Semakin berkembangnya teknologi, usaha atau bisnis secara online juga semakin banyak. Hal ini tak terlepas dari metode pembukuan secara online melalui aplikasi.

Dalam artikel kali ini, Finansialku akan membahas tentang 10 rekomendasi aplikasi keuangan perusahaan. Simak selengkapnya, ya!

 

Summary:

  • Aplikasi keuangan semakin marak dan memiliki keunggulannya masing-masing. Fiturnya pun beragam dan serba otomatis, sehingga praktis untuk kamu gunakan.
  • Aplikasi keuangan adalah program yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatur dana pribadi, bisnis, maupun instansi atau perusahaan.

 

Rekomendasi Aplikasi Keuangan Perusahaan dan Pribadi

Aplikasi keuangan adalah program yang bisa kamu gunakan untuk mengatur keuangan pribadi, bisnis, maupun instansi atau perusahaan.

Aplikasi ini berfungsi untuk memantau alur transaksi keuangan, sehingga laba atau rugi bisnis dapat terdeteksi secara pasti.

Saat ini, perkembangan aplikasi keuangan semakin marak dan memiliki keunggulannya masing-masing. Fiturnya pun sudah mulai beragam dan serba otomatis, sehingga praktis untuk kamu manfaatkan.

Berikut adalah 10 rekomendasi aplikasi keuangan untuk bisnis maupun pribadi yang bisa kamu gunakan.

 

#1 Jurnal.id

Software pencatatan dan pengelola keuangan Jurnal.id cukup praktis untuk memantau performa bisnis dengan cepat dan akurat.

Selain itu, versi mobile app Jurnal.id juga memudahkan kamu dalam mengakses informasi keuangan secara real-time, di mana saja dan kapan saja.

Laporan keuangan yang dihasilkan juga mudah kamu mengerti, komprehensif, dan jelas, sehingga kamu dapat mengukur keberhasilan bisnis dalam satu periode tertentu.

Jurnal.id juga menawarkan kemudahan dalam mengonversi laporan ke dalam format lain seperti Excel dan pdf.

 

#2 QuickBooks

Selanjutnya, software akuntansi yang menyediakan fitur laporan keuangan adalah QuickBooks.

Software ini banyak perusahaan kelas kecil hingga perusahaan menengah gunakan karena kemudahan fitur dan keunggulan lainnya.

Laporan keuangan yang tersedia, yaitu laporan laba rugi, neraca custom, laporan pembelian, dan sebagainya, yang memudahkan kamu dalam mengevaluasi bisnis.

QuickBooks juga memudahkan penggunanya untuk memantau performa bisnis secara real-time. 

Selain itu, kamu bisa mengelompokkan setiap transaksi berdasarkan kategori masing-masing supaya mudah dalam menghitung keuntungan dan kerugian.

Software ini juga mampu membuat faktur dan lampiran foto dalam setiap pencatatan, sehingga bukti transaksi dapat tersimpan untuk membuat laporan keuangan.

 

#3 Finansialku

Aplikasi berikutnya yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatur keuangan bisnis maupun pribadi secara mudah yaitu Aplikasi Finansialku.

Dalam aplikasi ini tersemat fitur Financial Planning, dimana kamu bisa konsultasi langsung bersama Certified Financial Planner (CFP) terpercaya, mengenai permasalahan keuangan yang tengah kamu hadapi. 

Selain itu, aplikasi Finansialku juga punya fitur andalan Financial Check Up untuk memudahkanmu dalam mengetahui kondisi kesehatan keuangan. 

Untuk memperluas wawasanmu seputar keuangan, kamu juga bisa menambah referensi dengan membaca artikel dan ebook Finansialku secara gratis. Yuk, klik tombol di bawah ini untuk download aplikasinya.

Download GRATIS, sekarang!

Download Aplikasi Finansialku

 

#4 Buku Warung

Aplikasi Buku Warung adalah salah satu aplikasi pencatatan keuangan yang bisa kamu gunakan untuk personal maupun keuangan bisnis.

Selain itu, aplikasi Buku Warung juga memberikan solusi dalam pembayaran kirim uang hingga Payment Point Online Bank (PPOB).

Menariknya, aplikasi ini bisa kamu gunakan tanpa koneksi internet dan tidak memakan ruang penyimpanan yang besar.

 

#5 Money Lover

Money Lover adalah aplikasi pembukuan gratis yang cukup populer. Meski terkenal sebagai aplikasi keuangan personal, Money Lover juga bisa kamu gunakan dalam membuat catatan finansial bisnis.

Aplikasi ini menyediakan berbagai pilihan kategori yang beragam, sehingga kamu tidak perlu memasukkan kategori secara manual.

Money Lover dapat memantau pengeluaran kamu, memperlihatkan dana simpanan, merekam tagihan bulanan, serta memberi peringatan pembayaran batas tagihan.

[Baca Juga: Perencanaan Keuangan Bisnis yang Tepat dan Cara Membuatnya]

 

#6 Teman Bisnis

Aplikasi Teman Bisnis sangat cocok bagi pelaku usaha online shop. Melalui aplikasi ini, kamu bisa membuat pembukuan yang dapat terintegrasi secara langsung dengan marketplace.

Dengan begitu, kamu tidak perlu melakukan pencatatan pada setiap transaksi dari marketplace yang masuk.

 

#7 Catatan Keuangan

Sesuai namanya, aplikasi Catatan Keuangan akan memudahkanmu dalam mencatat pemasukan dan pengeluaran sehari-hari.

Aplikasi ini juga dapat menyajikan grafik per kategori, sehingga kamu bisa melihat kategori pemasukan atau pengeluaran mana yang paling besar.

Laporan keuangan yang dihasilkan pun bisa kamu ekspor ke dalam bentuk file Excel, doc. pdf, hingga csv.

 

#8 Akuntansi UKM (Money Manager)

Aplikasi ini dapat kamu gunakan secara gratis dan dapat beroperasi tanpa menggunakan internet.

Akuntansi UKM (Money Manager) ini dapat menjadi solusi bagi kamu yang ingin membuat laporan keuangan untuk usaha kecil atau pun besar.

Bahkan, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk kepentingan pribadi dengan memanfaatkan fitur-fitur di dalamnya.

[Baca Juga: Analisis Keuangan Bisnis: Pengertian, Tujuan, dan Metodenya]

 

#9 FreshBooks

Aplikasi pembukuan usaha ini dirancang khusus agar terintegrasi dengan cloud untuk mencatat pemasukan dan keuangan. 

Selain itu, FreshBooks juga menawarkan layanan pelacak pemasukan otomatis, invoice, time tracking, report, faktur pajak hingga alarm pengingat pembayaran.

Aplikasi buatan Amerika Serikat ini juga mampu mencatat penghasilan freelancer, wiraswasta, pegawai, dan bisnis sampingan lainnya. 

 

#10 Expense Manager

Terakhir, ada aplikasi Expense Manager yaitu aplikasi pembukuan usaha gratis dengan banyak fitur menarik.

Aplikasi keuangan ini dapat kamu gunakan 100% tanpa harus berlangganan. Fitur yang ditawarkan seperti melacak penghasilan, pengeluaran berdasarkan kategori, dan tracking pajak.

Kemudian kamu juga bisa mengetahui jumlah tagihan dan utang, kartu kredit, bukti transaksi, hingga dapat terintegrasi dengan SMS Banking.

 

Atur Keuangan Sesuai Kebutuhanmu!

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi keuangan perusahaan yang bisa kamu jadikan referensi, baik untuk mengatur keuangan pribadi maupun bisnismu. 

Jika kamu memerlukan referensi seputar cara mengatur keuangan pribadi dan bisnis, yuk, gali informasinya lewat ebook Finansialku berikut ini.

GRATISSS, Yuk Download SEKARANG!!!

Ebook Pentingnya MENGELOLA KEUANGAN Pribadi dan Bisnis

14 Ebook Mengelola Keuangan Bisnis dan Pribadi

 

Apakah kamu sudah menggunakan salah satu dari beberapa rekomendasi aplikasi di atas? Share pengalamanmu di kolom komentar di bawah ini, ya. 

Jangan lupa bagikan informasi ini agar bermanfaat bagi orang lain. Terima kasih.

 

Editor: Ari A. Santosa

Sumber Referensi:

  • Admin. 06 September 2021. 7 Software Laporan Keuangan Perusahaan Terbaik ini Bisa Jadi Pilihan Pebisnis. Kabarbisnis.com – https://bit.ly/3rgSJz5
  • Redaksi. 7 Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Terbaik untuk Usaha. Jubelio.com – https://bit.ly/3RqLA9Y
  • Redaksi OCBC NISP. 30 Agustus 2022. 10 Aplikasi Pembukuan Laporan Keuangan Bisnis Terbaik 2022. Ocbcnisp.com – https://bit.ly/3SMGNAu
  • Setiamah Setya. 12 Maret 2022. 9 Aplikasi Pencatat Keuangan dan Manfaatnya. Tedas.id – https://bit.ly/3dPbeYl
  • Faiqotul Himma. 11 Februari 2022. 10 Rekomendasi Aplikasi Keuangan Bisnis yang Wajib Dicoba. Majoo.id – https://bit.ly/3SpujiH