Bingung membuat Curriculum Vitae (CV) atau resume yang menarik HRD? Jangan khawatir! Kamu bisa download template-nya secara gratis di sini.

File disusun dalam format PowerPoint (PPTX), sehingga dapat mempermudah kamu untuk membuat Curriculum Vitae (CV) atau Resume.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Curriculum Vitae (CV) atau Resume

Curriculum Vitae (CV) merupakan suatu lembaran penting saat seseorang pertama kali melamar pekerjaan, apalagi jika yang dituju ialah perusahaan bergengsi.

Umumnya pihak perusahaan tidak suka dengan isi biodata yang banyak dan bertele-tele sehingga CV harus padat, singkat dan jelas.

 

Tips Membuat Curriculum Vitae dan Resume Diterima HRD dengan Mudah

Tentu saja membuat isi biodata yang singkat dan padat rasanya susah bagi sebagian orang, khususnya bagi yang belum pernah membuatnya.

Jangan bingung dan ragu sebab saat ini kamu berada di artikel yang tepat! Kamu bisa mengunduh secara gratis format curriculum vitae yang praktis (hanya 1 halaman), mudah diedit, dan tersedia dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dari Finansialku berikut ini.

 

Free Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume

Free Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume yang Memikat para HRD 2 - Finansialku

1 Step 1
Apa tujuan keuangan Bapak ? (silakan pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Bapak, sebagai seorang entrepreneur (silakan pilih satu)?Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Sebagai Mahasiswa, apa prioritas tujuan keuangan Anda saat ini (pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Ibu ? (silakan pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Ibu, sebagai seorang entrepreneur (silakan pilih satu)?Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Sebagai Mahasiswi, apa prioritas tujuan keuangan Anda saat ini (pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Bunda, apa tujuan keuangan Anda? (silakan pilih salah satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

 

Cara Penggunaan Template Curriculum Vitae

Setelah men-download template di atas, kamu perlu:

  1. Install font yang digunakan: Montserrat dan Raleway.
  2. Gunakan Ms. Powerpoint untuk melakukan editing.
  3. Hapus slide yang tidak diperlukan.
  4. Save as PDF. Kirimkan curriculum vitae (CV) atau resume dalam format PDF (bukan ppt, doc). Pastikan ukuran file tidak lebih dari 2MB.
  5. Jangan lupa mengenai cara menulis email yang benar, mulai dari orang yang dituju, judul, isi dan attachment file.

Jangan lupa share informasi mengenai template CV ini kepada teman-temanmu, melalui Twitter atau Facebook.

Sudah punya CV yang memikat HRD? Free Download di Click to Tweet

 

Nah, dalam memasukkan data pribadimu, ada 3 poin penting yang perlu diperhatikan. Apa saja itu?

 

Tips 1: Relevan dengan Bidang Pekerjaan yang Diinginkan

Sebagai seorang pelamar, kamu harus menyesuaikan isi biodata sesuai dengan bidang pekerjaan yang dituju. Mengapa?

Karena sebagus apapun CV buatanmu, jika kamu tidak memiliki kemampuan di bidang pekerjaan yang diinginkan perusahaan, CVmu tidak menarik perhatian HRD.

Kenali 3 Mitos Dalam Psikologi Trading Sebelum Anda Memulai Trading 02 - Finansialku

[Baca Juga: (Free Download) Inilah 5 Contoh CV Kreatif yang Menarik Perhatian HRD]

 

Contohnya jika lowongan pekerjaan mencari seorang programmer tetapi pelamar pekerjaan tidak memiliki latar belakang dunia komputer dan berbagai hal lainnya terkait programmer, HRD bisa saja tidak tertarik dengan biodata yang diberikan.

Oleh karena itu, sangat penting menemukan lowongan yang sesuai dengan bidangmu. Saat ini sangat mudah mencari lowongan kerja di berbagai website sesuai dengan bidang yang kamu kuasai.

Saat membuka situs lowongan pekerjaan, gunakan email yang benar dan profesional dengan nama asli, jangan nama lucu-lucuan atau panggilan teman. Karena ini juga penting bagi seorang pelamar pekerjaan.

 

Tips 2: Singkat, Padat dan Jelas

Isi CV yang kamu buat harus singkat, padat dan jelas. Sebab tidak mungkin pihak HRD akan menghabiskan waktu sekian menit hanya untuk membaca biodata pelamar pekerjaan, apalagi ketika banyak pelamar.

Jangan sampai HRD melewati CVmu karena terlalu panjang. Untuk menghemat waktu maka buatlah CV yang singkat, padat namun jelas, sehingga lebih mampu menarik HRD saat membacanya.

Free Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume yang Memikat para HRD 3 - Finansialku

 

Curriculum Vitae yang telah kamu download terbagi menjadi 6 bagian utama, yaitu:

  • Data Diri: foto, nama lengkap berikut gelar, nomor handphone, akun email, akun Skype dan akun LinkedIn jika ada, alamat lengkap dan website pribadi jika memilikinya.
  • Data Pribadi: tipe personality (MBTI), tanggal lahir, hubungan atau status perkawinan, kebangsaan, dan bahasa yang disukai.
  • Penjelasan Singkat: menjelaskan secara singkat mengenai siapa kamu (latar belakang pendidikan dan pengalaman), apa kelebihanmu, dan apa yang kamu harapkan, misalnya mendapatkan pekerjaan sebagai manager dan lain sebagainya.
  • Kemampuan yang Relevan: soft skill dan hard skill yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu tuju.
  • Pengalaman Kerja: pengalaman kerja yang pernah dijalani sebelum melamar di perusahaan tersebut. Sebaiknya pengalaman juga harus relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan.
  • Riwayat Pendidikan: universitas, jurusan yang ditekuni, informasi nilai IPK lengkap dengan periode pendidikan.

 

Kamu bisa membaca penjelasan lengkap dan terperinci di artikel berikut:

Cara Membuat CV yang Menarik Perhatian HRD Perusahaan

 

 

Tips Curriculum Vitae 3: Buat Design yang Menarik

Semua orang menyukai hal-hal yang menarik, begitu juga dengan pihak HRD agar tidak bosan saat membaca biodata pelamar. Maka pelamar wajib membuat atau mendesain CV sebagus dan semenarik mungkin, tanpa berlebihan.

Perhatikan bagian layout-nya agar terkesan seimbang dan profesional, juga gunakan jenis huruf, ukuran dan warna yang sesuai. Jangan salah pilih warna apalagi yang bisa membuat HRD sakit mata saat membacanya.

Banyak aplikasi yang bisa kamu manfaatkan dalam membuat atau mendesainnya, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw, Microsoft Word atau pun Microsoft Power Point.

Jika memungkinkan, kamu juga dapat mengambil kelas online atau webinar yang berhubungan dengan desain CV. Dengan demikian, kamu tidak hanya bisa mendesain CV pribadi tetapi juga untuk orang lain.

 

Lamar Pekerjaan dengan Curriculum Vitae dan Resume yang Menarik

Kamu bisa download contoh Curriculum Vitae atau resume di atas untuk diri sendiri, tapi tidak untuk diperjualbelikan ya, karena template di atas adalah hak cipta dari Finansialku.com.

Jadi, itulah 3 poin penting lengkap yang perlu diperhatikan jika seseorang ingin membuat CV. Pastikan data diri kamu lengkap saat akan melamar pekerjaan.

Jangan lupa edit CV atau resume dengan bagus, menarik, jelas dan singkat agar bisa lolos wawancara dan kamu bisa diterima bekerja. Selamat berkarya!

 

Jadi Karyawan yang Outstanding

Setelah melakukan tips-tips dalam membuat CV di atas, kini saatnya kamu persiapkan diri untuk menuju fase selanjutnya, menjadi seorang karyawan.

Jangan berpikir mendapat pekerjaan adalah titik terakhir dari perjalanan karir Anda. Karena ada usaha lain yang harus dilakukan agar menjadi karyawan yang sukses.

Bukan hanya jadi karyawan yang punya etos kerja yang baik, tapi Anda juga harus jadi karyawan yang pintar mengatur keuangan agar menjadi karyawan yang sukses dari teman-teman sebaya Anda!

Mau tahu caranya? Ketahui sekarang juga di e-book Karyawan dari Finansialku di bawah ini sekarang juga, dan jadilah karyawan yang outstanding di dalam maupun luar kantor!

Saya Ingin Jadi Karyawan Sukses
 

 

Sobat Finansialku, tahukah Anda bahwa ada begitu banyak masyarakat yang mengalami kesulitan untuk bertahan hidup selama pandemi ini? Benar! Mereka membutuhkan uluran tangan Anda…

Anda bisa memberikan sedikit harta Anda kepada mereka dengan menekan tombol di bawah ini.

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi(1)

DONASI

 

Percayalah, donasi yang Anda berikan bisa menyelamatkan hidup masyarakat yang terkena dampak COVID-19. Terima kasih untuk Sobat Finansialku!

 

Jadi, siapkah untuk diterima kerja lewat Curriculum Vitae atau resume yang menarik? Download templatenya sekarang dan dapatkan pekerjaan impianmu!

Yuk berbagi artikel ini pada sesama rekan pencari kerja dan pejuang job fair!

 

Sumber Referensi:

  • Business Insider. The Best Jobs for Every Personality Type. BusinessInsider.com – https://goo.gl/vIVgct

 

Sumber Gambar:

  • White Background – https://goo.gl/5WzySz
  • Flyer Mock Up – Dcrazed.com – https://goo.gl/3yCTk1