda harus memilih salah satu di antara dua pilihan yang paling sesuai dengan diri Anda.

Biasanya tes EPPS terdiri dari 225 pertanyaan dan terkadang di antara dua pilihan tersebut tidak ada yang sesuai dengan Anda. 

Apakah IPK Penting Dalam Pencarian Kerja 1 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah IPK Penting Dalam Pencarian Kerja?]

 

Kuncinya Anda harus jujur ketika menjawab karena pertanyaan akan selalu diulang dan konsistensi penting untuk menunjukkan kepribadian Anda yang sebenarnya.

 

Tes 5: Tes Analog Verbal

Contoh soal psikotes kelima adalah tes analog verbal. Tes ini diuji untuk mengukur kemampuan logika Anda terhadap sebuah permasalahan.

Biasanya tes analog verbal terdiri dari 40 soal seputar verbal, seperti antonim (lawan kata), sinonim (persamaan kata) atau analog suatu kata.

 

8 Situs Lowongan Kerja Terpercaya di Indonesia 2 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Situs Lowongan Kerja Terpercaya di Indonesia]

 

Untuk dapat menyelesaikan tes dengan baik, Anda harus konsentrasi dan mencoba menghafal soal dan jawaban karena terdapat beberapa persamaan soal. Contoh soal psikotes analog verbal adalah:

Wanita : Kebaya = Pria : …

  1. Sepatu
  2. Baju
  3. Topi
  4. Jas

 

Kubus : Piramid = Empat Persegi : …

  1. Peti
  2. Mesir
  3. Pentagon
  4. Segitiga

 

Kami ingin mengucapkan selamat, karena sampai titik sini Anda sudah tahu 5 contoh soal psikotes dan bagaimana cara menghadapinya.

Kami yakin teman-teman dekat dan saudara Anda masih ada yang kesulitan dan gagal di tes psikotes.

Anda tentunya akan menjadi penolong dan pembawa berkat jika Anda membagikan artikel ini kepada mereka. Silakan share melalui Facebook, Whastapp Group, Telegram atau Line.

 

Sebagai tambahan, kami juga ingin membagikan sebuah Aplikasi yang dapat membantu Anda mengelola dan merencanakan keuangan. Silakan coba dan buktikan!

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Kiat Sukses Hadapi Tes Psikotes

Walaupun menegangkan dan tergolong mudah mudah sulit, tes psikotes sebenarnya harus dianggap sebagai tahap saat melamar kerja. Ketika Anda sudah  dipanggil ikut tes psikotes, maka Anda sudah satu langkah lebih dekat dengan pekerjaan yang Anda dambakan tersebut.

Ingin Sukses Perhatikan Cara Menulis Motivation Letter yang Baik dan Benar 1 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Sukses? Perhatikan Cara Menulis Motivation Letter yang Baik dan Benar]

 

Setelah mengetahui beberapa contoh tes yang akan ditanyakan pada saat pelamaran kerja, berikut adalah cara-cara tepat untuk menghadapi tes psikotes:

  • Percaya diri dan optimis ketika mengerjakannya sehingga Anda mempunyai mental yang lebih positif sehingga memudahkan Anda menyelesaikan tes tersebut.
  • Perbanyak latihan Anda dengan cara mengerjakan beberapa contoh soal tes psikotes yang berbeda sehingga Anda akan mempunyai pengalaman lebih dalam mengerjakan tes tersebut
  • Fokuslah ketika Anda mengerjakan tes psikotes dan berikan konsentrasi penuh ketika Anda mengerjakannya. Ketelitian dan ketenangan diri dapat sangat membantu pengerjaan soal tes psikotes.
  • Kerja keras dan usaha Anda harus diiringi dengan doa dan menyerahkan segala keputusan akhir pada tangan Tuhan Yang Maha Esa.

 

Pantang Menyerah

Jika Anda pernah gagal dalam melewati tes psikotes, jangan langsung menyerah. Mencoba dan belajar dari pengalaman adalah sikap yang benar ketika menghadapi kegagalan tes psikotes.

 

Apakah Anda pernah menjalani tes psikotes? Persiapan apa saja yang Anda lakukan dalam menghadapi tes tersebut? Berikan komentar Anda pada kolom di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Futuready Team. 14 Agustus 2016. Tips Mengerjakan Tes Psikotes dan Kiat-Kiatnya. Futuready.com – https://goo.gl/cxPhso
  • 9 Februari 2015. Manfaat dan Fungsi Tes Psikotes. Tespsikotes.com – https://goo.gl/e3e3Qv
  • Nadira Aliya. 30 Januari 2017. Lulus Psikotes Kerja: 4 Macam Psikotes dan Kiat Mengerjakannya. Duniakaryawan.com – https://goo.gl/s7mkvT

 

Sumber Gambar:

  • Tes – https://goo.gl/cM6f8K
  • Kertas Ujian – https://goo.gl/3mf73k

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

48 Comments

  1. puji hartono 30 September 2017 at 10:04 - Reply

    bisa buat tambahan pengetahuan ku,,trims

    • Finansialku
      Finansialku 30 September 2017 at 22:52 - Reply

      Hi Pak Puji, terima kasih telah mengunjungi Finansialku.com
      Semoga artikel kami dapat bermanfaat.

  2. eka puji lestari 28 October 2017 at 07:31 - Reply

    Merasa beban dikurangi

    • Finansialku
      Finansialku 28 October 2017 at 09:09 - Reply

      Hi Bu Eka
      Terima kasih atas apresiasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat.

  3. boyzand 1 November 2017 at 17:38 - Reply

    makasih buat artikelnya omm. saya gagal mulu psikotest. cari kerja susah dengan adanya psikotest ini padahal kemampuan seseorang bukan dilihat dari psikotest. fuuihh payah…

    • Finansialku
      Finansialku 6 November 2017 at 20:59 - Reply

      Hi Pak Boy
      Terima kasih atas sharringnya, sangat bermanfaat.
      Semoga Bapak dapat lolos dikesempatan berikutnya.

  4. Kapal Api Jelas Lebih Enak 29 November 2017 at 19:59 - Reply

    keren informasinya. makasih bang, semoga ilmunya semakin bermanfaat

    • Finansialku
      Finansialku 30 November 2017 at 08:26 - Reply

      Hi Pak
      Terima kasih atas apresiasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat.

  5. Sulhaimi 5 December 2017 at 08:14 - Reply

    Soal no 5 belum begitu paham gan…….

    • Finansialku
      Finansialku 7 December 2017 at 19:40 - Reply

      Hi Bu Sulhami
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Soal no 5 lebih kearah logika verbal, misal
      Wanita : Kebaya = Pria :
      Kebaya –> baju untuk wanita
      Pria –> cari yang mendekati baju untuk pria, yaitu baju

      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  6. Danang Siswoyo 5 December 2017 at 08:41 - Reply

    Walaupun masih bingung dan keder sama contoh test di atas , tapi beda sama test yang pernah saya jalani kebetulan pada waktu itu mungkin saya lulus uji test karena ada panggilan kerja cuma terlalu lama jadi sudah dapat di tempat kerja yang dekat sayangnya tidak manjang kerjanya
    Kenapa setiap perusahaan berbeda tast uji materi psikotes nya padahal calon pencari kerja suka kesulitan memberi jawaban yang hampir sama dengan jawaban kolom lainnya
    Apa jujur dan terbuka dalam mengisi ujian tersebut dapat di terima kerja

    • Finansialku
      Finansialku 7 December 2017 at 19:38 - Reply

      Hi Pak Danang
      Terima kasih atas sharringnya, sangat bermanfaat.
      Semoga sharing Bapak, dapat menginspirasi pembaca lainnya.

    • badru 20 December 2017 at 06:46 - Reply

      Semuanya saya belum paham sama sekali dari no 1-5 saya gk begitu paham

      • Finansialku
        Finansialku 8 January 2018 at 11:45 - Reply

        Hi Pak Badru
        Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
        Bapak coba cek pola yang terbentuk dari masing-masing soal.
        Setiap soal ada pola2nya Pak.
        Semoga ujiannya dapat sukses

  7. Eben 22 December 2017 at 22:59 - Reply

    Thanks sngat membantu

    • Finansialku
      Finansialku 27 December 2017 at 14:31 - Reply

      Hi Pak Eben
      Terima kasih atas apresiasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat.

  8. Randy Akbar 3 January 2018 at 10:39 - Reply

    pas banget ketemu sama artikel ini, doain aku ya semoga aku bisa lulus tes psikotes minggu depan.. amiin

    • Finansialku
      Finansialku 5 January 2018 at 10:32 - Reply

      Hi Pak Randy
      Terima kasih atas sharringnya, semoga psikotes Bapak lancar.
      Semoga sharing Bapak, dapat menginspirasi pembaca lainnya.

  9. Hamsah Has 6 January 2018 at 13:17 - Reply

    Makasih udah buat artikel ini.sangat bermanfaat,nambah wawasan.sekalian minta doa yah tanggal 12 mau tes hehehe

    • Finansialku
      Finansialku 8 January 2018 at 11:44 - Reply

      Hi Pak Hamsah Has
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Semoga ujiannya dapat sukses

  10. Elios 11 January 2018 at 09:21 - Reply

    Thank you Sgt bermanfaat

    • Finansialku
      Finansialku 12 January 2018 at 16:36 - Reply

      Hi Pak Elios
      Terima kasih atas apresiasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat.

  11. Hidayat 12 January 2018 at 14:03 - Reply

    Akhirnya tau juga apa yg harus dipersiapkan sebelum melamar pekerjaan…
    Berkat artikel ini saya jadi tahu apa saja yang harus saya pelajari…
    Terima Kasih Finansialku.com😘

    • Finansialku
      Finansialku 12 January 2018 at 16:32 - Reply

      Hi Pak Hidayat
      Terima kasih atas sharringnya, sangat bermanfaat.
      Semoga sharing Bapak, dapat menginspirasi pembaca lainnya.

  12. dono 13 January 2018 at 13:58 - Reply

    Terimakasih.. tulisannya sangat bermanfaat..

    • Finansialku
      Finansialku 14 January 2018 at 19:04 - Reply

      Hi Pak Dono
      Terima kasih atas apresiasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat.

  13. DEDE SAEFUDIN 13 January 2018 at 13:59 - Reply

    Terimakasih.. tulisannya sangat bermanfaat..

    • Finansialku
      Finansialku 14 January 2018 at 19:04 - Reply

      Hi Pak Dede
      Terima kasih atas apresiasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat.

  14. ari supriadi 18 January 2018 at 16:24 - Reply

    Thanks yah finansialku atas informasinya sangat membantu …

    • Finansialku
      Finansialku 21 January 2018 at 13:35 - Reply

      Hi Pak Ari
      Terima kasih atas apresiasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat.

  15. ENDAH DWI YULIANA 26 January 2018 at 09:45 - Reply

    artikelnya bener2 membantu makasih finansialku

    • Finansialku
      Finansialku 26 January 2018 at 14:04 - Reply

      Hi Bu Endah Dwi Yuliana
      Terima kasih atas apresiasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat.

  16. Marsiha 27 January 2018 at 19:55 - Reply

    T.ks semogah artikel ini bermanfaat bagi diri sy untuk menata masa yg yg lebih cemerlang….wsslm

    • Finansialku
      Finansialku 28 January 2018 at 14:37 - Reply

      Hi Bu
      Terima kasih atas apresiasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat.

  17. fahriraka 23 February 2018 at 17:52 - Reply

    Cukup buat ngebantu..
    besok saya mao ada test psikotes..
    Doa’ kan semoga berhasil..

    • Finansialku
      Finansialku 25 February 2018 at 09:57 - Reply

      Hi Bu Fahriraka
      Terima kasih atas apresiasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat.

  18. Liyan 9 March 2018 at 21:30 - Reply

    Ty finansialku… Membantu bangett… Cz besok saya mw ada test…

    • Finansialku
      Finansialku 12 March 2018 at 10:15 - Reply

      Hi Liyan
      Terima kasih atas apresiasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat.
      Sukses buat ujiannya.

  19. Ladies 13 March 2018 at 11:08 - Reply

    Psikotest itu selain untuk liat kemampuan seseorang, juga untuk melihat mental, kecenderungan yang negatif, potensi menyimpang, dll. Contohnya ngeliat apakah kelak anda berpotensi untuk ngambil uang perusahaan atau ngga..
    Biasanya tiap perusahaan punya test psikotest yg berbeda2 karena perusahaan punya indikator tersendiri sesuai kebutuhan perusahaan untuk menyaring para calon karyawannya broo..
    Jadi menurut saya jujur aja saat ngerjain test psikotest, daripada masuk kerja tapi gak nyaman karena emg ga sesuai dengan karakter diri anda yang sesungguhnya.. Hehehehee
    CMIIW.

    • Finansialku
      Finansialku 2 April 2018 at 16:45 - Reply

      Hi Bu Ladies
      Terima kasih atas sharingnya, sangat bermanfaat.
      Semoga sharing Ibu, dapat menginspirasi pembaca lainnya.

  20. Nova Aulia 17 March 2018 at 19:10 - Reply

    Semoga bermanfaat…

    • Finansialku
      Finansialku 3 April 2018 at 10:13 - Reply

      Hi Bu Nova,
      Terima kasih atas apresiasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat

  21. Beks 22 March 2018 at 15:07 - Reply

    Makasih artikelnya… agak lega dikit… dan nambah pengetahuan jga…

    • Finansialku
      Finansialku 2 April 2018 at 16:18 - Reply

      Hi Pak Beks,
      Terima kasih atas apresiasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat.

  22. Hamsah Has 22 March 2018 at 22:02 - Reply

    Berkat website ini tes pesikotes saya lulu min hehehe sekali lagi terimakasih.sekarang lagi nunggu medical cekup.sekali lagi terimakasih

    • Finansialku
      Finansialku 3 April 2018 at 11:08 - Reply

      Hi Hamsah
      Terima kasih atas sharingnya, sangat bermanfaat.
      Semoga sharing Bapak, dapat menginspirasi pembaca lainnya.

  23. Iqbal 27 March 2018 at 15:21 - Reply

    Masih bingung tentang perumpamaan tes
    Yang mengatakan garis lengkung dengan benda hidup atau dengan benda mati.

    • Finansialku
      Finansialku 14 April 2018 at 12:28 - Reply

      Hi Pak Iqbal
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Pak Iqbal coba bisa lihat contoh-contoh Tes Wartegg untuk mengenali polanya garis lengkung.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

Leave A Comment