Aplikasi kasir gratis berguna untuk mencatat setiap transaksi bisnis di tokomu. Cara ini akan memudahkan pengecekan ulang daripada dengan pencatatan manual.

Silakan baca artikel berikut untuk mengetahui informasi selengkapnya!

 

Summary:

  • Di era apa-apa serba memanfaatkan teknologi ini para pebisnis perlu tahu apa saja aplikasi kasir yang dapat menunjang kegiatan bisnis.
  • Terdapat 19 aplikasi kasir gratis yang dapat para pebisnis manfaatkan untuk mengelola keuangan terbantu juga. 

 

Memilih Cara Paling Praktis untuk Mencatat Transaksi

Transaksi bisnis merupakan kegiatan vital yang mampu memutar kegiatan usaha secara keseluruhan. 

Setiap transaksi pembelian produk, misalnya kopi di kedai, snack di warung, atau pakaian seragam di toko pakaian perlu kasir catat.

Saat ini, ada banyak aplikasi kasir gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk kebutuhan bisnis. Penggunaan aplikasi cenderung lebih praktis dan minim penggunaan kertas. 

Selain itu, kamu juga dapat menekan potensi kesalahan karena umumnya sudah tersemat kalkulator.

Nah, agar tidak penasaran lagi dengan aplikasi kasir gratis, berikut Finansialku berikan rekomendasinya. Silakan baca dengan saksama!

 

Daftar Aplikasi Kasir Gratis

Mengelola bisnis bisa makin praktis dengan hadirnya aplikasi kasir gratis. Aplikasi ini bisa kamu akses dari beberapa perangkat seperti ponsel, tablet, sampai laptop.

Berikut adalah beberapa aplikasi kasir gratis yang dapat kamu pilih:

 

#1 Cazh POS

Aplikasi kasir gratis ini dikembangkan oleh CAZH. Selain itu, Cazh POS punya tampilan sederhana dan cukup ringan. Aplikasi satu ini cocok untuk UMKM gunakan

 

#2 Cleanlab POS

Berikut ada aplikasi Cleanlab POS yang dapat kamu manfaatkan jika punya bisnis laundry. Aplikasi bisa kamu pakai hanya dengan smartphone android. Cleanlab POS bisa kamu download gratis melalui Google Play.

 

#3 iReap POS Lite

Aplikasi kasir gratis iREap PIS Lite dikembangkan oleh PT Sterling Tulus Cemerlang. Cocok untuk UMKM.

Menariknya, aplikasi satu ini bisa kamu jalankan tanpa koneksi internet, kecuali ketika mencadangkan data dan mengirim laporan via email.

Aplikasi besutan pengembang dalam negeri ini juga tidak mengandung iklan. Banyak jenis bisnis yang bisa aplikasi ini bantu seperti toko kelontong, barbershop, food truck, bengkel, sampai kios makanan cepat saji.

iReap POS Lite bisa kamu download melalui Google Play atau di laman resminya di http://ireappos.com.

 

#4 Kasir Bengkel Plus Keuangan

Kebanyakan bengkel belum menggunakan aplikasi kasir dalam mencatat transaksi. Kamu bisa menjadi pionir pengguna aplikasi kasir gratis untuk membuat laporan harian.

[Baca Juga: 5 Aplikasi Pinjaman Online Bunga Rendah 2022, Tercatat OJK!]

 

#5 Kasir Pintar

Jika kamu ingin aplikasi kasir gratis tambahan apapun, Kasir Pintar adalah pilihan yang tepat. 

Aplikasi ini akan memberikan kemudahan navigasi, manajemen keuangan, serta pemakaian yang mudah.

Meski gratis, aplikasi Kasir Pintar punya fitur yang baik, contohnya sistem berbasis cloud dan kemampuan membuat QR Code untuk tag harga.

 

#6 Kasir Toko Portabel

Selanjutnya ada Toko Portabel bisa kamu gunakan melalui smartphone. Di sini, pemilik bisnis bisa menggunakannya gratis untuk mencatat transaksi serta manajerial stok barang. 

 

#7 Keyhut

Keyhut masih mempertahankan tampilan seperti aplikasi tahun 2000-an awal. Meski terlihat kuno, nyatanya Keyhut memiliki fitur gratis yang dapat kamu akses bebas selamanya. 

Selain itu, aplikasi ini juga mendukung lebih dari satu mesin kasir.

 

#8 Loyverse

Loyverse merupakan aplikasi kasir gratis yang dapat kamu gunakan melalui smartphone atau tablet. Tak hanya itu, di sini, pengguna juga mengaksesnya dengan atau tanpa jaringan internet.

 

#9 Moka POS

Moka POS merupakan aplikasi kasir gratis berbasis cloud. Maka, kamu bisa mengaksesnya di mana pun dengan perangkat apa pun—selama masuk melalaui akun yang sama.

Fitur unggulan aplikasi ini adalah Moka Back Office. Fitur ini memungkinkan pengusaha yang memiliki cabang mengakses data di seluruh cabang-cabangnya. 

Aplikasi ini juga tersedia gratis selama 14 hari. Setelahnya, kamu bisa memilih langganan yang paling sesuai.

[Baca Juga: Daftar 10 Aplikasi Keuangan untuk Perusahaan dan Personal, Cek!]

 

#10 Olsera Poin of Sale

Olsera memiliki banyak fitur pencatatan menarik yang berbasis cloud. Artinya, semua data milikmu tersimpan di sistem mereka sehingga tidak membebani penyimpanan perangkat.

Kelebihan aplikasi dengan basis cloud adalah kemudahan mengakses data di mana pun selama terhubung ke internet dan data otomatis diperbarui ketika terhubung.

Aplikasi Olsera Point of Sale menawarkan trial 14 hari sebelum memberlakukan langganan. Tapi, itu tidak masalah selama menguntungkan kamu.

 

#11 Omega POS

Omega POS bisa kamu peroleh di aplikasi android. Di sini, kamu bisa mengakses data secara real time, menganalisis persediaan, penjualan, sampai manajerial toko.

 

#12 Pawoon

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan aplikasi bernama Pawoon. Kamu bisa memanfaatkannya untuk cafe, restoran, toko ritel, atau jenis bisnis lain. 

Aplikasi Pawoon menggunakan sistem cloud sehingga semua informasi diperbarui secara langsung.

Pawoon memiliki fitur laporan harian otomatis dan juga menyediakan fitur tersambung ke perangkat percetakan sehingga bisa menghadirkan bukti fisik.

 

#13 Pozool POS Point of Sale Free

Aplikasi satu ini bisa kamu gunakan untuk keperluan bisnis restoran. Pozool POS Point of Sale Free punya antarmuka yang mudah dipahami dan tidak membebani sistem. 

Aplikasi ini punya versi berbayar dengan fitur yang lebih kaya.

 

#14 Program Kasir Super Murah

Program Kasir Super Murah digagas oleh komputerkit.com. Aplikasi ini memiliki beberapa menu dasar pencatatan transaksi, seperti mengubah identitas toko, nama barang, kategori barang, serta nama pelanggan.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur tambahan seperti pelunasan barang (jika pembeli berbelanja dengan cicilan) atau retur barang.

 

#15 Qasir

Qasir  bisa kamu akses bebas selamanya. Dengan aplikasi ini pelaku usaha mikro bisa mencatat tiap transaksi di tokonya.

Meski memiliki fitur yang mirip dengan aplikasi gratis lain, Qasir banyak peminat karena memungkinkan pengguna menambah fitur tambahan dengan harga murah.

Jika tidak puas dengan versi dasar, kamu bisa langganan Qasir Pro dengan harga Rp30.000 per bulan. Qasir bisa kamu dapatkan dari Google Play.

[Baca Juga: 12 Aplikasi Sewa Mobil Online, Bisa Lepas Kunci!]

 

#16 Smartlink

Smartlink bisa kamu manfaatkan jika punya UMKM, terutama pebisnis laundry. Sebab, aplikasi kasir gratis ini menyediakan fitur manajemen laundry sampai kurir laundry

Selain itu, Smarlink menyediakan beberapa sistem pembayaran, seperti e-money, reguler, deposit, dan sebagainya.

 

#17 TabShop Point of Sale

Jika kamu ingin membangun bisnis ritel, aplikasi kasir gratis satu ini cocok digunakan. 

Selain mudah kamu pakai, TabShop Point of Sale juga punya tampilan yang user friendly dan menerima cara pembayaran yang cukup beragam, bahkan menerima Paypal dan Bitcoin.

 

#18 UniCenta

UniCenta cocok untuk pemilik UMKM yang sedang merintis usaha. Aplikasi kasir gratis ini menyediakan berbagai fitur menarik. 

Fitur fitur yang biasanya hanya dimiliki layanan berbayar, misalnya manajemen inventaris, manajemen karyawan, laporan, dan sebagainya.

 

#19 VendHQ

VendHQ bisa kamu gunakan di komputer berbasis Windows. Aplikasi kasir gratis ini memiliki tampilan minimalis yang nyaman. 

VendHQ menggunakan cloud sebagai basis layanan. Tapi, pengguna bisa menggunakan tanpa koneksi internet dan memperbarui data ketika terhubung kembali ke jaringan.

 

Cuan-cuan Berceceran

Aplikasi kasir gratis berguna untuk mencatat transaksi di tokomu melalui jaringan. Dengan begitu, kamu bisa mengecek seluruh transaksi dari mana pun dan kapan pun. 

Dengan banyaknya pilihan, kamu bisa memilih aplikasi yang paling cocok dengan jenis bisnis yang dimiliki.

Selain bisnis, kamu juga perlu mencatat semua transaksi yang kamu lakukan melalui catatan keuangan. Perlu kamu ingat, jangan sampai keuangan bisnis kamu bercampur dengan keuangan pribadi, ya. 

Kamu harus memisahkan keduanya supaya kamu bisa menghitung keuntungan atau kerugian yang dihasilkan dari bisnismu. 

Kamu bisa mengikuti cara-cara mengatur keuangan untuk pebisnis dari ebook gratis di bawah ini.

GRATISSS, Yuk Download SEKARANG!!!

Ebook Pentingnya MENGELOLA KEUANGAN Pribadi dan Bisnis

14 Ebook Mengelola Keuangan Bisnis dan Pribadi

 

Nah, sekarang sudah tahu aplikasi kasir gratis untuk beragam kebutuhan bisnis, bukan? Yuk bagikan artikel ini ke sosial media agar lebih banyak yang tahu. Terima kasih!

 

Editor: Ari A. Santosa

Sumber Referensi: 

  • Admin. 14 Aplikasi Kasir Android Gratis 2022. Ireappos.com – https://bit.ly/3UeUTMl
  • Admin. 7 Aplikasi dan Software Kasir Gratis untuk PC, Recommended! Jurnal.id – https://bit.ly/3WGhPG1
  • Detty Risetya. 26 Juli 2022. 10 Rekomendasi Aplikasi untuk Kasir Gratis. Ekrut.com – https://bit.ly/3UkO7o9
  • Jho. 23 Oktober 2022. 10 Aplikasi Kasir Berbasis Android & iOS untuk Segala Bisnis. Jogjahost.com – https://bit.ly/3hpm7kQ
  • Reza Pratama. 04 Juni 2022. 12 Aplikasi Kasir Gratis untuk Android dan iOS. Store.circlo.com – https://bit.ly/3fMQxNE