Foto buram karena efek buru-buru? Gak akan lagi deh.. Yuk cari tahu aplikasi untuk memperjelas foto yang buram dalam artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Aplikasi Untuk Memperjelas Foto yang Buram

Punya handphone canggih tapi gak maksimal manfaatinnya sih sayang banget. Apalagi kalau kamu yang senang foto selfie harus punya aplikasi foto yang membuat foto-foto kamu semakin menarik.

Dilema memang, kalau handphone sudah bagus, kamera handphone canggih dan cuaca mendukung tapi hasil foto kamu buram dan gak sempet harus foto ulang. Ahh!

Tenang asalkan kamu mau sedikit usaha, foto buram kamu akan tetap bisa dipantengin di feed instagram kamu, malahan beberapa aplikasi ini dapat mempertajam foto buram. Gak akan sedih lagi dong kalau begitu..

 

#1 Snapseed

Google membuat sebuah aplikasi yang bagus untuk edit foto di HP pintar kamu, namanya Snapseed.

Ada banyak macam jenis fungsi yang bisa kamu explore di Snapseed karena tools-nya cukup lengkap dan banyak. Selain tools, Snapseed juga menyertakan filter-filter yang menarik untuk setiap tema foto yang ingin diedit.

Untuk kalian yang lebih pro, akan merasa nyaman dengan aplikasi ini sebab Snapseed juga punya fitur menarik dimana kamu bisa membuka dan mengedit foto dengan format JPG atau RAW Files.

Tambahan lainnya jika kamu sudah mengedit foto di Snapseed, tema editan sebelumnya bisa kamu simpan untuk diaplikasikan lagi ke foto kamu lainnya. Keren kan!

Cara untuk mempertajam foto buram di aplikasi Snapseed caranya:

Buka Aplikasi Snapseed kemudian pilih menu Tools. Setelah itu akan muncul beberapa menu untuk mengedit, pilih Detail.

Selanjutnya, kamu akan diberi pilihan antara Structure atau Sharpening. Structure akan mempertegas garis-garis yang memiliki kontur didalam foto, dan Sharpening berguna mempertajam detil foto.

Kamu bisa mengapliksikan keduanya atau salah satunya, dengan menggeser ke kiri atau ke kanan sesuai selera editan foto kamu.

Cara dan step pada aplikasi lain, pada dasarnya serupa.Kamu hanya perlu mencari menu untuk mempertajam atau mempertegas bagian-bagian yang terlihat buram.

Canggih! Ini 5+ Aplikasi untuk Memperjelas Foto yang Buram 02

[Baca Juga: WAJIB COBA! 10 Aplikasi Edit Foto Rekomendasi dan Terbaik]

 

#2 PicsArt

PicsArt merupakan aplikasi edit foto terbaik dengan unduhan lebih dari 6 juta. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang sedang trend saat ini. Mengapa begitu?

Sebab aplikasi PicsArt mampu mengedit foto dengan hasil yang menarik dengan efek overlay, membuat foto transparan juga membuat foto dengan garis putus-putus.

Jika pada umumnya mengedit harus menggunakan aplikasi canggih via komputer, dengan PicsArt kamu dapat mengedit foto dengan menggunakan handphone saja.

Mirip seperti aplikasi Photo Grid, PicsArt juga menyediakan berbagai macam stiker yang bisa kamu bubuhkan bersama teks ke dalam foto yang kamu edit.

 

#3 Remini

Bila kamu memiliki foto dengan kualitas yang kurang bagus, Remini memiliki aneka fitur image processing yang sudah memanfaatkan AI.

Tidak hanya foto, bahkan video yang tidak fokus juga bisa di-retouch dengan membuatnya tampak lebih tajam. Remini bahkan mampu mengurangi blur atau buram sekalipun itu pada foto yang diambil oleh kamera jadul.

Caranya sangatlah mudah, setelah kamu instal kemudian sign-in maka ikuti beberapa langkah sederhana ini.

Untuk mengurangi blur pada foto, pilih menu Enhance. Kemudian tapuse it’.

Setelah itu file foto akan terlihat lalu pilih salah satu foto buram kamu. Pilih tanda ceklis untuk mulai proses pengeditan.

Karena ini adalah aplikasi gratisan, maka akan muncul video iklan yang harus ditonton sampai selesai. Setelah selesai ditonton, Remini akan memunculkan hasil editanmu.

Akhiri dengan memilih logo unduhan di pojok kanan atas. Foto tajam yang kamu harapkan akan tersimpan di HP kamu.

Tersedia juga berbagai fitur menarik seperti kemampuan memberikan warna pada foto monokrom ataupun membuat foto menjadi animasi dan lain-lain.

 

#4 Pixlr

Berikutnya adalah Pixlr, Sekalipun tidak sepopuler PicsAt ataupun Snapseed, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 1 juta pengguna android di PlayStore. Fitur unggulan aplikasi ini adalah Photo Focusing.

Aplikasi ini mampu menghaluskan dan menajamkan foto-foto blur yang kamu punya jadi layak upload dengan hasil yang hampir setara foto HD lho!

Dengan banyak fitur yang bisa membuat foto buram kamu menjadi lebih jelas, Langkah-langkah yang bisa kamu ikuti cukup sederhana. Buka aplikasi Pixlr yang sudah kamu unduh. Pilih menu Photos. Kemudian temukan foto buram yang ingin kamu pertajam.

Pilih Tools, kemudian fitur Adjustment. Aturlah tingkat highlight untuk kecerahan foto, juga lightness untuk kecerahan backgorund-nya.

Sentuhan akhir untuk membuat foto buram kamu menjadi lebih jelas, kamu dapat kembali ke tools. Kemudian carilah menu autofix untuk memperjelas foto yang buram tadi.

Jika terdapat noise atau bercak yang mengganggu bisa kamu perhalus dengan cara mengatur bagian fitur smooth pada tools. Mudah kan!

 

#5 Adobe Photoshop Express

Siapa tak tahu dengan pamor Adobe Photoshop yang sering digunakan oleh para Fotographer profesional untuk mempercantik foto. Sebagai aplikasi pengedit paling populer nomor satu di dunia, Adobe Photoshop merilis aplikasi pengeditan foto untuk smartphone.

Tidak seperti versi PC yang memiliki banyak tools, versi aplikasi dirancang lebih sederhana dengan tools yang mudah dioperasikan oleh siapa saja.

Adobe Photoshop Express ini dapat membuat kamu mampu memberikan berbagai efek menarik atau kolase dalam hitungan menit saja. Selain untuk mendapatkan editan yang bagus, photoshop juga mampu membantu kamu memperjelas foto buram kamu agar lebih tajam.

Langkah pertama, tentu kamu harus memiliki aplikasi ini terlebih dahulu. Kemudian buka aplikasi, ambil/pilih foto blur yang akan di-edit. Pilih fitur Adjust kemudian ganti pilihan tools Sharpen. Ini adalah tools yang akan mempertajam foto buram kamu sehingga lebih indah.

Kamu hanya tinggal menggeser tingkat Sharpen yang kamu rasa cukup untuk memperjelas foto buramnya. Agar lebih jernih gunakan Auto Enchance, klik dan selesai.

Selain kamu bisa menggunakan aplikasi foto editor, kamu juga dapat menggunakan aplikasi kamera seperti salah satunya Open Camera. Kamu bisa mencari aplikasi ini di PlayStore kamu.

 

#6 Open Camera

Open Camera adalah aplikasi kamera yang berbasis open source. Aplikasi kamera ini cukup ringan dengan ukuran aplikasi sebesar 1,59 MB saja, tetapi tetap powerful dengan fitur yang cukup komplit.

Aplikasi Open Camera terus melakukan pengembangan fitur terbaru lainnya secara konsisten. Kerennya aplikasi ini adalah kamu bisa mengontrol penggunaannya seperti pada kamera DSLR.

Sebagai penyedia layanan fotografi fitur unggulan Open Camera menawarkan beberapa fitur yang bisa didapatkan pengguna ketika sudah menginstalnya. Sebut saja Auto Stabilize.

Untuk kontrol jarak, Open Camera memiliki timer, auto repeat mode dan perintah suara. Untuk fungsi lainnya, aplikasi ini menyuguhkan juga scene mode, color effects, white balance, ISO, exposure lock, panorama dan noise reduction.

Sekalipun canggih dan gratis menariknya Open Camera dapat dijalankan tanpa ada  gangguan iklan saat digunakan.

banner -perencanaan keuangan freelancers

 

Canggih bukan? Foto buram sudah bukan masalah lagi kan selama ada aplikasi untuk memperjelas foto yang buram?

Yuk bagian artikel ini siapa tahu ada yang membutuhkan informasinya. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 29 Juli 2020. 7 Cara Memperjelas Foto yang Blur Agar Sejernih Foto HD. Teknologi.id – https://bit.ly/2O2S6bX
  • Admin. 3 Februari 2021. 10 Cara Memperjelas Foto yang Buram di Smartphone Android. Carisinyal.com – http://bit.ly/3pi4amy
  • Admin. 12 Februari 2021. 10 Aplikasi Kamera Terbaik Untuk Android. Localstartupfest.id – https://bit.ly/39EQkpz
  • Admin. 8 Januari 2018. 9 Aplikasi Kamera Sekaligus Edit Foto Di Android Dan IOS. Tekno.kompas.com – https://bit.ly/3tjg0ju
  • Admin. 2 Februari 2021. 20 Aplikasi Edit Foto Terbaik dan Terpopuler di Android. Carisinyal.com – https://bit.ly/3j99c3n
  • Sarah Rodriguez Martinez. 12 Best Apps for Fixing Blurry Photos. https://bit.ly/39HdFXY

 

Sumber Gambar:

  • https://bit.ly/2YIhWUO
  • https://bit.ly/39HdFXY