Free Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume yang Memikat para HRD

Silakan free download Template Curriculum Vitae (CV) atau Resume yang dapat memikat para HRD. File disusun dalam format PowerPoint (PPTX), sehingga dapat mempermudah Anda untuk membuat Curriculum Vitae (CV) atau Resume.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Menyusun Sebuah Curriculum Vitae (CV) atau Resume yang Memikat para HRD

Seperti yang Anda ketahui, salah satu modal untuk melamar pekerjaan adalah curriculum vitae (CV) atau resume. Sebelum membahas lebih lanjut, kami ingin bertanya:

Misal saat ini Anda adalah seorang HRD yang sedang mencari calon karyawan. Kira-kira curriculum vitae (CV) atau resume seperti apa yang akan Anda perhatikan terlebih dahulu?

Silakan kirim jawaban Anda pada kolom komentar di bawah ini, terima kasih.

 

Beberapa HRD mengatakan, mereka melihat CV dari isi dan desain. Salah satu hal yang cukup menyebalkan bagi seorang HRD adalah membaca curriculum vitae (CV) atau resume yang panjangnya lebih dari 3 halaman. Banyak HRD mengaku salah satu hal yang paling menyenangkan adalah membaca curriculum vitae (CV) atau resume yang singkat, padat dan jelas (sebisa mungkin 1 halaman).

Tantangannya adalah: Bagaimana cara kita membuat sebuah curriculum vitae (CV) atau resume yang singkat, padat dan jelas (sebisa mungkin 1 halaman). Apakah Anda sekarang merasa ragu untuk membuat sebuah curriculum vitae (CV) atau resume yang memikat para HRD?

Kenali 3 Mitos Dalam Psikologi Trading Sebelum Anda Memulai Trading 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Menghilangkan Keraguan Diri Sendiri Ketika Mencoba Sesuatu yang Baru]

 

Jangan ragu terlebih dahulu, karena Anda datang di artikel yang tepat. Silakan download (free download) curriculum vitae (CV) atau resume yang singkat, padat dan jelas serta jumlahnya hanya 1 halaman. Plus Anda dapat melakukan editing dengan mudah, karena kami sampaikan dalam file Ms. PowerPoint (pptx). Satu lagi tersedia dalam dua bahasa: Bahasa Inggris dan Indonesia

Free Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume

Free Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume yang Memikat para HRD 2 - Finansialku

[[[["field8","equal_to","Bapak"],["field9","equal_to","Karyawan"]],[["show_fields","field10"]],"and"],[[["field8","equal_to","Bapak"],["field9","equal_to","Entrepreneur"]],[["show_fields","field11"]],"and"],[[["field8","equal_to","Bapak"],["field9","equal_to","Mahasiswa"]],[["show_fields","field12"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Karyawan"]],[["show_fields","field13"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Entrepreneur"]],[["show_fields","field14"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Mahasiswa"]],[["show_fields","field16"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Ibu Rumah Tangga"]],[["show_fields","field17"]],"and"]]
1 Step 1
Namatrue
Telepon
Kotatrue
Apa tujuan keuangan Bapak ? (silakan pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Bapak, sebagai seorang entrepreneur (silakan pilih satu)?Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Sebagai Mahasiswa, apa prioritas tujuan keuangan Anda saat ini (pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Ibu ? (silakan pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Ibu, sebagai seorang entrepreneur (silakan pilih satu)?Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Sebagai Mahasiswi, apa prioritas tujuan keuangan Anda saat ini (pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Bunda, apa tujuan keuangan Anda? (silakan pilih salah satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Previous
Next

 

Cara Penggunaan Template

Setelah Anda men-download template di atas, Anda perlu:

  1. Install font yang digunakan: Montserrat dan Raleway.
  2. Gunakan Ms. Powerpoint untuk melakukan editing.
  3. Hapus slide yang tidak diperlukan.
  4. Save as PDF. Kirimkan curriculum vitae (CV) atau resume dalam format PDF (bukan ppt, doc). Pastikan ukuran file tidak lebih dari 2MB.
  5. Jangan lupa mengenai cara menulis email yang benar, mulai dari orang yang dituju, judul, isi dan attachment file.

 

Jangan lupa share informasi mengenai template CV ini kepada teman-teman Anda, melalui twitter atau facebook.

Sudah punya CV yang memikat HRD? Free Download di Click to Tweet

 

Seperti Apa Curriculum Vitae (CV) atau Resume yang Dapat Memikat para HRD?

Berdasarkan hasil riset yang kami lakukan, ada beberapa hal yang menjadi poin pertimbangan sebuah Curriculum Vitae (CV) atau Resume, agar dapat memikat para HRD, antara lain:

  1. Isi relevan dengan lowongan pekerjaan
  2. Isi harus jelas, padat dan singkat
  3. Desain yang menarik, setidaknya tidak membosankan untuk dibaca

 

Mari kita bahas satu persatu mengenai poin-poin di atas:

 

#1 Isi Curriculum Vitae (CV) atau Resume Relevan dengan Lowongan Pekerjaan

Idealnya pencari kerja perlu menyesuaikan iklan lowongan pekerjaan dengan curriculum vitae (CV) atau resume yang dimiliki. Misal lowongan pekerjaan sekarang ini adalah programmer untuk website, sedangkan Anda tidak memiliki pengalaman atau background di bidang programming. Tentunya sebagus apa pun curriculum vitae (CV) atau resume mungkin kurang menarik untuk HRD, karena kurang relevan.

8 Situs Lowongan Kerja Terpercaya di Indonesia 2 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Situs Lowongan Kerja Terpercaya di Indonesia]

 

Solusinya: Cari iklan lowongan pekerjaan yang relevan dengan Anda. Sekarang ini mencari pekerjaan dapat dilakukan melalui website, silakan cek website-website pencari kerja di Indonesia.

Langkah awal yang dapat Anda lakukan adalah buka situs-situs lowongan pekerjaan tersebut, sebisa mungkin gunakan email yang profesional.

Contoh email profesional (contoh nama: Jaka Sinarya):

  1. Sinarya@gmail.com
  2. Sinarya@ymail.com
  3. Sinarya@hotmail.com
  4. Email@JakaSinarya.com (menggunakan domain pribadi)

 

Contoh email yang kurang professional

  1. Jaka.Cakep@gmail.com
  2. Handsome.Jaka@gmail.com

 

#2 Isi Curriculum Vitae (CV) atau Resume Harus Jelas, Padat dan Singkat

Pada bagian ini mari kita kenal isi sebuah curriculum vitae (CV) dan resume yang jelas, singkat dan padat. Jika Anda sudah men-download template curriculum vitae (CV) dan resume di atas, maka Anda akan melihat enam bagian utama, yaitu:

Free Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume yang Memikat para HRD 3 - Finansialku

 

Foto, Nama dan Contact

Bagian pertama dalam sebuah curriculum vitae (CV) dan resume adalah foto, nama, title dan cara menghubungi Anda. Perhatikan template di bawah ini:

Free Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume yang Memikat para HRD 4 - Finansialku

[Baca Juga: Membangun Kepercayaan Diri agar Hidup Lebih Sejahtera dan Tenteram]

 

  1. Foto: gunakan foto yang formal (tidak harus pas foto) dengan menggunakan pakaian lengan panjang, jas serta dasi. Tidak ada salahnya Anda berinvestasi pada foto yang bagus, karena Anda dapat menggunakannya foto tersebut untuk curriculum vitae (CV) dan foto profil di website lowongan kerja.
  2. Nama: jangan sampai salah menulis nama dan gelar Anda.
  3. Title: Tulis title yang jelas, misal profesi atau pekerjaan Anda.
  4. Nomor Handphone: Jika Anda memiliki lebih dari satu nomor handphone, Anda tidak perlu menuliskan semua nomor handphone Pilih salah satu nomor yang tampak professional dan pastikan dapat dihubungi. Jangan sampai Anda kehilangan kesempatan interview, karena nomor Anda sulit dihubungi (sering kehilangan sinyal).
  5. Akun SKYPE: sudah memiliki akun SKYPE? Jika belum segera buat, karena beberapa HRD (terlebih perusahaan asing) lebih menyukai interview pertama dengan menggunakan SKYPE Call.
  6. LinkedIn: masukkan nama URL LinkedIn Anda, agar HRD dapat mengecek lebih detail profil Anda dalam LinkedIn. Anda perlu membuat linkedin Anda tampak lebih profesional, agar dapat memikat para HRD. Berikut ini tips membuat profil linkedin tampak profesional dan dilirik para pencari kerja.
  7. Email: gunakan alamat email yang profesional dan sekali lagi pastikan Anda sering mengecek email (termasuk inbox dan SPAM).
  8. Alamat: beberapa curriculum vitae (CV) dan resume internasional sudah tidak lagi menuliskan alamat lengkap, karena perusahaan tidak lagi menghubungi melalui surat. Anda dapat menuliskan kota, negara (contoh: Jakarta, Indonesia).
  9. Website Pribadi atau Blog: apakah Anda sudah memiliki website pribadi atau blog? Di era digital seperti sekarang, setiap orang termasuk Anda harus memiliki website. Buatlah sebuah website yang sederhana untuk curriculum vitae (CV) digital, personal branding dan media untuk menuliskan pendapat Anda.

 

Poin penting pada bagian pertama adalah: permudah HRD untuk tahu foto, nama dan cara menghubungi Anda.

 

Penjelasan mengenai data pribadi Anda

Bagian kedua adalah pembahasan mengenai data pribadi Anda. Perhatikan template di bawah ini:

Free Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume yang Memikat para HRD 5 - Finansialku

[Baca Juga: Beradaptasi di Tempat Kerja Baru agar Disukai Rekan Kerja]

 

  1. Kepribadian atau Personality: HRD juga akan sangat senang, jika Anda sudah menyertakan kepribadian atau personality. Jika Anda belum tahu mengenai tipe personality MBTI (The Myers & Briggs), silakan cek di: 16Personalities.com. Banyak orang meyakini tipe personality tertentu (misal ESFJ – Extraverted Sensing Feeling Judging) akan lebih cocok untuk pekerjaan tertentu. Jika Anda ingin tahu mengenai pekerjaan apa yang cocok, perhatikan infografis dari Business Insider (terlampir dalam artikel ini).
  2. Tanggal lahir atau birthday: informasi tanggal lahir Anda, Tanggal/Bulan/Tahun.
  3. Hubungan atau relationship: informasi mengenai status perkawinan Anda.
  4. Kebangsaan atau nationality: kebangsaan
  5. Bahasa atau languages: bahasa yang Anda kuasai (tulis yang benar-benar Anda kuasai).

 

Infografis dan Penjelasan Tambahan mengenai Personalities dan Pekerjaan

 

ESTJ – Realist yang cepat membuat keputusan praktis

  • Agen asuransi
  • Apoteker
  • Pengacara
  • Project manager
  • Hakim

ISTJ – Pekerja keras yang menjunjung tinggi tanggung jawab dan komitmen

  • Auditor
  • Akuntan
  • Direktur keuangan
  • Pengembang website (web development engineer)
  • Karyawan pemerintah

ESFJ – Orang-orang yang suka berteman, tradisional dan termotivasi untuk membantu sesama

  • Tenaga penjual (sales representative).
  • Perawat
  • Pekerja sosial
  • PR account executive
  • Penilai kredit (loan officer)

ISFJ – Orang-orang yang suka berteman dan termotivasi untuk membantu sesama

  • Dokter gigi
  • Guru SD
  • Pustakawan
  • Pemilik franchise
  • CS (customer service)

ESTP – Fragmatis yang menyukai kegembiraan dan unggul saat krisis (terjadi ketegangan)

  • Detektif
  • Banker
  • Investor
  • Agen hiburan (entertainment agent)
  • Pelatih olahraga

ISTP – Orang yang lurus dan jujur serta lebih menyukai tindakan (action) daripada percakapan

  • Pekerja di bidang teknik sipil
  • Ekonom
  • Pilot
  • Analis komunikasi data
  • Dokter jaga di Unit Gawat Darurat

ESFP – Orang-orang yang tinggal dan menjunjung tinggi akal sehat

  • Konselor kesejahteraan anak (child welfare counselor).
  • Dokter umum
  • Aktor
  • Desain interior
  • Peneliti lingkungan dan alam

ISFP – Orang yang hangat dan sensitif serta suka membantu orang-orang dengan tindakan nyata

  • Perancang busana (Fashion designer)
  • Terapis fisik
  • Terapis pijat
  • Arsitektur landscape
  • Penjaga toko

ENTJ – Pemimpin dengan daya nalar, analisis dan perencana strategis yang baik

  • Eksekutif
  • Pengacara
  • Analisis riset pasar
  • Konsultan bisnis dan manajemen
  • Venture capitalist

INTJ – Orang-orang kreatif dan perfeksionis yang suka melakukan pekerjaan dengan caranya sendiri

ENFJ – Orang yang energik, pandai berbicara dan diplomatis

  • Eksekutif di bidang periklanan
  • Relasi publik (public relation)
  • Pelatih (coach atau trainer)
  • Manajer pemasaran
  • HRD

INFJ – Orang yang bijaksana dan kreatif, dengan menjunjung prinsip-prinsip dan integritas

  • Terapis/penasihat kesehatan mental
  • Pekerja sosial
  • Manajer HRD
  • Konsultan pengembangan organisasi
  • Manajer hubungan nasabah (customer relations manager)

ENTP – Orang yang kreatif dan menikmati pengalaman-pengalaman baru

  • Wiraswasta atau entrepreneur
  • Pengembang real estate
  • Direktur kreatif dan periklanan
  • Direktur pemasaran
  • Konsultan di bidang politik atau Politikus

INTP – Orang yang independen dan kreatif dalam menyelesaikan masalah

  • Programmer dan pengembang aplikasi
  • Analis keuangan
  • Arsitek
  • Professor di kampus
  • Ekonom

ENFP – Orang yang selalu ingin tahu, percaya diri dan kreatif yang melihat segala kemungkinan dimana pun

  • Jurnalis
  • Direktur kreatif dan periklanan
  • Konsultan
  • Pemilik restoran
  • Perencana acara (event planner)

INFP – Orang yang sensitif dan idealis, serta termotivasi dari nilai-nilai personalnya

  • Desain grafis
  • Terapis, Psikolog
  • Penulis atau Editor
  • Terapi fisik
  • Pelatih di bidang pengembangan HR

 

Apakah personalities dan pekerjaan Anda sekarang sudah sesuai?

Silakan tulis pengalaman atau pendapat Anda pada kolom komentar, terima kasih.

 

Poin penting pada bagian kedua adalah: beritahu HRD mengenai diri Anda, berikan informasi secukupnya dan jangan pernah bohong.

 

Penjelasan singkat, mengenai Anda

Bagian ketiga adalah penjelasan singkat (short description) mengenai Anda. Perhatikan template di bawah ini:

Free Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume yang Memikat para HRD 6 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Menyelesaikan Pekerjaan Lebih Efektif untuk Karyawan Sibuk]

 

Harus diakui salah satu bagian tersulit dalam menulis Curriculum Vitae (CV) atau Resume adalah menulis penjelasan singkat. Berikut ini panduan yang dapat Anda gunakan saat menulis short description:

  1. Siapa Anda (background pendidikan atau pengalaman)
  2. Kelebihan Anda
  3. Apa yang Anda harapkan, misal mendapatkan pekerjaan sebagai manager dan lain sebagainya.

 

Poin penting pada bagian ketiga adalah: tempat untuk “menjual diri” Anda di mata HRD. Buatlah keterangan yang persuasif dan meyakinkan. Setidaknya isi bagian ketiga ini adalah: Kenapa saya harus merekrut Anda?

 

Kemampuan yang terkait (relevan)

Bagian keempat adalah kemampuan (skills) relevan yang Anda miliki. Kemampuan ini termasuk soft skill dan/atau hard skill (misal penguasaan software atau aplikasi tertentu) Perhatikan template di bawah ini:

Free Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume yang Memikat para HRD 7 - Finansialku

[Baca Juga: 16 Skill yang Harus Dimiliki Jika Ingin Menjadi Orang Sukses di Abad 21]

 

Jika Anda memiliki 10 kemampuan, jangan tulis semua. Tulis kemampuan-kemampuan yang relevan dengan posisi pekerjaan yang tersedia. Contoh John Doe memiliki kemampuan di bidang melukis dan berdansa. Kemampuan tersebut tidak perlu dimasukan dalam Curriculum Vitae (CV) atau Resume, karena John ingin mendaftar lowongan pekerjaan sebagai manajer pemasaran.

 

Poin penting pada bagian keempat adalah: yakinkan HRD dengan kemampuan atau skill yang Anda miliki, baik soft skills maupun hard skills.

 

Pengalaman Kerja

Bagian kelima adalah pengalaman kerja yang Anda miliki. Perhatikan template di bawah ini:

Free Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume yang Memikat para HRD 8 - Finansialku

[Baca Juga: 7+ Cara yang Perlu Dilakukan Agar Karier Cemerlang]

 

Jika Anda masih berpikir sering gonta-ganti pekerjaan alias kutu loncat, maka Anda perlu memikirkan kembali penulisan di CV. Tentu saja setiap perusahaan lebih menyukai orang yang loyal dengan perusahaannya.

 

Poin penting pada bagian kelima adalah: pastikan Anda memiliki pengalaman di bidang pekerjaan yang sama.

 

Riwayat Pendidikan

Bagian keenam adalah riwayat pendidikan Anda. Perhatikan template di bawah ini:

Free Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume yang Memikat para HRD 9 - Finansialku

[Baca Juga: Hitung Biaya Pendidikan untuk Kuliah Kelas Karyawan dengan Aplikasi Keuangan Finansialku]

 

Tuliskan mengenai informasi-informasi penting mengenai latar belakang pendidikan Anda, misal nama universitas, fokus pendidikan, informasi GPA (IPK Kumulatif) dan periode pendidikan.

 

Poin penting pada bagian keenam adalah: Yakinkan kepada HRD bahwa Anda memiliki latar belakang pendidikan yang dapat menunjang pekerjaan Anda.

 

#3 Desain yang menarik, setidaknya tidak membosankan untuk dibaca

Setelah menyusun masing-masing isi, langkah berikutnya adalah mendesain Curriculum Vitae (CV) atau Resume agar tampak berbeda dan menarik dibaca. Kesalahan dalam mendesain Curriculum Vitae (CV) atau Resume:

  • Kesalahan dalam layout, sehingga tampak tidak profesional dan tidak seimbang.
  • Kesalahan dalam pemilihan padu padan jenis huruf, warna huruf dan ukuran huruf.
  • Kesalahan dalam penentuan warna, sehingga tidak kontras dan sulit dibaca.

 

Anda dapat membuat desain curriculum vitae (CV) atau resume dengan menggunakan aplikasi Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Adobe InDesign, Corel Draw, Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint. Dalam contoh di sini, kami menggunakan Microsoft PowerPoint, agar Anda dapat meng­-edit dengan mudah.

 

Miliki Curriculum Vitae (CV) atau Resume yang Memikat para HRD

Silakan download contoh curriculum vitae (CV) atau resume di atas. Silakan gunakan template di atas, namun jangan dijual, karena hak cipta ada di Finansialku.com. Beberapa hal yang dapat Anda cermati, agar curriculum vitae (cv) atau resume menarik:

  1. Isi harus relevan dengan lowongan pekerjaan.
  2. Isi harus singkat padat dan jelas
  3. Desain menarik

 

Semoga penjelasan ini dapat bermanfaat untuk Anda.

 

Apakah Anda mengalami kesulitan untuk mendownload atau menggunakan template?

Apakah Anda memiliki masukan untuk template tersebut?

Silakan share opini dan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Business Insider. The Best Jobs for Every Personality Type. BusinessInsider.com – https://goo.gl/vIVgct

 

Sumber Gambar:

  • White Background – https://goo.gl/5WzySz
  • Flyer Mock Up – Dcrazed.com – https://goo.gl/3yCTk1

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

By | 2017-12-08T08:28:39+00:00 May 1st, 2017|Categories: Karir, Lifestyle|Tags: , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download