Incar perusahaan mana nih? Sudah siap hadapi tes-tesnya? Yuk ikuti Psikotes Online terlebih dahulu agar siap hadapi semua tesnya.

Simak artikel berikut selengkapnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Psikotes Online

Tes psikotes memang sudah umum bagi para pencari kerja atau pemburu beasiswa.

Pasalnya, tes psikotes ini perlu dilakukan sebagai prasyarat untuk mengetahui berbagai aspek dalam diri calon karyawan atau penerima beasiswa.

Dari hasil tes psikotes ini nantinya akan memberikan gambaran pada pihak pemberi kerja atau pemberi beasiswa tentang keputusan lulus tidaknya orang tersebut. Jika lulus, maka tentu saja akan melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Psikotes Gambar 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Contoh Soal Psikotes, Kiat Sukses, dan Kunci Jawaban Tes Psikotes Saat Melamar Kerja]

 

Berbicara tentang psikotes, di era digital yang semakin maju dengan perkembangan teknologinya, psikotes kini bisa dilakukan secara online, tidak lagi menggunakan cara konvensional.

Dengan psikotes online, hal ini dinilai lebih efektif dan menguntungkan tidak hanya bagi pemberi tes maupun peserta tes psikotes itu sendiri.

Bagi Anda yang akan melamar kerja atau ingin mengincar beasiswa dan berminat untuk melakukan tes psikotes, Anda bisa mencoba 5 tes psikotes online di bawah ini!

 

5 Situs Psikotes Online Terbaik & Terpercaya

Setidaknya ada 5 situs Psikotes Online yang dapat Anda coba, yaitu:

 

#1 Psikotesyuk.com

Sebelum menjawab setiap soal psikotes melalui platform psikotes online Psikotesyuk.com, Anda akan diminta untuk membuat akun terlebih dahulu.

Setelah itu, Anda akan disuguhkan beberapa jenis soal seperti tes ketelitian, tes bangun ruang, tes aritmatika dasar dan juga tes verbal.

Bagi Anda yang sudah membuat akun, hasil nilai tes psikotes online ini akan muncul sehingga kita dapat mengetahui tingkat kemampuan kita dalam menjawab soal.

Dalam situs Psikotesyuk.com ini juga Anda dapat mengunduh modul contoh-contoh soal psikotes.

 

#2 Tipscv.com

Situs psikotes online ini memberikan latihan tes psikotes yang dilengkapi dengan berbagai tips seputar dunia kerja.

Untuk mengikuti tes psikotes online di situs tipscv.com, Anda tidak perlu membuat akun seperti pada situs Psikotesyuk.com.

Anda dapat langsung menjawab setiap soal psikotes online berikut dengan kunci jawaban yang dapat Anda unduh setelah mengerjakan tesnya.

Selain berbahasa Indonesia, ada juga soal-soal yang diajukan dalam bahasa Inggris yang dapat kita coba.

Ikuti Psikotes Online Sebelum Masuk Ke Perusahaan Incaran Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Dia Contoh Soal Psikotes Gambar dan Tips Menghadapinya]

 

#3 Ggkarir.com

Sebetulnya, situs ggkarir.com ini adalah situs lowongan pekerjaan, namun menyediakan tes psikotes online yang dapat diakses oleh para user.

Untuk mengaksesnya pun terbilang mudah karena tampilan situs ini cukup sederhana.

Mirip dengan situs psikotes online tipscv.com, Anda tidak perlu membuat akun untuk melakukan tes. Selain itu, informasi tentang dunia kerja juga disuguhkan di dalamnya.

Soal-soal berikut dengan kunci jawaban tes psikotes pun dapat Anda unduh secara gratis.

Berbagai jenis soal psikotes dalam situs ini antara lain seperti analogi, verbal, sinonim, dan antonim. Jadi, sambil cari kerja, Anda bisa tes psikotes online sebelumnya lewat situs ini.

 

#4 Proprofs.com

Situs ini menyediakan berbagai macam latihan soal, termasuk di dalamnya adalah tes psikotes. Situs ini dapat diakses dengan lebih dari 40 bahasa. Ada bahasa Jepang, Mandarin, bahasa Inggris dan termasuk bahasa Indonesia lho.

Situs psikotes online ini menyediakan banyak fitur yang beragam.

Untuk memulai tes psikotes, Anda dapat klik “Quizzes” dan masuk ke Latihan Tes Psikotes. Mudah bukan?

 

#5 Latihanpsikotes.com

Mirip dengan situs tes psikotes online sebelumnya, situs ini menyediakan banyak soal yang bisa kita coba untuk mengukur kemampuan kita.

Kita juga bisa mengunduh setiap soal berikut dengan jawabannya. Jadi mengerjakan soal psikotes tanpa jaringan internet pun bisa Anda lakukan. Selanjutnya, Anda bisa cek jawabanmu dengan kunci jawaban yang tersedia.

 

Tips Persiapan Tes Psikotes Online

Pada umumnya, untuk melakukan tes psikotes kita perlu mempersiapkan diri, termasuk tes pikotes online.

Berikut ini beberapa persiapan yang perlu kita lakukan sebelum melakukan tes psikotes online agar hasil dari tes tersebut sesuai dengan kemampuan kita yang sesungguhnya.

 

#1 Siapkan Mental Dan Fisik

Mental dan fisik sangat berpengaruh pada kondisi psikis kita, apalagi ketika kita akan menghadapi tes.

Tak heran jika seorang peserta tes psikotes akan menghadapi tes, ia harus mempersiapkan diri sebelumnya agar hasil dari tes psikotes benar-benar memperlihatkan kemampuan mereka di saat kondisi tubuh yang fit.

Saat menghadapi tes psikotes, kita perlu dalam kondisi siap, fokus, konsentrasi dan tentu saja tenang dalam menjawab setiap soal yang diberikan.

Karena tes psikotes ini juga akan mengukur tingkat ketahanan kita, maka fisik pun perlu dipersiapkan sedemikian rupa. jangan sampai kita terlalu lelah saat mengerjakan tes dan ketiduran.

Itu sebabnya, kita perlu tidur yang cukup pada malam hari dan sarapan atau makan terlebih dahulu sebelum melakukan tes psikotes yang cenderung memakan waktu yang cukup lama.

 

#2 Ketahui Lebih Dalam Apa Itu Tes Psikotes

Dilansir dari situs Lifepal, tes psikotes adalah rentetan tes yang dibuat sedemikian rupa yang hasilnya bisa menunjukkan karakter kita sebenarnya. Dengan demikian, penyelenggara akan mempertimbangkan pantas atau tidak karakter diri kita dengan posisi yang dilamar.

Dalam tes psikotes, kita akan mengerjakan soal-soal yang mengantar kita pada tingkat kebosanan tertentu. Tes ini bertujuan untuk menilai tingkat ketahanan kita dalam mengerjakan sesuatu.

Jadi, saat mengerjakan tes psikotes yang Anda rasa membosankan, tetaplah fokus untuk mengerjakannya ya agar hasil tes Anda maksimal.

Ikuti Psikotes Online Sebelum Masuk Ke Perusahaan Incaran Anda 03 - Finansialku

[Baca Juga: Contoh CV Lamaran Kerja yang Membuat Anda Bisa Dipanggil Tes Psikotes]

 

#3 Ketahui Cara Menjawab Soal

Sebelum melakukan tes psikotes, ada baiknya jika kita mengetahui jenis-jenis pertanyaan yang nantinya akan diajukan untuk mengetahui tingkat kemampuan kita.

Umumnya, setiap pertanyaan dari tes psikotes yang akan kita kerjakan memiliki beberapa tujuan. Tidak hanya mengukur tentang tingkat kecerdasan atau intelektual, tetapi juga menilai tentang minat, bakat, dan juga kepribadian serta karakter kita.

Tak heran jika dalam tes psikotes nanti kita akan menjumpai berbagai soal yang dibungkus dalam pertanyaan numerikal atau angka, soal aritmatika, permainan kata dan juga gambar.

 

#4 Persiapkan Gadget Dan Pastikan Jaringan Internet Stabil

Namanya juga tes psikotes yang dilakukan secara online, jadi Anda perlu mempersiapkan gadget, terutama daya baterai dan juga koneksi internet.

Mengenai koneksi internet, Anda dapat mengunduh soal tes psikotes berikut jawabannya apabila Anda ingin mengerjakannya tanpa jaringan internet.

 

#5 Cari Tempat Yang Aman

Jika Anda ingin melakukan tes psikotes ini secara offline dengan cara mengunduhnya terlebih dahulu, pastikan jaringan internet tetap stabil agar proses pengunduhan dapat berjalan dengan lancar.

Selanjutnya, Anda perlu memilih tempat yang aman dan nyaman, bebas dari gangguan.

Namanya juga tes, jadi Anda harus berada pada tempat yang kondusif dan memungkinkan Anda untuk berkonsentrasi penuh dan fokus dengan pertanyaan yang akan Anda jawab. Tentukan tempat yang jauh dari keributan ya..

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Bagaimana persiapan Anda untuk melakukan tes psikotes online? Situs psikotes online manakah yang akan Anda gunakan untuk menilai tingkat kemampuan Anda? Tuliskan pendapat dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan yang membutuhkan.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 15 September 2018. 5 Situs Web Terpercaya untuk Latihan Psikotes Online. Qupas.id – https://bit.ly/2PBiZSw
  • Admin. 10 Agustus 2019. Daftar Lengkap Situs Psikotes Online Terbaru. Jobstren.com – https://bit.ly/38UvqAB
  • Muhammad Yusron. 18 Oktober 2019. Psikotes Online: Tips Menghadapi dan 5 Situs untuk Dicoba. Lifepal.co.id – https://bit.ly/34xSIJ6

 

Sumber Gambar:

  • Psikotes Online 1 – http://bit.ly/37pEpbq
  • Psikotes Online 2 – http://bit.ly/2QzRrwd
  • Psikotes Online 3 – http://bit.ly/2QGcr4i